Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ristika Kusumasari
"Sistem penilaian manual yang dilakukan manusia untuk memeriksa dan menilai jawaban ujian esei dalam skala besar dirasakan masih kurang efektif dan efisien. Oleh karena itu, perlu dibuat suatu sistem penilaian esei otomatis yang konsisten dan dilakukan secara terpusat sehingga dapat menghemat banyak waktu dan tenaga. Saat ini telah berkembang berbagai metode penilaian esei otomatis. Salah satu metode yang diterapkan adalah metode Latent Semantic Analysis (LSA).
Penerapan ujian online dengan sistem penilaian esei otomatis LSA membutuhkan pengembangan fitur-fitur tertentu untuk mengoptimalkan kinerja sistem secara keseluruhan, diantaranya adalah penerapan fitur pendistribusian bahan ajar dengan modul pembelajaran dan fitur feedback evaluasi hasil ujian bagi mahasiswa. Fitur pendistribusian bahan ajar dengan modul pembelajaran memudahkan mahasiswa dalam mempelajari bahan ajar yang diberikan pengajar secara online. Setelah melakukan ujian, fitur feedback evaluasi hasil ujian berguna untuk mengukur kemampuan mahasiswa dalam hal penguasaan keseluruhan materi bahan ajar yang telah diberikan dosen selama proses pembelajaran.
Beberapa pengujian dilakukan untuk mengetahui kinerja dari kedua fitur tersebut. Pada fitur pendistribusian bahan ajar dengan modul pembelajaran, pengujian dilakukan dengan menghitung waktu yang dibutuhkan untuk mengakses modul pembelajaran dengan variasi ukuran file modul. Melalui pengujian yang dilakukan, semakin besar ukuran file maka waktu yang dibutuhkan untuk mengakses modul akan semakin besar. Rata-rata kenaikan waktu yang dibutuhkan untuk mengakses modul pembelajaran dengan peningkatan tiap 50 KB dari ukuran file 50 - 1000 KB adalah sebesar 47,36 %. Sedangkan pada fitur feedback evaluasi hasil ujian bagi mahasiswa, pengujian dilakukan dengan menghitung waktu pengaksesan tampilan feedback dengan variasi jumlah jawaban ujian mahasiswa.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa semakin banyak jumlah jawaban ujian maka waktu yang dibutuhkan untuk mengakses tampilan feedback akan semakin besar. Rata-rata kenaikan waktu yang dibutuhkan untuk mengakses tampilan feedback dari 3 sampai 30 jawaban ujian mahasiswa adalah sebesar 1,95 %."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
S40764
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dany Rizkiawan
"Dalam tesis ini dikembangkan Sistem Penilaian Ujian Lisan (SIPENILAI) dalam bahasa Jepang. SIPENILAI memiliki 3 fitur utama: Kata yang Cocok, Fitur Menjawab Pertanyaan, dan Fitur Esai. Skripsi ini akan membahas dan memberikan disain terkait penggunaan Julius sebagai pengenal pidato dan LSA sebagai metode penilaian untuk mendapatkan akurasi dalam fitur esai. Julius menggunakan metode N-gram sebagai algoritma pengenalan suara. LSA menggunakan norma SVD dan forterenius untuk mendapatkan nilai dari jawaban atas referensi. Tesis ini juga membahas tentang faktor-faktor yang dapat mempengaruhi hasil penilaian dan kinerja sistem. Pengujian dilakukan terhadap 12 responden dengan kefasihan dan jenis kelamin yang berbeda untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi hasil penilaian dan kinerja sistem. Hasil akurasi sistem adalah 84.89% dan kecepatan sistem 63.01 KB/s. Faktor kefasihan dapat mempengaruhi keakuratan dan kecepatan sistem, sedangkan jenis kelamin tidak berpengaruh. Secara keseluruhan, SIPENILAI dapat menjadi sistem yang digunakan untuk melakukan penilaian ujian lisan pada fitur esai bahasa Jepang.

In this thesis, the Oral Exam Assessment System (SIPENILAI) is developed in Japanese. SIPENILAI has 3 main features: Word Match, Question Answering Feature, and Essay Feature. This thesis will discuss and provide designs related to the use of Julius as a speech recognition and LSA as an assessment method to obtain accuracy in essay features. Julius uses the N-gram method as a speech recognition algorithm. The LSA uses the SVD and forterenius norms to get values ​​from answers to references. This thesis also discusses the factors that can affect the results of the assessment and system performance. Tests were conducted on 12 respondents with different fluency and gender to determine the factors that could affect the results of the assessment and system performance. The result of system accuracy is 84.89% and system speed is 63.01 KB/s. The fluency factor can affect the accuracy and speed of the system, while gender does not. Overall, CIVIL ASSESSMENT can be a system used for conducting oral exam assessments on the Japanese essay feature."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library