Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 14 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Niena Sulaswati Khotimah
"PT X adalah perusahaan manufakturing di bidang otomotif dimana pekerja operasional menjadi salah satu faktor penting agar target produksi perusahaan tercapai secara efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari keadilan organisasi dan umpan balik pengembangan dari Supervisor terhadap keterlibatan kerja pada pekerja operasional PT X, serta program intervensi yang diperlukan untuk meningkatkan keterlibatan kerja tersebut. Penelitian ini dilakukan terhadap 136 pekerja operasional di PT. X dengan menggunakan 3 (tiga) kuesioner untuk pengambilan datanya, yaitu: Skala Keadilan Organisasi, Skala Umpan Balik Pengembangan Positif dan Negatif dari Supervisor; dan Skala Keterlibatan Kerja (UWES-9).
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara umpan balik pengembangan dari Supervisor terhadap keterlibatan kerja, namun tidak terdapat hubungan yang signifikan antara keadilan organisasi terhadap keterlibatan kerja. Selanjutnya, peneliti memberikan intervensi pelatihan umpan balik terhadap Supervisor untuk meningkatkan umpan balik pengembangan dari Supervisor. Hasil evaluasi pembelajaran program intervensi pelatihan umpan balik terhadap Supervisor menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan yang signifikan pada Supervisor yang mengikuti pelatihan. Akan tetapi evaluasi pelatihan setelah 6 bulan menyatakan bahwa tidak terdapat peningkatan yang signifikan terhadap keterlibatan kerja pekerja.

PT X is an automotive manufacturing company in which operational workers are one of important element to ensure that the production target planning could be reached efficiently. The aim of this research is to find out the impact of organizational justice and supervisor developmental feedback on work engagement on the operational workers at PT X and the intervension program needed to increase the work engagement. The research is conducted to 136 operational workers at PT. X using 3 (three) quisionnaires: Organizational Justice Scale, Positive and Negative Supervisor Developmental Feedback and Utrect Work Engagement Scale (UWES-9).
The result showed a significant corellation of supervisor developmental feedback to work engagement, however there is no significant correlation of organizational justice to work engagement. Further, researcher conduct the supervisor training feedback intervension program to increase supervisor developmental feedback. The evaluation of the supervisor training feedback intervension program showed significant increase on the supervisor’s knowledge of feedback. However the training evaluation after 6 month of intervension program showed no significant impact on the worker’s work engagement.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2019
T52640
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dania Asri Dewi
"Penelitian ini membahas mengenai hubungan antara keadilan organisasi dengan kepuasan kerja pada perawat di RS ?K?. Sebanyak 47 perawat terlibat sebagi sampel dalam peneltian ini yang terdiri dari staf, supervisor, dan manajer. Pengukuran kepuasan kerja dilakukan menggunakan kuesioner Job Satisfaction Survey milik Spector (1997). Sedangkan untuk keadilan organisasi, kuesioner yang digunakan adalah hasil adaptasi dari kuesioner Colquitt (2001).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara keadilan organisasi secara umum dengan kepuasan kerja. Namun, 2 dari 4 dimensi milik keadilan organisasi mempunyai hubungan yang signifikan dengan kepuasan kerja. kedua dimensi tersebut adalah keadilan interpersonal (r = 0,385) dan keadilan informasional (r = 0,310). Pelatihan mengenai komunikasi dalam coaching terhadap perawat level manajerial diberikan sebagai intervensi untuk meningkatkan keadilan interpersonal, informasional, dan kepuasan kerja pada perawat di RS "K".

This thesis discussed about the relationship between Organizational Justice and Job Satisfaction of nurses in ?K? hospital. Forty-seven nurses were involved as samples in this research, including staffs, supervisors and managers. Job satisfaction as dependent variable was measured by the Spector's Job Satisfaction Survey (1997). As independent variable, Oranizational Justice was measured by Colquitt?s Measure of Organizational Justice (2001).
