Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Halimah Tun Syakdiah
"Skripsi ini membahas perkembangan metodologi dalam ilmu ekonomi. Perkembangan tersebut berupa ekonomi perilaku yang mengangkat peran asumsi yang tidak riil dan realisme psikologis. Asumsi yang tidak riil merupakan hipotesis para ekonom untuk memperoleh gambaran mengenai persoalan ekonomi. Sedangkan realisme psikologis sebagai cara untuk mengidentifikasi persoalan tersebut. Dalam upaya mengangkat pentingnya peran realisme ilmiah dan penelitian psikologi untuk memperoleh pengetahuan yang benar. Ekonomi perilaku mendasarkan pengetahuan pada realitas teramati berupa perilaku manusia Human behaviour . Dengan demikian, ekonomi perilaku mampu menganalisis proses pembuatan keputusan ekonomi yang dilakukan oleh individu hingga perilaku sosial melalui pemodelan Loss Aversion.

This study discusses the development of methodology in economics. The development are behavioral economics. Behavioral economics that raises the role of unrealistic assumptions and psychological realism. Unrealistic assumptions are the economist's hypothesis to get a abstraction of the economic problem. While psychological realism as a way to identify the problem. In an effort to raise the importance of the role of scientific realism and psychological research to obtain correct knowledge. The behavioral economics bases knowledge on the observed reality of human behavior. Thus, behavioral economics is able to analyze the economic decision making processes undertaken by individuals to social behavior through the modeling of Loss Aversion.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S69387
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abdul Luky Shofiul Azmi S
"Penelitian ini merupakan eksperimen lapangan yang dilakukan dengan menggunakan randomized controlled trials untuk mengeksplorasi peran dari self control problem dan social preference dalam proses pengambilan keputusan individu dengan kasus upaya peningkatan keberhasilan program konversi BBM BBG bagi nelayan kecil. Upaya ini dilakukan dengan dua jenis perlakuan yaitu program cashback dan stiker social norm. RCT dilakukan dengan unit randomisasi klaster dan unit analisis individu guna meminimalisir terjadinya bias dan spillover effect. Total sampel adalah 302 yang dialokasikan secara stratified randomization pada tahap kabupaten menjadi 79 sampel perlakuan stiker, 83 sampel perlakuan cashback, 62 sampel perlakuan kombinasi stiker-cashback, dan 78 sampel kontrol. Pengukuran endline dilakukan dua puluh satu hari setelah pelaksanaan program konversi pemberian mesin BBG kepada nelayan . Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penggunaan BBG baik secara status penggunaan BBG pada akhir pengamatan maupun secara durasi penggunaan BBG di kelompok perlakuan stiker, kelompok perlakuan cashback dan kelompok perlakuan stiker-cashback lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa nudge cashback dan stiker social norm mampu meningkatkan keberhasilan program konversi BBM BBG bagi nelayan kecil.

This field experiment was conducted by using randomized controlled trials to explore the role of self control problem and social preference in individual decision-making process, especially in increasing fuel-gas conversion program success for small-scale fishermen. Nudge of soft commitment called cashback for self control problem and nudge of social norm sticker for social preference were used as additional treatment in order to increase the program success. Trials were done by cluster randomization and individual analysis. Total sample was 302 allocated by stratified randomization in district level into 79 sample of sticker treatment group, 83 sample of cashback treatment group, 62 sample of sticker and cashback combination treatment group, and 78 sample of control group. Twenty-one days observations were conducted starting from the program implementation. Status and duration of the gas usage were analyzed in ETT and ITT analysis. The results demonstrate that the use of cashback and social norm sticker has a positive effect on increasing fuel-gas conversion program success for small-scale fishermen."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
D2482
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library