Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sulastri Nurpanca Agustin
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menelisik pengaruh strategi QAR terhadap
pengajaran pemahaman membaca teks recount siswa sekolah menengah pertama.
Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian
adalah non-equivalent comparison group design. Kuesioner, observasi dan
wawancara digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap pengajaran
pemahaman membaca teks recount dengan strategi QAR. Sampel penelitian ini
adalah siswa kelas VIIIA dan kelas VIIID. Teknik analisis data yang digunakan
adalah uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan data yang diperoleh,
simpulan hasil penelitiaan ini adalah (1) terdapat perbedaan kemampuan
pemahaman membaca teks recount antara siswa yang diajar menggunakan strategi
QAR dengan yang diajar tanpa menggunakan strategi QAR pada siswa kelas VIII
SMP Negeri 3 Tanjungpandan, (2) strategi QAR mampu meningkatkan
pemahaman membaca teks recount siswa SMP Negeri 3 Tanjungpandan, dan (3)
siswa menunjukkan respon positif terhadap pengajaran pemahaman membaca teks
recount dengan strategi QAR

ABSTRACT
The aim of this study is to present the effects of QAR strategy in
teaching reading comprehension recount text of junior high school level. The
study is a quasi-experimental research with non-equivalent comparison group
design. A questionnaire, observation and interview were used to find out the
student?s perception about QAR strategy. The sample of this study was VIIIA and
VIIID. The data were analyzed through t-test significance 5%. Based on the data,
The findings of this study indicated that (1) Ho was rejected, and Ha1 was
accepted. In other words, there is a significant difference between experimental
group and control group, (2) QAR strategy could improve reading comprehension
recount text of junior high school level, and (3) there was positive response
towards teaching reading comprehension recount text through Question Answer
Relationship (QAR) strategy"
2016
T46151
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Prasnurzaki Anki
"

Pada zaman modern ini, implementasi chatbot digunakan untuk menyimpan data yang dikumpulkan melalui sistem tanya jawab, yang dapat diterapkan dalam program Python. Data yang akan digunakan dalam program ini adalah Cornell Movie Dialog Corpus yang merupakan dataset yang berisi korpus ini berisi kumpulan percakapan fiksi kaya metadata yang besar yang diekstraksi dari skrip film Penerapan chatbot dalam program Python, dapat menggunakan berbagai macam model, secara spesifik pada program ini akan diterapkan model LSTM, dan model BiLSTM. Penerapan chatbot dalam program Python, dapat menggunakan berbagai macam model, secara spesifik pada program ini akan diterapkan model LSTM, dan model BiLSTM. Hasil output dari program chatbot dengan penerapan model LSTM, dan BiLSTM adalah berupa akurasi, serta kumpulan data yang sesuai dengan informasi yang pengguna masukkan dalam input kotak dialog chatbot. Pemilihan model yang dapat diterapkan berdasarkan karakteristik data dapat mempengaruhi kinerja program, dengan tujuan program agar dapat menentukan tinggi atau rendahnya tingkat akurasi yang akan dihasilkan dari hasil yang diperoleh melalui sebuah program, yang dapat dijadikan faktor utama dalam menentukan model yang dipilih. Berdasarkan pertimbangan yang menjadi syarat pemilihan model dari sebuah program, pada akhirnya dipilih model LSTM, dan BiLSTM sebagai model yang akan diterapkan ke dalam program. Selain pemilihan model, berikutnya adalah menentukan metode yang digunakan dalam program, pada program ini dipilih metode greedy sebagai bentuk implementasi model LSTM dan model BiLSTM, dengan tujuan ketika dalam menjalankan program, waktu pengolahan data dapat lebih cepat, dan meningkatkan akurasi pada model yang dipilih pada program. Selain itu, atribut pendukung seperti seq2seq model, menjadi faktor penentu dalam sebuah program yang dapat berfungsi untuk memverifikasi pengolahan data apakah sesuai dengan kriteria yang dapat dijadikan sebagai pedoman dalam pengolahan data. Dalam penerapan komponen-komponen tersebut ke dalam program, seq2seq model dapat memproses kalimat input yang kemudian akan dilakukan pengolahan data tersebut menggunakan model dan struktur lain yang ada pada program, sehingga pada akhirnya dapat menghasilkan kalimat output yang berbagai macam, sebagai respon atas kalimat input yang dihasilkan dari program chatbot. Selain itu diperlukan metode evaluasi program yang dapat digunakan untuk memverifikasi apakah hasil output program sesuai dengan data yang diharapkan oleh pengguna. Berdasarkan penerapan model LSTM, dan model BiLSTM ke dalam chatbot, dapat disimpulkan bahwa dengan semua hasil uji program yang terdiri dari beragam pasangan parameter yang berbeda, maka dinyatakan Pasangan Parameter 1 (size_layer 512, num_layers 2, embedded_size 256, learning_rate 0.001, batch_size 32, epoch 20) yang berasal dari File 6 merupakan BiLSTM Chatbot dengan nilai avg accuracy 0.995217 yang menggunakan model BiLSTM menjadi pasangan parameter terbaik.


