Ditemukan 18 dokumen yang sesuai dengan query
Maryam Shahnaz Diena
"
ABSTRAKPenelitian ini membahas mengenai siklus pendapatan yang dilakukan oleh PT SSM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pengendalian internal pada siklus pendapatan PT SSM, mencari kelemahan yang ada dalam sistem tersebut dan memberikan alternatif solusi pada siklus pendapatan PT SSM. Penelitian ini dilaksanakan dengan melakukan pengamatan langsung terhadap kegiatan usaha yang dilakukan oleh perusahaan dalam mengikuti proses pelelangan elektronik (eprocurement) yang diadakan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan.
Hasil pengamatan menunjukkan bahwa PT SSM tidak memiliki sistem pengendalian internal yang baik, dan belum melakukan pencatatan akuntansi sesuai dengan standar yang berlaku. Penulis mengajukan Standard Operating Procedure (SOP) atas prosedur pengadaan barang/jasa untuk memperbaiki sistem pengendalian internal perusahaan.
ABSTRACTThis study examines the revenue cycle on goods/services procurement entities which is PT SSM. This study aims to evaluate the internal control on PT SSM's revenue cycle, point the existing shortcomings and provide the alternative solution to eliminate the shortcomings in the revenue cycle. This study was conducted by making direct observation of the business activities done by the enterprise in participating on the electronic tender process (e-procurement) held by the Ministry of Maritime Affairs and Fisheries.
The results showed that PT SSM does not have a good internal control system and the accounting records are not done in accordance with the applicable standards. The author propose a Standard Operating Procedure (SOP) for the goods/services procurement procedures to improve the company’s internal control system."
2014
S53180
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Lola Hanny Sondang Ria M.H.
"Tujuan penelitian pada skripsi ini ialah untuk mengetahui tentang bagaimanakah sistim informasi akuntansi yang tepat untuk menunjang operasi yang efektif dan efisien dari sebuah sistim informasi akuntansi pada umumnya, dan mengenai sistim informasi akuntansi untuk usaha kartu kredit pada khususnya. Metode penelitian yang dilakukan dalam penulisan skripsi ini ialah dengan melalui penelitian kepustakaan dan pene1itian lapangan. Penelitian kepustakaan untuk rnemperoleh dasar-dasar teori yang benar tentang suatu sistim informasi akuntansi yang baik untuk membantu rnengarahkan penulis dalam pengumpulan data selama penelitian lapangan. Sedangkan penelitian lapangan dilakukan untuk rnendapatkan gambaran yang lebih jelas dan nyata tentang operasional sehari-hari sebuah card center serta sistim informasi akuntansi yang menunjangnya dengan cara wawancara langsung kepada personel card center PT Bank "X". Card center PT Bank "X" adalah sebuah organisasi penerbit kartu kredit yang sangat berpengalaman dalarn pengoperasian usaha kartu kredit. Pemrosesan transaksi dalam card center dilakukan secara komputerisasi penuh, yakni dengan memakai program cardpac yang didesain khusus untuk pemrosesan transaksi kartu kredit. Sedangkan pencatatan akuntansinya dilakukan dengan meng-key-in jurnal harian card center ke dalarn magnetic tape, kemudian di-restore ke dalarn HOST Computer pada bagian pembukuan kantor pusat PT Bank "X" untuk diproses bersama-sama dengan jurnal cabang-cabang PT Bank "X" lainnya. dari yakni Sumber-sumber pendapatan usaha kartu kredit adalah 4 jenis transaksi, yaitu : IP (Inquiry of berupa merchant discount; IC (Inquiry Purchase) of Cash Advance) yakni berupa cash advance fee; 1M (Inquiry of purchase by Mail) yakni berupa supplier discount; serta FEE and CHARGES. Sedangkan revenue cycle card center terbagi atas 2 subsystem yakni : Sales and Billing System dan Cardholder Payment Collection System, yang saling berkaitan satu sarna lain. Kesimpulan yang d1cpai untuk penelitian skripsi ini ialah card center telah menata struktur organisasinya dengan rapih dan benar sehingga dapat menjamin efisiensi kerja yang optimal, akan tetapi penempatan bagian internal control sebagai karyawan card center adalah kurang tepat, penulis menyarankan sebaiknya bagian ini adalah hanya sebagai perwakilan dari bagian pengawasan yang ditempatkan pada card center dan harus ditukar personilnya setiap 6 bulan atau setahun sekali utnuk menjamin independensi dan kebenaran hasil pengawasannya. Dalam hal pemrosesan transaksi, card center perlu mengadakan kaderisasi ahli program komputer cardpac untuk melepaskan ketergantungan card center pada ahli cardpac yang lama yang adalah mantan karyawannya. Dan daari segi sistim pengendalian intern, card center perlu membuat standar prosedur yang tertulis untuk operasional dan pencatatan akuntansinya; serta mendapatkan pemeriksaan pihak independen yang lebih memadai agar stabilitas perkembangan card center dapat tetap terjaga."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1992
