Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 41 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Friska Melani
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi relasi laki-laki dan perempuan dalam lirik lagu grup band Dewa 19. Lirik lagu dapat menjadi media untuk melanggengkan pandangan-pandangan tertentu tentang perempuan dan laki-laki di masyarakat. Pandangan-pandangan yang sebenarnya memberi stigma buruk pada kaum perempuan menjadi tersamarkan oleh indahnya iringan aransemen musik, serta iramanya yang menghanyutkan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis teks dengan pendekatan semiotika. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan pengambilan sampel purposif yang terstratifikasi, dengan prosedur: (1) mengumpulkan seluruh album yang dihasilkan oleh Dewa 19, (2) memilih lirik lagu yang akan dianalisis, dan (3) melakukan analisis teks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lirik lagu grup band Dewa 19 masih memperlihatkan relasi gender yang timpang antara laki-laki dan perempuan. Representasi laki-laki dan perempuan dalam lirik lagu Dewa 19 tetap melanggengkan stereotipe yang telah terbentuk dalam budaya patriarki tentang laki-laki dan perempuan. Patriarki terbukti sebagai suatu sistem yang membuat perempuan tetap dikuasai oleh laki-laki dengan bermacam-macam cara.
This research is aimed to understand the representation of man and woman relation within the song lyrics of Dewa 19 band. Song lyrics can be a medium through which certain views regarding woman and man in the society are perpetuated. These views which are giving bad stigmas towards woman are disguised under the beautiful music arrangement and drifting melodies. This research employs text analysis method with semiotics approach. Data collecting technique uses stratified purposive sample, which includes (1) collecting all albums produced by Dewa 19, (2) choosing the lyrics to be analyzed, and (3) text analyzing using semiotics approach. The result of this research shows that lyrics of Dewa 19 bands songs are still representing the unequal gender relation between man and woman. The representation of man and woman within Dewa 19?s song lyrics still perpetuates the stereotypes in the patriarchy culture about man and woman. Patriarchy is proven as a system which lets woman remains dominated by man in various ways."
2008
T24072
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Faisal Khaeri Yuwono
"Penelitian replikasi dari penelitian Djikic (2011) ini merupakan penelitian eksperimen dengan sampel 90 partisipan mahasiswa sarjana Universitas Indonesia (rata-rata usia = 23,8 tahun) yang menguji kemampuan musik untuk menghasilkan perubahan yang signifikan pada penilaian kepribadian. Setelah mengisi serangkaian kuesioner, termasuk didalamnya NEO-FFI, partisipan dialokasikan ke dalam 3 kelompok; kelompok Musik dan Lirik mendengarkan lagu berbahasa Perancis sambil membaca terjemahannya, kelompok Musik mendengarkan lagu sambil membaca teks lirik bahasa Perancis, dan kelompok Lirik mendengarkan rekaman terjemahan lirik secara lisan sambil membaca terjemahannya. Partisipan mengisi kembali kuesioner NEO-FFI. Hasil menunjukkan bahwa musik meningkatkan variabilitas dalam penilaian kepribadian secara tidak signifikan, sedangkan lirik menurunkan variabilitas secara tidak signifikan.

The present replication experiment of the experiment conducted by Djikic (2011) tested whether music can produce significant changes in the experience of one’s own personality traits under laboratory conditions. Participants were 90 Universitas Indonesia undergraduates (M = 23.8 years). After completing a set of questionnaires including the NEO-FFI, they were divided into 3 groups: the Music-and-Lyrics group listened to a French song while reading the Indonesian translation of lyrics, the Music group listened to a French song while following the text of lyrics in French, and the Lyrics group listened to the Indonesian translation of the lyrics, while following its text. Participants were then readministered the NEO-FFI within another set of questionnaires. The results show that music insignificantly produced increases, and lyrics insignificantly produced decreases, in the short-term self-reported experience of change of one’s personality traits."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
S54396
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Patricia Robin
" Political and legal realities in Indonesia are seen differently by each individual. There is a view that politics and law (the wheels of government has been running well, there is also a view that is still very lacking in implementation. This situation makes the emergence of many forms of res/stance (opposition expression) that was delivered by the community. 771/s res/stance statement conveyed through the form of a hard or known by the demonstration that wifi/ bring unrest or some that are in a subtle form, namely in the arts. The song was born as a form of articulation that society has not been exposed to the public. What the public has perceived oelh confined only in Community conversation without the realization to be submitted to the competent author/ties such as government and the police."
