Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 50 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Menlo Park : AAAI Press , 1991
005.1 AUT
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Sheppard, Deri
Inggris : McGraw-Hill, 1995
005.1 SHE i
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Weinberg, Gerald M.
New York: Dorest House Publishing, 1993
005.1 WEI q I
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Tondo, Clovis L.
Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall, 1992
005.1 TON m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Wohlin, Claes, editor
"This book contains the refereed proceedings of the 13th International Conference on Agile Software Development, XP 2012, held in Malmö, Sweden, in May 2012.
The topics covered include general aspects of agility, agile teams, studies related to the release and maintenance of software, and research on specific practices in agile and lean software development. They are complemented by four short papers capturing additional aspects of agile and lean projects."
Berlin: [, Springer-Verlag], 2012
e20410479
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Rina Yuniarti
"Penggunaan teknologi digital yang semakin luas mendukung perusahaan untuk membuat strategi bisnis yang lebih baru, yaitu mengembangkan ekosistem digital berbasis perangkat lunak dengan memanfaatkan hubungan antara bentuk dan fungsi produk di dalam perusahaan. Perusahaan perbankan dituntut untuk menerapkan pengembangan dengan metodologi agile agar dapat bersaing dengan cepat, meningkatkan kepuasan pelanggan, memperluas segmen pasar, meningkatkan produktivitas dan mengetahui kebutuhan pelanggan. Namun dalam realita nya penerapan metodologi agile itu sendiri dapat menjadikan suatu tantangan dikarenakan praktik-praktik yang harus dipatuhi dan dilaksanakan diperlukan prosedur yang dapat mengakibatkan deliverables fungsi atau fitur tidak sesuai dengan rencana pengembangan. Hal ini berakibat juga pada target bisnis perusahaan tidak terpenuhi karena volume transaksi tidak maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk merancang suatu metodologi terhadap proses pengembangan perangkat lunak dan membuat panduan untuk implementasinya di suatu perusahaan berdasarkan prinsip-prinsip dari Essence Framework. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan pendekatan Design Science Research (DSR). Penerapan Essence Framework pada penelitian ini dilakukan dengan menetapkan metode, memilih praktik-praktik dan pelaksanaan ujicoba demonstrasi. Pada proses pembangunan metode dengan Kernel, dilakukan penggabungan praktik lintas metode terhadap 24 praktik terpilih yang dihasilkan dari proses Focus Group Discussion (FGD) dengan tim pengembangan PT XYZ berdasarkan metode terpilih dari hasil studi literatur. Metode Agile untuk transformasi yang besar dan kompleks berdasarkan studi literatur adalah Scrum, Kanban, Extreme Programming dan Spotify. Metode Scaled Agile Framework (SAFe) dan Large Scale Scrum (LeSS) juga dimasukkan dalam metode terpilih karena SAFe dan LeSS merupakan metode scaling Agile paling populer berdasarkan hasil survei VersionOne tahun 2021. Penyesuaian metodologi berdasarkan hasil evaluasi dan juga dilakukan konfirmasi kepada para ahli adalah dengan menambahkan 5 praktik dan 2 metode baru selain dari 24 praktik yang telah dilakukan ujicoba demonstrasi.

The wider use of digital technology supports companies to create a new business strategy, namely to develop a software-based digital ecosystem by exploiting the relationship between the form and function of products within the company. Banking companies are required to apply development with an agile methodology in order to compete quickly, increase customer satisfaction, expand market segments, increase productivity and understand customer needs. However, in reality the application of the agile methodology itself can be a challenge because the practices that must be complied with and carried out require procedures that can result in function or feature deliverables not in accordance with the development plan. This also resulted in the company's business targets not being met because the transaction volume was not optimal. This study aims to design a methodology for the software development process and create guidelines for its implementation in a company based on the principles of the Essence Framework. The implementation of this research uses the Design Science Research (DSR) approach. The application of the Essence Framework in this study was carried out by establishing methods, choosing practices and carrying out demonstration trials. In the method development process with the Kernel, a combination of cross-method practices was carried out on 24 selected practices resulting from the Focus Group Discussion (FGD) process with the PT XYZ development team based on the selected methods from the results of the literature study. Agile methods for large and complex transformations based on literature studies are Scrum, Kanban, Extreme Programming and Spotify. The Scaled Agile Framework (SAFe) and Large Scale Scrum (LeSS) methods are also included in the selected methods because SAFe and LeSS are the most popular scaling Agile methods based on the results of the 2021 VersionOne survey. Methodological adjustments are based on evaluation results and also confirmed by experts by adding 5 practices and 2 new methods apart from the 24 practices that have been piloted demonstrations."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
M. Oktaviandri
"ABSTRAK
Dalam mendisain sebuah peralatan kilang, proses pemilihan material dinilai baik apabila dalam pemakaiannya material tersebut paling tidak mempunyai umur sama dengan umur disain. Untuk mencapai hal itu maka semua kriteria yang disyaratkan bagi kandidat material harus dibuat selengkap mungkin.
