Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
Kartika Ahdiyanthi
"
ABSTRAKBeban lalu lintas yang melebihi yang direncanakan menyebabkan kerusakan jalan terjadi lebih awal. Salah satu penyebab kerusakan ini adalah akibat muatan berlebih pada angkutan truk. Kajian ini melakukan analisis perubahan muatan kendaraan truk hingga melebihi beban muatan yang ditetapkan terhadap pengaruhnya pada umur perkerasan jalan beton. Lokasi penelitian yaitu di Tol Jakarta-Cikampek (km.39), Jalur Pantura di ruas jalan Bypass Jomin Cikampek dan Jalan Raya Cibinong di ruas jalan Mayor Oking Bogor. Data lalulintas selanjutnya dihitung untuk umur perkerasan selama 10 tahun. Prediksi data lalu lintas ini untuk mengetahui tebal perkerasan jalan beton dengan menggunakan metode Bina Marga. Dari analisis data, diperoleh penurunan umur perkerasan pada tebal plat 21 cm untuk beban berlebih mencapai 30% terjadi penurunan umur perkerasan 35%. Bila dilakukan pengalihan muatan truk 2 as ke truk lebih dari 2as sebesar 1,5 kali maka akan terjadi penurunan umur perkerasan 54%. Struktur jalan beton sangat sensitive terhadap kenaikan muatan batas sumbu yang mendekati MST 10 Ton.
ABSTRACTTraffic load that exceeds the designed road causing damage to occur earlier. One cause of this damage is due to excessive loads on heavy vehicles. This study analyzes changes in heavy vehicle charges to exceed the specified weight of cargo on its influence on service life of concrete pavement. The research location is in Tol Jakarta-Cikampek (km.39), Line North Coast of Java, in Cikampek Bypass road, and Highway Cibinong in Bogor Oking Major road. Traffic data was calculated for the expected design life of 10 years. Prediction of traffic data is to determine the thickness of concrete pavement using the methods of Bina Marga. From the analysis of data, obtained by decreasing the age of pavement on concrete 21 cm thick to reach the 30% overload decreased 35% pavement service life. When done transfer of cargo trucks 2 axles to the truck more than 2as of 1.5 times there will be a 54% reduction in pavement life. The structure of concrete roads is very sensitive to increases in near-axis boundary load 10 tons of MST."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S949
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Garlina Srirahayu
"
ABSTRAKKerusakan jalan y ang terjadi lebih cepat dari umur y ang direncanakan sudah sering terjadi. Salah satu peny ebabnya adalah beban muatan berlebih pada kendaraan truk. Kelebihan muatan berdamp ak pada beban muatan sumbu meleb ihi ketentuan beban yang diijin kan oleh Direktorat Jendral Peruhubungan Darat. M elalui kajian ini dianalisis sejauh mana tingkat kerusakan jalan y ang ditimbulkan oleh p rosentase kenaikan jumlah muatan kendaraan truk y ang mengakib atkan muatan melebihi batas ijin. Lokasi penelitian y aitu di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (km.39), jalur pantura di ruas jalan Bypass Jomin Cikamp ek dan Jalan Ray a Cibinon g d i ruas jalan M ayor Oking Bogor. Data lalulintas dihitung untuk umur perkerasan selama 10 tahun, sehingga dapat diketahui tebal perkerasan jalan lentur dengan menggunakan metode Bina M arga. Dari hasil kajian dapat diketahui bahwa penambahan muatan berlebih hingga 30% akan mengurangi umur rencan a perkerasan hingga 48. Namun bila terjadi p engalihan truk 2as ke truk yang memiliki jumlah sumbuny a lebih bany ak maka akan memperlambat terjadinya kerusakan.
ABSTRACTRoad damage o ccurring faster than the designed life is common. One reason is the burden of excessive loads on trucks. Impact on the overloaded axle load exceeds the load requirements as permitted by the Directorate General of Land Transp ortation. Through this study analy zed the extent of road damage caused by the percentage incr ease in cargo trucks that resulted in the charge which exceeds the limit allowed. The research location is in Jakarta-Cikampek toll road (k m.39), coast lines in C ikamp ek Jomin Byp ass road, and Highway Cibinon g in Bogor Oking M ajor road. Data traffic is calculated for the expected design life of 10 years, so it can be seen a thick flexible p avement using the methods of Bina M arga. From the results of the study can be seen that the addition of excess charges up to 30% will reduce the design life of pavement up to 48%. But if there is transfer of 2as truck to the truck that has a number of axes more it will slow the damage."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S955
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Zaenal Arifin
"Skripsi ini membahas pengaruh beban muatan angkutan kendaraan berlebih truk terhadap perkiraan umur layanan perkerasan lentur. Kekuatan perkerasan jalan direncanakan berdasarkan beban rencana dan umur rencana, akan tetapi kenyataan dilapangan banyak terjadi pelanggaran muatan kendaraan truk berupa kelebihan muatan dari batas muatan maksimum yang di tetapkan. Muatan kendaran berlebih ini kemudian menyebabkan beban sumbu meningkat dari beban sumbu yang ditetapkan oleh peraturan. Peningkatan beban sumbu akibat peningkatan beban muatan ini akan berpengaruh terhadap perubahan umur layan jalan. Penilitian ini menggambarkan seberapa besar pengaruh peningkatan beban muatan berlebih kendaraan truk terhadap perubahan umur layanan perkerasan.
The Focus of this study is the effect of overloaded truck towards estimated service life of road pavement. The strength of road pavement is designed based on load design and life time design, but facts show that many trucks on the road are overloaded. These overload trucks are then causes axle load increases from axle load that appointed by regulation. This overload enhanced consequence service life to decrease. This study describe how overloaded truck effect changes the service life of road pavement."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S50494
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library