Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Chiquita Pramesta
"ABSTRACT
Ada berbagai faktor yang dipengaruhi oleh kesejahteraan psikologis, seperti usia, jenis kelamin, dan pengalaman hidup. Relawan dengan tingkat kesejahteraan psikologis yang tinggi memiliki risiko rendah mengalami stres traumatis sekunder setelah kembali dari lokasi bencana. Skala Ryff's Well-Being Psychological dan Secondary Traumatic Stress Scale digunakan untuk mengidentifikasi kesejahteraan psikologis dan stres traumatis sekunder pada relawan yang ditugaskan setelah Tsunami di Pandeglang, Banten. Desain penelitian cross sectional digunakan, teknik sampel menggunakan total sampling yang melibatkan 32 relawan, dan analisis data menggunakan chi square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada korelasi yang signifikan antara kesejahteraan psikologis dan stres traumatis sekunder (α = 0,001). Tingkat kesejahteraan psikologis yang tinggi dapat mengurangi stres traumatis sekunder (p = 18.701). Hal ini diperlukan untuk melakukan penyaringan kesejahteraan psikologis untuk mengurangi stres traumatis sekunder.

ABSTRACT
There are various factors that are influenced by psychological well-being, such as age, gender, and life experience. Volunteers with a high level of psychological well-being have a low risk of experiencing secondary traumatic stress after returning from the disaster site. The Ryff's Well-Being Psychological Scale and Secondary Traumatic Stress Scale are used to identify psychological well-being and secondary traumatic stress in volunteers assigned after the Tsunami in Pandeglang, Banten. The cross sectional research design was used, the sample technique used total sampling involving 32 volunteers, and the data analysis used chi square. The results showed that there was a significant correlation between psychological well-being and secondary traumatic stress (α = 0.001). A high level of psychological well-being can reduce secondary traumatic stress (p = 18,701). It is necessary to screen psychological well-being to reduce secondary traumatic stress."
2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muthia Mazaya Pitari
"Peristiwa traumatis dapat berdampak pada kehidupan seseorang, baik itu negatif maupun positif. Dampak positif setelah peristiwa traumatis disebut PTG. Pertumbuhan Pascatrauma (PTG) adalah sejumlah perubahan psikologis positif karena pergumulan batin terjadi di dalam diri seseorang sehubungan dengan peristiwa traumatis yang dialaminya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran pertumbuhan pasca trauma (PTG) dari para kandidat petugas kesehatan di cluster ilmu kesehatan UI. Penelitian dilakukan dengan menggunakan Desain deskriptif dengan sampel 378 siswa. Sampel dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 50,2% siswa mengalami pertumbuhan pasca trauma (PTG) pada tingkat tinggi dan 49,8% siswa mengalami pertumbuhan pasca trauma (PTG) pada tingkat rendah. Selain itu menurut domain, sebagian besar siswa mengalami pertumbuhan pasca trauma tingkat tinggi (PTG) di Apresiasi domain untuk kehidupan mahasiswa kesehatan sebesar 61,5% sedangkan terbanyak banyak siswa mengalami pertumbuhan pasca trauma tingkat rendah (PTG) dalam domain tersebut berhubungan dengan orang lain berjumlah 49,1% dari mahasiswa kesehatan. Hasil penelitian ini merekomendasikan agar ada peningkatan kegiatan seperti pengenalan pengetahuan tentang pertumbuhan pasca trauma (PTG) untuk mahasiswa kesehatan.