The result shows that there is no significant correlation between organizational justice in general and job satisfaction. But, two out of four dimensions if organizational justice showed significant relationship with job satisfaction. The dimensions are interpersonal justice (r = 0,385) and informational justice (r = 0,310). Training about effective communication in coaching was given to managerial level nurses as an intervention for improving interpersonal, informational, and job satisfaction among nurses in "K" Hospital.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
T46238
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
David Yunior Kanitero
"Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji pengaruh motivasi, keadilan organisasi dan organisasi pembelajar terhadap perilaku kewarganegaraan organisasi (OCB) anggota polisi di wilayah hukum Polres Kota Tangerang. OCB dapat dimaknai sebagai perilaku ekstra dari individu yang melebihi deskripsi tugasnya. Polres Kota Tangerang merupakan Polres penyangga Ibukota Jakarta yang memiliki tingkat kejahatan cukup tinggi, sehingga konsep OCB perlu diterapkan oleh masing-masing individu anggota polisi di Polres Kota Tangerang. Variabel yang dapat mempengaruhi OCB antara lain adalah motivasi, keadilan organisasi dan organisasi pembelajar.
Permasalahan yang dianalisis dalam penelitian ini salah satunya adalah mengenai deskripsi dari karakteristik masing-masing variabel, yaitu motivasi, keadilan organisasi, organisasi pembelajar dan OCB. Penelitian ini menggunakan analisis penelitian kuantitatif dengan pegambilan data primer menggunakan metode survei. Survei dilakukan melalui penyebaran angket kepada sampel sebanyak 100 (seratus) anggota polisi di Polres serta 5 (lima) Polsek dengan tingkat kerawanan kejahatan paling tinggi dan yang paling rendah dengan populasi anggota polisi Polres Kota Tangerang.
Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan variabel motivasi, keadilan organisasi, organisasi pembelajar dan OCB di tiap-tiap unit fungsi Serse, Intel, Sabhara dan Polmas di wilayah hukum Polres Kota Tangerang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa variabel motivasi, keadilan organisasi dan organisasi pembelajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel OCB dengan nilai Adjusted R Square 89,3 %.

This research was conducted to examine the effect of motivation, organizational justice and learning organization towards police officer's organizational citizenship behaviour (OCB) in the jurisdiction of Kota Tangerang Police Resort. OCB can be interpreted as an extra behaviour from individuals who exceeded their main job description. Kota Tangerang Police Resort was Jakarta capital city's police office proponent that has a high criminal rate, therefore the concept of OCB need to be implemented by each police officer in Kota Tangerang Police Resort. Variable that can affect OCB are motivation, organizational justice and learning organizations.
One of the problem that been analysed in this study was the idea of each characteristic variable descriptions, which are motivation, organizational justice, learning organizations and OCB. This study uses quantitative research analysis with the retrieval of primary data using the survey method. The survey was conducted through questionnaires with sample of 100 (one hundred) police officers in the police station as well as 5 (five) sector police office with the highest and lowest crime vulnerability with the population Kota Tangerang Police Resort.
The results of the analysis show that there are no differences in motivation variables, organizational justice, learning organizations and OCB in each function unit of Serse, Intel, Sabhara and Community Policing in the jurisdiction of Kota Tangerang Police Resort. The conclusion of this study is that motivation variables, organizational justice and learning organizations have a positive and significant effect on OCB variables with the value of Adjusted R Square 89.3%.
"
Jakarta: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2019
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Fathonah
"ABSTRAK
Kemajuan teknologi telah menjadi perhatian yang menarik di dunia bisnis yang dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi. Selain membawa perubahan positif, kemajuan teknologi telah membuka peluang untuk berperilaku menyimpang. Hal ini dipercaya bahwa workplace personal web usage (WPWU) adalah perilaku yang tidak produktif.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh keadilan organisasi terhadap WPWU dan WPWU terhadap produktivitas kerja. Penelitian ini melibatkan 222 karyawan yang bekerja di Indonesia. Penelitian menggunakan kuesioner yang terdiri dari Endicott Work Productivity Scale (EWPS), indikator WPWU (Coker, 2011), dan indikator keadilan organisasi (Moorman, 1991). Analisis statistik yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dan regresi multinomial. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh negatif yang signifikan antara keadilan organisasi dengan WPWU. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh negatif yang signifikan antara WPWU dengan produktivitas kerja. Saran dari hasil penelitian ini diberikan untuk peraturan internet organisasi.

ABSTRACT
Technological advancements have become attractive attention in business world which can accelerate productivity and efficiency. Besides taking along positive alteration, technological advancements have opened up opportunities to misbehave. It is commonly believed that workplace personal web usage (WPWU) is a counterproductive behaviour. This study aims to analyse the influence of organizational justice towards WPWU and the influence of WPWU towards work productivity. This study involved 222 employees who work in Indonesia as respondents. This study used Endicott Work Productivity Scale (EWPS), Cokers?WPWU Indicator, and Moormans? Organizational Justice Indicator. Statistical analysis is performed by descriptive analysis and multinomial regression analysis. The result of the study shows that there is a significant negative influence of organizational justice towards WPWU. In addition, the result of the study shows that there is a significant negative influence of WPWU towards work productivity. Implication of this study findings is given for organizational internet policies."
