Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Eko Susanto
"Pertambangan merupakan salah satu sektor yang mempunyai tingkat distres yang tinggi terutama pada pekerja kontraktor di area tambang bawah tanah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor individu, faktor pekerjaan dan faktor organisasi sebagai variabel bebas terhadap stres kerja (distres) sebagai variabel terikat pada pekerja kontraktor tambang bawah tanah PTFI. Desain penelitian ini adalah kuantitatif cross sectional dengan menggunakan instrumen kuesioner demografi dan work stressor questionaire dari American Institute Preventive Medicine (AIPM). Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 400 pekerja. Analisis data penelitian menggunakan metode statistik regresi logistik untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 30.5% responden mengalami distres dan faktor-faktor yang mempengaruhinya adalah faktor pekerjaan meliputi overload (POR=9,96), underload (POR=14,29), kejenuhan (POR=14,44), dan faktor organisasi meliputi permasalahan dengan atasan (POR=5.36), konflik deskripsi pekerjaan (POR=32,04), tekanan pekerjaan (POR=17,67) dan masalah job security (POR:13,83) mempunyai pengaruh signifikan dalam menyebabkan distres pada pekerja kontraktor tambang bawah tanah. Tidak ditemukan adanya pengaruh faktor individu yang signifikan terhadap distres. Untuk itu kami merekomendasi membuat seluruh deskripsi kerja, pembuatan analisis beban kerja, pelaksanaan rotasi kerja, coaching oleh supervisor dan pekerja senior serta aplikasi KPI untuk perpanjangan kontrak pekerja untuk mengurangi tingkat distres pada pekerja.

The mining industry is a sector that has a high level of distress, especially for contractor workers in underground mining areas. This research aims to analyze individual, job, and organizational factors that influence work stress (distress) among PTFI underground mining contractors. This quantitative research design is cross-sectional, using demographic questionnaire instruments and work stressor questionnaires from the American Institute of Preventive Medicine (AIPM). The number of respondents who participated in this research was 400. Research data analysis uses the logistic regression statistical method to determine the effect of the independent variable on the dependent variable. The results showed that 30.5% of respondents experienced distress, and the variables overload (POR: 9.96), underload (POR: 14.29), boredom (POR: 14.44), problems with superiors (POR: 5.36), job description conflict (POR:32.04), pressure employment (POR:17.67), and job security issues (POR:13.83) influence worker distress. The research concluded that there was no influence of individual factors on distress. For this reason, we recommend provide job descriptions to all job profile, create workload analyses, implementing work rotation, coaching by supervisors and senior employees, and using KPI as the basis for extending worker contracts to reduce the level of work stress and distress for underground mining contractors."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Emytri
"Penilaian budaya keselamatan pasien adalah satu elemen dasar dalam meningkatkan upaya keselamatan pasien. Sangat penting untuk menilai bagaimana sikap, persepsi, kompetensi individu  dan perilaku orang / kelompok sehingga menentukan komitmen dalam meminimalkan insiden. Penelitian itu bertujuan  untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan budaya keselamatan pasien. Jenis penelitian ini menggunakan metode crossectional pada populasi seluruh pegawai Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RSPON) berjumlah 649 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan besar sampel 250 orang responden. Analisis data yang dilakukan adalah analisa regresi logistik .  Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya keselamatan pasien di RSPON memiliki respon positif 46,8%. dalam kategori budaya kurang kuat.  Faktor dominan yang  berhubugan dengan budaya keselamatanan pasien adalah faktor pekerjaan yaitu serah terima dan pergantian shift (p=0,03) dengan dikontrol  kerjasama antara unit kerja (p = 0,035), serta faktor organisasi yaitu : manajemen SDM/staffing (p = 0,04). Disarankan agar  RSPON memperbaiki budaya keselamatan pasien  (a) mengembangkan instrumen serah terima pasien atau pekerjaan untuk keselamatan pasien, (b) mengembangkan dan mengevaluasi prosedur informasi pada serah terima terutama  perintah lisan dan telepon, (c) mengoptimalkan pergantian kerja/shift