Traumatic events can have an impact on a person's life, be it negative or positive. The positive impact after a traumatic event is called PTG. Post-traumatic growth (PTG) is a number of positive psychological changes due to inner struggles occurring within a person in connection with the traumatic event they are experiencing. This study aims to see a picture of post-traumatic growth (PTG) of health worker candidates in the UI health science cluster. The research was conducted using a descriptive design with a sample of 378 students. The sample was selected using purposive sampling method. The results showed that 50.2% of students experienced post-traumatic growth (PTG) at a high level and 49.8% of students experienced post-traumatic growth (PTG) at a low level. Additionally by domain, most of the students experienced high rate of posttraumatic growth (PTG) in The appreciation of the domain for the life of health students was 61.5%, while most students experienced low-level post-traumatic growth (PTG) in the domain relating to other people amounting to 49.1% of health students. The results of this study recommend that there be an increase in activities such as the introduction of knowledge about post-traumatic growth (PTG) for health students."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Paulus aditya christianto
"Krisis identitas budaya kerap terjadi pada masyarakat Indonesia. Fenomena sosial ini terjadi secara umum kepada generasi muda, khususnya yang tinggal di daerah perkotaan seperti Jakarta, dengan ditinggalkannya budaya daerah karena dianggap tidak relevan dengan perkembangan zaman, serta identik dengan masyarakat kampung atau masyarakat kelas menengah ke bawah. Adanya fenomena sosial tersebut tergambarkan di dalam novel Kadang Suriname Sanak Merapi (KSSM) karya Fuji Riang Prastowo. Trisnah sebagai tokoh utama dalam novel tersebut memilih budaya Barat sebagai identitas budayanya daripada budaya Jawa yang merupakan asal usulnya. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis faktor krisis identitas tokoh Trisnah yang berpengaruh terhadap proses pemilihan identitas budayanya dalam novel KSSM. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan sosiologi sastra, pendekatan mimetik dan psikologi sastra. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa krisis identitas budaya pada diri Trisnah disebabkan pada dua faktor, yaitu aspek sosial dan psikologi yang saling berkaitan khususnya dalam proses pemilihan identitas budayanya. Kedua faktor tersebut mempengaruhi proses terbentuknya identitias budaya Trisnah dengan melepas identitas budaya Jawa yang diwariskan oleh keluarganya. Dapat disimpulkan bahwa dua faktor, baik sosial maupun psikologis dari perundungan dapat memberi dampak yang signifikan terhadap terbentuknya identitas budaya seseorang khususnya di tengah krisis identitas yang dialaminya, sehingga penting adanya pendidikan karakter dalam menyikapi suatu perbedaan di tengah masyarakat yang multikultural.

Cultural identity crisis often occurs in Indonesian society. This social phenomenon occurs in general to the younger generation, especially those living in urban areas such as Jakarta, with the abandonment of local culture because it is considered irrelevant in today’s developments, and it’s identical to the village community or the lower middle class community. This social phenomenon is depicted in the novel Kadang Suriname Sanak Merapi (KSSM) by Fuji Riang Prastowo. Trisnah as the main character in the novel chooses Western culture as her cultural identity rather than Javanese culture which is her origin. The purpose of this study is to analyze the identity crisis factors of Trisnah's character that affect the process of selecting her cultural identity in the novel KSSM. The research method used in this study is a qualitative research method with a sociology of literature approach, a mimetic approach and literary psychology. The results of this study indicate that the cultural identity crisis of Trisnah is caused by two factors, social and psychological aspects that are interrelated, especially in the process of choosing her cultural identity. These two factors influence the process of forming Trisnah's cultural identity by abandoning the Javanese cultural identity inherited by her family. It can be concluded that two factors, both social and psychological, from bullying can have a significant impact on the formation of a person's cultural identity, especially in the midst of an identity crisis experienced, so it is important that character education in addressing a difference in a multicultural society."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Jennifer Vianna
"Penelitian sebelumnya menemukan bahwa pengalaman masa kecil yang buruk dapat berdampak terhadap penggunaan strategi resolusi konflik destruktif dalam hubungan romantis seseorang. Akan tetapi, belum banyak literatur yang menjelaskan mekanisme antara kedua variabel tersebut. Penelitian ini menguji peran disorganized attachment sebagai mediator antara kedua variabel. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 172 orang yang memiliki rentang usia 18-25 tahun yang pernah mengalami pengalaman masa kecil yang buruk dan sedang menjalin hubungan romantis selama minimal 6 bulan. Penelitian ini menggunakan Conflict Resolution Strategy Inventory untuk mengukur strategi resolusi konflik destruktif yang terdiri dari 2 dimensi yaitu conflict engagement dan withdrawal, Childhood Trauma Questionnaire Short Form untuk mengukur pengalaman masa kecil yang buruk, dan Adult Disorganized Attachment untuk mengukur disorganized attachment. Melalui analisis mediasi ditemukan bahwa disorganized attachment secara signifikan memediasi hubungan antara pengalaman masa kecil yang buruk dan resolusi konflik destruktif, baik conflict engagement ab1 = 0,009, SE = 0,005, 95% CI [0,0014, 0,0223] dan withdrawal ab2 = 0,0095, SE = 0,0051, 95% CI 0,002, 0,022. Semakin buruk pengalaman masa kecil yang dialami oleh partisipan, maka semakin tinggi tingkat disorganized attachment, yang kemudian mempengaruhi penggunaan resolusi konflik destruktif, baik conflict engagement maupun withdrawal. Diskusi dan saran penelitian dibahas di bagian akhir.