2013
S46261
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Annisa Mutiara Nur Amalia
"[ABSTRAK
Tesis ini membahas hubungan antara keadilan interaksional dan rotasi kerja terhadap
kepuasan kerja karyawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
jenis penelitian korelasional yang melibatkan 52 responden dari unit Kesekretariatan
KBUMN. Penganalisaan data dalam penelitian ini menggunakan uji multiple regresi.
Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa keadilan interaksional berhubungan positif
signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan dengan nilai β = 0,429 ( p< 0,01) dan
rotasi kerja memiliki hubungan signifikan negatif terhadap kepuasan kerja dengan nilai
β = -0,248 (p< 0,01). Penelitian ini dapat memberikan sumbangan bagi perkembangan
teori keadilan interaksional dan rotasi kerja dengan kepuasan kerja bagi karyawan.

ABSTRACT
This thesis examines the relationship between interactional justice and job rotation on
employee job satisfaction. This study uses a quantitative approach to the type of
correlational study involving 52 respondents from KBUMN Secretariat units. Analyzing
the data in this study using multiple regression test. The results of this study found that
interactional justice positively significant related to job satisfaction of employees with a
value of β = 0,429 (p <0.01) and job rotation has a significant negative relationship to
job satisfaction with the value β = -0,248 (p <0.01). This study may contribute to the
development of the theory of interactional justice and job rotation and job satisfaction
for employees.;This thesis examines the relationship between interactional justice and job rotation on
employee job satisfaction. This study uses a quantitative approach to the type of
correlational study involving 52 respondents from KBUMN Secretariat units. Analyzing
the data in this study using multiple regression test. The results of this study found that
interactional justice positively significant related to job satisfaction of employees with a
value of β = 0,429 (p <0.01) and job rotation has a significant negative relationship to
job satisfaction with the value β = -0,248 (p <0.01). This study may contribute to the
development of the theory of interactional justice and job rotation and job satisfaction
for employees.;This thesis examines the relationship between interactional justice and job rotation on
employee job satisfaction. This study uses a quantitative approach to the type of
correlational study involving 52 respondents from KBUMN Secretariat units. Analyzing
the data in this study using multiple regression test. The results of this study found that
interactional justice positively significant related to job satisfaction of employees with a
value of β = 0,429 (p <0.01) and job rotation has a significant negative relationship to
job satisfaction with the value β = -0,248 (p <0.01). This study may contribute to the
development of the theory of interactional justice and job rotation and job satisfaction
for employees., This thesis examines the relationship between interactional justice and job rotation on
employee job satisfaction. This study uses a quantitative approach to the type of
correlational study involving 52 respondents from KBUMN Secretariat units. Analyzing
the data in this study using multiple regression test. The results of this study found that
interactional justice positively significant related to job satisfaction of employees with a
value of β = 0,429 (p <0.01) and job rotation has a significant negative relationship to
job satisfaction with the value β = -0,248 (p <0.01). This study may contribute to the
development of the theory of interactional justice and job rotation and job satisfaction
for employees.]"
2015
T43156
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
I Gst Ngr Putu Krisnha Narayana
"Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji pengaruh keadilan organisasi, keterlibatan kerja dan stress kerja terhadap persepsi anggota polisi tentang kepuasan kerjadi lingkungan Polda Metro Jaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan kuesioner terkait variabel yang akan diteliti. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel penelitian ini sebanyak 177 anggota polisi di lingkungan Polda Metro Jaya yang terdiri dari fungsi: Dit Reskrimum, Dit Samapta, Dit intelijen, Dit Lantas, Dit Binmas dan Biro SDM. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis uji beda dan menggunakan analisis jalur. Teknik pengolahan data dengan menggunakan metode SEM berbasis Partial Least Square (PLS) menggunakan SmartPLS. Temuan penelitian secara deskriptif menunjukkan bahwa pada variabel kepuasan kerja dimensi paling tinggi adalah dimensi satisfier, pada variabel ini terdapat perbedaan persepsi antar anggota. Kemudian pada variabel keadilan organisasi dimensi paling tinggi adalah dimensi prosedural, juga terdapat perbedaan persepsi antar anggota pada variabel ini. Analisis deskriptif pada variabel stres kerja ditemukan dimensi paling tinggi adalah dimensi organisation, pada variabel ini maupun variabel keterlibatan pekerjaan tidak terdapat perbedaan persepsi antar anggota. Dari hasil penelitian ditemukan nilai p value yang diperoleh <0,05 dan T hitung >1,96 maka disimpulkan bahwa variabel keterlibatan pekerjaan secara signifikan dapat memediasi pengaruh variabel Keadilan Organisasi terhadap Kepuasan kerja dan variabel keterlibatan pekerjaan secara signifikansi dapat memediasi pengaruh variabel stress kerja terhadap kepuasan kerja. Dengan rincian variabel keadilan organisasi berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja, variabel stress kerja berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja, variabel keterlibatan pekerjaan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja.

