Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhammad Althaf F. Wibowo
"Skripsi ini membahas tentang pengukuran kesiapan sebuah klinik dalam menghadapi transformasi digital. Penelitian ini mengeluarkan hasil berupa framework perhitungan kesiapan digital yang mengukur 5 dimensi yaitu: infrastruktur fisik, infrastruktur non fisik, SDM, dukungan manajemen, dan budaya organisasi. Framework ini kemudian digunakan untuk menghitung kesiapan digital di sebuah klinik dimana ditemukan terdapat 8 sub-kriteria yang masih berada di bawah tingkat target, sehingga perlu dilakukan penyusunan langkah-langkah untuk dapat meningkatkan kesiapan digital. Kemudian dari proses penyusunan langkah dan penentuan langkah-langkah yang paling prioritas dikeluarkanlah rekomendasi agar klinik melakukan penambahan unit komputer, menyediakan anggaran digital tahunan, dan melakukan upgrade operating system.

This thesis discusses the measurement of a clinic's readiness to face the digital transformation. The research produces a digital readiness calculation framework that measures five dimensions: physical infrastructure, non-physical infrastructure, human resources, management support, and organizational culture. This framework is then used to calculate the digital readiness of a clinic, where it's found that there are 8 sub-criteria that are still below the target level. Therefore, it is necessary to develop steps to improve digital readiness. Then, from the process of compiling steps and determining the most priority steps, recommendations are issued for the clinic to add computer units, provide annual digital budget, and upgrade the operating system."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alisha Dewina Cahyarani
"Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki berbagai tantangan yang dihadapi dalam proses bisnis nya seperti adanya dinamika pasar dan perubahan tren konsumen yang cepat sehingga untuk mengatasi hal tersebut para pelaku usaha berinisiatif untuk mencari jalan keluar dengan digitalisasi. Namun, di Indonesia jumlah UMKM yang telah go digital sangat sedikit jika dibandingkan dengan total keseluruhan UMKM yang mencapai 65 juta unit yaitu hanya 34,8% saja. Fenomena tersebut mengindikasikan bahwa kebanyakan UMKM masih terkendala dalam mengadopsi teknologi digital karena masih rendahnya digital readiness yang dimiliki. Digital readiness dapat dipengaruhi oleh berbagai hal baik dari internal maupun eksternal bisnis seperti kemampuan dan pengetahuan teknologi digital, akses untuk memenuhi infrastruktur digital, lingkungan ekosistem dari stakeholder yang mendukung, dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi digital readiness yaitu leadership factors, strategic focus factors, resource factors, customer factors, market factors sebagai variabel independen terhadap digital readiness sebagai variabel dependen terdiri atas 3 dimensi yaitu technological sensemaking, agility, dan implementation. Objek penelitian merupakan pemilik UMKM Anggota Komunitas Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA) di Kota Depok bidang usaha kuliner. Pendekatan penelitian merupakan kuantitatif melalui penyebaran kuesioner kepada total 180 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif yang terdiri atas analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial menggunakan alat bantu SPSS. Hasil analisis menunjukan bahwa leadership factors, strategic focus factors, resource factors, customer factors, market factors memiliki pengaruh yang positif terhadap digital readiness pada UMKM PEKKA di Kota Depok bidang usaha kuliner.

Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) have various challenges faced in their business processes, such as market dynamics and rapid changes in consumer trends, so to overcome this, business actors have taken the initiative to find a way out through digitalization. However, in Indonesia the number of MSMEs that have digital is very small compared to the total of MSMEs which reached 65 million units, which is only 34.8%. This phenomenon indicates that most MSMEs are still hampered in adopting digital technology because they are still low on digital readiness. Digital readiness can be influenced by various things from both internal and external business such as the ability and knowledge of digital technology, access to fulfil digital infrastructure, supportive ecosystem from stakeholder, and so on. This research aims to analyse the influencing factors of digital readiness, that is leadership factors, strategic focus factors, resource factors, customer factors, market factors as an independent variable against digital readiness as the dependent variable that contains three dimensions, named technological sensemaking, agility, implementation. The research objects are MSME owners who are members of the Women-Headed Family Community (PEKKA) in Depok City specifically in the culinary business. The research approach is quantitative research by distributing questionnaires to a total of 180 respondents. The data analysis technique used is quantitative consisting of descriptive statistical analysis and inferential statistical analysis using SPSS tools. The analysis results show that leadership factors, strategic focus factors, resource factors, customer factors, market factors have a positive influence on digital readiness in PEKKA MSME’s in Depok City in the culinary business sector."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ajriya Ninda
"Service quality adalah aspek penting pada industri jasa dan pernah dibahas dalam beberapa industri, hospitality. Dengan adanya akselerasi penggunaan teknologi digital, setiap industri perlu beradaptasi
ervice quality adalah aspek penting pada industri jasa dan pernah dibahas dalam beberapa industri, contohnya perbankan, kesehatan, dan hospitality. Dengan adanya akselerasi penggunaan teknologi digital, setiap industri perlu beradaptasi dalam menggunakan teknologi dengan cepat termasuk industry kreatif. Walaupun desainer interior beradaptasi dengan penggunaan teknologi, tetapi desainer merasa tertantang karena masih banyak proses desain yang dilakukan secara langsung (seperti brainstorming, membuat mood board, kolaborasi, dll), infrastruktur internet yang belum stabil, serta software yang ada belum memenuhi seluruh kebutuhan desainer. Penelitian ini meneliti tentang psychological capital serta pengaruhnya terhadap service quality dengan mediasi digital readiness, innovative work behavior dan work engagement. Seratus lima puluh dua data dari subjek desainer interior dikumpulkan dengan snowball sampling dan targeted sampling kepada desainer interior dan dianalisis dengan PLS SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa psychological capital berpengaruh positif terhadap digital readiness, innovative work behavior, dan work engagement. Service quality dipengaruhi innovative work behavior dan work engagement secara positif, semakin seseorang terikat dengan pekerjaannya dan bersikap inovarif, kemampuannya untuk memproduksi service quality akan membaik. Tetapi, digital readiness berpengaruh negatif terhadap innovative work behavior hal ini dapat disebabkan oleh kendala yang dihadapi desainer saat menggunakan teknologi digital.

