Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 9 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Reisya Ibtida
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan rancangan program kerja audit kinerja berbasis risiko untuk Badan Pengawasan Mahkamah Agung dengan terlebih dahulu menganalisis implementasi perencanaan audit yang ada saat ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan audit yang dilakukan oleh Badan Pengawasan belum berbasis risiko. Oleh sebab itu, peneliti mengusulkan untuk menggunakan basis risiko dalam perencanaan audit. Pertama, peneliti menyusun perencanaan audit tahunan dengan menentukan tema audit kinerja berdasarkan tema yang memiliki faktor risiko makro tertinggi. Terakhir, peneliti menyusun program kerja audit kinerja atas pengelolaan biaya perkara sebagai tema audit yang terpilih dengan menilai risikonya.

ABSTRACT
The purpose of this paper is to design risk based performance audit program for Comptroller of Supreme Court of Indonesia by analyzing the existing process of audit plan preparation. This research is a qualitative research with descriptive analysis. The results show that the existing audit plan process doesn 39 t use risk basis. Therefore, we propose to use the risk base for designing performance audit program. Specifically, we determine audit topic in periodic planning by scoring potential topics based on macro risk factors. Finally, we produce a performance audit program of the selected audit topic by assessing its risks."
2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ria Ulfah Rahmawati
"

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan memberikan rancangan perencanaan audit internal berbasis risiko pada PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) dengan melakukan analisis atas implementasi perencanaan audit internal yang ada.  Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyusunan perencanaan audit internal berbasis risiko pada Satuan Pengawasan Intern masih belum optimal dan belum sepenuhnya sesuai dengan standar audit.  Oleh sebab itu, peneliti mengusulkan rancangan perencanaan audit internal berbasis risiko yang sesuai dengan kondisi PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) dengan menggunakan faktor risiko.


The purpose of this paper is to evaluate and to design risk-based internal audit plan at PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) by analyzing the existing risk-based internal audit plan process.  This research is a qualitative research with descriptive analysis. The results show that the existing risk-based internal audit plan process has not optimal and has not fully compliant with the audit standard.  Therefore, we propose the design of risk-based internal audit plan by using risk factors which suitable with the condition of PT Bhanda Ghara Reksa (Persero).

"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fenni Yufantria
"Pendekatan terbaru dari proses audit internal adalah dengan memasukkan konsep manajemen risiko ke dalam prose audit internal. Audit internal dituntut untuk mengerti analisis risiko yang akan berguna dalam proses pengambilan keputusan tentang apa yang akan dilakukan, berapa banyak waktu dan sumber daya yang dibutuhkan dari suatu kegiatan audit dan hal - hal penting yang perlu dilaporkan sehingga audit internal dapat memberikan nilai tambah bagi perusahaan. PT XYZ adalah salah satu perusahaan yang telah menerapkan proses audit internal berbasis risiko. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang efektifitas peranan audit, proses manajemen risko serta proses audit internal berbasis risiko pada PT XYZ. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif, dimana data diperoleh peneliti, dianalisis dan dibandingkan dengan beberapa teori yang ada.
Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa Departemen Audit Internal PT XYZ masih belum bekerja secara efektif. Proses pengendalian risiko di perusahaan di bagi kedalam tiga bagian dimana pengendalian risiko operasional perusahaan merupakan tanggung jawab dari pihak Audit Internal. Jika dilihat dari tiga garis pertahanan manajemen risiko, proses manajemen risiko yang diterapkan oleh perusahaan masih belum sesuai. Auditor terlibat dalam penyusunan perencanaan strategi dan proses manajemen risiko secara langsung. Hal ini membuat proses audit berbasis risiko belum berjalan optimal di dalam perusahaan. Namun, metode risk based internal audit yang dilakukan dapat membantu auditor untuk memfokuskan sumber daya yang dimiliki untuk area audit yang berisiko tinggi sehingga risiko tersebut dapat dikelola dengan baik. PT.XYZ memakai program dokumentasi audit berbasis risiko yang dapat membantu kinerja proses audit.

