Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Kezia Saraswati
"Dalam rangka mencapai kesuksesan diversifikasi energi Indonesia, Pemerintah mengeluarkan sejumlah kebijakan yang mendorong intensifikasi program konversi masyarakat dari bahan bakar minyak ke bahan bakar gas. Ketidaksiapan dan resistansi masyarakat Indonesia untuk melakukan konversi dari bahan bakar minyak ke bahan bakar gas menjadi isu utama yang dicoba dijawab dalam penelitian ini, sebuah area penelitian yang belum pernah diteliti sebelumnya di Indonesia. Penelitian ini memodelkan perilaku pengambilan keputusan masyarakat untuk melakukan konversi energi dengan berdasar pada atribut sosioekonomis dan demografis serta pertimbangan-pertimbangan lain yang mempengaruhi keputusan masyarakat di DKI Jakarta, menggunakan konsep Theory of Planned Behavior yang dikemukakan Ajzen (1991) sebagai elemen pendorong pembentukan perilaku masyarakat. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah sebuah model, yang dapat digunakan untuk merancang kebijakan diversifikasi energi yang ideal dalam mendorong terjadinya konversi dan penggunaan bahan bakar gas. Model ini menemukan bahwa rekomendasi dari lingkungan adalah faktor kunci dalam pengambilan keputusan sesuai dengan Bass Diffusion Model (Bass, 1969), dimana semakin banyaknya rekomendasi maka akan semakin cepat proses konversi bahan bakar yang terjadi dalam masyarakat.

In order to achieve successful energy diversification, Indonesian Government has instituted several policies to enhance consumer conversion from oil-based fuel to gas-based fuel. Market resistance to perform the conversion is the main issue this research attempt to unravel, an area of study no one has ever tapped before. This research aim to develop a model for consumer in DKI Jakarta decision making behavior related to energy conversion, based on their socio-economic and demographic attributes as well as specific influencing considerations, using the Theory of Planned Behavior explained by Ajzen (1991) as the driver of consumer behavior formation. The result of this study is a model which can be further utilised to design an ideal energy diversification related policy and enhance consumer conversion from oil to gas based fuel. The model reveals that word of mouth recommendation plays a significant role in decision making behaviour, as previously explained in Bass Diffusion Model (Bass, 1969), where the conversion process for oil to gas based fuel will increase faster with higher degree of word of mouth recommendation found in the market.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S57212
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library