Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
Kevin Ginevra Arota Hulu
"Sistem Integrasi Tarif merupakan suatu sistem pembayaran tarif dimana pengguna moda transportasi umum melakukan pembayaran hanya sekali, tetapi bisa menggunakan dua atau lebih moda transportasi umum. Untuk penelitian ini, moda transportasi yang ditinjau adalah TransJakarta dan MRT.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui preferensi yang mempengaruhi masyarakat terkait integrasi tarif, mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perilaku masyarakat terhadap integrasi tarif, serta preferensi tarif integrasi untuk masyarakat.
Metode pengambilan data untuk praktikum ini adalah Stated Preference Method. Survey dilakukan di dua tempat yaitu di pusat kota dan di pinggiran kota. Survey di pusat kota dilaksanakan di Halte Bendungan Hilir (Koridor 1 TransJakarta) sedangkan survey di Pinggiran Kota dilaksanakan di Stasiun Lebak Bulus.
Metode pengolahan data untuk praktikum ini menggunakan Discrete Choice Model. Dua variabel yang berpengaruh dalam penelitian ini adalah harga dan waktu. Hasil dari penelitian ini adalah tarif yang dapat diterima masyarakat.
The Tariff Integration System is a tariff payment system where users of public transportation make payments only once, but can use two or more modes of public transportation. For this study, the modes of transportation reviewed are TransJakarta and MRT.The purpose of this study is to find out the preferences that affect the community regarding tariff integration, to know the factors that can influence people's behavior towards tariff integration, as well as the preference for integration rates for community.The data collection method for this study is Stated Preference Method. The survey was conducted in two places, namely in the downtown and in the suburbs. The survey in the downtown is held at the Bendungan Hilir Stop (TransJakarta Corridor 1) while the survey in the suburbs is carried out at Lebak Bulus Station.Data processing methods for this study is Discrete Choice Model. The two influential variables in this study are price and time. The results of this study are the amount of tariffs that can be accepted by the community."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Hashfi Fahreza
"Sistem Integrasi Tarif merupakan suatu sistem pembayaran tarif transportasi umum yang memungkinkan pengguna hanya membayar satu kali untuk dua moda transportasi yang berbeda. Untuk penelitian kali ini, moda transportasi yang ditinjau adalah TransJakarta dan LRT. Tujuan dari penelitian ini sendiri adalah untuk mengetahui preferensi masyarakat mengenai sistem integrasi tarif, serta nilai tarif integrasi yang optimal untuk masyarakat. Metode pengambilan data untuk praktikum ini adalah Stated Preference Method. Metode pengolahan data untuk praktikum ini menggunakan Discrete Choice Model. Survey pada penelitian ini dilaksanakan pada halte TransJakarta Velodrome dan stasiun LRT Mal Kelapa Gading. Dua variabel yang berpengaruh dalam penelitian ini adalah harga dan waktu. Hasil dari penelitian ini adalah tarif yang dapat diterima masyarakat.
Tariff Integration System is a payment system for public transportation tariffs that allows users to only pay once for two different modes of transportation. For this research, the modes of transportation reviewed are TransJakarta and LRT. The purpose of this research itself is to determine the people's preferences regarding the system of tariff integration, as well as the optimal value of integration rates for the community. The data collection method for this practicum is the Stated Preference Method. The data processing method for this practicum uses the Discrete Choice Model. Two variables that influence in this research are price and time. The results of this study are tariffs that are acceptable to the public."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Farras Barzani Firdausi
"Transportasi merupakan hal yang penting bagi manusia untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, hal itupun dipermudah dengan adanya transportasi umum. Jaringan transportasi umum yang baik akan sangat mendukung fungsi sosial di daerah perkotaan, serta membantu untuk mengurangi kemacetan dan polusi di lingkungan. Penggunaan Transportasi Pribadi semakin hari semakin bertambah jumlahnya, oleh karena itu, pemerintah menganjurkan kepada masyarakat untuk menggunakan Transportasi Umum. Untuk penelitian kali ini akan fokus kepada transportasi yang digunakan Mahasiswa Universitas Indonesia dalam melakukan pembelajaran dari rumah menuju Kampus Universitas Indonesia. Moda yang akan ditinjau merupakan transportasi berbentuk Bus. Tujuan penelitian kali ini adalah menentukan rute usulan dan lokasi tempat pemberhentian yang strategis berdasarkan persebaran tempat tinggal Mahasiswa Universitas Indonesia menggunakan aplikasi QGIS dan menganalisis preferensi apa saja yang mempengaruhi Mahasiswa Universitas Indonesia dalam peralihan penggunaan transportasi pribadi menuju penggunaan moda transportasi umum baru. Metode pengambilan data untuk praktikum ini adalah Stated Preference Method. Metode pengolahan data untuk praktikum ini menggunakan Discrete Choice Model. Survey pada penelitian ini dilaksanakan pada Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Indonesia Angkatan 2017 dan 2018 yang berdomisili di Kecamatan Pesanggrahan, Kebayoran Lama, Cilandak, Pasar Minggu dan Jagakarsa Jakarta Selatan. Variabel yang berpengaruh dalam penelitian ini adalah waktu, harga, jarak, dan frekuensi. Hasil dari penelitian ini adalah tarif yang dapat diterima masyarakat
Transportation is important for humans to meet their daily needs, and even then it is made easier by the existence of public transportation. A good public transportation network will greatly support social functions in urban areas, as well as help to reduce congestion and pollution in the environment. The use of private transportation is increasing day by day, therefore, the government encourages the public to use public transportation. For this research, we will focus on the transportation used by University of Indonesia students in learning from home to the University of Indonesia Campus. The mode to be reviewed is a bus. The purpose of this research is to determine the proposed route and location of strategic stops based on the distribution of residences for University of Indonesia students using the QGIS application and to analyze what preferences affect University of Indonesia students in shifting the use of private transportation to using new modes of public transportation. The data collection method for this practicum is the Stated Preference Method. The data processing method for this practicum uses the Discrete Choice Model. The survey in this study was carried out on students of the Faculty of Engineering, University of Indonesia, Class 2017 and 2018 who live in Pesanggrahan, Kebayoran Lama, Cilandak, Pasar Minggu and Jagakarsa Districts, South Jakarta. The variables that influence this research are time, price, distance, and frequency. The results of this study are rates that are acceptable to the community"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library