The latest approach of internal audit process is to include the concept of risk management into the internal audit process. Internal audit are required to understand risk analysis that would be useful in the decision making process about what to do, how much time and resources required of an audit activities and important things that need to be reported so that internal audit can add value to the company. PT. XYZ is one of the company that has implemented a risk based internal audit processes. The purpose of this research is to gain an overview of the role of audit effectiveness, process of risk management, and risk based internal audit process in PT XYZ. The method used in this study is a descriptive analysis, in which the researchers obtained data is analyzed and compared with several existing theories.
Based on the research, concluded that the Internal Audit Department at PT. XYZ still not working effectively. The process of risk management in the company is classified into three parts where the company's operational risk management is the responsibility of the Internal Audit. Based on The Three Lines of Defense in risk management, risk management process adopted by the company is still not appropriate. Auditors involved in the preparation of strategic planning and risk management processes directly. This makes the risk based audit process is not optimal in the company. However, methods of risk based internal audit can assist auditors to focus its resources on high-risk audit areas so that these risks can be managed properly. PT. XYZ using a risk based audit program documentation that can help the performance of the audit process.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T54140
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Martha Stephanni Putri
"ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemilikan keluarga dan hubungan politik terhadap biaya audit dan risiko audit serta pengaruh moderasi hubungan politik terhadap hubungan kepemilikan keluarga dengan biaya audit dan risiko audit. Periode penelitian dari tahun 2012 sampai dengan tahun 2015 dengan menggunakan 268 observasi untuk model biaya audit dan 372 observasi untuk model risiko audit. Penelitian ini memberikan hasil bahwa kepemilikan keluarga memiliki pengaruh positif signifikan terhadap biaya audit namun tidak berpengaruh signifikan terhadap risiko audit. Hubungan politik di perusahaan tidak berpengaruh terhadap biaya audit dan risiko audit. Hubungan politik tidak terbukti memoderasi pengaruh kepemilikan keluarga terhadap biaya audit dan risiko audit.

ABSTRACT
The purpose of this study is to determine the effect of family ownership and political connection on audit fee and audit risk and the effect of moderation of political connection on family ownership relation with audit fee and audit risk. The study period from 2012 to 2015 using 268 firm years for audit fee model and 372 firm yearsfor audit risk model. This study provides the result that family ownership has a significant positive effect on audit fee, but has no significant effect on audit risk. Political connection in the company has no effect on audit fee and audit risk. Political connection has not proven to moderate the influence of family ownership on audit fee and audit risk."
2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jefa Naufal Linota
"ABSTRAK
Laporan ini membahas proses audit yang dilakukan oleh KAP XXX atas pengakuan pendapatan PT AYM yang bergerak pada industri manufaktur alat musik untuk periode audit 31 Maret 2018. Proses audit dilaksanakan berdasarkan XXX Audit Guide yang didasarkan pada ISA. Berdasarkan analisis dan pekerjaan audit tahun sebelumnya, diputuskan bahwa pendapatan PT AYM memiliki risiko audit yang rendah. Dari serangkaian pengujian audit yang dilakukan, ditemukan bahwa terdapat perbedaan nilai antara pendapatan yang dicatat oleh PT AYM dan yang diakui oleh pelanggan PT AYM. Tetapi, karena nilai perbedaan tersebut tidak material, maka tidak dilakukan penyesuaian audit. Secara keseluruhan, pengakuan pendapatan pada PT AYM dinyatakan telah disajikan secara wajar dalam semua hal yang material.

