Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 6 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nelce D. Muskita
"Pengembangan metode pemilihan material dalam penentuan indeks kompleksitas proses assembly dari komponen otomotif ditahap awal proses desain merupakan tujuan dari penelitian ini. Indeks komplesitas proses assembly ( CIproses assembly ) dipengaruhi oleh koefisien kompleksitas relatif dari proses assembly (CIproduk),yang merupakan fungsi dari nilai rata-rata pembobotan faktor kompleksitas bagian perakitan (Cpart ) dan presentase dari bagian yang berbeda (Xp). Faktor kesulitan dalam perakitan terdiri dari kesulitan proses handling (Ch,f) dan kesulitan proses insertion(Ci,f).Nilai material (Cm) yang dimasukkan kedalam perhitungan kompleksitas akan mempengaruhi atribut weight dan insertion rsistance ,material yang berbeda mempengaruhi tingkat kesulitan proses perakitan. Semakin kecil indeks kompleksitas maka tingkat kerumitan untuk proses assembly semakin kecil.

Development methods of material selection in determination of the complexity index of the automotive component assembly process ditahap initial design process is the aim of this study. Assembly process complexity index (CIproses assembly) is affected by the coefficient of relative complexity of the assembly process (CIproduk), which is a function of the weighted mean value of the complexity of the assembly factor (Cpart) and percentage of different parts (Xp).The difficulty in assembling consists of difficulty handling process (Ch, f) and the difficulty of the process of insertion (Ci, f). The value of material (Cm) is entered into the computation complexity will affect the weight and insertion resistance attributes, different materials affect the difficulty level of the assembly process . The smaller the index level of complexity to the complexity of the assembly process of getting smaller."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
T30124
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Rifqi Ramadhan
"Seiring dengan meningkatnya biaya operasi dan material untuk manufaktur sebuah kapal, diperlukannya metode-metode optimasi untuk mengurangi biaya tersebut. Banyak penelitian untuk optimasi biaya manufaktur kapal, salah satunya adalah dengan melakukan optimasi pada struktur kapal. Dalam penelitian ini, dilakukan optimasi pada struktur penutup palka kapal curah. Optimasi dilakukan dengan melakukan Sensitivity Analysis pada metode Hybrid Genetic Algorithm (Hybrid GA) pada desain penutup palka kapal yang sudah ada. Metode ini melihat hubungan antar pelat sebelum dilakukan Hybrid GA. Dimana Hybrid GA sendiri menggabungkan antara Genetic Algorithm dan Size Optimization. Kelemahan dari Hybrid GA ini sendiri adalah lamanya proses optimasi untuk mendapatkan hasil yang optimal. Dengan dilakukannya Sensitivity Analysis, Penelitian ini akan membuat metode optimasi semakin cepat dan optimal dari segi waktu, serta tetap mendapatkan hasil yang optimal dari segi biaya manufaktur. Pada saat optimasi dilakukan hanya pelat yang saling mempengaruhi secara tegangan yang akan dijalankan bersamaan. Hasil penelitian akan menampilkan pengaruh dilakukannya Sensitivity Analysis terhadap waktu optimasi dan biaya. Terjadi pengurangan waktu sebanyak 67% dibandingkan dengan metode Hybrid GA, dengan biaya manufaktur yang serupa. Dengan demikian hasil penelitian ini bisa berkontribusi untuk membuat kapal yang lebih murah untuk dibuat