This research was conducted to examine the influence of organizational justice, work involvement and work stress on police members' perceptions of job satisfaction in the neighborhood of Metro Jaya Police. This study uses a quantitative approach. In collecting data, researchers used a questionnaire related to the variables to be studied. The sampling technique uses cluster random sampling. The sample of this study was 177 police members in the Metro Jaya Regional Police which consisted of functions: Criminal Investigation Directorate, Diresctorate of Sabhara, Dit intelligence, Directorate of Traffic, Directorate of Binmas and Human Resources Bureau. Data analysis techniques used descriptive statistical analysis, different test analysis and using path analysis. Data processing techniques using the SEM method based on Partial Least Square (PLS) using SmartPLS. Descriptive research findings show that the highest dimension of job satisfaction variable is the satisfier dimension, in this variable there are differences in perceptions between members. Then the highest dimensional organizational justice variable is the procedural dimension, also there are differences in perceptions between members in this variable. Descriptive analysis on work stress variables found the highest dimension is organizational dimension, in this variable and the job involvement variable there are no differences in perceptions between members. From the results of the study found the value of p value obtained <0.05 and T count> 1.96, it can be concluded that the variable work involvement can significantly mediate the effect of variable Organizational Justice on Job Satisfaction and work engagement variables can significantly mediate the effect of work stress variables on job satisfaction. With the details of organizational justice variables significantly influence job satisfaction, work stress variables significantly influence job satisfaction, job involvement variables significantly influence job satisfaction."
Jakarta: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2019
T55486
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Rizqy Saputra
"Tesis ini membahas tentang perilaku kewarganegaraan organisasi (OCB) dan hubungannya dengan faktor kepuasan kerja, komitmen organisasi dan keadilan organisasi pada anggota polri di Polres Subang. Personel terdiri dari berbagai posisi jabatan, pangkat, usia, dan pengalaman kerja. OCB sebagai perilaku individu yang bijak, tidak secara langsung diakui oleh sistem penghargaan formal, dan secara agregat mempromosikan fungsi efektif organisasi. Mengukur OCB menggunakan skala pengukuran Podsakoff dkk. (1990) dengan beberapa modifikasi. Dimensi OCB (ketidakegoisan, sifat hati-hati, sportivitas, sopan santun, dan kebajikan sipil).
Pengukuran kepuasaan kerja menggunakan Survei Diagnostik Kerja (JDS) oleh Hackman dan Oldham (1975). Komitmen Organisasi diukur oleh skala Allen dan Meyer (1996) mencakup tiga dimensi: afektif, berkelanjutan, dan normatif. Keadilan organisasi diukur dalam tiga cara yaitu distributif (Price & Mueller, 1986), prosedural (Sweeney & McFarlin, 1997), dan interaksional (Niehoff & Moorman, 1993). Pendekatan kuantitatif melalui kuesioner yang disebar kepada 150 responden. Teknik analisis data menggunakan metode Path Analysis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa fungsi kapolsek memiliki nilai tertinggi pada masing-masing dimensi di tiap variabel. Dimensi terkuat adalah ketidakegoisan (OCB), ekstrinsik (kepuasan kerja), berkelanjutan (komitmen organisasi), dan interaksional (keadilan organisasi). Adanya perbedaan karakteristik pada variabel komitmen organisasi dan kepuasan kerja. Terdapat pengaruh positif antara OCB, kepuasan kerja, komitmen organisasi, dan keadilan organisasi.

