Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 8 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Tendean, Meriell Jade Eugenia
"Penelitian ini mengkaji faktor-faktor yang terkait dengan kepuasan penggunaan metaverse sebagai media ibadah gereja, yang belum banyak dikaji dari perspektif studi komunikasi. Studi ini menggunakan teori Media Richness dan Electronic Propinquity sebagai kerangka teori untuk mengkaji hubungan pengalaman, persepsi richness metaverse, dan rasa kedekatan pada kepuasan terhadap metaverse. Studi dilakukan dengan metode survei terhadap anggota gereja di Indonesia yang pernah menghadiri ibadah menggunakan metaverse sebelum studi. Temuan menunjukkan hubungan antara pengalaman dan kepuasan tidak bersifat langsung namun dimediasi oleh persepsi terhadap media richness dan kedekatan. Lebih lanjut media richness juga memiliki hubungan dengan kedekatan. Temuan penelitian ini berkontribusi untuk memperluas literatur tentang Media Richness dan Electronic Propinquity dengan mengevaluasi hubungan antara dua konstruk ini terhadap penggunaan metaverse untuk keperluan religi. Rekomendasi terkait studi kedepan dan implikasi praktis disarankan pada bagian akhir tesis.

This research examines the factors contributing to user satisfaction of metaverse as a medium for church services, that has not been studied extensively from a communications study perspective. Using Media Richness and Electronic Propinquity as the theoretical framework, this study assesses the relationship between experience, richness perception of the metaverse, and propinquity on the satisfaction of metaverse. Survey was employed to collect data from Indonesian church members who have attended a metaverse service prior to the study. The findings suggest that the relationship between experience and satisfaction is mediated by the perception of media richness and propinquity. Moreover, media richness is also related to propinquity. These findings contributed to expanding research on Media Richness and Electronic Propinquity by evaluating the relationship between these constructs against the use of metaverse for religious purposes. Recommendations related to future research and practical implications are outlined at the end of the thesis."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Species diversity is one of the most important indeces used for evaluating the sustainability of forest communities. This study aims to characterize the forest communities and to identify and compare the plant species diversity in the study area...."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Sujan Balami
"Belowground modification of soil microbial community by invasive plants is well evident. Similar instances of Ageratina adenophora invasion have been reported. This study was aimed to determine the effect of A. adenophora invasion on species richness, species or community composition and occurrence frequency of soil fungi. These parameters were analyzed using culture method on invaded and uninvaded soils. Species richness of soil fungi was lower in the A. adenophora invaded soil compared to the uninvaded soil. The occurrence frequency of particular fungi was different for those two soil conditions. A. adenophora also altered soil fungi species composition in the invaded soil by replacing saprophytic fungi and accumulating pathogenic fungi. Thus, A. adenophora is associated to lower species richness of saprophytic soil fungi and high occurrence frequency of pathogenic soil fungi. This study concluded that the invasive A. adenophora modifies belowground soil fungi communities as one of the mechanisms involved in the successful invasion of A. adenophora."
Bogor: Seameo Biotrop, 2017
634.6 BIO 24:3 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Ikhsan Nurcahya
"Sejak teknologi internet masuk di Indonesia di awal tahun 1990, perkembangan teknologi komunikasi telah mengubah cara bagaimana para pemangku kepentingan berinteraksi dalam organisasi proyek. Penggunaan teknologi komunikasi berbasis komunikasi data telah memudahkan interaksi orang-orang yang terlibat dalam sebuah tim proyek virtual yang cakupan wilayahnya tersebar di lokasi yang berjauhan. Memandang komunikasi sebagai faktor penting dalam kesuksesan sebuah proyek, melalui program Connected Employee perusahaan berupaya menyediakan teknologi yang dapat mendukung komunikasi dan kolaborasi antar pemangku kepentingan. Namun teknologi tersebut ternyata belum dimanfaatkan secara optimal oleh penggunanya terbukti dari jumlah pengguna aktif tidak sesuai harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu penerimaan pengguna teknologi komunikasi dengan menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) dikombinasikan dengan Media Richness Theory (MRT). Responden merupakan manajer dan koordinator proyek memiliki tim virtual. Terdapat 3 variabel yang diuji terhadap 76 responden dan dianalisis dengan metode PLS-SEM. Analisis menunjukkan bahwa faktor persepsi kekayaan media (PMR) berpengaruh pada persepsi kemudahan penggunaan (PEOU) yang berdampak positif pada keinginan/minat menggunakan teknologi komunikasi. Penulis berharap agar hasil penelitian dapat dijadikan acuan dan rekomendasi strategi perusahaan dalam menyusun kebijakan penggunaan teknologi komunikasi sehingga dapat bermanfaat bagi seluruh karyawan Nokia Indonesia.

