Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Oktavianus Vebrianto Nugroho
"Umumnya, daerah terpencil di Indonesia mengaplikasikan pembangkit listrik tenaga Diesel untuk menyediakan energy listrik dikarenakan mahalnya biaya grid extension. Hal yang menjadi perhatian dari penggunaan standalone generator diesel adalah fluktuasi harga bahan bakar minyak, serta gas emisi yang dihasilkan dari sisa-sisa pembakaran. Dalam upaya mengurangi penggunaan bahan bakar fosil diperlukan penggunaan energy terbarukan yang memiliki potensi untuk dikonfigurasikan secara hibrida dengan generator diesel. Studi ini akan membahas tentang analisis dari segi techno dan economic pada konfigurasi hybrid diesel PV baterai system dan hybrid diesel PV wind baterai system dengan menggunakan perangkat lunak HOMER. Jika dibandingkan dengan system generator diesel existing yang mempunyai nilai COE sebesar $0.1968/kWh, hasil optimasi dari hybrid diesel PV battery system dan hybrid diesel PV wind battery system mendapatkan penurunan cost of energy menjadi $0,1554/kWh dan $0,1555/kWh. Kemudian didapatkan hasil berupa penurunan konsumsi bahan bakar untuk kedua konfigurasi hybrid systems sebesar 53,83% dan 53,58% jika dibandingkan dengan standalone generator diesel existing. Sehingga, kedua hybrid system memiliki nilai Net Present Cost yang lebih rendah 21,04% dan 20,99% apabila dibandingkan dengan standalone diesel generator system existing. Di sisi lain, emisi CO2 yang dihasilkan kedua konfigurasi hybrid system telah mengalami penurunan dibandingkan dengan standalone diesel generator yakni sebesar 53,83% dan 53,57%.
Generally, remote areas in Indonesia apply diesel power plants to provide electricity due to the high cost of grid extensions. The concern of the use of standalone diesel generators is fluctuations in the price of fuel oil, as well as gas emissions resulting from the remnants of combustion. To reduce the use of fossil fuels, it is necessary to use renewable energy which has the potential to be configured hybrid with a diesel generator. This study will discuss the techno and economic analysis of two different hybrid system configurations using the HOMER software. Those hybrid systems are consisting of diesel-PV-battery system and diesel-PV-wind turbine -battery system. There is a reduction in the cost of energy (COE) as the proposed hybrid system is compared with the existing diesel generator system. The COE of the existing system is $ 0.1968 / kWh, whereas the proposed hybrid diesel-PV-battery system and the hybrid diesel-PV-wind turbine-battery system are $0.1554/kWh and $0.1555/kWh, respectively. These optimized results show a reduction in fuel consumption for both hybrid systems configuration by 53.83% and 53.58% when compared to the existing standalone diesel generators. Thus, both hybrid systems have a lower Net Present Cost value of 21.04% and 20.99% when compared to the current standalone diesel generator system. On the other hand, CO2 emissions generated by the two-hybrid system configurations have decreased compared to standalone diesel generators, which were 53.83% and 53.57%, accordingly."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Owen Ricardo
"Isu pemanasan global sudah menjadi permasalahan sejak dahulu. Banyak solusi yang sudah ditawarkan untuk mengatasi permasalahan pemanasa global seperti mencari energi terbarukan, menamam lebih banyak pohon, dan lain sebagainya. Laporan ini membahas salah satu cara untuk mengatasi pemanasan global yaitu dengan pembuatan kereta hybrid. Dengan adanya kereta hybrid, penggunaan mesin diesel pada kereta akan berkurang sehingga emisi yang dihasilkan ketika kereta berjalan juga akan berkurang. Infrastruktur di Indonesia masih belum memungkinkan untuk pembuatan kereta jarak jauh dengan sistem full electric, sehingga masih diperlukan mesin diesel untuk menggereakan kereta. Fokus laporan ini adalah pembuatan model generator diesel pada kereta untuk dapat menghasilkan daya berdasarkan kecepatan putaran pada PMSM (Permanent Magnet Synchronous Motor) menggunakan pengendali PI.
The issue of global warming has been a problem for a long time. Many solutions have been offered to overcome global warming problems such as seeking renewable energy, planting more trees, and so on. This report discusses one way to deal with global warming by manufacturing hybrid trains. With the existence of a hybrid train, the use of diesel engines on the train will be reduced so that the emissions produced when the train is running will also be reduced. Infrastructure in Indonesia still does not allow for the manufacture of long-distance trains with full electric system, so a diesel engine is still needed to move the trains. The focus of this report is on modeling a diesel generator on a train to generate power based on the rotational speed of a PMSM (Permanent Magnet Sychronous Motor) using PI controller."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library