Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Putu Bagus Anggaraditya
"Rumah Sakit Jiwa Provinsi Bali adalah satu-satunya rumah sakit di Provinsi Bali yang memberikan pelayanan kesehatan jiwa. Rumah Sakit Jiwa Provinsi Bali adalah rumah sakit milik pemerintah Provinsi Bali yang terletak di Kabupaten Bangli. Rumah sakit ini melayani pasien dengan kategori pasien umum, pasien Askes PNS, BPJS Kesehatan, Pasien Jamsostek, Pasien JKBM. Prosedur pengajuan klaim BPJS di Rumah Sakit Jiwa Provinsi Bali mengalami masalah tidak lengkapnya berkas klaim pasien rawat inap sehingga hal ini merupakan masalah yang berpengaruh terhadap pendapatan rumah sakit.
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengkajian berbagai faktor permasalahan dalam kelemahan sistem klaim BPJS Kesehatan terhadap pasien rawat inap yang menjalani perawatan di Rumah Sakit Jiwa Provinsi Bali. Penelitian ini menggunakan metode campuran yakni kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif akan melakukan telaah berkas secara retrosepktif untuk menilai ketiga aspek yang berperan dalam penolakan berkas klaim yaitu kelengkapan berkas, ketepatan resume medis, dan kelengkapan resume medis. Analisis data dilakukan melalui estimasi rasio odds. Data kualitatif didapat melalui deep interview terhadap narasumber yang relevan terkait dengan pengajuan berkas klaim BPJS.
Penelitian ini menemukan berkas klaim tidak lengkap memiliki risiko 25 kali untuk mengalami klaim pending, resume medis yang tidak lengkap memiliki risiko 36 kali lebih besar untuk mengalami klaim pending, dan resume medis yang tidak tepat memiliki risiko 19 kali untuk mengalami klaim pending. Melalui analisis kualitatif didapatkan adanya bukti pendukung bahwa kelengkapan berkas merupakan hal yang sering terlewatkan dalam proses pengecekan sehingga menyebabkan penyerahan berkas klaim yang tidak lengkap dan berujung pada penolakan klaim dan membutuhkan revisi. Kelengkapan berkas klaim, ketepatan resume medis, kelengkapan resume medis sangat menentukan keberhasilan suatu klaim BPJS Kesehatan.

Mental Hospital of Bali Province is the only hospital in Bali Province that provides mental health services. Mental Hospital of Bali Province is a hospital owned by the government of Bali Province located in Bangli district. This hospital caters to patients with categories of general patients, Askes, BPJS Health, Patients Jamsostek, Patients JKBM. BPJS claims filing procedure at Bali Province Mental Hospital has problems with incomplete claims file of inpatient so that this is a problem affecting hospital income.
This study aims to assess various problem faktors in BPJS Health claims system weaknesses to inpatients undergoing treatment at Mental Hospital of Bali Province. This study used a mixed method that is quantitative and qualitative model. Quantitative data will retrospectively review the three aspects that play a role in the denial of claims files, the completeness of the files, the precision of medical resumes, and the completeness of medical resumes. Data analysis was done through estimation of odds ratio. Qualitative data is obtained through deep interviews with relevant sources related to the filing of BPJS claims file.
