Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Kusharyanto
"Penjadwalan tender yang sudah diumumkan pada BP2IP Tangerang seringkali belum cukup dipahami oleh para kontraktor, sehingga sering terjadi pengumuman ulang yang berdampak terhadap waktu pelaksanaan proyek, dimana salah satu faktor dipengaruhi oleh aktivitas proyek manajer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh aktifitas proyek manajer terhadap kinerja waktu pengadaan barang/jasa di BP2IP Tangerang. Metode yang digunakan adalah metode statistik non-parametrik regresi linier.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas proyek manajer yang berpengaruh terhadap kinerja waktu pengadaan barang/jasa di BP2IP Tangerang adalah penyusunan perencanaan pengadaan barang dan penyimpanan serta pelaksanaan perjanjian/kontrak dengan pihak penyedia barang/jasa dengan tingkat korelasi sebesar 65.8%, sisanya disebabkan oleh hal-hal lain. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
T40770
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Rifna Sabila Rizqi
"Pengadaan secara elektronik (e-procurement) merupakan salah satu penerapan bentuk penerapan e-government. Berkembangnya proses e-procurement secara konsisten dan berkesinambungan diharapkan mampu mengatasi kelemahan yang terjadi dalam pengadaan. Salah satunya melalui penerapan e-purchasing khususnya pada kurun waktu lima tahun terakhir. Peningkatan pelaksanaan e-purchasing terjadi di Jawa Tengah, khususnya pada paket pekerjaan konstruksi jalan. Dengan adanya peningkatan tersebut, maka diperlukan evaluasi pelaksanaan pengadaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor yang berpengaruh pada kinerja pengadaan serta memberikan rekomendasi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kinerja pengadaan. Berdasarkan kedua hal tersebut kemudian dilakukan penyusunan evaluasi yang dapat diterapkan. Hasil penelitian ini diketahui bahwa terdapat empat faktor dominan yang berpengaruh pada kinerja pengadaan yaitu, karakteristik proyek, pengalaman penyedia, penentuan pemenang dan negosiasi, serta pelaksanaan proyek dan masa pemeliharaan. Selain itu, rekomendasi yang diberikan untuk meningkat kinerja pengadaan adalah penyusunan evaluasi pengadaan dalam bentuk Standar Operasional Prosedur (SOP). SOP tersebut merupakan upaya evaluasi yang mencakup seluruh siklus proyek mulai dari perencanaan, pengadaan, pelaksanaan, dan penutupan proyek.

Electronic procurement (e-procurement) represents one form of e-government implementation. The development of e-procurement processes is expected to overcome the weaknesses in procurement, including the implementation of epurchasing, which has been particularly prevalent in the last five years. The implementation of e-purchasing has been increased in Central Java, particularly in 
road construction work packages. With this increase, it is necessary to evaluate the implementation of procurement. The objective of this study is to identify the factors that affect procurement performance and to provide recommendations for improving procurement performance. Based on these two objectives, an evaluation document is prepared. This study's results indicate that four factors significantly affect procurement performance: project characteristics, provider experience, winner determination and negotiations, and project implementation and maintenance period. Furthermore, the recommendation for improving procurement performance is preparing a procurement evaluation in the form of Standard Operating Procedures (SOP). The SOP is an evaluation effort that covers the entire project cycle, from planning, procurement, implementation, and project closure."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lusi Indah Wijayanti
"ABSTRAK
Proyek renovasi kantor dilakukan oleh Bank sebagai bagian dari Rencana Bisnis Bank RBB , dan memiliki target waktu yang sangat ketat. Untuk itu diperlukan proses pengadaan yang tepat waktu dan kontraktor yang tepat. Berdasarkan hal tersebut dilakukan simulasi model SEM PLS dengan berbasis risiko dan didapatkan hasil bahwa proses pengendalian pengadaan berperan penting dalam keberhasilan pengadaan. Selanjutnya dilakukan evaluasi, dan diketahui bahwa mitigasi risiko adalah tindakan yang tepat dalam mencegah risiko. Tindakan korektif yang tepat adalah proaktif terhadap hasil kinerja kontraktor. Untuk semakin meningkatkan kinerja pengadaan, dilakukan improvement berupa integrasi sistem antara proses pengendalian pengadaan dan penutupan proyek.

ABSTRACT
Office renovation project conducted by the Bank is part of the Bank Business Plan, and have tight target date. It necessary timely procurement process and the right contractor. Based on the simulation models with SEM PLS obtained that procurement control is important in the success of procurement. Based on evaluation known that risk mitigation is appropriate actions in preventing risks. Appropriate corrective action is proactive on the results of the performance of contractors. To further improve procurement performance, integrated process between procurement controll and project closure needs to be applied."
2016
T47500
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ginting, Lora Florencia Br
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari mekanisme pelaksanaan pengadaan barang/jasa pemerintah secara elektronik, dari sejak tahap persiapan/perencanaan kebutuhan, proses pengadaan, dan pengendalian internal pada tahap pelaksanaan pengadaan, terhadap capaian kinerja pengadaan barang/jasa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mekanisme perencanaan kebutuhan, evaluasi penetapan pemenang pada proses pengadaan barang/jasa, dan pengendalian internal belum dilaksanakan secara optimal. Hal ini berdampak pada capaian kinerja pengadaan barang/jasa yang tidak maksimal dikarenakan terdapat beberapa output yang tidak memenuhi spesifikasi teknis yang dibutuhkan oleh pengguna sehingga tingkat kepuasan dari pengguna tidak optimal.

The aims of this research is to analyze the impact of the mechanism of e procurement practices in governmental sector, since the preparation procurement plan phase, procurement process, and internal control on procurement process, to the performance of procurement. This research is using descriptive analysis method with study case approach. The results of this study indicate that the mechanism of procurement plan, the evaluation of bidding to conclude the tender winner, and the internal control on procurement, have not implemented optimally. This, however, have impact to the performance of the procurement which is not achieved the maximum result since some outputs are not met the specification technic required so it leads to the low rate of users satisfaction."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library