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Tarumanegara, 2011
MK-pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Waworuntu, Amira
"Aliran Metalcore adalah sebuah subgenre dari Heavy Metal yang menggunakan teknik vokal yang berbeda dari sebelumnya, yaitu dengan berteriak atau yang seringkali disebut screaming. Ketika mendengarkan ataupun menyaksikan sebuah lagu dibawakan dengan cara nyanyi berteriak, muncul sebuah anggapan bahwa aliran Metalcore ini membawa dampak negatif karena menerapkan teknik vokal yang keras, intimidatif dan penuh emosi. Tidak jarang teknik vokal screaming ini dianggap meniru 'suara setan'. Pernyataan ini tidak mengherankan apabila mengetahui bahwa memang ada beberapa aliran musik yang sengaja menirukan 'suara setan' tersebut dan menerapkannya ke dalam lagu.
Metalcore tentunya bukan merupakan sebuah aliran musik yang berasal dari Indonesia, namun sudah banyak band yang mulai memainkan aliran ini dan banyak diantaranya yang sudah cukup terkenal. Cara bernyanyi dengan berteriak sudah bukan lagi hal yang baru, namun masih banyak yang menganggap bahwa Metalcore memicu hal-hal negatif kepada para pendengarnya. Masih ada stereotype yang melekat pada screaming. Oleh karena itu, para pelaku Metalcore tanah air melihat bahwa perlu dilakukannya transformasi makna teknik vokal screaming agar menyadarkan masyarakat bahwa apa yang mereka sampaikan melalui teriakan bukanlah bersifat negatif. Caranya adalah dengan menulis lyric lagu yang memiliki pesan positif sesuai dengan norma-norma sosiokultural yang berlaku di masyarakat. Dengan tetap mengacu pada ciri-khas screaming, para pelaku Metalcore tanah air berusaha menyampaikan sebuah pesan moral melalui lyric lagu yang mereka teriakkan.

Metalcore is one of the subgenres of Heavy Metal which uses a vocal technique which differs from many before it called screaming. When one hears or sees a song that is being sung by way of screaming, one tends to associate it with having a negative impact on its listeners because of the loud, intimidative and emotional lyrics. Also, it is not uncommon for screaming to be thought of as an act of trying to replicate Satanic voices. This statement comes at no surprise because as a matter of fact there are certain genres of music that deliberately try to sound Satanic and apply it to the songs that they play.
As we may know, Metalcore is not a genre of music that originates from Indonesia. Even so, there are many bands these days that are performing this genre and many of them are already quite well known. Singing by screaming is no longer considered something new in the music world, yet there are still people who believe that Metalcore triggers negativity towards its listeners. There is still a stereotype attached to the act of screaming. Therefore, they who are active in the Indonesian Metalcore scene realize that there has to be an act of transformation towards the meaning of the screaming vocal technique in order to make people aware that what they are conveying through these screams are not negative. They soon figured out that writing song lyrics that have a positive message in accordance with the sociocultural norms in the society was what had to be done. By continuing to refer to the essence of Metalcore with its screaming, Indonesian Metalcore musicians are trying to convey moral messages through the song lyrics.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2011
S1431
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Indro Adinugroho
"[ABSTRAK
Sebagai Presiden ke-6 dan elit partai, Susilo Bambang Yudhoyono, atau yang dikenal dengan
nama SBY, memiliki cara yang unik untuk mengekspresikan perasaannya, yaitu dengan
bermusik dan menulis lagu. Selama dua periode kepresidenan, empat album dan satu album
instrumental telah lahir. Studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi tiga aspek psikologis pada
SBY melalui lirik lagunya. Aspek-aspek tersebut adalah emosi, prestasi dan harmoni.
