Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 19 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Aoun, Joseph
London : MIT Press, 1993
415 AOU s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Hedel, J.L. van
Amsterdam: N.V. Uitgevers-MIJ Diligentia, [date of publication not identified]
BLD 368.3 HED l
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Pascalis Jiwandono
"ABSTRAK
Pengaturan ruang lingkup Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah penting untuk memberikan kepastian hukum terkait dana APBN yang tunduk pada mekanisme Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Adanya kesalahan penerapan aturan pengadaan barang/jasa oleh badan usaha/individu dapat dipandang sebagai suatu perbuatan melawan hukum dan dapat dimintai pertanggungjawaban. Contohnya dalam sengketa pengadaan barang/jasa antara PT Bank Sumut dan Endang Sriasih tahun 2004 dan dalam kasus tindak pidana korupsi untuk pengadaan LTE PLTGU Belawan PT PLN Pembangkit Sumatera Utara tahun 2015. Penelitian ini tidak secara spesifik menganalisis kedua kasus tersebut, namun untuk mencegah terjadinya permasalahan hukum yang sama maka perlu pengaturan yang jelas terkait ruang lingkup Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Metode yang dipakai oleh penulis adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan yuridis normatif dan menggunakan data sekunder. Berdasarkan hasil penelitian ini, kriteria dana APBN yang termasuk dalam ruang lingkup Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah adalah dana APBN dari pos belanja negara yang sifatnya belanja barang/jasa dan dana APBN yang berasal dari pos belanja negara dibelanjakan oleh pelaku pengadaan yakni Kementerian/Lembaga /Perangkat Daerah . Selain itu, penulis menemukan bahwa implikasi penggunaan istilah ldquo;Pembiayaan rdquo; dan ldquo;Anggaran Belanja rdquo; terhadap ruang lingkup Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dapat menimbulkan salah penafsiran dan pemahaman terhadap ruang lingkup Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah apabila tidak selaras dengan tata kelola APBN.

ABSTRACT
Regulation of the scope of procurement of Government is important to provide legal certainty related to APBN funds subject to Government Procurement mechanism. Errors in the application of the rules of procurement by business entities or individuals can be considered as an act against the law and can be held responsible by the law. For example, in the procurement dispute between PT Bank Sumut and Endang Sriasih in 2004 and in the case of corruption for the procurement of LTE PLTGU Belawan PT PLN North Sumatra Power Plant in 2015. The research does not specifically analyze these two cases, but to prevent the occurrence of the same legal problems in the present and future then a clear regulation related to the scope of Government Procurement is required. The method used by the authors is a qualitative research method with a normative juridical approach using secondary data. Based on the results of this study, the criteria of APBN funds included in the scope of Government Procurement shall be APBN funds from expenditure items whose caracter is expenditures to buy goods services and APBN funds derived from the expenditure items are spent by the actor procurement, that is the Ministry Institution Local Government Organization . In addition, the authors find that the implications of the use of the term Financing and Expenditure on the scope of Government Procurement may lead to misinterpretation and misunderstanding of the scope of Government Procurement when use of the terms are not in line with APBN governance"
2017
T51025
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Edrial Sulistiyo
"Pada proyek Revitalisasi Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta terjadi kasus yang unik pada masa pelaksanaan proyek. Pemilik proyek yakni Angkasa Pura II terkena dampak finansial dari wabah COVID 19 yang melanda dunia, hal ini menyebabkan diberhentikannya proyek Revitalisasi Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta yang sedang berjalan. Keadaan menjadi tidak menguntungkan bagi kontraktor yakni PT. ADHI Karya, yang pada saat itu telah mengadakan 70 % dari unit MEP dan struktur Baja dalam rangka penyelesaian proyek. Maka dilakukan diskusi bersama antar kedua pihak dalam rangka titik temu untuk kejelasan status proyek Revitalisasi Terminal 2 ini agar tidak menimbulkan kerugian bagi keduanya. Solusi yang diambil adalah kelanjutan bagi proyek Revitalisasi Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta dengan analisis lingkup pekerjaan optimasi agar Angkasa Pura II dapat optimal dalam mengeluarkan biaya proyek dan juga ADHI Karya dapat mengajukan progress pada material yang secara 70% suda berada di proyek. Hal ini menjadi tantangan bagi ADHI Karya untuk memberikan strategi dalam penerapan batasan lingkup pekerjaan optimasi. Menjadi penting untuk diperhatikan batasannya adalah dalam rangka menjaga target tepat biaya proyek yang telah di tentukan pada awal proyek. Maka disinilah muncul sistemasi kendali biaya proyek untuk menanggulangi perubahan lingkup pekerjaan yang pada akhirnya muncul lebih dari satu kali dalam rangka pemenuhan Revitalisasi Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta.

