Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 22 dokumen yang sesuai dengan query
cover
A.M. Hermina Sutami
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1995
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Lumban Tobing, Clevelyn Ikralia Divine
"[ABSTRAK
Kemahiran berbicara adalah salah satu kompetensi yang harus dikuasai mahasiswa semasa belajar di universitas. Pada kenyataannya, beberapa studi menunjukkan bahwa kemahiran berbicara mahasiswa masih dipertanyakan karena kurangnya motivasi dalam belajar yang berakibat pada ketidakpercayaan diri untuk mempraktekkannya sehari-hari. Studi ini akan berfokus pada orientasi mahasiswa UI tingkat akhir yang dapat dikategorikan menjadi instrumental dan integratif dalam korelasinya kepada kemahiran berbicara. Data menunjukkan bahwa mayoritas dari partisipan cenderung memiliki orientasi instrumental daripada integratif. Data juga menunjukkan bahwa adanya korelasi positif antara orientasi mahasiswa dengan kemahiran berbicara dalam bahasa Inggris.

ABSTRACT
Students? speaking proficiency is one of the competencies that should be acquired throughout their study in university. Regrettably, studies show that students? speaking skill is still questionable due to their lack of motivation that makes them hesitate to practice more. This study will focus on UI sophomore students? orientation which can be distinguished to instrumental and integrative in correlation to their speaking proficiency. It is found that the majority of the participants tend to have instrumental rather than integrative orientation and high motivational level in learning. Positive correlation is also found between students? orientation and their speaking proficiency., Students’ speaking proficiency is one of the competencies that should be acquired throughout their study in university. Regrettably, studies show that students’ speaking skill is still questionable due to their lack of motivation that makes them hesitate to practice more. This study will focus on UI sophomore students’ orientation which can be distinguished to instrumental and integrative in correlation to their speaking proficiency. It is found that the majority of the participants tend to have instrumental rather than integrative orientation and high motivational level in learning. Positive correlation is also found between students’ orientation and their speaking proficiency.]"
2015
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Nanik Sumarsih
"Kajian ini membahas tingkat kemahiran guru SLTP dan SLTA di Yogyakarta dalam menjawab soal UKBI yang bersifat faktual beserta strategi penanganan soal menurut dimensi soal faktual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Hal ini dimaksudkan untuk menentukan baik buruk kemampuan berbahasa pendidik yang diukur berdasarkan UKBI. Oleh karena itu, hasil penelitian ini memaparkan apa adanya dengan mempertimbangkan produktivitasnya. Langkah penelitian mengikuti tahapan sebagai berikut. Pertama, pencarian dan klasifikasi data. Kedua, analisis data. Ketiga, penyampaian hasil analisis. Kemampuan guru SLTP dan SLTA di DIY dalam menjawab soal yang bersifat faktual masing-masing adalah 81%. Berdasarkan sifat soal faktual, strategi yang dapat digunakan untuk menjawab bentuk penyoalan ini adalah 5W 1H (who, what, where, when, why, dan how)_ Strategi ini dapat dijabarkan sebagai berikut. Who ialah tentang siapa? What, apa yang terjadi? Where, di mana peristiwa itu terjadi, when, kapan hal itu terjadi? Why, mengapa hal itu terjadi? How, bagaimana hal itu terjadi?"
Ambon: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, 2018
400 JIKKT 6:1 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
cover
cover
Keraf, Gorys
Jakarta: Yayasan Kanisius, 1980
499.211 KER k
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Keraf, Gorys
Ende : Nusa Indah, 1973
808 KER k
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Achril Zalmansyah
"ABSTRAK
Tes kemahiran berbahasa Indonesia dirancang sedemikian rupa, tanpa mengenal jenis pekerjaan atau jabatan seseorang, sebagai alat uji yang sangat ideal, baik bagi penjaringan pekerja atau pegawai teladan, siswa/mahasiswa, guru maupun calon pegawai negeri sipil. Tes kemahiran berbahasa Indonesia bagi guru bidang studi bahasa Indonesia tingkat SLTA sangat diperlukan. Tes ini dilakukan untuk mengetahui penguasaan bahasa Indonesia para guru bidang studi bahasa Indonesia tingkat SLTA di Kabupaten Pringsewu. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa sebagian besar peserta memperoleh nilai antara 500--600 yang berarti baik. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa UKBI merupakan alat uji yang dapat digunakan untuk mengukur penguasaan bahasa Indonesia seorang guru serta penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar."
Ambon: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, 2016
400 JIKKT 4:2 (2016)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Putri Kamalia Hakim
"ABSTRAK
Tesis ini membahas pengaruh kemahiran berbicara mitra tutur terhadap kemahiran
berbicara peserta tes dalam tes kemahiran berbicara format berpasangan. Dalam
penelitian ini, kemahiran peserta tes dilihat melalui kualitas dan kuantitas tuturan
peserta tes yang diproduksi ketika mengerjakan tes kemajuan. Kualitas tuturan
dilihat melalui aspek tata bahasa, kosakata, pemahaman, kefasihan, pelafalan, dan
pemenuhan tugas. Kuantitas tuturan dilihat melalui produksi C-units dan giliran.
Penelitian ini adalah studi kasus yang bersifat eksperimental. Pelajar yang menjadi
subjek penelitian diberikan tindakan berupa pemberian mitra tutur yang memiliki
kemahiran berbicara yang sama dan yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa dalam tes kemahiran berbicara format berpasangan, perbedaan tingkat
kemahiran berbicara mitra tutur mempengaruhi kualitas tuturan peserta tes yang
memiliki kemahiran berbicara tinggi pada aspek pemenuhan tugas dan perbedaan
tingkat kemahiran berbicara mitra tutur mempengaruhi kuantitas tuturan peserta
tes yang memiliki kemahiran berbicara tinggi dan rendah.

ABSTRACT
This study focuses on the effects of interlocutor proficiency toward the test taker`s
proficiency in paired speaking test. In this study, test taker proficiency was
viewed through the language quality and language quantity produced in a progress
test. The language quality was seen through six different aspects. They are
grammar, vocabulary, comprehension, fluency, pronunciation, and task
completion. The language quantity was seen through the production of C-units
and turns. This research is an experimental case study in which the test takers as
the research subjects did two tasks with two different interlocutors. The result
revealed that in paired speaking tests, the interlocutor`s proficiency affects the
language quality of high proficiency test takers in terms of task completion. The
result also revealed that in a paired speaking test, the interlocutor`s proficiency
affects the language quantity of high proficiency and low proficiency test takers."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
T39240
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3   >>