Service quality is an important aspect in service industries, and it has been discussed in many industries, such as banking, healthcare, and hospitality. There is a need to view the creative industry such as designer, in this instance, digital technology effects service quality, and pandemic Covid-19 accelerates the adaptation and people have to adjust quickly. Although designer interiors are adjusting, they feel challenged, because their design processes like brainstorming, mood boarding, collaboration, etc. are usually done in person, not in virtual. The other challenges are instability in internet connection and software that not met designers’ expectation. This research proposes the psychological capital of interior designers could affect their service quality mediated by digital readiness, innovative work behavior, and work engagement. Data collected using a questionnaire-based survey of 152 interior designers in Indonesia, using snowball and targeted sampling. Data was analyzed using PLS SEM. The result of this research show that psychological capital has positive affect on digital readiness, innovative work behavior, and work engagement. Moreover, to enhance service quality, someone needs to increase their innovative behavior and work engagement. Yet digital readiness has negative impact on innovative work behavior, and it might be happened because designers feel many challenges in using digital technology."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lusi Puspitaningrum
"Tesis ini membahas mengenai bagaimana peran negara dalam mendorong pertumbuhan ekonomi digital Afrika Selatan dalam kurun waktu 1990 hingga 2020 dimana pada awal tahun 1990 Afrika Selatan telah memulai perjalanan transformasi digitalnya. Dalam kurun waktu tersebut Afrika Selatan berhasil mencapai peningkatan yang signifikan dalam sektor digitalnya melalui berbagai penerapan kebijakan. Keberhasilan tersebut dibuktikan oleh ukuran-ukuran yang ditentukan dalam laporan tahunan Network Readiness Index. Atas dasar tersebut penulis melakukan penelitian dan analisis lebih jauh dalam melihat peranan negara sehingga ekonomi digital Afrika Selatan mengalami perkembangan yang signifikan dalam kurun waktu 1990 hingga 2020. Penulis menggunakan konsep digital economy untuk memahami dan menganalisis perkembangan ekonomi digital di Afrika Selatan. Lebih jauh dalam melihat peran negara, penulis menggunakan konsep democratic developmental state untuk menganalisis kebijakan Afrika Selatan dalam hal infrastruktur ICT, pendidikan, kesehatan serta konsensus antar aktor. Adapun peranan serta kebijakan-kebijakan yang dilakukan Afrika Selatan penulis dapatkan dari berbagai sumber data berupa dokumen dan laporan. Penelitian ini menemukan bahwa negara berperan dominan dalam proses pertumbuhan ekonomi digital di Afrika Selatan. Peran negara tersebut ditunjukkan melalui berbagai upaya kebijakan yang dilakukan dalam infrastruktur dan peningkatan kualitas sumber daya dimana seluruh strategi kebijakan tertuang dalam strategi pembangunan nasional jangka panjang serta partisipasi negara
This thesis discusses about how the state's role in driving South Africa's digital economy growth from 1990 to 2020, where in early 1990 South Africa started its digital transformation journey. During this time, South Africa achieved significant improvements in its digital sector through various policy applications. This success is evidenced by the measures specified in the annual Network Readiness Index report. On this basis, the authors conducted further research and analysis in seeing the role of the state so that the digital economy of South Africa experienced significant development from 1990 to 2020. The author uses the concept of digital economy to understand and analyze the development of the digital economy in South Africa. Furthermore, in looking at the role of the state, the author uses the concept of democratic developmental state to analyze South African policies in terms of ICT infrastructure, education and health, and consensus among actors. As for the roles and policies undertaken by South Africa, the authors obtained from various data sources in the form of documents and reports. This study found that countries play a dominant role in the process of digital economic growth in South Africa. The role of the state is demonstrated through various policy efforts carried out in infrastructure and improving the quality of resources where all policy strategies are contained in a long-term national development strategy as well as the participation of the state with other actors in forming collaborations in the digital sector."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library