Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Gui Robin
"Permasalahan yang diangkat dalam penelitian iui adalah permasalahan dalam menghasilkan rute maupun jadwal dari sebuah kendaraan angkut yang meminimalkan emisi bahan bakar dalam sebuah jaringan yang terdiri atas pelanggan danjalanan yang menghunbungkan satu pelanggan dengan yang lain, di mana tipe dari kendaraan angkut divariasikan dan jendela waktu diketatkan. Di dalam model yang dirancang, rute dari setiap kendaraan akan dikonstruksi. Rute dari kendaraan sendiri bergantung pada jenis kendaraan, besarnya muartan, dan batasan-batasan waktu yang diciptakan dalam setiap rute. Hasil akhirnya adalah rute dengan total emisi bahan bakar minimum, dalam hal ini dihitung berdasarkan gas karbon dioksida. Metode yang digunakan adalah metode pendekatan algoritma pencarian tabu. Metode ini akan diuji berdasarkan data permintaan sebuah supermarket di London. Pencarian didasarkan atas besarnya emisi dari setiap keputusan. Hasil kemudian dianalisa untuk menunjukkan berapa besar perubahan emisi yang tercipta dengan menggunakan pendekatan ini. Dan kemudian diterjemahkan menjadi sekumpulan rute yang dijalankan.

The problem considered in this thesis is to construct routes and schedule of fleets that minimize the emission of a network that consists of coustomers and arcs connecting them each other, while varying the type of fleets and tightening the time windows. In the constructed model, the route of each fleet will be produced and treated as decision variable. The routes themselves depend on the capacity of each vehicle type and time windows constraints on each route. The objective is to construct routes with minimum emission, COzeq in this context. Tabu Search algorithm is used to construct the route. This algorithm then is tested with real data demand of a market in London. The result of the search then is used to analyze the difference created by tabo algorithm and translated into a group of routes to be used."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S64014
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Mayke Eka Normasari
"Transportation, as a part of the supply chain process, contributes to carbon emission which leads to climate change and global warming. This environmental issue gives an impact to decisions regarding the supply chain of a company. One way to deal with this issue is by analyzing their vehicle routing problem. In this study, the issue about routing problems in green supply chain by considering the heterogeneous fleet is being discussed. One variant of Green Vehicle Routing Problem (GVRP) reviewed in this paper is about Heterogeneous Alternative Fuel Vehicles for Green Vehicle Routing Problem (HAFVGVRP). The purpose of this study is to review the development of GVRP with heterogeneous alternative fuel vehicles and the gap or state-of-the-art on existing researches. The review was classified according to the objectives, type of fleet, and solution used. Moreover, this study also presents the trend and direction of further research."
Yogyakarta: Pusat Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (P3M) STTA, 2021
620 JIA XIII:1 (2021)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Aldry Triansya
"ABSTRAK
Penerapan lebih lanjut mesin Low Fuel Consumption Engine (LFCE) yang akan
digunakan pada kendaraan hemat energy maka dibutuhkan pengendalian fuel dan
timing ignition yang sesuai agar performa dari kendaraan yang mengunakan
LFCE sehingga mendapatkan titik temu yang sesuai dengan kebutuhan yang tepat.
Maka dari itu di perlukan perancangan chassis dinamometer untuk menunjang
pengukuran torsi, kecepatan sudut dan daya secara real-time. Hasil pengukuran ini
yang di jadikan sebagai hasil yang dapat di evaluasi untuk memperbaiki variabel
kontrol pada ECU pada mesin LFCE, sehingga didapatkan daya, torsi, dan
kecepatan putaran yang sesuai dengan harapan perancang. Dalam merancang
dinamometer, hal pertama yang harus diperhatikan adalah beban dan keakuratan
pembacaan sensor. Beban pada dinamometer harus bisa disesuaikan dengan
kendaraan hemat energi dengan skala daya pada mesin 65 cc. Sensor dalam
pembacaan dinamometer ini harus terintegrasi dalam suatu HMI yang mudah di
gunakan. Sensor yang di gunakan harus menujukan tingkat kepercayaan dan
akurasi yang baik agar mendapatkan suatu nilai kebenaran dalam pengukuran.

ABSTRACT
Further application of machine Low Fuel Consumption Engine (LFCE) to be used
in energy-efficient vehicles then takes control of fuel and timing ignition
appropriate for performance of vehicles using LFCE get a meeting point
corresponding to the exact needs. Therefore in the design of the chassis
dynamometer needed to support the measurement of torque, speed angle and
power in real-time. The results of these measurements are made as a result that
can be evaluated to improve the control variables in the engine control unit LFCE,
so we get the power, torque, and speed of rotation in accordance with expectations
of the designer. In designing the dynamometer, the first thing to note is the burden
and the accuracy of the sensor readings. The load on the dynamometer must be
adjusted to the energy-efficient vehicles with engine power on the scale of 65 cc.
Sensors in the dynamometer readings must be integrated in an HMI that is easy to
use. Sensors are used need to address the level of confidence and accuracy in
order to obtain a truth value in the measurement."
2016
S64859
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library