Hal lain yang tak kalah pentingnya adalah tersedianya sistem informasi material itu sendiri. Dengan adanya sistem informasi material yang lengkap, konsisten dan beraku umum, maka hasil proses pengambilan keputusan itu akan menjadi sangat memuaskan dan dapat dipertanggungjawabkan secara teknis.
Dengan memanfatkan teknologi komputer, dilakukan perancangan piranti lunak sistem pemilihan material dengan pendekatan sistem pakar yang didukung oleh sistem informasi pangkalan data untuk mempermudah proses pemilihan material yang; sesuai dengan kriteria disain, dapat dipertanggungjawabkan dari segi teknis, mengurangi ketergantungan kelompok rekayasa terhadap sumber pengetahuan, serta dapat menyimpan informasi data material yang mutakhir, lengkap, konsisten dan berlaku umum, sehingga waktu penelusuran informasi dapat dipersingkat.
ABSTRACT
In designing a refinery equipment, process of selecting material is good if the lift of using the material is at least the same as design Life. To get it, all of the criteria that is conditioned for considerate of material must be made as complete as possible.
Something else that is important enough is the material Information system itself. With a complete, consistent and generally implemented the result of decision-making process will be very satisfying and can be responsible technically.
By using computer technology, software of material selection system is made with expert system approach that is backed up by database information system to make the process of selecting material easy that is; fit with design criteria; can be responsible technically; decreasing dependence of engineer to source of knowledge; can store up to date, complete, consistent and generally implemented data of material, so that time of seeking information can be shortered.
"
1997
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Riyanarto Sarno
"Salah satu aspek penting pada perencanaan dan manajemen proyek rancang bangun perangkat lunak adalah mengestimasi biaya sebuah proyek. Beberapa metode telah digunakan untuk mengestimasi biaya suatu proyek perangkat lunak, dan metode Analogy merupakan metode baru yang menghasilkan estimasi relatif akurat.
Makalah ini menunjukkan hasil studi penyempurnaan metode Analogy, yang meliputi penentuan model matematis untuk memilih proyek sejenis sebagai acuan estimasi, serta penentuan estimasi effort dan biaya. Studi ini menghasilkan penyempurnaan teknik estimasi biaya dengan parameter biaya lebih lengkap sehingga hasil estimasi relatif lebih baik daripada metode Analogy baku.

The important aspect of planning and managing software development project is to estimate the cost of a project. There are several methods for estimating the cost of a software development project, and the Analogy method is a method which gives relatively better estimates.
This paper shows that the modified Analogy method selects a closer project reference, estimates more accurate project effort and cost. This study enhances the cost estimate technique by including valid and complete cost parameters, therefore the estimate of a project cost is better than the result of the standard Analogy method."
Depok: Lembaga Penelitian Universitas Indonesia, 2002
AJ-Pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Surbakti, Eunike Endariahna
"Proyek adalah suatu kegiatan yang memiliki jangka waktu untuk menciptakan produk yang unik, pelayanan dan hasil. Implementasi aplikasi adalah bentuk yang paling dirasakan oleh end users sehingga sangat dibutuhkan manajemen proyek perangkat lunak yang baik. PT BCA Finance berdasarkan hasil Evaluasi KPI semester dua tahun 2017, ada 4 proyek yang belum implementasi. Selain itu, berdasarkan data yang didapatkan di project management mengenai status proyek aplikasi lima tahun terakhir, ada 104 proyek dalam pengerjaan baik outsourcing maupun inhouse. Pentingnya peranan perangkat lunak di PT BCA Finance menyebabkan perlunya prosedur baku dalam pengembangan perangkat lunak.
Metode pengembangan perangkat lunak akan berdampak langsung terhadap bagaimana proyek dibagi dalam fase, estimasi, tugas dan sumber daya yang dibutuhkan. Sebelum menyusun prosedur tersebut, metode pengembangan perangkat lunak ditentukan oleh kriteria dan sub kriteria dalam pemilihannya. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian ini bertujuan untuk menentukan metode yang paling sesuai untuk pengembangan perangkat lunak di PT BCA Finance.
Metode yang digunakan untuk mencari rekomendasi metode pengembangan perangkat lunak di PT BCA Finance menggunakan Analytic Hierarchy Process (AHP). Metode pengambilan keputusan AHP dipilih untuk evaluasi multi-tujuan, menggabungkan analisis kualitatif dan kuantitatif dalam pengambilan keputusan, memperhitungkan ketidakpastian dan ketidaktepatan dalam evaluasi dan sudah banyak diterapkan dalam perbankan dan finansial.

