Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Artiarini Puspita Arwan
"
ABSTRAK
Siswa yang terlibat dalam perilaku melanggar status seringkali tidak berhasil
menunjukkan performa akademik yang optimal (Charlie, 2002; CBASSE, 2000;
Patchin, 2004). Untuk itu, intervensi terhadap atribut personal seperti
keterampilan memecahkan masalah sosial, banyak dilakukan. Keterampilan
memecahkan masalah sosial berhubungan dengan sejumlah manfaat psikologis
dan akademik bagi remaja (D'Zurilla & Nezu, 1999; Fomeris, Danish, & Scott,
2007). Berbagai penelitian menunjukkan bahwa intervensi ini dapat dilakukan
dengan strategi kognitif behavioral. Strategi ini bertujuan membantu siswa
pelanggar status merestrukturisasi proses berpikir dan mengajarkan keterampilan
kognitif yang diperlukan ...
"
2010
T38123
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Dewi Ratna Wulan
"
Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektvitas problem solving therapy untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah pada remaja pria pelanggar status. Hasil penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa kenakalan remaja dan perilaku yang membahayakan kesehatan terkait dengan minimnya keterampilan pemecahan masalah, yang pada akhirnya dapat berpengaruh pada rendahnya performa akademis. Usaha intervensi bagi remaja pelanggar status banyak dilakukan untuk meningkatkan keterampilan memecahkan masalah sosial, salah satunya melalui Problem Solving Therapy (PST) yang berdasarkan pada prinsip terapi kognitif behavioral (D'Zurilla ...
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
T42206
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library