Sebanyak 23 lagu yang ditulis oleh SBY dikumpulkan untuk kepentingan analisis. Tiga studi
telah dilakukan untuk menganalisis aspek psikologis dalam lirik lagu SBY. Pertama, analisis
dengan AK untuk mengidentifikasi valensi dan arousal dalam setiap lagu dengan metode
word count. Kedua, analisis ALK untuk mengidentifikasi valensi dan arousal di setiap lagu
dengan penilaian manusia. Ketiga, dengan melibatkan expert untuk menilai kata yang paling
sering muncul pada lagu SBY. Studi menunjukkan selama tahun 2006 hingga 2014, album
lagu SBY memiliki muatan valensi positif yang konstan dan peningkatan level arousal.
Selain itu, analisis EJ menunjukkan bahwa kata dominan menggambarkan aspek prestasi dan
harmoni.

ABSTRACT
As the 6th Indonesian President and party?s elite, Susilo Bambang Yudhoyono, also known
SBY, has unique way to express his feeling, by playing music and writing songs lyrics. For
over two presidency periods, four albums and one instrumental album has been produced.
This study aims to identify three psychological aspects on SBY through his songs lyrics.
Those aspects are emotion; achievement and harmony. For over 23 songs written by SBY has
been collected for analyzing purposes. Three studies have conducted to analyze psychological
aspects from SBY?s lyrics. The first is AK (Algoritma Kata) to identify valence and arousal
in every song using word count method. Second is ALK (Analisis Lirik Keseluruhan), to
identify valence and arousal in every song using human evaluation. The third is by using
expert judgment (EJ) to analyze dominant words that emerges in all lyrics. Current study
shows that from 2006 to 2014 SBY?s song albums contain constant positive valence and
increase in the level of arousal. Beside that, EJ method shows that dominant words represent
achievement and harmony., As the 6th Indonesian President and party’s elite, Susilo Bambang Yudhoyono, also known
SBY, has unique way to express his feeling, by playing music and writing songs lyrics. For
over two presidency periods, four albums and one instrumental album has been produced.
This study aims to identify three psychological aspects on SBY through his songs lyrics.
Those aspects are emotion; achievement and harmony. For over 23 songs written by SBY has
been collected for analyzing purposes. Three studies have conducted to analyze psychological
aspects from SBY’s lyrics. The first is AK (Algoritma Kata) to identify valence and arousal
in every song using word count method. Second is ALK (Analisis Lirik Keseluruhan), to
identify valence and arousal in every song using human evaluation. The third is by using
expert judgment (EJ) to analyze dominant words that emerges in all lyrics. Current study
shows that from 2006 to 2014 SBY’s song albums contain constant positive valence and
increase in the level of arousal. Beside that, EJ method shows that dominant words represent
achievement and harmony.]"
2015
T28165
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Marcellina Brillian Capellita
"Musik merupakan bagian dari kehidupan manusia. Sebenarnya yang menarik dari musik adalah nada yang sering didendangkan. Namun biasanya, nada lagu selalu diikuti, dengan adanya lirik lagu. Lirik lagu ini, dapat juga dianggap sebagai puisi. Puisi merupakan bagian dari karya sastra. Puisi disukai oleh masyarakat karena permainan kata. Ciri khas puisi adalah bentuknya fisiknya yang berbeda dari prosa.  Dalam sebuah puisi pengarang dapat menyampaikan keinginannya dengan cara permainan kata. Masyarakat menikmati permainan kata tersebut sesuai dengan keinginannya masing-masing. Masyarakat pada umumnya memiliki pendapat sendiri terhadap puisi yang dibacanya.  Tujuan riset kecil ini, pertama adalah untuk mengangkat kritik sosial dan pesan sosial yang tersirat melalui lirik lagu Jogja Ora Didol karya Jogja Hiphop Foundation. Kedua, untuk menunjukan bahwa puisi merupakan alat yang ampuh untuk menyampaikan pendapat, karena bentuknya yang tidak kaku. Penyampaian pendapat melalui puisi ini, tentunya menarik perhatian masyarakat. Penyair memanfaatkan jalinan kosa kata dan permainan kata untuk menuliskan kritik terhadap pihak yang dituju. Dengan kata lain penyair melalui puisi melakukan `pemberontakan` terhadap apa yang dilihatnya di masyarakat melalui jaringan kata-kata dalam puisi. Melalui sudut pandangnya yang kritis penyair mengutarakan pendapat sambil bernyanyi. Kebaruan dari riset ini adalah membuka sesuatu cakrawala yang berbeda, dari dunia analisis puisi yang sudah biasa dilakukan.