Since internet technology entered Indonesia in the early 1990s, the development of communications technology has changed the way in which stakeholders interact within the project organization. The use of data communication-based communications technology has facilitated the interaction of people involved in a virtual project team whose coverage is scattered in remote locations. Viewing communication as an important factor in the success of a project, through the Connected Employee program the company seeks to provide technology that can
support communication and collaboration among stakeholders. However, the technology has not been exploited optimally by its users as evidenced by the number of active users are not as expected. This research aims to find out user acceptance of communication technology by using Technology Acceptance Model (TAM) combined with Media Richness Theory (MRT). Respondents are managers and project coordinators with virtual teams. There are 3 variables tested against 76 respondents and analyzed by PLS-SEM method. The analysis shows that the perceived media richness (PMR) influence the perceived of ease of use (PEOU) which positively impact on the intention to use communication technology. The author hopes that the results of research can be used as a reference and recommendation of corporate strategy in preparing the policy of the use of communication technology that can benefit to all employees of Nokia Indonesia.
"
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2018
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ramadhan Afwan Mutasodirin
"

Indonesia memiliki potensi pengumpulan Zakat, Infak, dan Sedekah (zis) yang besar. Namun, potensi tersebut belum dapat dimaksimalkan dengan baik. Kurangnya kesadaran masyarakat dan kepercayaan kepada pengelola zis menjadi penyebab rutinitas membayar zis belum terbangun di masyarakat. Salah satu upaya untuk meningkatkan pembayaran zis adalah memberikan pesan pengingat untuk membayar zis. Penelitian ini menganalisis pengaruh message framing, media richness, dan message evidence pada pesan pengingat terhadap pembayaran zis. Lingkup penelitian ini meliputi pembayaran zis pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) sebagai lembaga resmi yang berwenang mengelola zis tingkat nasional. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan factorial design 2 (message framing : religious value vs social value) x 2 (media richness : text vs text + image) x 2 (message evidence : high evidence vs low evidence). Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara online. Pengolahan data dilakukan pada 200 data responden dengan menggunakan metode analysis of variance. Penelitian ini mengungkapkan bahwa pemberian pesan religious value memiliki pengaruh lebih tinggi terhadap intensi untuk loyal dibandingkan pesan social value.  Pesan dengan text + image lebih meningkatkan kepercayaan terhadap organisasi dibandingkan pesan dengan text. Selain itu, pesan high evidence meningkatkan kepercayaan terhadap organisasi dibandingkan pesan low evidence. Lebih lanjut, pengaruh pesan dengan text + image dan high evidence memberikan pengaruh lebih besar pada kepercayaan terhadap organisasi. Pemberian pesan religious value, text + image, dan high evidence memiliki pengaruh lebih tinggi dari pesan social value terhadap intensi untuk loyal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan terhadap organisasi dapat meningkatkan intensi untuk loyal secara signifikan dan sebagai mediasi keseluruhan pengaruh media richness terhadap intensi untuk loyal. BAZNAS dapat menerapkan hasil penelitian ini sebagai upaya meningkatkan loyalitas pembayaran zis.


Indonesia has the big potential to obtain Zakat, Infaq and Alms (zis). However, this potential cannot be maximized properly. Lack of public awareness and trust in the management of zis is the reason for the routine of paying zis, which has not yet been developed in the community. One effort to increase zis payment is to provide a reminder message to pay zis. This study analyzes the effect of message framing, media richness, and message evidence on reminder messages on zis payments. The scope of this research includes the payment of zis at the National Amil Zakat Agency (BAZNAS) as an official institution authorized to manage zis at the national level. This study uses an experimental method with factorial design 2 (message framing: religious value vs. social value) x 2 (media richness: text vs. text + image) x 2 (message evidence: high evidence vs. low evidence). The study was conducted by distributing questionnaires online. Data processing was performed on 200 data respondents using the analysis of variance method. This study reveals that giving religious values has a higher influence on intention to loyal than social value messages. Text + image messages increase trust to organization more than text messages. In addition, high evidence messages increase trust to organization compared to low evidence messages. Furthermore, the effect of messages with text + image and high evidence gives a greater influence on trust to organization. The delivery of religious value, text + image, and high evidence messages has a higher influence than the message of social value on the intention to loyal. The results showed that trust to organization could significantly increase intention to loyal and mediate the overall effect of media richness on intention to loyal. BAZNAS can apply the results of this study as an effort to increase zis payment loyalty.

"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia , 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andre Sunanta
"Penelitian ini menguji hubungan antara pertumbuhan ekonomi (PDRB per kapita) dan biodiversity loss di Indonesia. Hipotesis Kurva Kuznets Biodiversitas diinvestigasi dan diuji dengan data tahunan indeks kekayaan spesies dan PDRB per kapita dari tahun 2005 sampai dengan 2012 untuk 33 provinsi di Indonesia. Penelitian ini menghasilkan bahwa hubungan antara biodiversity loss dan pendapatan mengikuti kurva Kuznets atau membentuk kurva U terbalik. Hal ini berarti bahwa seiring dengan peningkatan pendapatan, biodiversity loss akan mengalami tren pennurunan dan kemudian meningkat kembali. Atau dengan kata lain, kekayaan spesies meningkat pertama, mencapai titik belok, dan kemudia menurun. Titik belok untuk penelitian ini berada pada tingkat Rp9,747,369.00 dari PDRB per kapita.

