Ditemukan 8 dokumen yang sesuai dengan query
Fandiar Nur Isdiaty
2011
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian Universitas Indonesia Library
Fajar Winarsih
2011
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian Universitas Indonesia Library
Radityo Shaddiqa
2011
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian Universitas Indonesia Library
Ratna Amalia
"Parental Advisory merupakan sebuah merek pakaian anak bergaya punk dari Bandung. Desain kaos anak Parental Advisory menggunakan kata-kata yang cenderung tabu dan gambar yang menunjukkan kekerasan tetapi bermakna positif dan mendalam bagi orang tua. Pemilihan warna yang gelap dianggap sebagai keunikan tersendiri. Penelitian ini menekankan pada tulisan, gambar, dan warna kaos karena anak-anak belum mengerti arti tulisan dan gambar yang tercantum serta citra yang diberikan orang sekitar terhadap warna yang cenderung gelap. Berdasarkan data yang didapat, kaos anak Parental Advisory berkesan negatif, tetapi laku di pasaran. Dengan menggunakan metode kualitatif, analisis deskriptif, dan dipaparkan secara interpretatif, penelitian ini ingin menjelaskan makna dan memaparkan interpretasi konsumen terhadap tulisan, gambar, dan warna yang terdapat pada kaos anak Parental Advisory. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa tidak ada perubahan makna berdasarkan kajian semiotik terhadap interpretasi konsumen. Hal ini terjadi karena tulisan, gambar, dan warna bisa memiliki banyak makna dan menghasilkan dua citra, yaitu positif dan negatif. Konsumen hanya melihat dari salah satu sisi makna karena terdapat faktor-faktor psikologis yang memengaruhi proses interpretasi seperti pengalaman dan kebutuhan aktualisasi diri. Semua unsur tersebut menyebabkan konsumen menginterpretasi kaos anak Parental Advisory secara positif. Kata kunci: tulisan, gambar, warna, kaos anak, punk"
FSRD-ITB, 2016
303 JSIOTEK 15:1 (2016)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Eko Saputra
"Gerakan dakwah Islam menjadi kajian yang menarik untuk selalu dibahas. Pasca Soeharto 1998, gerakan dakwah di Indonesia mengalami perkembangan yang sangat signifikan di berbagai ruang publik. Seperti kampus, sekolah, rumah ibadah dan media sosial. Hal ini disebabkan keran demokrasi semakin terbuka lebar, sehingga aktor dakwah semakin leluasa mengekspresikan gerakan Islam ke ruang publik dengan caranya sendiri. Menariknya, gerakan dakwah di Indonesia selalu menampilkan cara baru bagaimana aktivitas dakwah diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari umat Islam. Tulisan ini ingin menelisik tentang bagaimana gerakan dakwah berbasis pasar Islam dilakukan oleh Rafa Muslim Fashion, bagian dari Rafa Group sebagai pusat publikasi terbesar Jaringan Islam (JI) di Solo. Penulis berargumen bahwa gerakan dakwah berbasis pasar Islam yang dilakukan oleh Rafa Muslim Fashion membentuk praktik kesalehan, pasar Islam dan ideologi Islam. Tulisan ini penting dibahas untuk melihat bagaimana gerakan dakwah berbasis pasar Islam dilakukan. Sebelumnya, para sarjana masih belum banyak membahas tentang bagaimana gerakan dakwah berorientasi pada pasar Islam. Hasil dari setudi ini menunjukan bahwa kemunculan gerakan dakwah berbasis pasar Islam sebagai alternatif gerakan dakwah baru membentuk kesalehan, persaingan pasar, dan ideologi keislaman."
Jakarta: Balai Penelitian dan Pengembangan Agama, 2019
297 JPAM 32:1 (2019)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Bella Anggia
"Penelitian ini membahas tentang analisis risiko keselamatan dan kesehatan kerja pada proses kerja pembuatan kemeja dan kaos sablon di Asrila Konveksi, Mugi, dan Mitra Pengancingan, Jakarta tahun 2017. Pada penelitian ini, identifikasi bahaya menggunakan Job Safety Analysis JSA dan analisis risiko menggunakan ukuran standar semi kuantitatif W.T. Fine. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan observasi dan wawancara. Pada penelitian ini terdapat tujuh proses kerja yang terdiri atas 17 task kerja dan ditemukan 5 jenis bahaya yaitu fisik, biologi, kimia, ergonomi, dan psikososial dengan jumlah 103 bahaya keselamatan dan kesehatan kerja. Bahaya yang paling banyak ditemukan adalah bahaya fisik. Analisis risiko dilakukan dengan menghitung nilai basic risk, existing risk, dan predictive risk yang selanjutnya diketahui tingkat risiko pada setiap penilaian tersebut dengan mempertimbangkan pengendalian yang sudah diterapkan dan rekomendasi pengendalian yang diberikan.