ABSTRACT
This report analyzed the audit process undertaken by KAP XXX for recognition of revenue of PT AYM which engaged in the musical instrument manufacturing industry for the audit period March 31, 2018. The audit process was interpreted under the XXX Audit Guide, based on ISA. Based on the analysis and audit work of the previous year, auditor went into conclusion that PT AYM 39;s revenue had low audit risk. From a series of audit tests conducted, auditor found that there was a difference of value between revenue recorded by PT AYM and the value acknowledged by PT AYM rsquo;s customers. However, since the value of the difference is immaterial, no audit adjustment was made. Overall, revenue recognition at PT AYM is stated to have been fairly presented in all material respects."
2018
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Fachry Kurnia Afandi
"Dalam laporan magang ini ditujukan untuk melakukan pembahasan evaluasi atas praktik audit yang dijalankan oleh KAP FKA terhadap prosedur substantif atas pendapatan yang diterima PT PaymentKU dari Pembayaran QRIS pada tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2022. Prosedur substantif yang menjadi objek evaluasi adalah prosedur substantif pengujian rinci berupa vouching dengan prosedur sampling accept-reject. Evaluasi dilakukan dengan membahas pengakuan pendapatan kontrak PT PaymentKU dengan Merchant berdasarkan PSAK 72. Kemudian untuk prosedur auditnya dievaluasi dengan membandingkan prosedur audit yang dijalankan dengan standar dan konsep audit yang berlaku. Hasil Evaluasi menunjukkan bahwa prosedur audit substantif accept-reject yang diterapkan KAP FKA telah sesuai dengan standar audit (SA) 315, 330, 500, 505, dan 530 serta teori audit untuk prosedur substantif terhadap pendapatan menurut Hayes et al. (2014) dan Arens et al. (2019). Dari Hasil pengujian, menunjukkan KAP FKA berhasil menurunkan risiko audit yang timbul dengan menjalankan prosedur accept-reject. Laporan magang ini juga membahas refleksi diri dari pengalaman yang didapat selama kegiatan magang berlangsung.

This internship report aims to discuss the evaluation of audit practices carried out by KAP FKA on substantive procedures for revenue received by PT PaymentKU from QRIS Payment in the financial year ending December 31, 2022. The substantive procedure that is the object of the evaluation is a detailed testing substantive procedure in the form of vouching with an accept-reject sampling procedure. The evaluation was carried out by discussing PT PaymentKU's contract revenue recognition with Merchant based on PSAK 72. Then for the audit procedures, it was evaluated by comparing with the applicable audit standards and concepts. The evaluation results show that the accept-reject substantive audit procedures applied by KAP FKA are in accordance with auditing standards (SA) 315, 330, 500, 505, and 530 as well as audit theory for substantive procedures for revenue according to Hayes et al. (2014) and Arens et al. (2019). From the test results, it shows that KAP FKA has succeeded in reducing the audit risk arising by carrying out the accept-reject procedure. This internship report also discusses self-reflection from the experiences gained during the internship activities."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Arif Rosyadi
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian proses perencanaan audit berbasis risiko di Inspektorat Jenderal Kementerian Agama dengan praktik profesional dan standar audit IIA. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain studi kasus eksplanatoris explaining case study. Penelitian ini menyimpulkan bahwa proses perencanaan audit berbasis risiko di Inspektorat Jenderal Kementerian Agama masih belum optimal dan belum sepenuhnya sesuai dengan standar audit IIA. Kekurangan mendasar bahwa Kementerian Agama belum melakukan manajemen risiko, penilaian risiko dilakukan oleh Inspektorat Jenderal tanpa adanya keterlibatan dari satuan kerja sebagai pihak manajemen. Tidak ada komunikasi dan persetujuan dari Menteri Agama terhadap perencanaan yang dibuat.

