Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Alif Sarifudin
"Dalam karya akhir ini, penulis membahas pengajaran cerpen. Tema cerita pendek yang penulis fokuskan, yaitu tema keberanian. Tema keberanian dipilih untuk meningkatkan keberanian siswa MTs Negeri Kota Tegal khususnya dalam mengemukakan pendapat. Tiga cerpen bertema keberanian yang penulis pilih dan dianalisis dalam karya akhir ini dijadikan sebagai sumber pengajaran untuk menyusun silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Metode dalam pengajaran ini menggunakan metode kerja kelompok. Kelebihannya adalah adanya saling berbagi pengalaman dan kerjasama antarsiswa sehingga akan menambah pemahaman mengenai cerpen. Dengan karya akhir ini, pembaca khususnya guru dapat mengajarkan cerita pendek kepada siswa mereka dengan mudah.

In this thesis, The writer discusses in short story teaching to students of Islamic Junior High School. The theme of the short stories focuses on bravery. The theme has been chosen to improve the bravery for the students of Islamic Junior High School in Tegal, especially in giving opinion. Three of short stories has been chosen and has been analyzed in this thesis to become source data to design a syllabus and lesson plan. Group-work method has been selected for several reasons. It enables students to share their knowledge to teach other. Besides, it is also enables student to do a collaborative work. Thus, students will be able develop more understanding about short stories given. It is expected that the readers of this thesis, especially teachers, will get more understanding about teaching short stories."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2009
T26181
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Abdullah Rusydi
"Masalah lingkungan menjadi isu utama yang muncul seiring dengan perkembangan dunia industri. Oleh karena itu, diperkenalkan konsep remanufaktur sebagai jawaban atas permasalahan itu. Namun, aktivitas Production Planning and Control dalam remanufaktur lebih sulit untuk diterapkan sehingga perancangan produksi perusahaan pun masih banyak yang trial and error. Masalah tersebut juga menyebabkan perusahan menjadi tidak selektif dalam memilih produk untuk diremanufaktur. Dalam penelitian ini, akan dikembangkan rancangan alur produksi dan model simulasi untuk membantu PT UTR sebagai perusahaan remanufaktur alat berat dalam pemilihan produk diremanufaktur. Dari hasil penelitian akan dipilih satu produk Engine tipe besar yang akan memberikan nilai yang paling tinggi untuk perusahaan.

The environment problem became major issue as the development of industrial sector. Because of that, remanufacturing concept has been introduced to answer that problem. However, Production Planning and Control activities is harder to implement in remanufacture field. Thus the production designs mostly use trial and error. This problem also causes the company not selective to choose the product they remanufactured. In this research, the design of production plot and simulation model will be developed to support PT UTR as the remanufacturing company in heavy equipment to choose their products to be remanufactured. The result of this research will select one product of Large Engine Type as the product that gives highest value for the company."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S43355
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Devid Perdana
"Dalam suatu proyek dibutuhkan sumber daya yang kompeten dan berkualitas dan dimanfaatkan dengan benar untuk tercapainya keberhasilan suatu proyek. Dalam menyelesaikan suatu proyek gardu listrik pada tahap eksekusi desain diperlukan sumber daya yang berkompeten, waktu yang efisien dan biaya yang optimal sehingga tercapai target penyelesaian proyek dengan biaya yang optimal serta yang sesuai dengan ekspetasi dari customer.
Salah satu masalah yang timbul selama tahap desain adalah waktu penyelesaian drawing yang lama yang disebabkan karena meningkatnya total beban kerja (loading total) selama pembuatan gambar pada proses desain. Hal itu menunjukkan bahwa adanya metode kerja yang tidak baik karena adanya aktivitas yang duplikasi, tidak efisien dan aktivitas yang dikerjakan tidak parallel sehingga menyebabkan waktu penyelesaian drawing yang lama. Oleh karena itu, diperlukan suatu perbaikan metode kerja pada tahap desain.
Metode analisa menggunakan peta aliran proses dan VSM (Value Stream Mapping) dapat digunakan untuk memperbaiki sistem kerja dalam pembuatan gambar pada tahap desain sehingga dapat mengurangi waktu penyelesaian drawing yang lama. Metode tersebut kemudian diuji untuk mendapatkan variable set up time yang paling berpengaruh terhadap total waktu beban kerja (loading total time).

In a project resource needs qualified and competent and properly utilized to achieve the success of a project. In completing an electrical substation at the project execution stage of the design required a competent resource, time-efficient and cost optimal in order to reach the target project completion with optimum cost and in accordance with the expectations of the customers.
One of the problems that arise during the design phase is drawing a long turnaround time due to the increase in total workload (loading in total) during the making of image in the design process. It shows that the existence of a working methods which is not good because of the duplication of activities, inefficient and activities that do not parallel causing long turnaround time drawing. Therefore, we need a working system improvement at the design stage.
Method of process flow maps and VSM (Value Stream Mapping) can be used to improve the work method in the graphic at the design stage so as to reduce the completion time drawing a long. Those method is then tested to get a variable set up time that most influence on the total time workload (total loading time).
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
T43679
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tegar Septyan Hidayat
"ABSTRAK
Penelitian ini berfokus pada aspek ergonomis desain pintu tol dan performa
operator berbasis lingkungan virtual. Pengambilan data dibagi menjadi data postur
kerja dan waktu pelayanan. Postur rangkaian kerja dianalisis melalui Posture
Evaluation Index (PEI). Sementara data waktu dianalisis dengan pendekatan
simulasi antrian. Setelah melakukan evaluasi dari desain aktual, kemudian dibuat
rekonfigurasi baik untuk desain yang berjumlah 36 jenis, maupun perubahan
metode kerja. Hasil analisis desain menunjukkan konfigurasi optimal yang
memilki nilai PEI terkecil adalah desain dengan tinggi dudukan sebesar 51 cm,
tinggi meja 80 cm, tinggi sandaran kaki 5 cm, dan tinggi jendela dari tanah 78 cm.
Untuk kombinasi konfigurasi desain dan metode kerja rekomendasi, berdasarkan
simulasi yang dilakukan dapat mengurangi rata-rata waktu antrian sebesar 82%
dari 35,31 detik menjadi 6,4 detik.

Abstract
This research studies the ergonomic aspect from toll booth and operators
performance. It focused on two main areas, working posture and service time of
operators. The analysis of working posture based on Posture Evaluation Index,
meanwhile service time using the queuing theory. The output of the study can be
divided into ergonomic design and method reengineering. The results suggest
that the most ergonomic design which has the lowest value of PEI is with 51 cm
in seat height, 5 cm in foot rest height, and 80 cm in table height. For the queuing
simulation, the implementation of new configuration and method can reduce the
average time of costumer spend in the queue until 82%.
"
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S43602
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library