Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Adwinchia, Inggritha
"ABSTRAK
Pertumbuhan pasar e-commerce di Indonesia sangat tinggi dan merupakan yang terbesar di dunia. Sebagai negara yang penduduknya didominasi oleh kelas menengah, perkembangan e-commerce di Indonesia disambut dengan positif. Para generasi milenial atau anak muda Indonesia yang berusia 14-30 tahun adalah konsumen terbesar yang mendorong pertumbuhan ini. Salah satu usaha e-commerce di Indonesia yang sangat berkembang merupakan Zalora Indonesia. Sebagai usaha e-commerce yang bergerak di bidang fashion untuk pria dan wanita, Zalora menerapkan berbagai strategi pemasaran yang mengikuti tren pembelian online yang dilakukan oleh para generasi milenial. Tulisan ini dibuat menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan studi kasus. Data yang dikumpulkan menggunakan observasi online pada situs Zalora.co.id dan media sosial yang digunakan, serta mobile app yang dimiliki oleh Zalora Indonesia. Zalora Indonesia dapat dikatakan telah berhasil memahami perilaku pembeli online dan menerapkan pemahaman tersebut ke dalam sebuah strategi pemasaran yang terintegrasi.

ABSTRACT
E-commerce in Indonesia is growing fast and became one of the fastest in the world. Indonesia dominated by middle-class citizen whom is the biggest consumer of e-commerce, so they push e-commerce to grow positively and succeedly. Indonesia youths or millennials aged 14-30 years old are the biggest consumer of online shopping that force e-commerce into a new promising place to shop. One of the growing e-commerce businesses in Indonesia is Zalora. Zalora Indonesia is fashion retail e-commerce for men and women. To boost their business, Zalora uses a great marketing strategy by analyze Indonesian millenials behavior toward online shopping. By using qualitative research with study case method, this paper collects all the data by online observation on Zalora’s website, social media, and mobile app. Based on online observation, Zalora has succeed to understand Indonesian millennials behavior toward online shopping and apply the understanding into an integrated marketing strategy."
[Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, ], 2015
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Nurul Allya Shafira
"K-POP merupakan salah satu media yang efektif dalam menjalankan diplomasi budaya Korea Selatan dengan negara-negara di dunia, termasuk Indonesia. Dalam 5 tahun terakhir, beberapa e-commerce indonesia menghadirkan acara yang menampilkan para artis K-POP, sehingga masyarakat indonesia semakin akrab dengan hal-hal yang berkaitan dengan K-POP dan Korean Wave. Penelitian ini menjelaskan peran e-commerce Indonesia dalam memperluas keefektifan diplomasi budaya Korea Selatan di Indonesia. Dengan memfokuskan pada kehadiran para artis K-POP di Indonesia, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran E-commerce, khususnya Shopee Indonesia dan Tokopedia, dalam diplomasi budaya Korea Selatan di Indonesia. Metode penelitian yang diterapkan adalah deskriptif-analisis. Penelitian ini menemukan bahwa E-commerce Indonesia berkontribusi penting dalam pembentukan persepsi positif masyarakat Indonesia terhadap Korea Selatan dengan memfasilitasi kegiatan diplomasi budaya dan mengemasnya dalam kegiatan yang dapat menghibur masyarakat Indonesia. Ditemukan juga bahwa tingkat penggunaan media sosial di Indonesia memiliki pengaruh dalam memicu fenomena keterlibatan e-commerce Indonesia dalam pelaksanaan diplomasi budaya Korea Selatan di indonesia.

K-POP is one of the leading media used by the South Korean government to implement cultural diplomacy with countries in the world, including Indonesia. In the last 5 years, several Indonesian e-commerce companies have presented events featuring K-POP artists, which made K-Pop and Korean Wave became increasingly familiar to the Indonesian public. This study aims to explain the role of Indonesian e-commerce in enhancing the effectiveness of South Korean cultural diplomacy in Indonesia. By focusing on the presence of K-POP artists in events held by Shopee Indonesia and Tokopedia, this research aims to analyze their role in South Korean cultural diplomacy in Indonesia. The research method applied is descriptive-analysis. The findings show that Indonesian e-commerce have made significant contributions to the Indonesian public's positive perceptions of South Korea by facilitating cultural diplomacy activities and packaging them in activities that Indonesian people would find entertaining. Statistics on social media usage in Indonesia also have an influence on the phenomenon of Indonesian e-commerce involvement in the implementation of South Korean cultural diplomacy in Indonesia."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2022
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library