Along with the increase in operating and material costs for manufacturing a ship, optimization methods are needed to reduce these costs. There are many studies for optimizing ship manufacturing costs, one of which is by optimizing the ship structure. In this study, optimization of the bulk ship hatch cover structure was carried out. Optimization is done by performing a sensitivity analysis on the Hybrid Genetic Algorithm (Hybrid GA) method on the existing ship hatch cover design. This method looks at the relationship between plates before doing Hybrid GA. Where Hybrid GA itself combines Genetic Algorithm and Size Optimization. The weakness of Hybrid GA itself is the length of the optimization process to get optimal results. By doing Sensitivity Analysis, this research will make the optimization method faster and optimal in terms of time, and still get optimal results in terms of manufacturing costs. At the time of optimization, only plates that affect each other in voltage will be run simultaneously. The results of the study will show the effect of doing Sensitivity Analysis on optimization time and cost. There was a 67% reduction in time compared to the Hybrid GA method, with similar manufacturing costs. Thus, the results of this study could contribute to making ships cheaper to build."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Erwin
"ABSTRAK
Untuk merancang dan membuat prototype Exhaust System dengan Catalytic converter untuk sepeda motor 4 langkah 110 cc terdapat beberapa kegiatan yang dilakukan yaitu antara lain : Survey pasar yang akan digunakan untuk mendapatkan spesifikasi yang sesuai dengan keinginan pelanggan yang akan dikembangan pada produk ini.
Penelusuran patent dilakukan untuk mendapatkan alternatif solusi dalam masalah perancangan dan menghinddri klaim penjiplakan. Selain itu juga dilakukan penilaian pada beberapa produk yang sudah ada dipasar.
Pemilihan material dilakukan dengan menggunakan metode yang dikembangkan oleh Asbhy yang didasarkan pada lingkungan kerja korosif temperatur kerja yang tinggi dan harga yang bersaing.
Simulasi CFD dengan menggunakan Ansys digunakan untuk mendapatkan bentuk geometri yang akan menghasilkan distribusi aliran yang seragam pada katalis, dan menganalisa backpressure yang terjadi pada model.
Model yang sudah diuji dan dioptimasi akan dibuat prototype nya dan diuji backpressure dan unjuk kerja mesin kendaraan di dynamometer.

ABSTRACT
In design and making of Exhaust System prototype with Catalytic converter there are some activities, that is Market Survey to be used to get specification to develop at product.
Patent research conducted to get solutions in problem of scheme and avoid plagiarizing claim.
Besides that also conducted assessment at some product is the market.
Material Selection conducted by using method developed by Asbhy based on corrosive environment, high temperature working conditio, and competitive price..
CFD Simulation by using Ansys software used to get geometry form to yield uniform stream distribution to catalyst, and analyze backpressure that happened at the model.
The model that has been test and optimized will make as prototype and the prototype will be test at backpressure and engine performance in dynamometer."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
T14951
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Djordan Ranadi Putra
"Dalam membangun sebuah kapal membutuhkan biaya yang sangat besar terutama dalam pengadaan material. Salah satu cara untuk mengurangi biaya manufaktur tersebut adalah melakukan optimasi struktur kapal. Dalam penelitian ini, optimasi dilakukan dengan menggunakan metode Hybrid GA. Metode ini menggabungkan antara Genetic Algorithm dan Size Optimization. Genetic Algorithm digunakan untuk memilih material dan Size Optimization digunakan untuk mengurangi ketebalan pelat. Akan tetapi, metode optimasi Genetic Algorithm membutuhkan waktu yang sangat lama untuk mendapatkan hasil paling optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi waktu yang diperlukan dalam optimasi berbasis Hybrid GA dengan memodifikasi proses Genetic Algorithm serta mendapatkan material dengan biaya manufaktur paling rendah. Modifikasi Genetic Algorithm dalam penelitian ini adalah melakukan optimasi sesuai kelompok gen setiap 10%; 20%; 25%; 50%; dan 100% dari total keselurahan gen. Hasil penelitian akan menampilkan pengaruh modifikasi Genetic Algorithm terhadap waktu optimasi dan biaya. Terjadi pengurangan biaya sebanyak 39% pada optimasi setiap 10% gen, 20% gen, dan 25% gen, 34% pada optimasi setiap 50% gen, dan 33% pada optimasi dengan 100% gen. Dari hasil penelitian didapat rata-rata waktu optimasi tiap generasinya, yaitu setiap 10% gen adalah 0,274 jam, setiap 20% gen adalah 0,388 jam, setiap 25% gen adalah 0,434 jam, setiap 50% gen adalah 0,61 jam, dan 100% gen adalah 0,646 jam.