This research examines the relationship between economic growth (GRDP per capita) and biodiversity loss in Indonesia. The Biodiversity Kuznets Curve hypothesis is investigated and tested with the annual data of species richness index and GRDP per capita from 2005 - 2012 for 33 provinces in Indonesia. The research reveals that the relationship between biodiversity loss and income follows Kuznets curve or inverted U-shaped. It means that with increase in income, biodiversity loss first experiences a declining trend and then starts rising again. Or in other words, the species richness increases first, reaches a turning point, and then starts declining. A turning point for this research is at level Rp9,747,369.00 of GRDP per capita.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S56505
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adhitya Hernadian Praditanugroho
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran emotion dan faktor pendorongnya di dalam konteks consumption experience konsumen saat menggunakan layanan aplikasi mobile commerce dari sisi experiential view. Dalam mengolah data penelitian ini, digunakan SEM-PLS dengan aplikasi WrapPLS 3.0. Pengambilan data primer dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara online kepada calon responden yang memiliki kriteria warga negara Indonesia dan pernah menggunakan layanan aplikasi mobile commerce minimal 1 kali dalam kurun waktu 6 bulan ke belakang dihitung dari penelitian ini dilakukan. Hasil dari penelitian ini adalah Emotion memiliki cukup bukti mempengaruhi Consumption Experience pengguna layanan mobile commerce di Indonesia, yang didorong oleh faktor seperti Convenience, Media Richness, dan Self-efficacy yang dirasakan oleh pengguna.

This study aims to determine the role of emotion and factor driving consumption in the context of the consumer experience when using services of mobile commerce applications of the experiential view . In the process the research data , used SEM - PLS with WrapPLS 3.0 applications . Primary data collection is done by spreading online questionnaires to potential respondents who have criteria for Indonesian citizens and using a mobile commerce application services of at least one time within 6 months back calculated from this research . Results from this study is enough evidence Emotion affect Consumption Experience mobile commerce service users in Indonesia , driven by factors such as Convenience , Media richness , and Self-efficacy perceived by the user."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rafif Iqbal Shaputra
"
Visualisasi tampilan hotel menjadi salah satu acuan utama pelanggan ketika melakukan pemesanan hotel secara online melalui online travel agency (OTA). Penerapan visualisasi tampilan hotel diharapakan dapat maksimal agar dapat meningkatkan intensi memesan hotel. Visualisasi tampilan dapat menjadi lebih maksimal jika menerapkan konsep media richness dan interactivity. Penelitian ini akan menganalisis pengaruh media richness dan interactivity pada trust, perceived value ̧ dan attitude terhadap intensi memesan hotel. Metode yang digunakan pada penelitian adalah eksperimental between subject 2 (media richness: tinggi atau rendah) x 2 (interactivity: tinggi atau rendah). Data valid yang diperoleh sebanyak 152 responden dan diolah menggunakan metode ANOVA dan analisis mediasi pada aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa visualisasi tampilan dengan media richness dan interactivity tinggi akan memberikan pengaruh yang lebih signifikan terhadap trust, perceived value ̧dan attitude dibandingkan dengan media richness dan interactivity rendah. Pada hubungan interaksinya, hasil yang diperoleh adalah pengaruh media richness yang disertai dengan interactivity tinggi memiliki pengaruh lebih signifikan terhadap trust dan attitude dibandingkan dengan yang disertai interactivitiy rendah. Berkaitan dengan variabel mediasinya, yaitu trust, perceived value, dan attitude, masing-masingnya memiliki pengaruh positif terhadap intensi memesan hotel dan memediasi hubungan antara media richness dan intensi memesan hotel.

The visualization appearance of a hotel becomes one of the primary references of customers when making hotel booking online, mainly through Online Travel Agency (OTA). The application of visual appearance is expected to be maximal so that it can increase intention to book a hotel. Visualization appearance can be more maximal if applying the concept of media richness and interactivity. This research will analyze the effect of media richness and interactivity on trust, perceived value, and attitude towards the intention to book a hotel. The method used in this research is experimental between subject 2 (media richness: high or low) x 2 (interactivity: high or low). Valid data were obtained as many as 152 respondents and processed using the ANOVA and mediation method on the SPSS application. The research result showed that the visualization appearance with high media richness and high interactivity would have significant influence on trust, perceived value and attitude compared to low media richness and low interactivity. In the interaction relationship, it is known that the effect of media richness accompanied by high interactivity has significant effect on trust and attitude compared to accompanied by low interactivity. In relation to the mediation variables, namely trust, perceived value, dan attitude each has a positive influence on the intention to book a hotel and mediates the relationships between media richness and the intention to book a hotel."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library