Previous research has found that adverse childhood experiences ACEs are related to destructive conflict resolution style in emerging adult romantic relationships. However, the pathway between the two variables has not been widely studied. This study aimed to examine the role of disorganized attachment as mediator between the two variables. Participants of this study consisted of 172 individuals with experiences of childhood maltreatment, whose ages ranged between 18-25 years and were currently in a relationship for at least 6 months. The Conflict Resolution Strategy Inventory was used to measure destructive conflict resolution which consisted of two dimensions: conflict engagement and withdrawal, the Childhood Trauma Questionnaire Short Form was used to measure ACEs, and Adult Disorganized Attachment was used to measure disorganized attachment. Mediation analysis results showed that disorganized attachment significantly mediated the relationship between ACEs and destructive conflict resolution, for both conflict engagement ab1 = 0,009, SE = 0,005, 95% CI [0,0014, 0,0223 and withdrawal ab2 = 0,0095, SE = 0,0051, 95% CI 0,002, 0,022]. Higher levels ACEs were related to higher disorganized attachment, which in turn was associated with usage of destructive conflict resolution, both conflict engagement and withdrawal. Discussion and suggestion are discussed at the end of the paper.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shierlen Octavia
"ABSTRAK
Trauma masa kanak-kanak adalah faktor risiko yang mempengaruhi perkembangan gejala psikotik. Berbagai penelitian telah menjelaskan mekanisme hubungan antara keduanya
variabel. Skema diri negatif, respons psikologis terhadap trauma dan diketahui memiliki
dampak pada tingkat gejala psikotik, dipostulatkan untuk memediasi dua variabel ini. Ini
Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran skema negatif diri sebagai mediator antara masa kanak-kanak trauma dan gejala psikotik dengan mengendalikan gejala depresi sebagai kovariat. Itu Penelitian dilakukan pada 397 peserta (25,4% pria; Mage = 22,28, SD = 4,93).
Gejala psikotik diukur oleh Asesmen Komunitas terhadap Pengalaman Psikotik (AKPP), trauma masa kecil diukur dengan kuesioner berbasis laporan diri pada studi NEMESIS, dan skema negatif diri diukur dengan Skema Inti Singkat Timbangan (BCSS). Melalui analisis mediasi, hasilnya menunjukkan skema self-negative secara signifikan memediasi hubungan antara trauma masa kecil dengan positif gejala (ab = 0,08; SE = 0,04; 95% CI [0,01, 0,17]), serta gejala negatif dari gejala psikotik (ab = 0,08; SE = 0,03; 95% CI [0,03, 0,14]), dan juga langsung hubungan antara pengalaman traumatis masa kanak-kanak dan gejala positif juga
ditemukan. Ini menjelaskan pentingnya mempertimbangkan peran kognitif dalam menerjemahkan efek trauma masa kecil terhadap gejala psikotik.

ABSTRACT
Childhood trauma is a risk factor that influences the development of psychotic symptoms. Various studies have explained the mechanism of the relationship between the two
variable. Negative self schemes, psychological responses to trauma and are known to have
impact on the level of psychotic symptoms, postulated to mediate these two variables. This This study aims to examine the role of self-negative schemes as a mediator between childhood trauma and psychotic symptoms by controlling depressive symptoms as covariates. The study was conducted on 397 participants (25.4% male; Mage = 22.28, SD = 4.93). Psychotic symptoms were measured by the Community Assessment of Psychotic Experience (PPA), childhood trauma was measured by a self-report questionnaire based on the NEMESIS study, and a negative self-scheme was measured by the Short Core Scales Scheme (BCSS). Through mediation analysis, the results showed a self-negative scheme significantly mediated the relationship between childhood trauma with positive symptoms (ab = 0.08; SE = 0.04; 95% CI [0.01, 0.17]), as well as symptoms negative psychotic symptoms (ab = 0.08; SE = 0.03; 95% CI [0.03, 0.14]), and also a direct relationship between childhood traumatic experiences and positive symptoms as well
was found. This explains the importance of considering the cognitive role in translating the effects of childhood trauma on psychotic symptoms."
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library