The study found that incomplete files had a 25 times fold risk for pending claims, an incomplete medical resume has 36 times greater risk for pending claims, and inappropriate medical resumes 19 times the risk for pending claims. Through qualitative analysis, there is evidence to support that the completeness of the file is often overlooked in the checking process, causing the submission of incomplete claims file and resulting in the rejection of claims and requiring revisions. Completeness of the claim file, the accuracy of medical resume, the completeness of medical resume are the three most decisive faktors to the success of a BPJS Health claim.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2018
T50057
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Putu Okta Wijayanti
"Salah satu parameter untuk menentukan mutu pelayanan kesehatan dirumah sakit adalah mutu pelayanan rekam medis yaitu tentang kelengkapanpencatatan rekam medis. Indikator mutu rekam medis yang baik adalahkelengkapan isinya, akurat, tepat waktu, dan pemenuhan aspek hukum. Rekammedis yang pengisiannya lengkap akan memberikan kemudahan bagi penyediaaninformasi di rumah sakit.Pelayanan rekam medis di Rumah Sakit Umum Kasih Ibu Denpasar dalampelaksanaanya masih terdapat beberapa permasalahan, yaitu pengembalian berkasrekam medis yang lebih dari batas waktu yang ditetapkan dan kelengkapan berkasrekam medis. Hasil evaluasi laporan triwulan ke III tahun 2017 menunjukkanbahwa rata-rata lama pengembalian berkas rekam medis dari bulan Juli hinggaSeptember 2017 yang lebih dari 1x24 jam adalah 22 sedangan yang kurang dari1x24 jam adalah 78 . Rata-rata ketidaklengkapan pengisian berkas rekam medisrawat inap di Rumah Sakit Umum Kasih Ibu Denpasar pada bulan Juli hinggaSeptember tahun 2017 adalah 73 . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuiperbedaan kelengkapan review dokumen berdasarkan retrospective review danconcurrent review terhadap kelengkapan berkas rekam medis pasien SectioCaesaria tindakan inpasif dan Pneumonia tindakan konvensional di RumahSakit Kasih Ibu DenpasarJenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakanmetode pendekatan kuantitatif dengan membandingkan dua 2 populasi yaituRetrospektive Review dan Concurrent Review. Penelitian ini dilakukan padaberkas rekam medis pasien Sectio Caesaria dan pada berkas rekam medis pasienPneumonia. Penentuan populasi dilakukan berdasarkan clinical pathways yang adadi Rumah Sakit Kasih Ibu Denpasar.Terdapat perbedaan terhadap kelengkapan berkas rekam medis antararetrospektif review dan concurrent review. Data yang diperoleh menunjukkanbahwa angka kelengkapan rekam medis dengan metode concurrent review lebihtinggi dari pada dengan metode retrospektif review. Hal tersebut karena petugasrekam medis melakukan pengecekan terhadap kelengkapan berkas saat pasienmasih rawat inap dan memberikan tanda atau note pada berkas yang belumlengkap sehingga saat dokter melakukan visite maka lebih mudah untukmelengkapi berkas rekam medis.

One of the parameters to determine the quality of health services in thehospital is the quality of medical record services that is about the completeness ofrecording medical records. A good medical record quality indicator is thecompleteness of its content, accurate, punctual, and legal aspects fulfillment. Acomplete medical record will provide convenience for the provision ofinformation in the hospital.The medical record services at Kasih Ibu General Hospital Denpasar in theimplementation are still facing some problems, to wit the return of medicalrecord file that is more than the deadline specified and the completeness of themedical record file. The evaluation results for the third quarter report in 2017showed that the average length of medical record file returns from July toSeptember 2017 which is more than 1x24 hours is 22 while less than 1x24hours was 78 . On average incompleteness charging inpatient medical recordfile at the General Hospital Kasih Ibu Denpasar in July to September 2017 was73 . The purpose of this study was to determine differences in the completenessof the document review is based on a retrospective review and concurrent reviewof the patient 39 s complete medical record file Sectio Caesaria inpasif action andpneumonia by conventional measures Kasih Ibu Hospital in Denpasar.The type of research used in this research is using quantitative approachmethod by comparing two 2 population that is Retrospecttive Review andConcurrent Review. The study was conducted on the medical records of SectioCaesaria patients and on the medical records of patients with Pneumonia.Determination of population is done based on clinical pathways in Kasih IbuHospital Denpasar.There is a difference to the completeness of the medical record filebetween the retrospective review and the concurrent review. The data obtainedshows that the number of medical record completeness with concurrent reviewmethod is higher than in the retrospective review method. This is because themedical recorder to check the completeness of the file when the patient is stillinpatient and provide a sign or note on the file that is not complete so that whenthe doctor visits it is easier to complete the medical records file."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2018
T51369
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library