Ditemukan 6 dokumen yang sesuai dengan query
Tara de Thouars
2008
T38463
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Sulfina Tanjung
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2007
T38205
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Sapti Dwi Iryani
"Penelitian ini membahas stres kerja dan resiliensi Account Representative pada Kantor Pelayanan Pajak di Wilayah Riau dan Kepulauan Riau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode qualitative content analysis. Responden yang terlibat dalam penelitian ini yaitu pegawai jabatan Account Representative pada 9 Kantor Pelayanan Pajak yang tersebar di wilayah Riau dan Kepulauan Riau. Responden yang terlibat sebanyak 154 orang Account Representative. Berdasarkan analisis data dengan qualitative content analysis, terdapat dua tema besar yaitu faktor stres kerja dan faktor resiliensi. Tema faktor stres kerja terdiri dari dua kategori, yaitu kategori faktor penyebab stres dari pekerjaan dan faktor penyebab stres dari luar pekerjaan. Sedangkan tema faktor resiliensi terdiri dari kategori faktor protektif internal dan faktor protektif eksternal. Hasil perhitungan qualitative content analysis didapatkan bahwa faktor penyebab stres karena pekerjaan tertinggi ada pada faktor subkategori intrinsic to job yaitu faktor beban kerja berlebihan. Sedangkan faktor penyebab stres dari luar pekerjaan terbesar adalah faktor ekstra-organisasi yang ditunjukkan nilai terbesar adalah faktor masalah keluarga. Faktor religiusitas dan spiritualitas dengan sikap pasrah menjadi faktor protektif internal tertinggi sedangkan faktor dukungan dari orang lain dengan cara diskusi menjadi faktor protektif eksternal tertinggi.
This study focused on job stress and employee resilience of Account Representative at Tax Offices in Riau and Riau Islands region. This research used qualitative approach with qualitative content analysis method. Respondents that were involved in this study were Account Representative from 9 Tax Office in Riau and Riau Islands. 154 Account Representatives were involved in this study. Based on data analysis with qualitative content analysis method, there were two major themes. Those were job stress factor and resilience factor. The theme of job stress consisted of two categories, namely the categories of factors causing stress due to work and causes of stress beside of work. The theme of resilience factors consisted of internal protective factor category and external protective factor category. The results of the calculation of qualitative content analysis found that the factors of job stressor was the highest factor that caused stress in Account Representative, with the highest value was on intrinsic to job subcategory factor which high value on work overload factor while the factors causing stress from outside which the largest job was an extra organizational factor that indicated the greatest value was on family problems factor. The factor of religiosity and spirituality with surrender factor became the highest internal protective factor while the support factor of others by way of discussion became the highest external protective factor. "
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T50535
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Achmad Syarif
"Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran resiliensi pada anak jalanan, serta ingin menggali faktor-faktor apa saja yang membentuk resiliensi pada anak jalanan. Pengertian resiliensi yang digunakan merujuk pada lima karakteristik resiliensi dari Wagnild (2010) yaitu meaningfulness, perseverance, equanimity, self reliance dan existential aloness. Skala sikap RS-14 (Wagnild & Young, 2009) digunakan untuk memperoleh gambaran resiliensi dan wawancara mendalam dilakukan guna mendapatkan informasi mengenai faktor-faktor apa saja yang dapat membentuk resiliensi pada. Penelitian ini dilakukan di jalanan ibukota Jakarta. Partisipan penelitian terdiri dari 31 orang dengan rentang usia 12-17 tahun dan untuk wawancara mendalam jumlah partisipan adalah tiga orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata partisipan mendapatkan skor resiliensi tinggi. Faktor yang mempengaruhi adalah faktor internal yaitu terutama keinginan mereka untuk memperoleh masa depan yang lebih baik, dan faktor eksternal yang juga mempunyai pengaruh besar bagi anak jalanan untuk bertahan adalah teman-teman. Sejumlah saran untuk penelitian selanjutnya juga turut disertakan.
This study was conducted in order to get an overview of resilience in street children, and wanted to explore what are the factors that build up the resilience of street children. Definition of resiliense used refer to the five characteristics of resilience Wagnild (2010), namely meaningfulness, persevarance, equanimity, self reliance, and existential aloness. Resilience scale RS-14 (Wagnild & Young, 2009) is used to obtain a picture of resilience and in depth interviews conducted to obtain information about factors that may build resilience. The research was conducted on the sreets of the capital city of Jakarta. Study participants consisted of 31 persons, and the age range is 12-17 years and for in depth interviews participants consisted three people. The result showed that on average participants get high scores of resiliency. Factors that affect the internal factor is their own desire to get a better future, and external factors which have a major influence for street children to survive are peers. A suggestions for future research were also included."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
S53215
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Rike Triana
"Gangguan jiwa mulai terjadi pada usia 10-29 tahun sebanyak 10-20%. Faktor protektif untuk mencegah terjadinya gangguan jiwa pada remaja adalah harga diri (self-esteem), hubungan keluarga dan dukungan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan faktor protektif: self-esteem, hubungan keluarga dan dukungan sosial dengan kesehatan jiwa remaja. Desain penelitian menggunakan deskriptif korelatif dengan teknik purposive sampling dan jumlah responden sebanyak 452 orang. Data diambil menggunakan lima kuesioner yaitu data demografi, Rossenberg Self-Esteem Scale, Index Family Relation, Child and Adolescent Sosial Support Scale, Mental Health Continuum Short Form.
