Ditemukan 21 dokumen yang sesuai dengan query
Qoriroh Annisa Tartillah Firdausy
"
ABSTRACT
Topik yang dibahas dalam penelitian deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif ini adalah pengaruh dari fenomena belanja online terhadap budaya konsumerisme di Rusia pada tahun 2013-2017 dan bertujuan untuk mengetahui masyarakat Rusia dalam menyikapi hidup hemat sebagai dampak dari krisis ekonomi pada tahun 2009 dan pengaruh tren belanja online terhadap pola konsumsi masyarakat Rusia di tahun 2013-2017. Permasalahan dalam penelitian ini dianalisis menggunakan teori masyarakat konsumsi dari Jean Baudrillard 1998 dan pendekatan teori budaya populer oleh ...
"
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Mufid Fadhilah Anggitasari
"
ABSTRAK
Artikel ini membahas Les Petits Enfants du Si cle sebagai sebuah karya sastra yang tidak hanya memiliki fungsi estetik saja, tetapi juga berfungsi sebagai cerminan realitas sosial dan media penyampai kritik. Les Petits Enfants du Si cle karya Christiane Rochefort adalah roman yang diterbitkan pasca Perang Dunia II. Karya ini menceritakan kehidupan Josyane dan keluarganya yang memanfaatkan tunjangan keluarga untuk bertahan hidup di era Les trente glorieuses masa kejayaan Prancis . Fokus tulisan ini adalah ...
"
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
"
Tulisan ini membahas peran pendidikan dalam era globalisasi. Analisis mengenai
bagaimana pendidikan telah berubah menjadi produk komersial dan dampaknya terhadap
mahasiswa dipaparkan dalam bagian pemhahasan. Selain itu, makalah ini memberikan
usulan terhadap peran yang perlu dibawakan oleh mahasiswa maupun pihak akademik
untuk pengembangan industri pendidikan di masa yang akan datang. Kasus-kasus yang
teijadi di lnggris Raya dan Indonesia menjadi bahan analisis dalam tulisan ini.
...
"
Jurnal Kajian Wilayah Eropa Vol. 4 No. 3 2008: 32-40, 2008
JKWE-4-3-2008-32
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Putri Ayienda Dinanti
"
Tesis ini membahas hasrat seksual perempuan yang dikomodifikasi melalui perspektif konsumerisme dalam novel Beautiful You (2014) karya Chuck Palahniuk. Teks dianalisis dengan pendekatan struktural Roland Barthes, teori feminisme eksistensialis Simone de Beauvoir dan konsep konsumerisme Jean Baudrillard. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wacana konsumerisme berpengaruh terhadap dominasi gender yang dihasilkan komodifikasi hasrat seksual perempuan. Analisis struktur dan strategi naratif teks membuktikan kehadiran seksualitas perempuan yang terkungkung dan dikomodifikasi tokoh laki-laki. Selanjutnya, posisi tokoh perempuan dikaji lebih ...
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Putri Ayienda Dinanti
"
Tesis ini membahas hasrat seksual perempuan yang dikomodifikasi melalui perspektif konsumerisme dalam novel Beautiful You (2014) karya Chuck Palahniuk. Teks dianalisis dengan pendekatan struktural Roland Barthes, teori feminisme eksistensialis Simone de Beauvoir dan konsep konsumerisme Jean Baudrillard. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wacana konsumerisme berpengaruh terhadap dominasi gender yang dihasilkan komodifikasi hasrat seksual perempuan. Analisis struktur dan strategi naratif teks membuktikan kehadiran seksualitas perempuan yang terkungkung dan dikomodifikasi tokoh laki-laki. Selanjutnya, posisi tokoh perempuan dikaji lebih ...
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Humaira
"
Konsumen Inggris memiliki kesadaran tinggi bahwa konsumerisme pakaian dan perusahaan fast fashion multinasional memiliki dampak buruk kepada lingkungan maupun kesejahteraan buruh. Namun di sisi lain, konsumerisme pakaian tetap meningkat tiap waktu dan perusahaan fast fashion multinasional diduga memiliki peran besar dalam melestarikan konsumerisme pakaian ini. Kontradiksi tersebut membawa penulis kepada pertanyaan penelitian mengapa konsumerisme pakaian di Inggris kian tinggi tiap tahunnya saat masyarakatnya memiliki kesadaran tentang dampak negatif dari perilaku tersebut. Dalam mencari jawaban dari ...
"
Depok: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Ahmad Rudy Fardiyan
"
Tesis ini membahas nilai-tanda BlackBerry yang merupakan bagian dari komodifikasi yang muncul pada era masyarakat konsumen menggantikan nilaiguna suatu objek konsumsi. Penelitian ini adalah penelitian kritis dengan desain kualitatif yang menggunakan metode semiotika. Hasil penelitian menyarankan bahwa perlu dilakukan lebih banyak penelitian kritis terhadap objek-objek konsumsi, mengingat objek-objek ini merupakan artifak dari suatu peradaban sehingga pada objek-objek tersebut terdapat unsur-unsur ideologis dari sebuah wacana yang berkembang dalam peradaban dimana objek tersebut diproduksi, diditribusi dan dikonsumsi. ...
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
T30649
UI - Tesis Open Universitas Indonesia Library
Fania Roseliza
"
ABSTRACT
Pola konsumsi masyarakat pasca keruntuhan Uni Soviet berubah menjadi lebih konsumtif karena masuknya produk-produk asing yang menawarkan berbagai macam pilihan produk yang belum pernah mereka rasakan pada masa Uni Soviet. Skripsi ini membahas, mengeksplorasi dan memahami perilaku konsumerisme masyarakat pasca-Uni Soviet dengan menggunakan metode studi kasus di negara Federasi Rusia pada tahun 2010 sampai 2016. Guna membahas perubahan pola konsumsi masyarakat pada masa Uni Soviet dan setelahnya, penelitian ini melibatkan teori konsumerisme dan konsep-konsep konsumsi ...
"
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Revi Novkaputri
"
ABSTRAK
Dalam masyarakat konsumen, merek adalah sesuatu yang sangat penting dan memiliki pengaruh besar pada produk yang dikonsumsi; termasuk produk fashion. Fashion streetwear adalah salah satu produk pakaian yang digandrungi berbagai merek dengan harga tinggi. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa dalam mengonsumsi, merek memiliki makna sendiri dan ada nilai-nilai yang mendasari seseorang untuk membelinya. Sejumlah penelitian lain telah menemukan bahwa perilaku konsumsi dipengaruhi oleh lingkungan sosial. Dalam masyarakat postmodern, konsumsi dapat menentukan hubungan sosial antar individu dalam ...
"
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Muhammad Fani Abdillah
"
Dewasa ini para pecinta sepatu kets atau ‘sneakerhead’ kian menguat dalam menunjukkan minatnya terhadap sepatu kets. Penelitian terdahulu seputar sneakerhead telah mengeksplorasi budaya, norma, identitas sosial, reproduksi kultural, serta nilai dan makna konsumsi dibalik sepatu kets. Akan tetapi, studi terdahulu belum mengaitkan fenomena Fear of Missing Out (FoMO) pada media sosial dalam mendorong konsumerisme pada sneakerhead. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi bagaimana FoMO di kalangan sneakerhead pada media sosial Instagram menghasilkan konsumerisme. Hasil penelitian menyatakan bahwa ...
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library