Music is a part of human's life. Actually, what makes music interesting is the fact that the tone sung melodically. The tone in the music is often followed by song lyrics. The lyrics of the song, can also be considered poetry. Poetry is a part of literary work. Poetry is loved dearly by society because of word play. The characteristic of poetry is its literary form that is different from prose. In a poem, the author can convey his wishes by way of word play. People enjoy the word play according to their wishes. People in general have their own opinions about the poetry they read. The purposes of this research are, 1) to raise social criticism and social messages implied by the lyrics of Jogja Ora Didol composed by Yogya hiphop foundation, and 2) to show that poetry is a powerful tool for expressing opinions, because the form is not rigid. Submission of opinions through this poem certainly attracts the attention of the public. Poets use vocabulary and word games to write criticism of the intended party. In other words, poets through poetry do `rebellion` or `rebellious act` towards what the poets saw in the community through the words in poetry. Through his critical point of view, the poet express their opinions while singing. The novelty of this research is to open up a different horizon, from the world of poetry analysis that is commonly done."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2019
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Indro Adinugroho
"Analisis kata dan teks telah menjadi sebuah metode alternatif yang dikembangkan untuk mengidentifikasi permasalahan sosial dan psikologis ketika metode penelitian lain tidak dapat mengakses partisipan. Studi ini menunjukkan bahwa analisis teks melalui lirik lagu menjadi sebuah metode yang mampu mengidentifikasi tiga aspek psikologis penting dari Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai pemimpin negara dan partai politik. Aspek-aspek tersebut adalah emosi, prestasi dan harmoni. Sebanyak 23 lagu berbahasa Indonesia yang ditulis oleh SBY dikumpulkan untuk kepentingan analisis. Tiga studi dilakukan untuk menganalisis aspek psikologis dalam lirik lagu SBY. Pertama, analisis dengan instrumen algoritma kata (AK) dilaksanakan untuk mengidentifikasi valensi dan arousal dalam setiap lagu dengan metode word count. Kedua, analisis lirik keseluruhan (ALK) dilaksanakan untuk mengidentifikasi valensi dan arousal di setiap lagu dengan penilaian manusia. Ketiga, analisis expert judgment (EJ) dilaksanakan untuk menilai kata yang paling sering muncul pada lagu SBY. Studi menunjukkan selama tahun 2006 hingga 2014, album lagu SBY memiliki muatan valensi positif yang konstan dan peningkatan level arousal. Sedangkan analisis EJ menunjukkan bahwa kata yang paling sering muncul pada lagu SBY menggambarkan aspek prestasi dan harmoni yang merupakan cerminan dari SBY.

Word and text analysis has become an alternative method to examine social and psychological problems when other common methods could not access the internal workings of a participant’s psyche. This study shows that text analysis, as an alternative method, is capable to identify important psychological aspects contained in the song lyrics written by Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) with regard to his strategic role as a country and political leader. Three main aspects are identified: emotion, achievement, and harmony. The lyrics of 23 Indonesian songs written by SBY have been gathered for the purpose of analysis. Three studies were carried out to analyze the psychological aspects contained in SBY’s song lyrics. Firstly, the author applied algoritma kata (AK – word algorithm) to identify the degrees of valence and arousal in each song using the word count method. Secondly, the author applied analisis lirik keseluruhan (ALK – the whole lyric analysis) to assess the valence and arousal in every song by means of human judgment. Third, the author applied expert judgment (EJ) to analyze the dominant words that emerge in all song lyrics. This study shows that SBY’s song albums have consistently shown a positive valence and an increasing level of arousal from 2006 to 2014. In addition to that, EJ method shows that those dominant words represent SBY’s two most prominent psychological aspects: achievement and harmony."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
AJ-Pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Indah Wuriani
"Skripsi ini membahas pelanggaran kesusilaan dalam lirik campursari. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelanggaran kesusilaan berupa muatan pornografi dalam lirik campursari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori makna referensial segitiga makna Ogden dan Richards, teori ranah pragmatik Yule, dan teori tindak tutur prinsip kerja sama Grice. Hasil penelitian ini menemukan adanya pornografi dalam lirik campursari berupa kata, frasa dan kalimat yang memiliki relasi makna dengan pornografi berupa tuturan yang mengomunikasikan hal-hal yang dimaksudkan untuk memicu munculnya nafsu berahi orang lain, memuat eksploitasi aktivitas seksual dan bagian tubuh yang berkaitan dengan seksualitas.

