Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ibnu Ikhwanto
"Karya akhir ini membahas pengajaran cerpen dengan model pembelajaran kooperatif bagi siswa MTs. Penelitian kepustakaan dipakai sebagai upaya untuk menentukan langkah-langkah pengajaran cerpen yng disusun dalam silabus dan RPP. Sumber data yang dipilih adalah cerpen ‘Sahabat dan Kembang’ karya Soekanto S.A., Cerpen ‘Bunga Pengantin Bagian Keempat’ karya Arswendo A., dan cerpen ‘Aktor Ulung Kena Batunya’ karya Bambang J.K. Ketiga cerpen tersebut dianalisis strukturnya untuk dijadikan bahan pengajaran cerpen. Dari hasil deskripsi langkah-langkah pengajaran cerpen dengan sumber data tersebut terungkap bahwa pengajaran cerpen dengan model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan sosial siswa. KBM juga dapat berlangsung menarik dan tidak monoton. Siswa pun dapat mengapresiasi karya sastra dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

The focus of this study is on teaching short story by using cooperative learning model for Junior High School. Bibliography research methodology is used as an effort to determine some steps in teaching short story with sylabus and lesson plan. The chossen data sources are ’Sahabat dan Kembang’ by Soekanto S.A., ’Bunga Pengantin Bagian Keempat’ by Arswendo A., and ’Aktor Ulung Kena Batunya’ by Bambang J.K. The three of the short stories mentioned above will be analyzed stnicturally for the teaching material. The result of steps in planning, implementing, and evaluating on teaching short story can improve the knowledge, attitude, and social studies. The teaching and learning process can become interesting and not boring. So, the students can apreciate the literary works and implement it in daily life direcly."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2009
T26087
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Alif Sarifudin
"Dalam karya akhir ini, penulis membahas pengajaran cerpen. Tema cerita pendek yang penulis fokuskan, yaitu tema keberanian. Tema keberanian dipilih untuk meningkatkan keberanian siswa MTs Negeri Kota Tegal khususnya dalam mengemukakan pendapat. Tiga cerpen bertema keberanian yang penulis pilih dan dianalisis dalam karya akhir ini dijadikan sebagai sumber pengajaran untuk menyusun silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Metode dalam pengajaran ini menggunakan metode kerja kelompok. Kelebihannya adalah adanya saling berbagi pengalaman dan kerjasama antarsiswa sehingga akan menambah pemahaman mengenai cerpen. Dengan karya akhir ini, pembaca khususnya guru dapat mengajarkan cerita pendek kepada siswa mereka dengan mudah.

In this thesis, The writer discusses in short story teaching to students of Islamic Junior High School. The theme of the short stories focuses on bravery. The theme has been chosen to improve the bravery for the students of Islamic Junior High School in Tegal, especially in giving opinion. Three of short stories has been chosen and has been analyzed in this thesis to become source data to design a syllabus and lesson plan. Group-work method has been selected for several reasons. It enables students to share their knowledge to teach other. Besides, it is also enables student to do a collaborative work. Thus, students will be able develop more understanding about short stories given. It is expected that the readers of this thesis, especially teachers, will get more understanding about teaching short stories."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2009
T26181
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library