In the Soekarno Hatta Airport Terminal 2 Revitalization project, a unique case occurred during the project implementation period. The project owner, namely Angkasa Pura II, was financially affected by the COVID 19 outbreak that hit the world, this led to the termination of the ongoing Soekarno Hatta Airport Terminal 2 Revitalization project. The situation became unfavorable for the contractor namely PT. ADHI Karya, which at that time had procured 70% of the MEP and Steel structure units in order to complete the project. So a joint discussion was held between the two parties in the framework of a common ground for clarity on the status of the Terminal 2 Revitalization project so as not to cause harm to both. The solution adopted is a continuation of the Soekarno Hatta Airport Terminal 2 Revitalization project with an analysis of the scope of work optimization so that Angkasa Pura II can be optimal in disbursing project costs and also ADHI Karya can submit progress on materials that are 70% already in the project. This is a challenge for ADHI Karya to provide a strategy for implementing optimization work scope limitations. It is important to pay attention to the limitations in order to maintain the right project cost targets that have been determined at the start of the project. So this is where the project cost control system emerged to cope with changes in the scope of work which eventually appeared more than once in the context of fulfilling the Revitalization of Terminal 2 of Soekarno Hatta Airport."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Eric Too
"To achieve optimal value from investment in a project there must be a clear link between the outputs created by the project and the goals of the organization. As such, organizations must have a structure in place for aligning the project deliverables with their organizational goals. Project governance is therefore critical in influencing the success or failure of projects. Lack of support, conflicting objectives, and other contextual issues in the domain of senior management can have negative influences on the progress and outcomes of a project. This paper examines the role of project governance in the new low cost carrier hub known as Kuala Lumpur International Airport 2 (KLIA2). It analyzes the KLIA2 case based on information available in the public domain. Specifically, it examines how governance was exercised in the project and how it impacted on the project’s scope and outcome. The analysis of the case provides lessons that can be learned to improve governance practice and project success rates. The findings can also serve as a guide to organizations for designing effective governance structures that can enable projects to deliver benefits to the organization and its stakeholders."
Depok: Faculty of Engineering, Universitas Indonesia, 2017
UI-IJTECH 8:6 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Prima Widyaningrum
"PT. Kreatif Dinamika Integrasi merupakan perusahaan yang menyediakan solusi industri, aplikasi bergerak dan solusi lainnya. Implementasi solusi yang telah disepakati oleh pelanggan memerlukan waktu pengerjaan yang berbeda-beda dalam suatu proyek. Tingkat keberhasilan proyek diukur dari kesesuaian batasan ruang lingkup, ketepatan waktu, sesuai anggaran, kualitas, sumber daya dan risiko yang disepakati. Perubahan lingkup dan permintaan perubahan yang tidak dikontrol menyebabkan proyek tidak selesai tepat waktu yang berdampak pada anggaran yang dikeluarkan dan mengganggu aliran kas dari perusahaan. Berdasarkan permasalahan yang ada, penelitian ini diharapkan menghasilkan mekanisme kontrol terhadap lingkup dan perubahan pada proyek. Penelitian bersifat kualitatif dengan pendekatan adaptif. PMBOK digunakan untuk melakukan analisis pada mekanisme yang sudah ada sehingga ditemukan area-area yang dapat diperbaiki. Hasil dari analisa ditemukan bahwa perusahaan belum memiliki standar prosedur mengenai mekanisme manajemen lingkup dan mekanisme permintaan perubahan serta kurang maksimalnya proses pemantauan lingkup proyek, sehingga penulis membuat usulan model manajemen lingkup dan mekanisme permintaan perubahan berdasarkan kebutuhan dan masalah organisasi dengan melakukan kustomisasi dari praktik terbaik menjadi rekomendasi mekanisme manajemen lingkup perusahaan, selain itu peneliti juga melakukan usulan penggunaan tools untuk membantu memantau progres dari detail lingkup yang ada selama proyek.