In modern times, chatbots are implemented and used to store data collected through a question and answer system which can be applied in the Python program. The data used in this program is the Cornell Movie Dialog Corpus which is a dataset containing a corpus that contains a large collection of metadata-rich fictional conversations extracted from film scripts. The application of chatbots into the Python program can be done using various models. In this research we specifically use the LSTM and BiLSTM models. The output results from the chatbot program with the application of the LSTM and BiLSTM models are in the form of accuracy, as well as a data set that matches the information that the user enters in the chatbot dialog box input. The choice of models that will be applied is based on data that can affect program performance, with the target of the program that can determine the high or low level of accuracy that will be generated from the results obtained through the program, which is a major factor in determining the selected model.
Based on the considerations that are the required for choosing the model for the program, in the end the LSTM and the BiLSTM models are chosen and will be applied to the program. After selecting the appropriate model, the next step is to determine the method used in the program. The greedy method is chosen as a form of implementation of the LSTM and BiLSTM models that aims to decrease the data processing time of the program and make it quicker, and also increase the accuracy of the model selected for the program. In addition, supporting attributes such as the seq2seq model are a determining factor in a program that functions to verify whether data processing process matches the criteria and can be used as a guide. In applying these components to the program, the seq2seq model processes the input sentences which will then be processed using the models and other structures in the program, so that in the end it can produce various output sentences in response to the input sentences that are generated from the chatbot program. In addition, a program evaluation method is needed to verify whether the program output matches the data expected by the user. Based on the application of the LSTM dan BiLTSM models into the chatbot program, it can be concluded that between all the program test results consisting of a variety of different parameter pairs, it is stated that Parameter Pair 1 (size_layer 512, num_layers 2, embedded_size 256, learning_rate 0.001, batch_size 32, epoch 20) from File 3 is the best paramater pair of the BiLSTM Chatbot which uses the BiLTSM model, with the avg accuracy value of 0.995217."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Ravi Shulthan Habibi
"Sistem tanya jawab merupakan salah satu tugas dalam domain natural language processing (NLP) yang sederhananya bertugas untuk menjawab pertanyaan sesuai konteks yang pengguna berikan ke sistem tanya jawab tersebut. Sistem tanya jawab berbahasa Indonesia sebenarnya sudah ada, namun masih memiliki performa yang terbilang kurang baik. Penelitian ini bereksperimen untuk mencoba meningkatkan performa dari sistem tanya jawab berbahasa Indonesia dengan memanfaatkan natural language inference (NLI). Eksperimen untuk meningkatkan sistem tanya jawab berbahasa Indonesia, penulis menggunakan dua metode, yaitu: intermediate-task transfer learning dan task recasting sebagai verifikator. Dengan metode intermediate-task transfer learning, performa sistem tanya jawab berbahasa Indonesia meningkat, hingga skor F1-nya naik sekitar 5.69 dibandingkan tanpa menggunakan pemanfaatan NLI sama sekali, dan berhasil mendapatkan skor F1 tertinggi sebesar 85.14, namun, peningkatan performa dengan metode intermediate-task transfer learning cenderung tidak signifikan, kecuali pada beberapa kasus khusus model tertentu. Sedangkan dengan metode task recasting sebagai verifikator dengan parameter tipe filtering dan tipe perubahan format kalimat, performa sistem tanya jawab berbahasa Indonesia cenderung menurun, penurunan performa ini bervariasi signifikansinya. Pada penelitian ini juga dilakukan analisis karakteristik pasangan konteks-pertanyaan-jawaban seperti apa yang bisa dijawab dengan lebih baik oleh sistem tanya jawab dengan memanfaatkan NLI, dan didapatkan kesimpulan bahwa: performa sistem tanya jawab meningkat dibandingkan hasil baseline-nya pada berbagai karakteristik, antara lain: pada tipe pertanyaan apa, dimana, kapan, siapa, bagaimana, dan lainnya; kemudian pada panjang konteks ≤ 100 dan 101 ≤ 150; lalu pada panjang pertanyaan ≤ 5 dan 6 ≤ 10; kemudian pada panjang jawaban golden truth ≤ 5 dan 6 ≤ 10; lalu pada keseluruhan answer type selain law dan time; terakhir pada reasoning type WM, SSR, dan MSR.

