Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Reza Fadillah Achmad
"Telefarmasi merupakan salah satu bentuk lebih luas dari telemedicine yang didefinisikan sebagai pelayanan kefarmasian melalui penggunaan teknologi telekomunikasi dan informasi kepada pasien dalam jarak jauh sehingga tidak memerlukan tatap muka. Swamedikasi merupakan pelayanan telefarmasi yang sering dilakukan, dimana konsumen memiliki kebebasan dalam memilih obat sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Penelitian ini bertujuan memberi gambaran mengenai pelayanan swamedikasi secara telefarmasi serta mengevaluasi implementasi pelayanan telefarmasi berdasarkan data kepuasan pasien yang mengacu kepada enam dimensi mutu kualitas pelayanan menurut WHO. Penelitian dilakukan menggunakan metode penelitian deskriptif analitik dengan desain peneltian cross sectional. Pengumpulan data dilakukan secara restrospektif menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner yang disebarkan secara online. Kuesioner pada penelitian ini telah dinyatakan valid karena telah lolos uji validitas dan reliabilitas. Jumlah responden yang mengisi kuesioner berjumlah 194 orang tetapi hanya 120 responden yang sesuai kriteria. Sebagian besar responden (33%) melakukan swamedikasi secara telefarmasi di Jakarta dengan media yang paling banyak digunakan adalah Halodoc/GoMed. Hasil penelitian menunjukkan, pasien puas dengan penggunaan telefarmasi dengan persentase pada dimensi efektif (76,7%), efisien (63,3%), aksesibilitas (84,2%), berpusat pada pasien (57,5%), adil (81,7%), dan aman (91,7%). Uji beda rerata menunjukkan terdapat perbedaan bermakna pada kategori usia, tingkat pendidikan, dan tingkat penghasilan karena memiliki nilai signifikansi <0,05. Berdasasrkan hasil analisis dapat disimpulkan 75,8% responden merasa puas dan 24,2% merasa cukup puas terhadap pelayanan swamedikasi secara telefarmasi yang digunakan dimana dimensi berpusat pada pasien memiliki tingkat kepuasaan paling rendah sehigga diperlukan peningkatan mutu pelayanan.

Telepharmacy is a broader form of telemedicine which is defined as pharmaceutical services by telecommunications and information technology to remote patients so that they don’t require face-to-face contact. Self-medication is a telepharmacy service that is often used, where consumers have the freedom to choose drugs according to their wishes and needs. This study aims to provide an overview of self-medication services by telepharmacy and evaluate the implementation of telepharmacy services based on patient satisfaction data that refers to the six dimensions of service quality according to WHO. This research was conducted using descriptive analytic research method with a cross sectional research design. Data collection was carried out retrospectively using primary data obtained from questionnaires distributed online. The questionnaire in this study has been declared valid because it has passed the validity and reliability test. The number of respondents who filled out the questionnaire was 194 people but only 120 respondents met the inclusion criteria. Most respondents (33%) self-medicate via telepharmacy in Jakarta with the most widely used media being Halodoc/GoMed. The results showed that patients were satisfied using telepharmacy with a percentage on the dimensions of effective (76.7%), efficient (63.3%), accessible (84.2%), patient-centered (57.5%), equitable (81.7%), and safe (91.7%). The mean difference test showed that there were significant differences in the categories of age, education level, and income level because it had a significance value of <0.05. Based on the results of the analysis, it can be concluded that 75.8% of respondents are satisfied and 24.2% are quite satisfied with the telepharmacy self-medication service used where the patient-centered dimension has the lowest level of satisfaction so that it needs to be done to improve service quality. "
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Heni Asnah Nurjannah
"Hipertensi adalah penyakit kronis yang menjadi salah satu masalah kesehatan baik secara nasional maupun global. Penyakit ini bersifat progresif dan tidak memiliki gejala sehingga efeknya pada kesehatan pasien dapat terjadi setelah bertahun-tahun. Dengan sifat asimtomatik penyakit ini menyebabkan kepatuhan pengobatan pasien hipertensi menjadi aspek penting dalam mencapai keberhasilan terapi pengobatan berupa tekanan darah yang terkontrol. Apoteker sebagai tenaga kesehatan bertugas memberikan pelayanan farmasi klinik untuk mencapai keberhasilan terapi pasien. Penelitian ini dilakukan dengan metode Literature Review dengan tujuan untuk mengetahui pemantauan terapi obat pasien hipertensi di fasilitas apotek. Pemantauan terapi pengobatan hipertensi dilakukan untuk memastikan pasien menerima pengobatan hipertensi yang aman, efektif dan rasional untuk mencapai tekanan darah yang terkontrol. Proses kegiatan ini merupakan proses yang komprehensif dimulai dari seleksi pasien, pengumpulan data pasien, identifikasi masalah terkait obat, rekomendasi terapi, rencana pemantauan sampai dengan tindak lanjut atau komunikasi. Pada tahap perencanaan pemantauan, apoteker juga harus menetapkan interval pemantauan, pemantauan fungsi ginjal dan hati, dan target terapi hipertensi. Selama proses pelaksanaan, apoteker harus memiliki pemahaman menyeluruh tentang pengobatan dimulai dari informasi kontraindikasi obat, interaksi obat, hingga efek samping yang dapat muncul dari obat-obat terapi antihipertensi serta manajemen yang harus dilakukan. Kepatuhan pasien hipertensi perlu dinilai, dipantau dan dianalisis untuk mencapai tujuan pengobatan. Penilaian dapat dilakukan melalui metode pelaporan mandiri atau kuesioner, wawancara atau menghitung jumlah pil sisa. Implementasi pelayanan telefarmasi hipertensi di apotek sesuai standar pelayanan kefarmasian juga dapat dilakukan untuk memantau dan meningkatkan kepatuhan pengobatan pasien hipertensi.

Hypertension is a chronic disease that is a health problem both nationally and globally. It is a progressive disease and has no symptoms so its effects on the patient's health can occur after many years. With the asymptomatic nature of this disease, compliance with treatment for hypertensive patients becomes an important aspect in achieving successful treatment therapy in the form of controlled blood pressure. Pharmacists as health workers are tasked with providing clinical pharmacy services to achieve successful patient therapy. This research was conducted using the Literature Review method with the aim of knowing the monitoring of drug therapy for hypertensive patients in pharmacy facilities. Hypertension treatment therapy monitoring is carried out to ensure patients receive safe, effective and rational hypertension treatment to achieve controlled blood pressure. This activity process is a comprehensive process starting from patient selection, patient data collection, identification of drug-related problems, therapy recommendations, monitoring plans to follow-up or communication. At the monitoring planning stage, pharmacists must also determine monitoring intervals, monitoring kidney and liver function, and hypertension therapy targets. During the implementation process, pharmacists must have a comprehensive understanding of medication starting from information on drug contraindications, drug interactions, to side effects that can arise from antihypertensive therapy drugs and the management that must be carried out. Hypertensive patient compliance needs to be assessed, monitored and analyzed to achieve treatment goals. Assessment can be carried out through self-reporting methods or questionnaires, interviews or counting the number of remaining pills. Implementation of hypertension telepharmacy services in pharmacies according to pharmaceutical service standards can also be carried out to monitor and improve medication compliance for hypertension patients.
"
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2023
PR-PDF
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library