Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 23 dokumen yang sesuai dengan query
cover
D`anieri, Paul J., 1965-
Boston, MA : Cengage Learning, 2017
327 DAN i
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Rourke, John T.
New York: McGraw-Hill, 2010
327.1 ROU i
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
"Keanggotaan Indonesia dalam G-20 telah menempatkan Indonesia dalam posisi yang unik sekaligus strategis dalam percaturan ekonomi-politik internasional saat ini. Salah satui wakil negara-negara berkembang dan satu-satunya wakil dari kawasan Asia Tenggara dalam G-20, Indonesia memilki kesempatan untuk memperjuangkan berbagai kepentingan dari pihak-pihak yang direpresentasikannya tersebut. Tulisan ini dimaksudkan untuk menjawab beberapa pertanyaan terkait keanggotaan Indonesia dalam G-20: Apa peran yang perlu Indonesia lakukan dalam proses perumusan kebijakan ekonomi-politik internasional G-20? Siapa yang Indonesia wakili dan nilai-nilai apa yang harus Indonesia perjuangkan? Bagaimana inverage (posisi tawar) Indonesia dan bagaimana Indonesia memposisikan dirinya di dalam G-20? Bagaimana Indonesia memanfaatkan posisi tawarnya sehingga dapat bermanfaat bagi Indonesia dan pihak-pihak yang diwakilinya?"
JUDIMWR
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Williams, Howard
New York: St.Maitin's Press, 1996
320.01 WIL i
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Morgenthau, Hans J.
Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2010
327 MOR p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Sartika
"ABSTRAK
Permasalahan kesenjangan sosial di dunia, pada esensinya disebabkan oleh kapitalisme yang tidak adil dalam mendistribusikan nilai hasil produksi. Kapitalisme mempunyai kecenderungan memperlebar kesenjangan antara yang kaya dan miskin. Pemikir ekonomi institusionalis telah mengungkapkan berbagai pendekatan untuk memfasilitasi mekanisme pasar, sayangnya belum berhasil dalam mengatasi kesenjangan. Di sisi lain, varian kapitalisme menunjukkan bahwa sistem kapitalis yang lebih terkoordinasi secara umum berhasil mengurangi kesenjangan sosial. Terbukti dari komparasi dua negara yang menggunakan sistem kapitalis yang berbeda seperti Amerika Serikat dan Jerman.
Hasil temuan memperlihatkan sistem kapitalis seyogyannya mendukung terjadinya transparansi pengetahuan dan peningkatan kemampuan. Selain itu, kapitalisme sebaiknya mengkoordinasikan pihak-pihak yang bertransaksi dalam perekonomian secara seimbang.

ABSTRACT
Inequality in the world in general is caused by unjust capitalism in distributing the value of production. Capitalism tends to widen the societal gap between the rich and the poor. Scholars of economic institutionalism have introduced several approaches to facilitate market mechanism, but it is not yet fully effective in solving inequality. On the other hand, varieties of capitalism pointed out that coordinated capitalism generally is able to reduce inequality. This is evident from the comparison of the way capitalism works in the United States and Germany.
The findings show that a capitalist system should support knowledge transparency and skill development. In addition, capitalism needs to coordinate economic stakeholders in a balanced manner.
"
2015
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Musto, Marcello
"Kita semua kembali membicarakan Marx. Di antara kepustakaan yang luas ini, karya baru Marcello Musto menonjol sebagai analisis yang cermat dan kontekstual atas tulisan-tulisan dan sumbangsih Marx bagi pemahaman kita atas dunia—hari ini, kemarin, dan esok.” — Immanuel Wallerstein
Sempat disebut usang dan sudah tak relevan seiring dengan bubarnya Uni Soviet, pemikiran Karl Marx nyatanya kian mendapat pembuktiannya dengan semakin kencangnya laju krisis demi krisis kapitalisme global pada abad ke-21.
Buku Marcello Musto ini bisa disebut biografi intelektual Marx yang paling komprehensif saat ini, menelisik bukan cuma karya-karya besar Marx tetapi seluruh bangunan pemikiran Marx mulai dari filsafat pasca-Hegelian, kerja teralienasi, konsepsi materialis atas sejarah, metode riset, teori nilai-lebih, emansipasi-diri kelas pekerja, organisasi politik, dan teori revolusioner. Akan kita dapati sosok Marx seutuhnya yang berlainan dari yang dituduhkan para pengkritiknya maupun yang didogmakan banyak pengikutnya."