Project is an activity that has a period of time to create unique products, services and results. Application implementation is the form that is most felt by end users, so good software project management is needed. PT BCA Finance based on the results of the 2017 semester KPI evaluation, there are 4 projects that have not been implemented. In addition, based on data obtained in project management regarding the status of application projects in the past five years, there are 104 projects in the work of both outsourcing and inhouse. The importance of the role of software in PT BCA Finance has led to the need for standard procedures in software development.
Software development methods will have a direct impact on how the project is divided into phases, estimates, tasks and resources needed. Before compiling the procedure, the method of software development is determined by the criteria and subcriteria in its selection. Therefore, this research needs to be done to determine the most suitable method for software development at PT BCA Finance.
The method used to find recommendations for software development methods at PT BCA Finance using Analytic Hierarchy Process (AHP). AHP decision-making methods were chosen for multi-purpose evaluation, combining qualitative and quantitative analysis in decision making, taking into account uncertainties and inaccuracies in evaluations and have been widely applied in banking and finance.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2019
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nicko
"PT DAnS Multi Pro sejak awal berdiri telah dipercaya untuk memegang beberapa proyek aplikasi dari beberapa klien namun PT DAnS Multi Pro baru menjalankan pengembangan perangkat lunak sederhana yang berpedoman pada siklus PDCA (Plan, Do, Check, and Act). Dengan konsep pengembangan perangkat lunak yang belum terstruktur pada saat itu, tujuan utama dari setiap pengembangan perangkat lunak yang dilakukan hanya untuk menyelesaikan setiap task permintaan dari klien dengan memenuhi deadline. Seiring berjalannya waktu, beberapa aplikasi yang sudah digunakan oleh para klien semakin banyak digunakan dan semakin krusial dalam bisnis masing-masing klien tersebut. Hal ini membuat semakin tinggi kebutuhan enhancement pada proyek-proyek yang harus dilakukan oleh PT DAnS Multi Pro. Manajemen telah berinisiatif dengan memulai implementasi kerangka kerja Scrum dalam proses pengembangan perangkat lunak. Namun setelah perusahaan mengimplementasikan Scrum, setiap proyek yang dikerjakan tersebut masih belum memenuhi standar dari sisi deliverability dan quality. Adanya penurunan dari hasil kinerja ini dapat berdampak pada bisnis PT DAnS Multi Pro dalam hal membangun kepercayaan dari klien. Penelitian ini menganalisis penyebab tidak
berjalannya Scrum pada PT DAnS Multi Pro dengan melakukan penilaian pada aktivitasaktivitas yang dilakukan dalam perusahaan. Daftar aktivitas tersebut dibandingkan dengan aktivitas-aktivitas dalam Scrum Guide. Konsep yang digunakan dalam penilaian aktivitas tersebut adalah dengan memanfaatkan konsep appraisal dari Dr. Kneuper yang
biasa digunakan untuk pengukuran maturity suatu pengembangan perangkat lunak. Hasil temuan dari metode appraisal tersebut dianalisis terkait aktivitas Scrum apa yang kurang dalam pelaksanaannya dan solusi untuk peningkatan pelaksanaan aktivitas Scrum pada perusahaan. Analisis yang dilakukan menunjukkan adanya pengaruh negatif dari suatu aktivitas dalam Scrum akan berdampak negatif hingga terakumulasi dalam suatu Sprint karena aktivitas negatif tersebut akan membuat aktivitas lain ikut menjadi negatif.

PT PT DAnS Multi Pro has been trusted to handle some of application projects from many clients since it was established. But PT PT DAnS Multi Pro have just run the basic software Development that refer to PDCA (Plan, Do, Check, and Act). The software Development concept was not structured yet for the company, their objectives for each software Development was just to finish the requested tasks from client under a deadline. As time goes by, some of software applications that have been used by the user clients and they have a crucial role in the each of client`s businesses, there are more and more the project enhancements and new requirements that have to be done by PT PT DAnS Multi Pro. The management has made an initiative to implement the Scrum framework in the software Development process. But, after the implementation of Scrum, each of these projects, that is handled by company still not reach the producing standardization of deliverability and quality. The decrease of deliverability and quality will affect to PT PT DAnS Multi Pro to build belief from the clients. This research analyzes the cause of Scrum is not running in PT PT DAnS Multi Pro through the assessment for the activities in the company. The activity list that run on company is compared to the activities from the Scrum Guide. The concept that applied for this research is using appraisal concept from Dr. Kneuper that used to be for software Development maturity measurement. The result of this appraisal is analyzed the activities that have defect in the Scrum practice and the solution to enhance Scrum activities in the company. The analysis result says that if
there is any negative node or activity in the Scrum activity, that will affect to the whole of Scrum activity in a Sprint iteration because of the other activity that has already affected to be negative will affect to other activities to be negative.
"
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2020
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5   >>