Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dwi Endah Rachmawati
"Tingginya kadar sulfur dalam bahan bakar diesel dapat menyebabkan kerusakan mesin kendaraan dan berdampak buruk pada lingkungan. Salah satu metode yang efisien dalam proses penghilangan sulfur adalah oxidative desulfurization (ODS). Penelitian ini mempelajari pengaruh promotor Ce sebagai oxygen storage pada katalis Ni-Mo/Al2O3 dalam reaksi ODS untuk menurunkan senyawa sulfur dibenzothiophene dalam diesel dengan menggunakan hidrogen peroksida dan asam format sebagai oksidator. Pada penelitian terdahulu diperoleh konversi DBT dalam pelarut n-heptana sebesar 99% dengan menggunakan promotor Fe pada katalis Ni-Mo/Al2O3. Pada studi ini, katalis Ce promoted Ni-Mo/Al2O3 berhasil disintesis dengan menggunakan metode wet impregnation. Katalis dikarakterisasi dengan SEM, XRF dan BET Surface Area Analysis. Kapasitas penyimpanan oksigen katalis diperoleh melalui studi adsorpsi isotermal oksigen pada suhu ruang dengan tekanan oksigen yang divariasikan. Diamati pengaruh kondisi operasi terhadap konversi DBT yang meliputi pengaruh penambahan asam kuat, suhu reaksi, waktu kontak, Ce loading, volume oksidator dan dosis katalis. Kadar sulfur pada produk dianalisis dengan UV-Vis Spektrofotometer pada panjang gelombang 200 – 400 nm. Hasilnya diperoleh bahwa Cerium mampu meningkatkan kapasitas adsorpsi oksigen sebesar 39% menjadi 101,1 µmol/g katalis. Cerium juga mampu mengkonversi DBT sebesar 90% yang mengalami peningkatan 216% dibandingkan katalis tanpa Cerium. Studi kinetika reaksi ODS diinvestigasi dengan pseudo-first order kinetic model dan diperoleh nilai energi aktivasi sebesar 41,304 KJ/mol.

High content of sulfur in diesel fuel can cause damage to diesel engines and have negative impact on the environment. One of the efficient methods in the sulfur removal process is oxidative desulfurization (ODS). This research investigates the effect of Ce promotor as an oxygen storage over Ni-Mo/Al2O3 catalyst in ODS reaction of dibenzothiophene (DBT) in diesel fuel using hydrogen peroxide and formic acid as oxidants. In the previous research, the yield of DBT conversion in n-heptane solvent using Fe as promotor over Ni-Mo/Al2O3 catalyst was 99%. In this study, Ce promoted Ni-Mo/Al2O3 catalyst was successfully synthesized by using wet impregnation method. The catalyst then characterized using SEM, XRF and BET Surface Area Analysis. The oxygen storage capacity of the catalyst was gained from oxygen isotherm study at room temperature with vary oxygen pressures. The operation over the conversion of DBT was observed including the effect of strong acid addition, reaction temperature, contact time, Ce loading, oxidants volume and catalyst dose. The sulfur content of product was analyzed by using UV-Vis Spectrophotometer at wavelength 200 – 400 nm. The result showed that Cerium was able to increase 39% of oxygen adsorption capacity became 101.1 µmol/g catalyst. Cerium also converted 90.0% of DBT, increasing 216% compare to the catalyst without Cerium. The kinetic study of ODS reaction was investigated by using pseudo-first order kinetic model and the activation energy value of 41.304 KJ/mol was gained."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ariefatul Rachmawati
"ABSTRAK
Proses hidrodesulfurisasi menggunakan katalis NiMo/ γ-Al 2O3 dengan 2 variasi kandungan fosfor yaitu katalis NiMo/ γ-Al 2O3 dengan 0,5% fosfor dan katalis NiMo/ γ-Al 2 O 3 dengan 2% fosfor. Aktivitas katalis diuji dalam flow reactor pada suhu 285-330 o C dan LHSV 4-6 h -1 dengan lube base oil ditambah senyawa dibenzothiophene sebagai feed atau umpan. Katalis dikarakterisasi menggunakan XRD yang menunjukkan bahwa kristal yang terbentuk adalah γ-Al 2 O 3 . Karakterisasi menggunakan XRF menunjukkan perbedaan kandungan Ni dan Mo. Pada katalis dengan 2% fosfor kandungan Ni dan Mo lebih tinggi dibandingkan dengan 0,5% fosfor. Karakterisasi menggunakan metode BET menunjukkan adanya penurunan luas permukaan dengan kandungan fosfor yang lebih tinggi.
Uji kekuatan mekanik katalis, semakin tinggi kandungan fosfor pada katalis kekuatan mekaniknya menurun. Produk reaksi hidrodesulfurisasi dianalisa menggunakan GC-Sulfur Breakdown, GC-MS, dan GC-SIMDIS (Simulated Distilation). Kinetika reaksi hidrodesulfurisasi merupakan pseudo orde 1. Energi aktivasi reaksi hidrodesulfurisasi pada katalis dengan 0,5% fosfor sebesar 16,66 kJ/mol dan katalis dengan 2% fosfor sebesar 38,550 kJ/mol.

ABSTRACT
Hydrodesulfurization process using a catalyst NiMo/ γ-Al 2 O 3 with two variations, namely phosphorus content of the catalyst NiMo/ γ-Al 2 O 3 w ith 0.5% phosphorus and catalyst NiMo/ γ-Al 2 O 3 with 2% phosphorus. The catalyst activity was tested in a flow reactor at a temperature of 285-330 o C and LHSV of 4-6 h -1 with a lube base oil plus dibenzothiophene compound as a feed. The catalyst was characterized using XRD indicating that crystals formed are γ-Al 2 O 3 .
Characterization using XRF showed differences in the content of Ni and Mo. At 2% phosphorus catalyst with Ni and Mo content higher than 0.5% phosphorus. Characterization using the BET method showed a decrease in the surface area with higher phosphorus content. Test the mechanical strength of the catalyst, the higher the content of phosphorus in the catalyst mechanical strength decreases Hydrodesulfurization reaction products were analyzed using GC-Sulfur Breakdown, GC-MS and GC-SIMDIS (Simulated Distilation). Hydrodesulfurization reaction kinetics is a pseudo first order. The activation energy hydrodesulfurization reaction on the catalyst with 0.5% phosphorus amounted to 16,667 kJ/mol and a catalyst with 2% phosphorus by 38.550 kJ/mol.
"
2017
S69996
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library