Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Siti Nurbayani
"Penelitian ini membahas mengenai gaya bahasa yang terdapat dalam delapan slogan iklan e- commerce bol.com di kanal YouTube edisi Natal. Bol.com merupakan e-commerce yang dimulai pada 1999 sebagai toko buku daring namun karena slogan yang berhasil dibentuk dan akhirnya melekat, bol.com mulai dikenal sebagai e-commerce di Belanda dan Belgia. Melaui iklan yang persuasif, bol.com memiliki omset penjualan yang tinggi melalui iklan. Gaya bahasa di dalam slogan iklan bol.com dapat mempengaruhi tingkat penjualan barang yang diiklankan. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian analisis-deskriptif dengan menganalisis gaya bahasa serta unsur persuasif yang terdapat di dalam delapan slogan iklan bol.com edisi natal. Hasil dari penelitian ini menunjukan adanya 10 gaya bahasa yang muncul dari delapan slogan iklan e-commerce bol.com, gaya bahasa yang paling sering muncul adalah repetisi. Gaya bahasa seperti personifikasi, metafora, anafora, repetisi, ellipsis, antithese, totum pro parte, dan inversie juga menyampaikan pesan produsen dengan cara yang tidak biasa. Dengan adanya variasi gaya bahasa pada slogan iklan bol.com yang disampaikan secara persuasif membuat penonton merasa terlibat sehingga membeli produk yang diiklankan.

This study discusses the figurative language contained in eight slogans of bol.com e- commerce advertisements on the Christmas edition of the YouTube channel. Bol.com is an e- commerce that started in 1999 as an online bookstore but because of the slogan that was successfully formed and finally stuck, bol.com began to be known as an e-commerce in the Netherlands and Belgium. Through persuasive advertising, bol.com has a high sales turnover through advertising. The figurative language in bol.com's advertising slogans can affect the level of sales of the advertised goods. This study uses descriptive-analytical research method by analysing the language style and persuasive elements contained in eight bol.com advertising slogans in the Christmas edition. The results of this study show that there are 10 figurative language that appear in the eight slogans of bol.com e-commerce advertisements, the most frequent language style is repetition. Styles such as personification, metaphor, anaphora, repetition, ellipsis, antithesis, totum pro parte, and inversion also convey the producer's message in an unusual way. With the variety of figurative language in bol.com advertising slogans delivered persuasively, the audience feels involved so that they buy the advertised product.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Daeli, Oktavianus Imagodei Faozisochi
"Propaganda merupakan suatu usaha yang ditujukan untuk memperngaruhi pola pikir maupun tingkah laku seseorang sesuai dari keinginan propagandis. Salah satu media yang digunakan untuk menyebarkan propaganda adalah poster. Sebuah poster merupakan media komunikasi bersifat persuasif yang pada umumnya terdiri dari sebuah ilustrasi dan slogan. Pada zaman pendudukan Jepang di Indonesia tahun 1942-1945 propaganda menjadi konsen tersendiri pada pemerintahan Jepang. Berbagai media digunakan untuk menyebarkan propaganda Jepang, salah satunya melalui poster. Belanda yang menduduki Indonesia sebelum masuknya Jepang juga ikut menerbitkan poster-poster propaganda. Penelitian dilakukan terhadap empat poster yang diterbitkan Belanda antara tahun 1944-1945 yang isinya mendiskreditkan Jepang.
Penelitian ini akan mengkaji secara pragmatik bagaimana Jepang direpresentasikan oleh Belanda di dalam poster-poster propaganda Belanda yang terbit antara tahun 1944-1945. Tanda-tanda yang terdapat pada poster akan dianalisis konotasi maknanya dengan menggunakan teori semiotik pragmatik sesuai konteks keadaan pada waktu penerbitan poster tersebut. Penelitian ini menghasilkan penggambaran Jepang melalui tanda-tanda yang terdapat pada poster yang diterbitkan Belanda.
Propaganda is an effort that is intended to influence the mindset and behavior of a person in accordance of the propagandist wishes. Poster is a tool that used to spread the propaganda. A poster is a persuasive communication media, which generally consists of an illustration and slogan. In the days of the Japanese occupation of Indonesia in 1942-1945 propaganda became a particular concern on the Japanese government. Various media is used to spread Japanese propaganda, including poster. Netherlands who have occupied Indonesia before the entry of Japan also publishes propaganda posters. Research conducted on the four poster that published by Netherlands between 1944-1945, which discredits Japan.
This study will examine pragmatically how Japan was described by the Netherlands in the Netherlands propaganda posters published between the years 1944-1945. The signs were found on the poster, will be analyzed his connotation meaning using a pragmatic semiotic theory, according to the context of the circumstances at the time of publication of the poster. This research resulted in the Japanese view through the signs contained in the poster that published by Netherlands.
"
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2016
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library