S18430
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Dafne Etty Melinda Malau
"Industri perhotelan di Indonesia terus berkembang seiring dengan peningkatan sektor pariwasata di Indonesia. Hal ini menyebabkan industri perhotelan menjadi semakin kompetitif. Oleh akrena itu hotel haruslah dapat mengatur keseluruhan sumber pendapatannya untuk dapat menciptakan arus profit yang stabil. Untuk itu diperlukan adanya pengawasan terhadap pengendalian internal. Dengan adanya pengawasan terhadap pengendalian intern yang baik, hotel dapat terhindar dari ancaman dalam menjalankan kegiatan operasionalnya. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap rancangan dan implementasi sistem pengendalian internal pada siklus pendapatan. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan analisis pada dokumen internal perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kelemahan pada rancangan pengendalian internal Hotel ABC, dimana pemberian diskon, penetapan harga kamar, bonus kamar kurang diawasi dan masih banyaknya proses pencatatan penjualan pada penjualan restoran, taman bermain dan spa yang dilakukan secara manual yang berdampak pada keuntungan perusahaan. Oleh karena itu penelitian ini memberikan rekomendasi perbaikan aktivitas pengendalian internal yang akan mengatasi permasalahan yang ada saat ini.
The hospitality industry in Indonesia continues to grow along with the increase popularity of tourism sector in Indonesia. This caused the hospitality industry to become competitive. Therefore the hotel must be able to manage the overall source of income to be able to create a stable profit stream. For this reason, supervision of internal control is needed. With a good internal control, the hotel can avoid threats in carrying out its operational activities.This study aims to evaluate the design and implementation of internal control system in revenue cycle. This research was conducted with a descriptive qualitative approach. The data obtained through observation, interview and analysis on the company internal documents. The results shows that there were weaknesses in Hotel ABC's internal control design, where giving discounts, room pricing, complimentary rooms are not monitored properly, and there are some sales recording procedures that are done manually that had an impact on company's profits. Therefore this study provides recommendations for improvements of internal control activities that will address that issues."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
"The research goal is to identify and analyze the need of accounting information system related to the revenue cycle at PT XYZ. This paper designing the useful accounting information systems to support the current business processes, especially on the revenue cycle process. "
005 ULTI 5:1 (2014)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Anggiani Nyssa Clarissa
"
ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis atas usulan perancangan sistem dan teknologi informasi siklus pendapatan penayangan iklan media televisi di PT. XYZ. Saat ini, terdapat dua sistem informasi yang digunakan PT. XYZ dan belum terintegrasi satu sama lain, yaitu Broadcast Management System (BMS) sebagai sistem produksi penayangan iklan dan Oracle Finance (ORAFIN) sebagai sistem Enterprise Resource Planning (ERP). Selain itu belum adanya fitur-fitur utama yang terintegrasi dalam sistem sehingga menimbulkan beberapa masalah yang mempengaruhi kinerja divisi terkait. Akibatnya, memungkinkan terjadi perbedaan atau kesalahan jumlah penagihan iklan karena sistem yang ada saat ini belum memenuhi kebutuhan pengguna. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Metodologi penelitian yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR), dimana peneliti melibatkan langsung para pengguna sistem informasi siklus pendapatan pada PT XYZ untuk mengidentifikasi langsung permasalahan dan kelemahan sistem informasi siklus pendapatan yang ada saat ini serta menganalisis kebutuhan selanjutnya. Data diperoleh melalui wawancara dan observasi data-data pada PT XYZ. Metode yang digunakan untuk merancang pengembangan sistem informasi siklus pendapatan penayangan iklan ini adalah metode FAST (Framework for the Application of Systems Technique). Penelitian ini memberikan solusi kepada PT. XYZ berupa sistem informasi siklus pendapatan baru yang dapat mengintegrasikan sistem-sistem yang sudah ada serta menambahkan fitur-fitur penting yang dibutuhkan oleh pengguna sistem sehingga dapat meminimalisir terjadinya kesalahan atas penagihan piutang serta dapat menyediakan informasi yang dibutuhkan secara andal sebagai dasar pengambilan keputusan.