PT Kreatif Dinamika Integrasi is a company that provides industrial solutions, mobile applications and other solutions. Implementation of the solution agreed upon by the customer requires different processing times for a project. The level of success of the project is measured by the suitability of the scope, time, budget, quality, resources and risks. Changes in scope that are not controlled cause the project is not completed on time which impact on the budget issued and disrupts cash flow from the company. Based on the existing problems, this research expected to produce a control mechanism for management scope. Research using qualitative methodology with adaptive approach. PMBOK 6th is used to analyze existing mechanisms so that areas that can be improved can be found. The results of the analysis found that the company does not yet have a standard procedure regarding the scope management mechanism and the change request mechanism and lack of monitoring scope project, so the authors make a proposed scope management model and the change request machanism based on the needs and problems of the organization by customizing the best practices into the recommendations of the company’s scope management mechanism. The author also proposes the use of tools to help monitor the progress of the detailed scope available during the project. 

"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia , 2020
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Yuli Irawan
"Salah satu kekhasan proyek yang ruang lingkupnya dinamis adalah proyek tersebut dapat berkurang ataupun bertambah, bisa berurutan atau tidak. Sebagai contoh ketika saat pelaksanaan pekerjaan, ternyata unit yang diperiksa masih layak untuk digunakan, maka ditunda dulu pekerjaannya tersebut. Begitu pula bila pada suatu rangkaian unit produksi terdapat perbaikan yang harus didahulukan, walaupun tidak berada pada rangkaian unit yang pertama , maka harus dilakukan perbaikan terlebih dahulu. Tetapi dikarenakan dari pihak perusahaan hanya menyediakan waktu yang sedikit, maka pengelolaan proyek yang ruang lingkupnya dinamis tersebut harus dilakukan dengan cepat dan tepat.
Dalam studi kasus ini, penulis menemukan proyek yang mempunyai ruang lingkup dinamis proyek turnaround di sebuah perusahaan petrokimia. Pada proyek turnaround, kinerja yang paling diutamakan adalah mutu dan safety, baik selama proyek berlangsung, maupun setelah selesai dan digunakan oleh user. Hal ini dapat dipahami karena produksi perusahaan petrokimia menggunakan bahan-bahan yang berbahaya dan juga menggunakan reaktor nuklir, sehingga beresiko tinggi. Namun dengan semakin kompetitifnya perusahaan petrokimia, maka kinerja waktu proyek turnaround juga harus diperhitungan, agar tidak ada anggapan bahwa proyek tersebut adalah proyek yang banyak memakan waktu dan tentu saja biaya. Dalam upaya meminimalkan permasalahan kinerja waktu pada proyek turnaround, digunakan manajemen resiko. Dimulai dari identifikasi resiko sampai dengan respon resiko yang diambil atas dampak yang ditimbulkan.
Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah pendekatan metode kuantitatif dengan alat bantu statistika nonparametrik yang dilakukan pada 26 orang karyawan maintenance perusahaan CA. Dengan dibantu metode AHP untuk melakukan pembobotan resiko, kemudian melakukan korelasi rank Spearman, diperoleh 2 (dua) faktor yang mempengaruhi kinerja waktu pada proyek turnaround, yaitu: masih terdapat item-item yang belum masuk schedule dan keterlambatan material yang dibeli dari luar negeri. Adapun respon resiko yang diambil untuk meminimalkan dampak yang ditimbulkan adalah dengan mitigate yaitu melibatkan engineer kontraktor pada tahap detil perencanaan dan perancangan, dan transfer yaitu mengalihkan kerugian atas keterlambatan material kepada pihak asuransi.