This research discusses about analysis of occupational health and safety risks of shirt printing manufacture work process in Asrila Konveksi, Mugi, and Mitra Pengancingan, Jakarta at 2017. This research hazard identification is conducted through Job Safety Analysis JSA and risk analysis is performed using W. T. Fine rsquo s semi quantitative standard measurement. This research is completed by observational approach and interview. On this research subject, there are seven work processes that consist of 17 tasks that exposed to four types hazard, that are physic, biology, chemical, ergonomic, and psychosocial with total of 103 health and safety related hazard. It is discovered that physical hazard is the most frequent occurrence. Risk analysis is conducted by calculating basic risk value, existing risk value, and predictive risk value. This calculation will resulted as risk level on each valuation by considering applied risk control and given risk control recommendation."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2017
S69346
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Deane Monica Tiara
"
ABSTRAK<
Salah satu perubahan kebijakan di sektor industri adalah industri fashion mengakibatkan pelaku usaha melakukan penyesuaian terhadap kebijakan yang berlaku. Perubahan ini menyebabkan perluasan lokasi industri fashion t-shirt perkotaan yang merupakan salah satu atribut fashion berbasis kreativitas di kota Bandung. Tujuan Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat arah pemuaian yang terjadi akibat aktivasi city branding di kota bandung dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Adapun metodenya yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasional yang dianalisis secara kualitatif. Penelitian ini juga dilakukan secara temporal, yaitu: menggunakan tiga periode waktu yang berbeda untuk mewakili kondisi sebelum, selama, dan setelah aktivasi city branding. Arah pemuaian di masing-masing periode mengalami perbedaan berdasarkan fenomena yang terjadi di masyarakat, arah Perluasan tersebut sejalan dengan kebijakan pemerintah melalui penataan ruang dan industri kreatif. Perubahan budaya dan pusat keramaian menjadi faktor utama yang menyebabkan perluasan kawasan pusat industri fashion t-shirt perkotaan di Kota Bandung.
ABSTRACTOne of the policy changes in the industrial sector is the fashion industry which causes business actors to make adjustments to the applicable policies. This change led to the expansion of the location of the urban t-shirt fashion industry which is one of the attributes of creativity-based fashion in the city of Bandung. Purpose The purpose of this study is to see the direction of expansion that occurs due to the activation of city branding in the city of Bandung and the factors that influence it. The method used in this study used a descriptive correlational method which was analyzed qualitatively. This study was also conducted temporally, namely: using three different time periods to represent conditions before, during, and after city branding activation. The direction of expansion in each period is different based on the phenomena that occur in society, the direction of expansion is in line with government policies through spatial planning and creative industries. Changes in culture and the center of the crowd are the main factors causing the expansion of the urban t-shirt fashion industry center in the city of Bandung."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
M. Budi Mulyawan
"Penelitian tugas akhir sarjana di Departemen Geografi Universitas Indonesia ini mengambil kajian geografi manusia. Penelitian ini fokus pada observasi proses difusi spasial produk Kaos Kedaerahan GalGil di Tegal sebagai kaos budaya lokal yang baru muncul. Komunikasinya melalui media online kepada struktur sosialnya dalam waktu selama satu tahun.
Analisa dalam penelitian ini menggunakan pendekatan keruangan. Teori yang digunakan adalah teori difusi spasial. Metode analisa yang digunakan adalah metode deskriptif: Sifat dari penelitian ini adalah kualitatif sebagai konsekuensi dari metode deskriptif. Tipe difusi spasial yang terjadi selama kurun waktu t1 hingga t3 dalam satu tahun adalah difusi ekspansi dengan peran penuh propagator tunggal.
This final assignment research in the Department of Geography, University of Indonesia take the study of human geography. This study focus on the observation of spatial diffusion processes of GalGil Shirt products as local t-shirts in Tegal, Central Java, for build culture and local language represented in shirt.The shirt communicated through the online media to its social structure in one year. The analysis in this study using a spatial approach. The research using the theory of spatial diffusion. Analysis method used is descriptive method: type of qualitative research is as a consequence of the descriptive method. Type of spatial diffusion that occurred during the period t1 to t3 in one year is the expansion diffusion with a single propagator control the full role."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2012
S1416
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library