Tangerang: Marjin Kiri, 2022
920 MUS m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Wiwiek Rukmi Dwi Astuti
"Penelitian ini dilatarbelakangi oleh cita-cita Indonesia dalam mewujudkan swasembada daging sapi telah dimulai sejak tahun 2000. Indonesia secara berturut-turut mencanangkan program swasembada daging sapi ke dalam tiga periode: 2000-2005; 2005-2010; 2010-2014. Namun, di penghujung tahun 2014, pencapaian swasembada daging sapi di Indonesia dinyatakan belum tercapai. Maka, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal yang menyebabkan kegagalan program swasembada sapi pada periode tahun 2010-2014.
Penelitian ini bertujuan untuk memahami praktik dan dinamika perdagangan internasional komoditas pangan strategis, serta gesekannya terhadap kepentingan nasional. Penelitian ini menunjukkan bahwa dalam dinamika ekonomi politik internasional, upaya swasembada pangan yang dilihat dari perspektif nasionalisme ekonomi berada dalam kepungan liberalisasi perdagangan internasional. Oleh karena itu, dibutuhkan integritas dari semua pihak yang berkepentingan agar suatu negara dapat mencapai swasembada pangan.

The background of this research is Indonesia's attempt to achieve beef self-sufficiency that has been started since 2000. Indonesia has launched beef self-sufficiency programs consecutively into three periods: 2000-2005; 2005-2010; 2010-2014. However, in the end of 2014, Indonesia still has not reached its target. Thus, this study is conducted to determine the internal and external factors that cause the failure in beef self-sufficiency program in the period 2010-2014.
This research aims to understand the practices and the dynamics of strategic food commodities international trade, as well as its friction against the national interest. The results of this research revealed that in the dynamics of the international political economy, the efforts to achieve food self-sufficiency, which are viewed from the economic nationalism perspective, were surrounded by the liberalization of international trade. Therefore, it takes the integrity of all the stakeholders so that a nation can achieve food self-sufficiency.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
T43853
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shitaratih Cindy Hastuti
"Tulisan ini merupakan suatu studi yang berupa laporan tentang kegiatan pemasaran suatu Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang usaha industri yaitu PT (Persero) Indofarma. Pemilihan topik mengenai kegiatan pemasaran perusahaan ini dilatarbelakangi oleh pengamatan penulis secara global atas potensi produk perusahaan dan posisi yang cukup baik sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara. Perusahaan ini memiliki peluang untuk mengembangkan jaringan dan memperkenalkan produknya namun peluang tersebut tidak dimanfaatkan secara optimal. Studi semacam ini layak dibuat mengingat investasi negara untuk perusahaan ini cukup besar dan perusahaan memiliki potensi untuk terus berkembang bahkan memposisikan dirinya sebagai suatu duta negara. Hal tersebut juga didukung oleh inovasi-inovasi yang terus dilakukan namun sayangnya tidak dibarengi dengan metode penyebaran produk yang sesuai pada pengguna produknya sekalipun peluang yang ada cukup besar. Ironisnya masalah biaya selalu menjadi kambing hitam sekalipun keuntungan selalu meningkat.
Ruang Iingkup studi ini terbatas pada Iingkungan manajemen PT (Persero) indofarma melalui metode pengumpulan data dan wawancara dengan pihak-pihak yang berwenang. Hasl pengumpulan data dan wawancara dimaksud dìanalogikan ke dalam teori-teori yang telah dipilih. Permasalahan yang nampak jelas bagi penulis adalah belum terwujudnya perusahaan menjadi Marketing Organization seperti diinginkan oleh orang nomor Satu di perusahaan ini. Ini terjadi nampaknya karena faktor konsentrasi perusahaan yang Iebìh besar pada inovasi produk dan adanya kemungkinan muncul kekhawatiran dari perusahaan untuk mengalokasi dana pemasaran yang Iebih besar. Ada juga masalah belum Optimalnya manajemen dalam memilih bentuk pemasaran baik dalam beriklan, memilih saluran distribusi maupun menentukan sasaran pasarnya.
Dari temuan yang ada penulis mencoba untuk memberikan masukan agar perusahaan lebih cermat dalam menentukan cara pemasaran yang meliputi 4 hal mendasar seperti pendapat Kotler (product, place, price and promotion), perusahaan hendaknya membuat produk agar lebih variatif sehingga dapat memberikan variasi harga sehingga dapat mendukung penempatan lokasi pemasaran dan proses promosi lebih terarah. Namun demikian studi ini tidak lepas dari kelemahan-kelemahan khususnya pada penelitian lapangan yang tidak ditakukan penulis karena keterbatasan waktu dan luasnya objek pemasaran. Penelitian lapangan dilakukan hanya secara umum melalui media atau tempat produk perusahaan ini dijual."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2001
T2918
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3   >>