Ditemukan 9 dokumen yang sesuai dengan query
Harvald, Svend Aage
Surabaya: Airlangga University Press, 1992
623.8 HAR rt
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Abdul Muhyi
"
ABSTRAK
Kapal dengan lambung banyak (multihull) telah banyak digunakan untuk sarana transportasi laut, salah satunya adalah kapal berlambung empat (quadramaran). Salah satu konfigurasi kapal quadramaran adalah susunan diamond yang mempunyai dua lambung-dalam (mainhull) dan dua lambung-luar (sidehulls). Secara umum kapal multihull pada kecepatan tinggi mempunyai efisiensi hidrodinamik yang lebih baik dari kapal monohull. Tujuan dari studi ini adalah mengetahui efek yang terjadi khusunya terhadap hambatan total kapal quadramaran akibat dari pergeseran letak lambung-luar secara tranversal dan ...
"
2015
T44401
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Mathias Bimo P.
"
Peningkatan kecepatan kapal dengan daya yang sama merupakan peningkatan efektivitas dan memberikan konservasi energi dalam perjalanan kapal. Dewasa ini telah dipelajari bahwa kecepatan kapal dapat ditingkatkan dengan melakukan biomimetic kulit ikan hiu pada lambungnya. Modifikasi yang lebih dikenal dengan teknologi mikro-riblet ini, memiliki bentuk pola bilik ndash; bilik yang dapat mengarahkan aliran disekitar kapal menjadi aliran turbulen yang teratur. Dalam aplikasinya micro-riblet akan memberikan luasan basah tambahan pada kapal yang dapat meningkatkan hambatan kapal, namun ...
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S66158
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Aprian Hidayat
"
Kapal multihull memiliki beberapa keunggulan dibandingkan kapal monohull dalam hal stabilitas yang baik, draft yang lebih kecil, dan area dek yang lebih luas. Kapal multihull juga memiliki area permukaan basah yang lebih besar daripada kapal monohull, namun, resistensi yang dihasilkan tetap lebih kecil karena gangguan gelombang yang dihasilkan oleh masing-masing lambung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan resistansi total dengan variasi kecepatan dan konfigurasi yang berbeda. Untuk menentukan nilai resistansi, sebuah studi variasi dalam ...
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Ketut Suastika
"
The relative significance of
the parallel middle body and stern form in the wake formation of single-screw
large ships and their contribution to the ship?s viscous resistance are studied by using computational fluid dynamics (CFD). A
10450-DWT tanker is considered by varying the ratio of the
parallel-middle-body?s length to the ship?s length (Lmb/L) and by varying the shape of the stern form from a
V-like to a U-like underwater stern transom section. In all the calculations,
the principal dimension and the ...
"
2017
J-Pdf
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Ketut Suastika
"
The relative significance of the parallel middle body and stern form in the wake formation of single-screw large ships and their contribution to the ship’s viscous resistance are studied by using computational fluid dynamics (CFD). A 10450-DWT tanker is considered by varying the ratio of the parallel-middle-body’s length to the ship’s length (Lmb/L) and by varying the shape of the stern form from a V-like to a U-like underwater stern transom section. In all the ...
"
Depok: Faculty of Engineering, Universitas Indonesia, 2017
UI-IJTECH 8:1 (2017)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Muhammad Ammar Mahardika
"
Salah satu aspek paling esensial dalam kapal adalah hambatannya. Telah dilakukan riset-riset untuk menganalisis reduksi hambatan dalam rangka mendapatkan performa yang baik; ternyata multihull masih menjadi salah satu bahasan untuk mendapat konfigurasi terbaik yang menarik mdash;untuk menghasilkan hambatan yang kecil. Riset ini adalah studi eksperimental untuk mendapatkan konfigurasi paling bagus mdash;yang melibatkan stagger, clearance dan trim dari jenis lambung pentamaran dengan formasi trimaran menggunakan lambung utama transom dan lambung sisi campuran Wigley-transom.
Tujuan dari riset ...
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Naufal Yudha Prawira
"
Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki potensi dalam pembangunan nasional. Salah satunya adalah dengan adanya industri perkapalan. Pada industri perkapalan, pengurangan hambatan pada kapal akan mengurangi energi yang dibutuhkan pada kapal dan akan mengurangi emisi CO2. Pengurangan hambatan dilakakukan dengan penambahan appendix berupa stern foil pada kapal. Stern foil digunakan untuk memberikan gaya angkat dan gaya dorong pada kapal untuk mengurangi hambatan. Desain stern foil yang digunakan adalah profil NACA 4412. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui ...
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Ketut Suastika
"
The effects of the application of a stern hydrofoil on ship resistance were studied numerically using computational fluid dynamics (CFD) and were verified using data from model tests. A 40 m planing-hull Orela crew boat, with target top speed of 28 knots (Froude number, Fr = 0.73), was considered. The stern foil (NACA 64(1)212) was installed with the leading edge positioned precisely below the transom with angle of attack of 2 degrees at elevation 0.853 ...
"
Depok: Faculty of Engineering, Universitas Indonesia, 2017
UI-IJTECH 8:7 (2017)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library