This research aims to determine the suitability process of risk based internal audit planning in General Inspectorate Ministry of Religion with professional practices and IIA auditing standards. This research uses a qualitative method with explaining case study design. The result of this research concludes that the process of risk based internal audit planning in General Inspectorate is not working optimally and not fully in accordance with IIA auditing standards. The fundamental shortcomings of Ministry of Religion are there are no risk management and the risk assessment is carried out by the General Inspectorate itself without the involvement of the working unit as a management. And also, there is no communication and approval of the Minister of Religion on the plans."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Parsaulian, Kristina Riris
"Penelitian ini bertujuan untuk mendesain Standar Operasional Prosedur SOP atas proses penerimaan biaya pendidikan secara host to host dengan menganalisis risiko pengendalian internal pada proses penerimaan dana Biaya Pendidikan dalam upaya mewujudkan konsep Three Lines fo Defence. Pendekatan yang digunakan untuk penelitian ini adalah pendekatan studi kasus dengan unit analisa adalah Universitas A.
Hasil analisis risiko dan kontrol yang ada pada proses penerimaan biaya pendidikan secara host to host adalah masih terdapat risiko tersisa pada proses tersebut. Perancangan SOP ini diharapkan dapat membantu Tim Biaya Pendidikan untuk mengetahui dan melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang sebenarnya dan dapat melakukan pengendalian atas risiko yang muncul pada prosesnya sehingga dapat mewujudkan konsep Three Lines of Defence.

This study aims to design Standard Operating Procedure SOP to the process of receiving tuition fees by a host to host payment system by analyzing internal risk and controls in to the process of receiving tuition fees by a host to host payment system in an effort to apply the concept of Three Lines of Defence. The approach used for this research is case study research with unit of analysis is University A.
The results of risk and control analysis that exist in to the process of receiving tuition fees by a host to host payment system still there are residual risk in the process. The design of SOP is expected to help the tuition fees team to know and carry out the actual duties and responsibilities and can control the risks that arise in the process so as to apply the concept of Three Lines of Defence.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jumhardani
"Untuk mencapai kualitas audit berbasis sharia compliance yang baik dibutuhkan auditor yang memiliki kemampuan untuk menjalankan peranannya dalam melakukan pengawasan pada Unit Usaha Syariah (UUS) di Bank Konvensionat Pemeriksaan UUS yang dilakukan oleh auditor yang kurang merniliki kecakapan dapat mengakibatkan tidak dapat terdeteksinya potensi risiko yang signifikan dan material, berdampak pada memburuknya Non Pelforming Financing dan adanya kecurangan transaksi keuangan nasabah yang dapat mengganggu reputasi bank.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh pengetahuan, pengalaman, pendidikan berkelanjutan dan risiko audit (variabel bebas) terhadap kualitas audit (variabel terikat) berbasis sharia compliance dalam pemeriksaaan audit UUS pada Bank ABC. Penelitian ini dilakukan terhadap auditor di Satuan Kerja Audit Internal Bank ABC dan model penelitian yang digunakan adalah regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai koefisien yang positif pada variabel pengetahuan, pengalarnan, pcndidikan berkelanjutan dan risiko audit yang berarti variabel-variabel tersebut memiliki pengaruh signifikan terhadap kualitas audit. Variabel yang memiliki pengaruh paling besar terhadap kualitas audit adalah variabel pengetahuan. Indikator pengetahuan yang paling besar mempengaruhi auditor dalarn menghasilkan kaulltas audit adalab pengetahuan terhadap standar, prosedur, teknik pemeriksaan dan sistem informasi nasabah dan pengetahuan tentang prinsip perbankan syariah.

To achieve the quality based on sharia compliance need auditor who has ability to perform on role of supervision function to Sharia Business Unit (SBU) on conventional bank. SBU auditing performed by less proficient auditor could result in undetected significant and material risks, which will increase non-performing financing and fraud of customer financial transactions impacting the bank s reputation.
The purpose of this research is to examine the effect of knowledge, experience, continuous education and audit risk (independent variables) to audit quality (dependent variable) based on sharia compliance in SBU auditing at Bank ABC. The research was carried on the internal auditors of Bank ABC and the research model used is the multiple linear regressions. The result shows a positive coefficient on the variables of knowledge, experience, continuous education and audit risk, which means these variables have a significant effect on audit quality. The variable which has the great impact to audit quality is knowledge. Indicators of knowledge with great influence to audit quality are knowledge of audit standard, audit procedures, audit techniques. customer information system and knowledge of the principles of sharia banking."
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2011
T31963
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library