Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 19 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Duckett, Bob
London: Facet Publishing , 2002
028.7 DUC k
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Duckett, Bob
London: Facet Publishing, 2004
028.7 DUC k
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Lanham: Maryland Rowman &​ Littlefield,, 2014
020.72 RES
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Evans, G. Edward, 1937-
London : Libraries Unlimited , 2005
025.21 EVA d
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Owen, Tim Buckley, 1948-
London: Facet , 2012
025.520 OWE s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Anisa Sri Restanti
"Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memegang peranan penting dalam penyebaran informasi. Pada saat ini dunia kepustakawanan sedang mengalami masa transisi yang sangat besar dilihat dari sisi koleksi, SDM, dan fasilitas fisik perpustakaan. Perubahan ini merupakan penyesuaian kebutuhan pemustaka karena permasalahan-permasalahan yang terjadi saat ini. Terdapat beberapa layanan jasa informasi dalam sebuah perpustakaan perguruan tinggi. Salah satu diantaranya adalah layanan referensi. Menurut Tao (2009), penggunaan perpustakaan secara fisik telah bergeser ke format online sehingga berimbas pada menurunnya transaksi pada layanan jasa referensi. Artikel ini membahas layanan referensi virtual beserta perencanaan dan strateginya. Selanjutnya artikel ini disusun berdasarkan studi literatur yang mendukung pokok bahasan. Berdasarkan studi literatur, dapat diketahui bahwa layanan referensi virtual adalah salah satu strategi perpustakaan dalam memberikan layanan referensi. Selanjutnya perpustakaan dapat menghadirkan layanan referensi dalam genggaman tangan sehingga layanan referensi tidak ditinggalkan oleh pemustaka."
Jakarta: Pusat jasa Perpustakaan dan Informasi ( Perpustakaan Nasional RI), 2015
020 VIS 17:1 (2015)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Arief Wicaksono
"ABSTRAK
Tesis ini membahas dimensi relasi berupa relational facilitators dan relational barrier yang dikomunikasikan pemustaka dan pustakawan dalam transaksi referensi di SMS Center Perpustakaan Nasional RI, dan membahas hubungan yang terbangun antara pemustaka dan pustakawan tersebut. Penelitian didasarkan pada teori bahwa suatu pesan mengkomunikasikan isi dan relasi secara simultan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain analisis isi. Sampel yang digunakan sebanyak 47 transaksi dari Mei 2012 - Mei 2016. Temuannya adalah Perpustakaan Nasional RI belum fokus untuk mengembangkan layanan referensi virtual, pustakawan berinteraksi tidak untuk mengembangkan hubungan dengan pemustaka, dan pustakawan mengisyaratkan melakukan praktek relasi kuasa atas pemustaka.

ABSTRACT
This thesis studied relational dimension relational facilitators and relational barrier that communicate by user and librarian in reference transaction at SMS Center National Library of Indonesia, and studied relation that build between them. Research is based on theory that every message is communicating content of information and relational dimension at the same time. This research is qualitative research with qualitative content analysis as research design. Sample in research is 47 of transaction from May 2012 May 2016. Findings of research is National Library of Indonesia was not yet focus to build virtual reference service, librarian was interact without purpose to building relation with user, and librarian was indicated did power practice on user."
2017
T47879
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hendro Wicaksono
"Dari semua aktifitas di perpustakaan, layanan referensi adalah satu yang terkena dampak paling dasyat. TI memang membawa kemudahan dalam mengakses informasi tetapi juga menimbulkan masalah baru"
Jakarta: Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi, 2013
020 VIS 15:2 (2013)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Arief Wicaksono
"Layanan referensi virtual menjadi tren dalam dunia perpustakaan. Ada berbagai media yang dapat digunakan perpustakaan dalam menyelenggarakan layanan referensi virtual. SMS merupakan salah satu media yang dapat digunakan. Pemilihan media yang digunakan dalam layanan referensi virtual harus berdasarkan alasan yang kuat  dan tidak hanya sekedar mengikuti tren yang ada supaya terlihat tidak ketinggalan zaman. SMS banyak digunakan perpustakaan untuk layanan referensi di luar negeri termasuk di negara maju seperti Amerika Serikat. Penggunaan SMS ini didasarkan profil masyarakat yang sering menggunakan SMS dan untuk meluaskan pasar layanan referensi. Tulisan ini bertujuan mengetahui dan memahami bagaimana pelaksanaan layanan referensi melalui SMS. Untuk itu dilakukan penelitian kualitatif berupa studi literatur dari tulisan yang ada terkait layanan referensi melalui SMS. Hasilnya SMS disejajarkan dengan media komunikasi virtual lainnya yang digunakan dalam layanan referensi. Berdasarkan literatur yang ada, perpustakaan yang sudah menyelenggarakan layanan referensi melalui SMS mendapati penggunaannya yang terus meningkat walau memang jumlah tidak sebesar media e-mail dan chat. Walau dirasakan sulit untuk melakukan wawancara referensi, namun dalam pelaksanaannya tetap ada pertanyaan referensi yang masuk melalui layanan referensi melalui SMS. Penggunaan teknologi dalam layanan referensi melalui SMS dinilai murah dan mudah dilakukan, mulai dari hanya cukup menggunakan telepon genggam hingga menggunakan software pada komputer. Seperti halnya layanan referensi lainnya, aspek komunikasi memegang peran sendiri untuk menciptakan suasana yang nyaman tanpa merasa direndahkan. Penggunaan SMS menuntut pustakawan untuk mampu menerjemahkan bahasa nonverbal dalam bahasa teks. Berdasarkan studi literatur ini, penulis menilai media SMS mempunyai potensi yang besar untuk meraih pasar yang lebih luas dalam layanan referensi. Kondisi kepemilikan non-smartphone yang lebih besar dibandingkan smartphone, perilaku SMS dari pengguna smartphone, jaringan internet belum merata di seluruh wilayah Indonesia, dan penggunaan internet yang masih kecil merupakan alasan yang sangat kuat untuk penggunaan media SMS dalam layanan referensi."
Jakarta: Pusat Pengembangan Pustakawan Perpustakaan Nasional RI, 2017
021 MPMKAP 24:1 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Agutyas Armando Pratama
"Skripsi ini membahas pemanfaatan layanan referensi di Perpustakaan Perguruan Tinggi khususnya di Perpustakaan FIB UI, FMIPA UI, dan FE UI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan layanan referensi oleh mahasiswa di perpustakaan perguruan tinggi dan Kendala yang dihadapinya. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koleksi yang sering digunakan adalah kamus, ensiklopedia, sumber geografi dan buku pedoman. Walaupun demikian pemanfaatan layanan koleksi referensi masih kurang, hal ini disebabkan karena koleksi yang kurang mutakhir dan juga pustakawan yang masih kurang dalam melayani pengguna. Disamping itu, hampir setengah lebih mahasiswa yang menggunakan sumber referensi di internet dan sumber yang digunakan tidak berbeda jauh dengan yang digunakan pada sumber koleksi referensi tercetak.

This undergraduate thesis discusses the use of the reference services in university libraries, particularly in FIB UI, FMIPA UI, and FEUI. The purpose of this research is to observe the utilization of reference services by students and the problems in using it. This research is a descriptive research with quantitative approach. The result of this research concludes that collection that is commonly used consists of dictionaries, encyclopedias, geographic sources, and handbooks. Nevertheless, the reference services in libraries is not optimally used, due to lack of up-to-date collection and incompetent librarians. Moreover, almost more than a half of the number of students prefer internet based sources because they are as reliable as printed materials."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2011
S14930
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>