ABSTRACTThis study aims to analyze the proposed of an information system and technology of revenue cycle for the broadcasting of television media advertisement at PT. XYZ. Right now, there are two information systems that used by PT. XYZ and have not integrated yet with each other; those are Broadcast Management System (BMS) as an advertisement production system and Oracle Finance (ORAFIN) as an Enterprise Resource Planning (ERP) system. Moreover, there are is no main feature integrated yet in the system that caused several problems that affect the performance of the related divisions. As a result, it can make a different values of an advertisement billing because the current system does not meet the user needs. This research is a case study with a qualitative method. The research methodology is using Participatory Action Research (PAR), where researchers use users of information systems directly PT. XYZ to identify information of information systems that exist nowaday and analyze their subsequent needs. Data was acquired by interview, documents analysis, and observation at PT. XYZ. The method used to develop information systems of revenue cycle is FAST (Framework for the Application of System Technique) method. The result of this study provides a new revenue cycle information system that can integrate the existing system to minimize the billing error and provide the reliable information as based on decision making."
2019
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Tri Tinitah Kusumastuti
"PT. X merupakan perusahaan perdagangan alat-alat kesehatan yang bertempat di Jakarta. Saat ini sistem informasi pada siklus pendapatan PT. X belum terintegrasi sehingga menimbulkan beberapa masalah dalam pelaksanaan siklus pendapatan. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang sistem informasi terintegrasi pada siklus pendapatan PT. X dengan harapan rancangan sistem informasi tersebut ketika diimplementasikan dapat mengurangi masalah yang terjadi pada siklus pendapatan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode FAST (Framework for The Application of System Thinking) hingga tahap desain logikal berupa logical system model dan spesifikasi dari sistem yang akan dikembangkan.
PT. X is a medical equipment trading company located in Jakarta. Currently, PT. X's revenue cycle information system has not been integrated causing some problems in implementing revenue cycle. The purpose of this study is to design an integrated information system on the revenue cycle PT. X with the expectation that the design of the information system when it’s implemented can reduce the problems in the cycle. The research was done by using FAST method (Framework for the Application of System Thinking) up to logical design phase in the form of logical system model and specification of the system to be developed."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Holy Phileo Tantio
"Laporan Magang ini bertujuan untuk mengevaluasi pengendalian intern pada siklus pendapatan PT. Kebun. Proses yang dievaluasi adalah proses penagihan dan proses pengambilan kas. Evaluasi dilakukan dengan kerangka teoritis pengendalian internal COSO dan penerapan Sistem Informasi Akuntansi Romney pada siklus pendapatan. Metode laporan ini adalah membandingkan antara kerangka teoritis dengan implementasi nyata di PT. Kebun dengan praktek yang dilakukan di tempat magang. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa mayoritas PT. Implementasi kebun sebenarnya sudah sesuai dengan kerangka teoritis, namun masih ada hal yang perlu diperbaiki. Laporan ini juga menjelaskan refleksi diri penulis selama magang di PT. Kebun. Pengalaman ini menjadi pelajaran berharga bagi penulis di kemudian hari.
This Internship Report aims to evaluate the internal control on PT. Kebun’s revenue cycle. The process that are evaluated is the billing process and cash collection process. The evaluation was carried out by the theoretical framework of COSO internal control and Romney’s Accounting Information System application on the revenue cycle. The method of this report is to compare between the theoretical framework with PT. Kebun’s actual implementation with the real practice that conducted in the internship. The evaluation result shows that majority of PT. Kebun’s actual implementation is comply with the theoretical framework, but there are still things that need to be improved. This report also explains about author’s self-reflection during the internship period at PT. Kebun. This experience becomes a valuable lesson for author in the future."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Fiqi Fazriana Firdauzi
"Tesis ini bertujuan untuk memperkenalkan dan memberikan rekomendasi pada penerapan sistem informasi siklus pendapatan. Fenomena digitalisasi yang masif saat ini tentunya menuntut pelaku transformasi untuk menggeser budaya dan gaya hidup khususnya pada dunia bisnis yang semakin hari menunjukkan ketergantungannya pada teknologi dalam meningkatkan pertumbuhan pendapatan. Evaluasi yang dilakukan bertujuan untuk menilai kepatuhan perusahaan dalam menerapkan sistem informasi siklus pendapatannya dengan menganalisis risiko – risiko yang perlu diprioritaskan pada sistem informasi akuntansi yang digunakan beserta respon yang sebaiknya dilakukan oleh Perusahaan. Melalui pengendalian internal ini penerapan sistem informasi siklus pendapatan dapat terhindar dari aktivitas penipuan dan kecurangan, serta dapat meminimalisir kerugian yang akan ditanggung Perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Penelitian dilakukan pada PT FZR yang merupakan perusahaan pelayaran di Jakarta. Hasil penelitian menunjukan bahwa masih terdapat 29 risiko yang harus dipertimbangkan perusahaan agar siklus pendapatan menjadi lebih optimal, diantaranya berkaitan dengan hak akses, verifikasi, otorisasi, dan efisiensi sistem informasi dan siklus pendapatan itu sendiri. Penelitian menyarankan PT FZR untuk melakukan empat respon risiko diantaranya 20 reducing, 8 avoiding, 2 sharing dan 7 accept pada risiko – risiko tersebut. Dengan menerapkan respon risiko tersebut, perusahaan dapat meningkatkan kapasitas sistem informasi yang digunakan dan memperbaiki siklus pendapatan perusahaan.