One of spesification project with dynamic scope its extent space project can decrease and or increase, can in a series or not. For example when moment job execution, obvious unit that inspected to still proper to be used, so postponed formerly the job. So also when at one particular production unit series found repair that, although doesn't present in first unit series, so must be done repair beforehand. But caused by from side companies only prepare time a little, so project management with dynamic scope its extent space must be done swiftly and correct.
In this case study, author finds project that has dynamic scope in turnaround project at a companies petrochemical. In project turnaround, performance most gived quality and safety, good during project goes on, also after finished and used by user. This matter perceivable because production company petrochemical use dangerous ingredients and also use buclear reactor, so that tall risky. But with more the competitiveer company petrochemical, so project time performance turnaround, also must be gived, so that there is no opinion that project project many consume time and of course cost. In the effort minimize time performance troubleshoot in project turnaround, used risk management. Begun from risk identification up to risk response on impact that evoked.
In this watchfulness, method that used approach quantitative method by means of helps statistika nonparametrik that done in 26 employees maintenance company CA. With helped method AHP to help risk leveling, then do correlation rank spearman, got 2 (two) factors that influence time performance in project turnaround, that is: still found items not yet enter schedule and materials slowness that bought from outside country. As to risk response to minimize impact that evoked with mitigate that is involve engineer contractor in planning stage, and transfer that is shift loss on materials slowness to insurence side."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
T 24888
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
London: University of London, 1977
026.95 UNI s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Erlina
"Menurut SDKI (2007) AKI saat ini adalah 228/100.000 KH, sedangkan AKB sebesar 34/1.000 KH. Angka ini masih jauh dari target yang harus dicapai pada tahun 2015 sesuai dengan kesepakatan Sasaran Pembangunan Millenium (Millenium Development Goal/MDG) yang ditetapkan WHO yaitu sebesar 102/100.000 KH dan AKB sebesar 23/1.000 KH. Sementara itu AKI di Propinsi Sulawesi Tengah adalah 241,84/100.000 KH dan AKB sebesar 60/1.000 KH, dan Sulawesi Tengah menempati urutan ke-5 tertinggi di Indonesia. Bidan di desa sebagai ujung tombak pelayanan di tingkat dasar diharapkan mampu memperluas jangkauan pelayanan KIA sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya yaitu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya dalam upaya pencapaian target cakupan k4. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kinerja bidan di desa serta faktor-faktor yang berhubungan dengan kinerja bidan tersebut dalam pencapaian target cakupan K4. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Hasil penelitian menyarankan bahwa perlu adanya pelatihan yang bersifat teknis serta manajemen yang berkesinambungan dan merata bagi bidan di desa, penambahan dan pemerataan tenaga bidan sesuai kebutuhan masyarakat, serta mempertimbangkan reward bagi bidan yang cakupan K4 nya mencapai target dan sanksi tegas bagi bidan yang cakupan K4 nya menurun.

According to SDKI (2007), in this time the number of MMR (Maternal Mortality Rate) is 228/100.000 live birth, while the number of IMR (Infant Mortality Rate) is 34/1000 live birth. Those number still far away from target that must be achieved in 2015 based on Millenium Development Goals (MDGs) which is appointed by WHO that is 102/100.000 live birth for MMR and 23/1000 live birth for IMR. Meanwhile, the number of MMR in Central of Sulawesi is 241.84/100.000 live birth and the number of IMR is 60/1000 live birth, and also refers to those number, Central of Sulawesi becomes top five rank in Indonesia. Midwifes in village as principal point of basic services are supposed to be able in expanding maternal and child health based on main task and the function for increasing public health status, especially in achieving K4 scope target. Aim of this research is to know the description and relating factors of midwife?s village performance in K4 scope target achievement. This research is quantitative research with cross-sectional design. Result of this research recommends that technical training and also continual and balance management is needed for midwifes in village. Besides that, the recommendation of this research are to improve and generalize midwifes that appropriate with public needs and also to consider about reward for midwifes which their K4 scope can achieve the target, while punishment for midwifes that their K4 scope is decreasing."
Depok: Universitas Indonesia, 2011
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Harits Ryandika Yusuf Malik
"ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan audit pemasaran untuk PT NOS agar dapat bersaing dengan para pemimpin industry agen perjalanan online untuk melakukan audit pemasaran di perusahaan berbasis web. Laporan magang ini akan memanfaatkan kerangka kerja bauran pemasaran Web 4S karena peneliti yakin bahwa campuran pemasaran yang lebih umum yaitu bauran pemasaran 4P yang kurang mencakup interaktivitas pelanggan, kurangnya orientasi terhadap pelanggan dan konten strategis. Penelitian ini diperoleh dengan menggunakan data kualitaitf dimana data dikumpulkan dari desk research dan wawancara mendalam

ABSTRACT
The purpose of this study is to conduct a marketing audit for PT NOS in order to be able to compete with the market leaders of the Online Travel Agent Industry. In order to conduct the marketing audit on the web based company. This internship report will utilize the 4S Web Marketing Mix framework as the researcher believes that the 4S Web Marketing Mix covers the flaws of the more common marketing mix which is the 4P Marketing Mix which flaws include the lack of customer interactivity, lack of customer orientation and strategic content. This research is obtained using qualitatice data by which the data were collected from desk research and in-depth interview"
2019
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>