Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nurul Khadijah Az-Zahra
"Tugas akademik yang diberikan guru dapat menimbulkan kebutuhan informasi siswa. Untuk memenuhi kebutuhan informasi tersebut, siswa dapat melakukan pencarian informasi dengan cara yang berbeda-beda satu sama lain. Diketahui pada SMAIT As-Syifa Boarding School yang merupakan sekolah berbasis Islami, terdapat tambahan mata pelajaran mengenai ajaran Islam yang dapat menimbulkan kebutuhan informasi yang lebih luas dan beragam. Ditemukan pula bahwa kebutuhan dan perilaku pencarian informasi siswa belum diketahui dengan pasti. Adapun literatur yang tersedia tentang kebutuhan dan perilaku pencarian informasi di sekolah berasrama berbasis Islami masih belum banyak. Penelitian ini mencakup bahasan kebutuhan informasi siswa SMAIT As-Syifa dalam memenuhi tugas, perilaku pencarian informasi dalam memenuhi kebutuhan tersebut, serta hambatan dalam pencarian informasi yang dibutuhkan tersebut. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan studi literatur. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam memenuhi tugas, mayoritas siswa membutuhkan informasi untuk mata pelajaran IPA atau IPS, membutuhkan internet dan situs internet, memanfaatkan buku referensi, serta melakukan pencarian informasi mendalam dan menyusun hasil temuan informasi yang relevan. Selain itu, siswa merasa kebingungan ketika tidak dapat menemukan informasi yang dibutuhkan, serta kesulitan dalam mengakses komputer atau laptop.

Academic tasks from teachers can stimulate students’ information needs. To fulfill it, students can search for information in different ways amongst the students. It is known at SMAIT As-Syifa Boarding School which is an Islamic-based boarding school, there are additional subjects of Islamic teachings which can lead to more diverse and broad information needs for students. It was also found that students’ needs and behavior in seeking information to fulfill tasks were not known. Moreover, the literature on information needs and information-seeking behavior in Islamic boarding schools that available is still quite a few. This study discussed the information needs of SMAIT As-Syifa students in fulfilling academic tasks, information-seeking behavior conducted to meet these information needs, as well as barriers when seeking information to meet these information needs. The method used descriptive quantitative, and the data collection techniques used questionnaires, literature studies, and documentation. The sampling technique used random sampling technique. The findings revealed that in fulfilling the tasks, the majority of students needed information on science or social studies subjects, needed the internet and internet sites, used reference books, conducted in-depth searches and compiled information search results. Apart from that, they felt confused when they did not find the information needed, and troubled to access computers or laptops."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library