Technology adaptation carried out by the Company needs to be accompanied by an adequate internal control process so that the objectives of implementing the technology can be met. Weaknesses in the identified system need to be assessed by analyzing the risks that need to be prioritized in the implementation of the accounting information system used, so that the Company can determine the mitigation response that should be carried out by the Company. The evaluation method in this research is qualitative in the form of a case study with a descriptive approach using the COSO ERM Framework. The research results state that the Company already has good capabilities in implementing the Company's internal controls. However, there were 13 risks identified in four departments related to the revenue cycle system. The mitigation response given was 12 reduces and one sharing. It is hoped that the Company can maximize the use of its IT team in the internal control process, so that it can create a system that meets the needs of both customers and employees."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Reva Priyandi
"Laporan ini dituliskan untuk mengetahui permasalahan pada sistem informasi siklus pendapatan Perusahaan MPLS, serta kesesuaian prosedur yang dilakukan KAP PQRS dengan PQRS Global Audit Methodology ndash; Reviu Pengendalian Internal, serta Global Technology Audit Guide 8 GTAG 8 ndash; Auditing Application Control. Personil KAP PQRS menemukan empat belas permasalahan pada sistem informasi siklus pendapatan MPLS, yang berfokus pada application control.
Penulis menemukan perbedaan antara prosedur yang dilakukan personil KAP PQRS dengan PQRS Global Audit Methodology. Perbedaan ini disebabkan karena PQRS Global Audit Methodology adalah pedoman untuk melakukan audit keuangan, sedangkan penugasan ini adalah penugasan jasa konsultasi tetapi pelaksanaannya mengacu pada pedoman tersebut.
Penulis juga menemukan perbedaan urutan proses pada GTAG 8 dan pada penugasan ini. Perbedaan ini timbul karena penugasan ini diawali dengan analisa permasalahan, dan kemudian mengkaji risiko yang mungkin muncul dari permasalahan yang ditemukan.
This report was written to identify problems with the information system used in revenue cycle of MPLS company, as well as the suitability of procedures conducted by the KAP PQRS with the PQRS Global Audit Methodology Guidance ndash Internal Control Review, and Global Technology Audit Guide 8 GTAG 8 Auditing Application Control. Personnel of KAP PQRS found fourteen problems in the information system used in MPLS's revenue cycle, which focuses on application control. The authors found the difference between the procedures performed by KAP PQRS personnel and PQRS Global Audit Methodology. This difference is happened because PQRS Global Audit Methodology is a guideline for conducting financial audits, while this assignment is the assignment of consulting services but the implementation refers to the guidelines. The authors also found differences in sequence of processes in GTAG 8 and on this assignment. This difference arises because this assignment begins with problem analysis, and then examines the risks that may arise from the problems found. "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Bernadetta Winandya
"Laporan ini membahas perihal siklus pendapatan yang diterapkan di PT ABE, sebuah perusahaan yang menjalankan usaha di sektor jasa pertambangan batubara. Analisis ini dilakukan karena selama tahun diaudit terdapat celah pengakuan pendapatan. Untuk menganalisisnya perlu dilakukan analisis aktivitas-aktivitas dan pelaksanaan pengendalian internal perusahaan beserta kesesuaiannya dengan kerangka kontrol internal COSO. Implementasi kesesuaian PT ABE secara umum sudah sesuai dengan kerangka COSO, akan tetapi masih terdapat celah pada elemen aktivitas kontrol, informasi dan komunikasi, serta aktivitas peninjauan. Rekomendasi yang diberikan adalah peningkatan sistem, perbaikan informasi komunikasi, dan aktivitas peninjauan lintas divisi.
This report explains about revenue cycle applied at PT ABE, an Indonesian based, coal service company. The reason behind this analysis was a gap that exceeds the revenue cycle and impact the receivable account. It is needed to analyze based on its each activity and the conformity to COSO internal control framework. In general, PT ABE implementation already congruence with the framework except there is a omission in control activities, information and communication, and monitoring activities. Recommendation to this matter is refinement at system, upgrading information and communication, and cross-section monitoring."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library