Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Saraswati Ayu Hariandini
"The Sims 4 merupakan gim digital yang dapat dimainkan dalam 18 bahasa, salah satunya adalah bahasa Belanda. Penggunaan bahasa Belanda dalam gim The Sims 4 dapat dilihat melalui fitur-fitur yang tersedia pada bagian utama yaitu fitur creër-een-sim. Creër-een-sim merupakan fitur tempat pemain membentuk karakter “sims” dengan memilih eigenschappen (sifat) dan aspiratie (aspirasi). Kata-kata Eigenschappen (sifat) dan aspiratie (aspiratie) yang tertera dalam gim memiliki struktur morfologis yang berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan struktur morfologis kata bahasa Belanda pada fitur eigenschappen dan aspiratie dalam gim The Sims 4. Data penelitian berupa 23 kata eigenschappen dan 10 aspiratie yang didapatkan melalui tangkapan layar dari gim The Sims 4. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif dan menggunakan teori morfologi dari Geert Booij dan Ariane van Santen (1998). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 13 derivat, 19 kompositum dan 1 derivat kompositum. Kompositum merupakan bentuk morfologis kata turunan yang paling dominan dalam gim The Sims 4. Penggunaan kompositum nomina paling banyak ditemukan yaitu berjumlah 18 kata.

The Sims 4 is a digital game that can be played in 18 languages, one of them is Dutch. The use of Dutch language in The Sims 4 is shown through the features in The Sims 4 especially in the main part, creër-een-sim. Creër-een-sim is the feature where players can create “sims” by choosing eigenschappen (traits) and aspiratie (aspiration). Words of Eigenschappen (traits) and aspiratie (aspiration) in the game have different morphological structures. This research focuses to describe the morphological structures of words in eigenschappen and aspiratie features in The Sims 4 game. The data for this research consist of 23 words of eigenschappen and 10 words of aspiratie obtained through screenshots from The Sims 4. This qualitative research uses descriptive analysis methods and the theory of morphology from Geert Booij and Ariane van Santen (1998). The results show that there are 13 derivatives, 19 compounds and one derivative compound. Compound is the most dominant morphological form of derived words in The Sims 4 game. The most used compounds are noun with a total of 18 words."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2022
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Kannitha Amaratya Kiara
"Artikel ini mengkaji ekspresi identitas budaya dalam bermain gim simulasi kehidupan khususnya The Sims 4 berdasarkan sudut pandang pemain video game dari Indonesia. Dirilis pada tahun 2014, The Sims 4 adalah video game yang berkisar pada simulasi kehidupan dan ekspresi manusia, dan secara konsisten mempertahankan posisinya sebagai salah satu gim digital paling populer selama beberapa tahun terakhir (EA, 2023). Melalui pengalaman gameplay simulasi ini, seorang individu dapat menunjukkan dan mengembangkan kreativitas mereka dengan mengintegrasikan budaya asal mereka ke dalam gim. Video game merupakan salah satu bentuk media yang digunakan dengan tujuan tertentu oleh para audiens aktif. Dengan mengimplementasikan teori uses and gratifications yang dikemukakan oleh Blumer dan Katz (1974) terkait kasus The Sims 4 sebagai bentuk ekspresi identitas – tulisan ini mengungkap penerapan game mods pada gim simulasi kehidupan terlaris. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu content analysis untuk mengidentifikasi dan mendiskusi berbagai contoh ekspresi identitas budaya di The Sims 4, dalam konteks gameplay yang diproduksi oleh pemain gim Indonesia, HANQUARTER atau Hani. Saya menyoroti bagaimana gim simulasi kehidupan seperti The Sims 4 memungkinkan pemain untuk mengeksplorasi, membuat, dan mengekspresikan identitas mereka melalui penggunaan game mod yang sesuai.
This article examines the expression of cultural identity in playing life simulation games particularly, The Sims 4, based on the perspective of an Indonesian video game player. Originally released in the year 2014, The Sims 4 is a video game revolving around the simulation of life and human expression, it has consistently kept its spot as one of the most popular digital games over the past years (EA, 2023). Through this simulation gameplay experience, individuals showcase and expand on their creativity by integrating their home culture into the game. Video games are a form of media that is used with a specific purpose by an active audience. By implementing the uses and gratifications theory coined by Blumer and Katz (1974) in relation to the case of The Sims 4 as a form of identity expression – this paper unravels the application of game mods on the best-selling life simulation game. This study uses a qualitative content analysis approach to identify and address the different instances of cultural identity expression in The Sims 4, in the context of a video gameplay produced by an Indonesian game player, HANQUARTER or Hani. I highlight how life simulation games like The Sims 4 allows players to explore, create, and express their identity using appropriate game mods."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library