This thesis discussess the organizational citizenship behavior and its relationship to factors of work satisfaction, organizational commitment and organizational justice to members of the Subang police officers. Personnel consists of various positions, ranks, ages, work experience. OCB is a wise individual behavior, not directly recognized by the formal reward system, and in aggregate promotes the effective functioning of the organization. To measure OCB uses the measurement scale Podsakoff et al. (1990) by modifications. Dimensions of OCB (altruism, cautioness, sportsmanship, courtesy, and civil virtue). Work satisfaction measurements uses the Job Diagnostic Survey (JDS) by Hackman and Oldham (1975).
Organizational commitment is measured by the scale Allen and Meyer (1996) which cover three main dimensions: affective, sustainable, and normative. Organizational justice measurements uses in three ways namely distributive (Price & Mueller, 1986), procedural (Sweeney & McFarlin, 1997), and interactional (Niehoff & Moorman, 1993). Quantitative approach through a questionnaire distributed to 150 respondents. The data analysis technique uses Path Analysis method.
The results showed that the Kapolsek had the highest score in each dimension on each variable. The strongest dimensions are altruism (OCB), extrinsic (work satisfaction), sustainability (organizational commitment), and interactional (organizational justice). There are differences characteristics of the variable organizational commitment and work satisfaction. There is a positive influence between OCB, work satisfaction, organizational commitment, and organizational justice.
"
Jakarta: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ira Alviyani
"Inovasi menjadi penting bagi perusahaan untuk bertahan dan berkembang dalam persaingan. Perilaku kerja inovatif karyawan menjadi faktor yang perlu diperhatikan perusahaan terutama pada karyawan Gen Z yang dikenal sebagai generasi yang kreatif dan inovatif. Akan tetapi, karyawan Gen Z juga sering mengungkapkan rasa kecewa dan rasa tidak adil saat mereka bekerja melalui media sosial. Sementara itu, salah satu faktor yang dapat menampilkan perilaku tersebut adalah keadilan organisasi. Penelitian ini pun dilakukan untuk melihat peran keadilan organisasi beserta keempat dimensinya terhadap perilaku kerja inovatif pada karyawan Gen Z di Indonesia. Data diperoleh dari 217 karyawan berusia 18-28 tahun di Indonesia. Perilaku kerja inovatif diukur menggunakan Skala Perilaku Kerja Inovatif yang diadaptasi oleh Etikariena dan Muluk (2014) dan keadilan organisasi diukur menggunakan Organizational Justice Scale yang diadaptasi oleh Pratiwi (2013) ke dalam Bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana, keadilan organisasi berperan secara positif dan signifikan terhadap perilaku kerja inovatif (β = 0.36, p = 0.00). Keadilan organisasi dapat menjelaskan 13% varians dari perilaku kerja inovatif (R2= 0.13, p = 0.00). Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda, dimensi keadilan prosedural berperan secara positif dan signifikan terhadap perilaku kerja inovatif (β = 0.40, p = 0.00). Akan tetapi, dimensi keadilan distributif (β = 0.08, p = 0.32), keadilan interpersonal (β = 0.07, p = 0.36), dan keadilan informasi (β = -0.08, p = 0.28) tidak berperan secara signifikan terhadap perilaku kerja inovatif. Oleh karena itu, perusahaan perlu memperhatikan keadilan organisasi untuk meningkatkan perilaku kerja inovatif pada karyawan Gen Z di Indonesia.

Innovation becomes essential for companies to survive and thrive in competitive markets. Employees' innovative work behavior is a factor that companies need to pay attention to, especially Gen Z employees, who are known as a creative and innovative generation. However, Gen Z employees also often express disappointment and unfairness when they work through social media. Meanwhile, one factor that can display such behavior is organizational justice. This research was conducted to look at the role of organizational justice and its four dimensions in innovative work behavior on Gen Z employees in Indonesia. Data was obtained from 217 employees aged 18–28 in Indonesia. Innovative work behavior is measured using the Innovative Working Behavior Scale adapted by Etikariena and Muluk (2014), and organizational justice is assessed using the Organizational Justice Scale adapted by Pratiwi (2013) to the Indonesian language. Based on the results of simple linear regression analysis, organizational justice plays a positive and significant role in innovative work behavior (β = 0.36, p = 0.00). Organizational justice can explain 13% of the variance in innovative work behavior (R2 = 0.13, p = 0.00). Based on the results of multiple linear regression analysis, the dimension of procedural justice plays a positive and significant role in innovative work behavior (β = 0.40, p = 0.00). However, the dimensions of distributive justice (β = 0,08, p = 0.32), interpersonal justice (β = 0.07, p = 0.36), and informational justice (β = -0.08, p = 0.28) do not play a significant role in innovative work behavior. Therefore, companies need to pay attention to organizational justice to improve innovative work behavior on Gen Z employees in Indonesia."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eka Ando Nasocha
"Skripsi ini meneliti dan membahas Dampak Keadilan Organisasi pada Perilaku Kerja yang Inovatif Pada Karyawan yang Bekerja di Bidang Pelayanan Publik : Peran Mediasi dari Berbagi Pengetahuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif. Dalam penelitian terdapat beberapa variabel. Variabel Organizational Justice sebagai variabel independen, Knowledge Sharing sebagai variabel mediasi dan Employee Innovative Work Behavior sebagai variabel dependen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa knowledge sharing dapat memperkuat hubungan antara organizational justice dan employee innovative work behavior. Hasil ini menggambarkan bahwa dengan tingginya organizational justice membuat perilaku inovatif pada karyawan di bidang pelayanan publik menjadi meningkat. Perilaku inovatif dapat membantu perusahaan pelayanan publik meningkatkan produktivitas karyawan dalam melaksanakan pekerjaan sehari - hari untuk mencapai sasaran kinerja pegawai.