This thesis discusses about the violation towards morality found in the lyrics of campursari songs. The purpose of this study is to discover the violation towards morality in the form of pornography contents in the lyrics of campursari songs. This study uses the theory of referential meaning triangle by Ogden and Richards, pragmatics theory by Yule and the principles of cooperative languages by Grice. This study reveals that there are pornography contents implicated in the lyrics of campursari songs by words, phrases and sentences. They are related to pornography contents as they communicate things that are meant to stimulate sexual desires and explore sexual activities and parts of body associated with sexuality."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S53810
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Chika Annisa
"ABSTRAK
Lirik lagu merupakan rangkaian kata yang merepresentasikan apa yang dilihat, dirasakan, maupun didengar oleh penciptanya. Setiap lirik lagu memiliki ragamnya tersendiri, begitu pula dengan lirik lagu anak. Jurnal ini akan membahas ragam bahasa pada lagu anak berjudul ?Onder Moeders Paraplu?, ?Onder Hele Hoge Bomen? dan ?Roodkapje?. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis deskriptif kualitatif. Ketiga lirik lagu anak tersebut dianalisis melalui isi, struktur kalimat, kosakata, dan gaya bahasa yang terdapat pada lirik lagu tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan ciri-ciri ragam bahasa anak dan bagaimana lirik lagu anak dapat menjadi sumber pembelajaran anak-anak. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bahasa anak yang tercermin dari ketiga lirik lagu anak tersebut memiliki ragam bahasa yang sesuai dengan konsumen utamanya, yaitu anak-anak. Hal tersebut dapat dilihat dari kosakata serta gaya bahasanya (inversi dan repetisi) yang mudah dimengerti, struktur kalimat yang cukup kompleks namun tetap mudah dipahami dan adanya nasehat yang bersifat mendidik di tiap lirik lagu. Penggunaan diminutif dapat ditemukan pada tiap lagu dalam penelitian ini. Ketiga lagu yang dianalisis tertulis dalam ragam bahasa anak.

ABSTRACT
Song lyrics are a series of words representing or expressing the feelings, sights and hearing of the song writer. To emphasize the content of the lyric, every song lyric has its own register. Children‟s songs are not an exception. This journal analyses the register used in three songs, namely ?Onder Moeders Paraplu?, ?Onder Hele Hoge Bomen? and ?Roodkapje?. By using the descriptive qualitative approach, this study tends to identify the register of children‟s songs through its content, sentences structure, words and figure speech used.
This study has the purpose to clearly explain and illustrate the register of children‟s song and how the lyric of a children‟s song could become a source of learning for children. The outcomes show that each song contains of didactic moral value and of structure that can be easily understood by children. The sentences structure in these children‟s songs are quite complex yet still easy to be understood, the diminutive suffix can be found in each song. The analysed songs are written in the child language or register.
"
2016
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Tanti Kusriandini
"Dalam naskah ringkas ini terdapat analisa bahasa remaja khususnya Anglizismen pada 4 lagu Hip Hop di Jerman. Tujuan penelitan ini adalah menganalisis lebih dalam apakah ada unsur Anglizismen dalam lirik lagu Hip Hop dan menganalisa unsur satuan semantis apa sajakah yang mengandung Anglizismen di dalam lagu Hip Hop yang dianalisis. Berdasarkan analisis yang dilakukan dengan metode studi pustaka, ditemukan bahwa di dalam lagu Hip Hop yang dianalisis ditemukan berbagai macam jenis Anglizismen. Terdapat juga unsur satuan semantis seperti kata dan frasa yang mengandung Anglizismen pada lirik lagu Hip Hop yang dianalisis.

In this journal, there are analysis teenager language especially Anglicism in 4 different Hip Hop songs. The purpose of this journal is analysing Anglicism element in 4 different Hip Hop songs and also analysing semantic unit in 4 songs. According to the result with literature review method, it is found 4 variations of Anglizismen in 4 different songs and also variation of semantic unit, that are phrase and word.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2016
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5   >>