The question-answering system is one of the tasks within the domain of natural language processing (NLP) that, in simple terms, aims to answer questions based on the context provided by the user to the question-answering system. While there is an existing Indonesian question-answering system, its performance is considered somewhat inadequate. This research conducts experiments to improve the performance of the Indonesian question answering system by utilizing natural language inference (NLI). In order to enhance the Indonesian question-answering system, the author employs two methods: intermediate task transfer learning and task recasting as verifiers. Using the intermediate-task transfer learning method, the performance of the Indonesian question-answering system improves significantly, with an increase of approximately 5.69 in F1 score compared to not utilizing NLI at all, achieving the highest F1 score of 85.14. However, the performance improvement with the intermediate-task transfer learning method tends to be non-significant, except in certain specific cases and particular models. On the other hand, employing the task recasting method as a verifier with filtering parameter type and sentence format change type leads to a decline in the performance of the Indonesian question-answering system, with the significance of this performance decrease varying. Additionally, this research conducts an analysis on the characteristics of context-question-answer pairs that can be better answered by the question-answering system utilizing NLI. The findings conclude that the question-answering system’s performance improves compared to its baseline across various characteristics, including different question types such as what, where, when, who, how, and others. Furthermore, it improves with context lengths ≤ 100 and 101 ≤ 150, question lengths ≤ 5 and 6 ≤ 10, as well as answer lengths (golden truth) ≤ 5 and 6 ≤ 10. Additionally, it performs better in overall answer types excluding law and time, and lastly, in reasoning types WM, SSR, and MSR.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Rafif Priyo Waskito
"Peraturan perundang-undangan baru di Indonesia dapat mengganti, menghapus, atau menambahkan aturan yang sudah berlaku sehingga setiap warga Indonesia memiliki tanggung jawab untuk mengetahui aturan terbaru saat hendak digunakan. Laman pengumpulan informasi ini sudah ada di laman pemerintah resmi seperti peraturan.go.id. Akan tetapi ada informasi yang tidak mudah dicari seperti isi pasal terbaru pada doku- men yang telah diubah oleh dokumen lain. Sekarang, sudah ada informasi peraturan perundang-undangan yang disimpan dalam knowledge graph (KG)-sebuah basis data terstruktur berbentuk kumpulan entitas dan relasi layaknya sebuah graf- bernama LexID KG (Muninggar & Krisnadhi, 2023). Ditambah lagi, LexID QA (Handi, 2023), yaitu sebuah sistem tanya jawab hukum dengan informasinya dari LexID KG, menangani masalah ini tetapi dengan memaksakan struktur inputnya. Menurut Jain, Kumar, Kota, dan Patel (2018) kebebasan membuat input (free-text) merupakan tur bagus karena seakan-akan sedang berinteraksi dengan manusia. Oleh karena itu, penelitian ini berusaha untuk menyelesaikan permasalahan pemaksaan struktur input pada LexID QA dengan beralih ke model machine learning pipeline. Model pipeline-nya tersusun dari model klasi kasi pertanyaan bebas ke kueri SPARQL, sebuah bahasa untuk mengambil informasi dari KG, dan model NER untuk mengambil informasi entitas penting seperti judul dokumen yang dicari pada pertanyaan bebasnya. Kedua model ini berbasiskan BERT (Bidirectional Encoder Representations from Transformers) (Devlin, Chang, Lee, & Toutanova, 2018). Hasil dari model klasi kasi mencapai nilai sempurna pada dataset baru yang dibuat pada penelitian ini. Kemudian, hasil dari model pipeline-nya juga mencapai nilai makro-akurasi sebesar 0.949 pada dataset yang sama.

New laws and regulations in Indonesia can modify, repeal, or adding to existing rules so that every Indonesian citizen has responsibility to know the latest rules when utilizing them. This collection of information is available on of cial government websites such as peraturan.go.id. However, there is information that not easy to nd, such as the contents of latest articles in the documents that have been modi ed by another document. Currently, there is regulatory information stored in a knowledge graph (KG)-a database structured in the form of a collection of entities and relationships like a graph- called LexID KG (Muninggar & Krisnadhi, 2023). Additionally, LexID QA (Handi, 2023), a legal question and answer system with information from LexID KG, addresses this problem but forcing its input structure. According to Jain et al. (2018), free-text input is a good feature because it feels like communication with humans. Therefore, this research trying to solve the problem of forcing input structures in LexID QA by transitioning to a machine learning pipeline model. The pipeline model is composed of free question classi cation model to query SPARQL, a language for retrieving information from KG, and NER model to extracting important entity such as legal title in the free-text input. Both model are based on BERT (Bidirectional Encoder Representations from Transformers) (Devlin et al., 2018). The classi cation model achieved a perfect score on the new dataset created in this research. Furthermore, the pipeline model achieved a macro-accuracy score of 0.949 on the same dataset."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library