Patient safety culture assessment are the basic component in the patient safety improvement program. It is important to assess how attitudes, perceptions, competencies and behaviors of individuals / groups that determine the commitment to minimize the incident. The study aims to determine patient safety culture and the factors that influence it. This research used cross sectional method on the entire population RSPON numbered 649 employees to response. Sampling with simple random sampling technique and the number of sample in this research is 250 respondents. Data analysis by logistic regression. The results showed that patient safety culture in the category of culture to response less well with the positive response of 46.8%. The dominant factor affecting patient safety culture are job factor that handoff or transition and shift (p = 0.03) and control by cooperation between working units (p = 0.035), as well as organizational factors, namely:  staffing (p = 004). It is recommended to response improve patient safety culture (a) develop instruments handover of patients or work for the safety of the patient, (b) development and evaluation procedure the information on the handover mainly verbal orders and telephones, (c) optimizing the turn of the job / shift through changes in work shifts a maximum of 3 days and establish effective communication as well as their supervision in patient safety, "
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2016
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bunindro Tjokrodipo
"ABSTRAK
Pada era tahun 90 sampai saat ini terjadi pergeseran kebutuhan dari doctor oriented menjadi customer oriented. Dengan adanya pergeseran pada pelayanan kesehatan manajemen rumah sakit harus juga merubah menjadi pelayanan kesehatan yang berdasarkan customer oriented. Pelayanan jenis ini memerlukan partisipasi aktif seluruh karyawan sehingga mutlak diperlukan motivasi kerja yang erat hubungannya dengan kepuasan kerja karyawan.
Masalah yang dihadapi dalam meningkatkan motivasi kerja karyawan antara lain sistem imbalan yang berdasarkan peraturan PNS dan adanya model pemberian insentif yang belum mengacu pada fairness.
Penelitian dilaksanakan dengan pendekatan secara kualitatif dan kuantitatif dengan metoda deskriptif analitik dengan rancangan cross sectional. Didapatkan 110 sampel dari total populasi 439 karyawan. Data primer didapat dari angket dan wawancara mendalam, data sekunder dari bagian personalia. Pengolahan data dengan perangkat lunak SPSS versi 7.5 for windows dengan analisis Label silang dua variabel (chi square).
Dari hasil penelitian didapatkan ketidakpuasan responden terhadap sistem imbalan yang dinyatakan oleh lebih dan separuh responden (65.5 %), begitu juga dengan faktor pekerjaan (57.3 %).
Tidak terdapat hubungan bermakna antara karakteristik karyawan dengan faktor pekerjaan. Pada sistem imbalan terdapat hubungan bermakna antara karakteristik karyawan dengan aspek usia, lama bekerja, pekerjaan, pendidikan dan status perkawinan.
Pihak manajemen perlu mengkaji kembali sistem imbalan termasuk premi bidan, perlu dirancang lagi uraian kerja, standar prosedur yang disesuaikan dengan beban kerja, memelihara hubungan antar karyawan / karyawan dengan atasan.
Kepustakaan 32 ( 1973 - 1997 )

ABSTRACT
Employee Satisfaction on Reward System and Job Factor at Budi Kemuliaan Maternity Hospital JakartaIn this globalization era there has been many changes in the health care delivery systems to improve the services quality of health services. The organization has to consider both are internal and external organizational factors. In this situation the organization have to consider the customer-oriented management and also to provide high quality of working life for their members. Essentially, the high quality of working life in the organization will be reflected through the high employee satisfaction to their job and low rate of employee turnover and absenteeism. Employee job satisfaction is important because satisfaction will directly influence motivation to perform well the work.
At the present time has it reward system and job design model nearly identical with the model of the government hospital. A report from the personnel department note that they observed some employee expressed their dissatisfaction with the existing condition. The management should pay attention seriously to this symptom due to its relation to the employee performance. For this reason, research of employee satisfaction should be conducted to evacuate employee altitude to the existing management system.
A cross sectional study was conducted with 110 samples from 439 population. A questioner was constructed to identify employee satisfaction with existing reward system and existing job factors. Beside an closed ended questioner an in-depth interview was also conducted to validate data gathered from the closed ended questioner. Statistical Package for Social Sciences version 7.5 for windows was utilized to process bi variate analysis.
The result of the study indicated 65,5 % of the employee dissatisfied with the existing reward system and 57,3 °/o dissatisfied also with job factors. Bivariate analysis indicated the significance difference between employee characteristics with the reward system, but indicated no significance difference between employee characteristics with the job factors.
Based on this study result, it is advices management has to restructure its reward systems especially its incentive for midwife and also to redesign the work load with the new standard operating procedure.
Bibliography 32 ( 1973 - 1997 )
"
Depok: Universitas Indonesia, 1998
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library