In building a ship requires a very large cost, especially in the procurement of materials. One way to reduce manufacturing costs is to optimize the ship structure. In this study, optimization was carried out using the Hybrid GA method. This method combines Genetic Algorithm and Size Optimization. Genetic Algorithm is used to select material and Size Optimization is used to reduce plate thickness. However, the Genetic Algorithm optimization method takes a very long time to get the most optimal results. This study aims to reduce the time required for optimization based on Hybrid GA by modifying the Genetic Algorithm process and obtaining materials with the lowest manufacturing costs. Genetic Algorithm modification in this research is to optimize according to gene group every 10%; 20%; 25%; 50%; and 100% of the total gene pool. The results of the study will show the effect of Genetic Algorithm modification on optimization time and cost. There was a 39% cost reduction in optimization of every 10% of genes, 20% of genes, and 25% of genes, 34% on optimization of every 50% of genes, and 33% on optimization with 100% of genes. From the results of the study, the average optimization time of each generation, ie every 10% of genes is 0.274 hours, every 20% of genes is 0.388 hours, every 25% of genes is 0.434 hours, every 50% of genes is 0.61 hours, and 100% gene is 0.646 hours."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Harjanto
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Dedi Irawan
"Penelitian energi baru terbarukan, khususnya PEM fuelcell, diiringi dengan penelitian untuk penyediaan bahan bakarnya. Teknologi pembangkit hydrogen sebagai bahan bakar PEMFC (elektrolizer) kembali ke teknologi dasar yaitu Alkaline Elektrolisis. Pengembangan elektroda sebagai komponen utama elektrolizer menggunakan material selama ini dilakukan secara terurut berdasarkan penelitian sebelumnya dan trial and error. Telah dilakukan pemilihan material elektroda elektrolizer dengan melibatkan kriteria-kriteria yang lain, bukan hanya kinerja material, tetapi juga kriteria biaya material, biaya proses dan bentuk elektroda. Selain itu juga ditambahkan kriteria material lokal sebagai keunggulan untuk sumber daya material Indonesia. Metode yang dilakukan berdasarkan pendekatan Ashby-Saaty.Tahap pertama dilakukan penilaian keunggulan kriteria yang satu dengan kriteria yang lain. Pada tahap ini, hasil peniilaian menunjukkan Material lokal dan Biaya Material menjadi pilihan utama dibandingkan kriteria yang lain. Tahap kedua penilaian dilakukan terhadap 10 kandidat material yang antara lain Platinum, Nikel, Tembaga, Titanium, Cobalt, Molibden, Emas, Perak, Stainless Steel dan Grafit. Penilaian dilakukan melalui sifat properties material terhadap keenam kriteria terkait. Tahap Ketiga merupakan penilaian akhir dimana penilaian kandidat material dibandingkan dengan penilaian kriteriakriteria terkait. Hasil akhir menunjukkan Indonesia memiliki 3 material yang memiliki posisi teratas dalam pemilihan material untuk elektroda yaitu Nikel, Tembaga dan Stainless Steel.

Renewable energy research, especially PEM Fuel Cell, followed by research to fuel resources Hydrogen generation technologies (electrolyzer) as PEMFC fuel back to the basic technology is Alkaline Electrolysis. Development electrodes electrolyzer as main component using materials that have been developed in order based on previous research and trial and error Have done electrode electrolyzer material selection involving other criteria, not just the material performance, but also the criteria of material costs, the cost of the process and the form of the electrodes. It also added the criteria of local materials as resource material advantages for Indonesia. The first stage assessment of the excellence criteria with other criteria. At this stage, the assessment results indicate local materials and material costs become the primary choice than other criteria. The second stage of the assessment conducted 10 candidate materials include Platinum, Nickel, Coper, Titanium, Cobalt, Molybden, Gold, Silver, Stainless Steel and Graphite. Assessment comparing one criteria with other criteria as cost of materials, performance, shape, cost of manufacturing and local materials resources. The third stage is the final assessmnet where the result from 2 stage before compiled and scored. So the last result showing Indonesia has 3 potential material for electrode which is Nickel, Copper and Stainless Steel.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
T41711
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library