This final paper examines and discusses the Impact of Organizational Justice on Innovative Work Behavior on Employees Working in the Public Service Sector: The Mediation Role of Knowledge Sharing. This research is a quantitative research with a descriptive design. In the research there are several variables. Organizational Justice variable as independent variable, Knowledge Sharing as mediating variable and Employee Innovative Work Behavior as dependent variable. The results of this study indicate that knowledge sharing can strengthen the relationship between organizational justice and employee innovative work behavior. These results illustrate that the high level of organizational justice makes the innovative behavior of employees in the public service sector increase. Innovative behavior can help public service companies increase employee productivity in carrying out daily work to achieve employee performance targets."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Darnella Puspita
"Tesis ini terfokus pada usaha untuk mencegah penurunan perceived organizational support dan kepuasan kerja melalui program Information Sharing di PT. X. Peneliti pun melakukan wawancara kepada karyawan PT. X, dimana karyawan mengeluhkan kurangnya meratanya pemberian kegiatan pengembangan khususnya pelatihan, dimana hal tersebut dapat dipersepsikan sebagai ketidakadilan organisasi dalam melakukan pemerataan kegiatan pengembangan. Adanya persepsi ketidakadilan perlu diminimalisir, salah satu upaya yang dapat dilakukan dengan melakukan program information sharing.
Peneliti melihat hubungan antara perceived organizational support dengan kepuasan kerja. Dari hasil analisis terhadap 37 karyawan di PT. X, ditemukan terdapat hubungan yang signifikan antara perceived organizational support dengan kepuasan kerja. Ditemukan koefisien korelasi sebesar 0,662 dan nilai signifikansi 0,000 (p<0,001). Dari hasil penelitian juga ditemukan terdapat 8 karyawan yang memiliki perceived organizational support yang rendah dan 14 karyawan yang merasakan ketidakpuasan terhadap organisasi. Oleh karena itu, peneliti memutuskan untuk melakukan upaya pencegahan dengan merancang program intervensi information sharing. Program information sharing dilakukan oleh atasan kepada bawahan.
Sosialisasi program dilakukan kepada pihak HRD, pihak HR pun memberikan tanggapan atas program yang peneliti ajukan. Pada dasarnya pihak HR PT. X mendukung adanya program tersebut, dimana dengan adanya program tersebut maka terdapat wadah penyampaian informasi kepada karyawan di organisasi.

This thesis focuses on efforts to prevent the degradation of perceived organizational support and job satisfaction through information sharing program in company X. Researcher conducted interviews to Company X employees, where employees complain on the disparity of development program especially training, which can be perceived as organization unfairness. Thus, injustice perceptions from employees need to minimalize through information sharing program.
Researcher observes the correlation between perceived organizational support and job satisfaction. Analysis from 37 employees in company X has resulted that there is a significant relationship between perceived organizational support and job satisfaction with the coefficient of correlation is 0.662 and the score of signification 0.000 (p<0,01). The research also found that there are 8 workers that have low perceived organizational support and 14 workers that dissatisfied with their company. Therefore, researcher decided to design an information sharing intervention program. Information sharing program will be conducted from superior to subordinate.
Human resource in company X gave a feedback after the researcher carried out a socialization on information sharing program. They basically support the program, since the existence of the program provides a forum to deliver information to employees within the organization."
Depok: Universitas Indonesia, 2012
T30801
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>