Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Virginia Rusli
"ABSTRAK
Dalam dunia olahraga, bahaya cedera selalu mengintai ketika seorang atlet
melakukan aktivilasnya, disaat bertanding maupun latihan. Cedera pastinya
mengganggu performa seorang atlet, terlebih jika menyangkut atlet profesional. Hal
ini dikarenakan penghasilan yang biasa diperoleh ketika mclakukan fungsinya
scbagai attlet, tidak dapat dilakukan. Untuk kembali tampil pascacedera tentunya
dibutuhkan bukan hanya tekad yang kuat, tapi juga persiapan yang matang.
Pcnetapan sasaran (goal serring) adalah salah satu cara yang mcmbuat seorang atlet
menjadi siap untuk kembali berkeoimpung di arena olahraga, Bukan hanya
berpengaruh terhadap kesiapan tisik dan tcknik, penetapan sasaran juga
mempengaruhi kesiapan mental seorang atlet. Ini dikarenakan pcnctapan sasaran
dipercayai membawa perubahan-perubahan positif dalam beberapa kondisi
psikologis atlet, sepcrti: kecemasan, kepercayaan diri, dan motivasi (Gould, 1993).
Sasaran yang cfcktif dapat membantu atlet pulih dari cederanya (Wiese & Weiss,
l987). Pcnelitian ini menjadi pcrlu dan penting untuk dilakukan karena clisadari begitu tingginya kemungkinan cedera yang dialami oleh seorang atlet. Sedangkan di
lain pihak, kebanyakan atlet-atlet yang mengalami cederajustru mereka yang masih
baik prestasinya, bahkan yang tcrbaik di Indonesia. Oleh karenanya suatu
mekanisme penanggulangan cedera yang efektif sangat diperlukan. Penelitian ini
merupakan studi kasus yang dalam pcngumpulan datanya menggunakan tehnik
observasi dan wawancara (primer) serta studi pustaka (sekundcr). Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui apakah penetapan sasaran memiliki pcranan dalam
usaha pengembalian performa seorang atlet tenis profesional pascacedera.
Wawanoara dilakukan terhadap seorang atlet tenis putri profesional dan pelatih-
pelatihnya. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penetapan sasaran ternyata
memiliki pengaruh yang signitikan terhadap perforrna atlct ini secara iisik, teknik,
dan mental pascacedera yang dialaminya."
2006
T34178
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Agstried Elisabeth Piether
"ABSTRAK
Penelitian eksperimental ini dilakukan untuk melihat efektivitas penetapan sasaran
dalam meningkatkan motivasi berprestasi siswa underachiever. Seorang siswa
kelas X pada sebuah SMA di Jakarta adalah subyek pada penelitian ini. Siswa ini
didiagnosa sebagai siswa underachiever, karena prestasi akademiknya tidak sesuai
dengan potensinya. Dari hasil pengukuran baseline didapati bahwa subyek tidak
memiliki perencanaan, mudah menyerah dalam mengeijakan tugas, bergantung
pada bantuan dari orang lain, dan memiliki hasil keija yang kurang baik.
Pemberian program penetapan sasaran SMART dilakukan dalam lima tahap
(Cunningham, Krull, Land, dan Russel, 2000), yaitu preliminary, setting the
tones, teaching the skills, applying and assessing the skills, dan evaluasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa penetapan sasaran SMART efektif dalam
meningkatkan perilaku positif subyek yang berkaitan dengan motivasi. Melalui
penetapan sasaran, SMART subyek mengalami perubahan dalam pola pikir,
perilaku, dan kebiasaan belajar.

ABSTRACT
This experimental research is held to see the effectiveness of goal setting
to improve tenth grade student’s motivation. The subject of this experiment is a
tenth grade student in Jakarta. This student was diagnosed as an underachiever
because she didn’t perform as well as her ability. She was unmotivated to learn
and to get a good grade. The baseline showed she has no plan in learning, has a
quitting behavior, depends on others help, and poor quality work results. The
SMART goal setting program have five steps (Cunningham, Krull, Land, dan
Russel, 2000), preliminary, setting the tone, teaching the skills, applying and
assessing the skills, and evaluation. This research found that SMART goal setting
intervention was effective to improve participant’s behaviors that correlated to
motivation. Through this program, participant showed that there were changed in
her mind set, behavior, and study habits."
2010
T37593
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library