Hasil penelitian menunjukkan mayoritas remaja SMP memiliki kesehatan jiwa tingkat sedang (moderate). Faktor protektif yang dimiliki remaja diantaranya harga diri tingkat sedang, hubungan baik dalam keluarga serta memperoleh dukungan sosial yang tinggi dari orang tua, guru, teman sekelas dan teman dekat. Remaja kurang mendapatkan dukungan sosial dari sekolah. Faktor protektif: self-esteem, hubungan keluarga dan dukungan sosial (orang tua, guru, teman sekelas, teman dekat dan sekolah) memiliki hubungan bermakna dengan kesehatan jiwa remaja. Penelitian ini diharapkan menjadi dasar dalam pengembangan program promosi kesehatan jiwa remaja dengan meningkatkan faktor protektif: harga diri, hubungan keluarga dan dukungan sosial.
Mental disorders begin to occur at the age of 10-29 years about 10-20 %. Protective factors to prevent mental disorders in adolescents were self-esteem, family relationships and social support. This study aims to determine the relationship of protective factors: self-esteem, family relationships and social support to adolescent mental health. The desain study was descriptive correlative and sample using purposive sampling technique with 452 people. Data were collected by five questionnaires: demographic data, Rossenberg Self-Esteem Scale, Family Relation Index, Child and Adolescent Social Support Scale, Mental Health Continuum Short Form. The results showed that the majority of junior high school adolescents have moderate mental health. Protective factors of adolescents include moderate self-esteem, good relationships in the family and high social support from parents, teachers, classmates and close friends. Adolescents got less social support from school. Protective factors: self-esteem, family relationships and social support (parents, teachers, classmates, close friends and school) have a meaningful relationship with adolescent mental health. This research is expected for basic the development of youth mental health promotion program by increasing the protective factors: self esteem, family relationship and social support."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Florensa
"Bunuh diri pada remaja merupakan salah satu persoalan serius dalam kesehatan masyarakat saat ini. Data Global School based student Health Survey tahun 2015 terhadap remaja sekolah yang berusia 13-17 tahun di Indonesia menunjukkan bahwa 5% remaja memiliki ide bunuh diri, 6% sudah merencanakan bunuh diri dan 4% sudah melakukan usaha bunuh diri. Keputusan remaja untuk melakukan bunuh diri dipengaruhi oleh berbagai macam faktor risiko maupun faktor protektif yang merupakan faktor pencegah munculnya risiko bunuh diri pada remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengontrol faktor risiko dan meningkatkan faktor protektif terhadap risiko bunuh diri pada remaja dengan melibatkan peran serta perawat UKS, guru dan orang tua. Metode penelitian ini dibagi menjadi 3 tahap. Tahap pertama yaitu studi kualitatif dengan desain kualitatif deskriptif untuk mengetahui faktor protektif dan faktor risiko bunuh diri pada remaja. Partisipan pada tahap ini adalah remaja, guru, orang tua dan perawat UKS. Tahap ke dua adalah pengembangan model pencegahan risiko bunuh diri berbasis sekolah pada remaja. Pada tahap ke tiga dilakukan uji coba model dengan menggunakan pendekatan studi kuantitatif dengan desain quasy experiment dan rancangan penelitian pre and post with control group. Intervensi diberikan kepada 212 remaja. Hasil penelitian tahap satu ditemukan dua tema pada faktor protektif terhadap risiko bunuh diri yaitu faktor individu dan faktor sosial, dua tema pada faktor risiko risiko yaitu faktor individu dan sosial. Tahap dua diperoleh model pencegahan risiko bunuh diri berbasis sekolah pada remaja dan tahap tiga menunjukkan bahwa model meningkatkan mekanisme koping, dukungan sosial dan perilaku mencari bantuan serta menurunkan depresi dan ide bunuh diri pada remaja. Rekomendasi bagi pelayanan kesehatan disekolah bahwa model ini dapat diaplikasikan untuk pencegahan risiko bunuh diri di sekolah dengan melibatkan perawat UKS, guru, orang tua serta teman sebaya.
Suicide in adolescents is one of the serious problems in public health today. Data from the 2015 Global School based Student Health Survey on school adolescents aged 13-17 years in Indonesia showed that 5% of adolescents had suicidal ideation, 6% had planned suicide and 4% had attempted suicide. Adolescent's decision to commit suicide is influenced by various risk faktors and protective faktors which are faktors that prevent the emergence of suicide risk in adolescents. This study aims to control risk faktors and increase protective faktors against suicide risk in adolescents by involving the participation of school nurses, teachers and parents. This research method is divided into 3 stages. The first stage is a qualitative study with a descriptive qualitative design to determine the protective faktors and risk faktors for suicide in adolescents. Participants at this stage were teenagers, teachers, parents and UKS nurses. The second stage is the development of a school-based suicide risk prevention model in adolescents. In the third stage, a model trial was conducted using a quantitative study approach with a quasi-experimental design and a pre and post research design with a control group. The intervention was given to 212 adolescents. The results of the first phase of the study found two themes on protective faktors against suicide risk, namely individual faktors and social faktors, two themes on risk faktors, namely individual and social faktors. In the second stage, the model of school-based suicide risk prevention in adolescents showed that the model improved coping mechanisms, social support and help-seeking behavior and reduced depression and suicidal ideation in adolescents. Recommendations for health services in schools that this model can be applied to prevent the risk of suicide in schools by involving school nurses, teachers, parents and peers."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2021
D-pdf
UI - Disertasi Membership Universitas Indonesia Library