Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Eka Sulastri
"Latar belakang: Bayi moderate to late preterm menempati 80% populasi kelompok usia bayi prematur. Banyaknya komplikasi dan komorbiditas yang dapat terjadi pada bayi prematur menuntut adanya pemantauan perkembangan yang konsisten, praktis, efisien, dan sedini mungkin. Hal tersebut ditujukan untuk mencegah, mendeteksi, dan memberikan penanganan awal yang optimal. Instrumen uji tapis yang baik harus memiliki validitas, reliabilitas, sensitivitas dan spesifitas yang baik, serta lengkap meliputi semua aspek ranah perkembangan. Tujuan: Membandingkan sensitivitas dan spesifisitas uji tapis ASQ-3 dan Denver II terhadap baku emas Bayley-III dalam deteksi gangguan perkembangan pada bayi prematur usia koreksi 6–12 bulan.
Metode: Penelitian potong lintang pada bayi prematur usia koreksi 6-12 bulan di Klinik Tumbuh Kembang RSCM pada bulan Oktober-Desember 2023. Kuesioner ASQ-3 diisi oleh orang tua dengan panduan petugas. Pemeriksaan Denver II dan Bayley III dinilai oleh dokter residen anak dan psikolog klinis anak yang terlatih pemeriksaan Bayley III. Hasil pemeriksaan dianalisis statistik dengan SPSS 25.
Hasil: Enam puluh dua subjek penelitian diperiksa dan didapatkan sensitivitas ASQ-3 dan Denver II dibandingkan dengan Bayley-III pada bayi prematur usia koreksi 6-12 bulan masing- masing adalah 89,66% dan 79,31% sedangkan spesifisitasnya sebesar 93,94% dan 87,88%. Selain itu, ASQ-3 memiliki nilai PPV, NPV, PLR, NLR dan akurasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan Denver II.
Kesimpulan: Uji tapis ASQ-3 memiliki sensitivitas dan spesifisitas yang lebih baik dibandingkan dengan Denver II untuk deteksi gangguan perkembangan pada bayi prematur usia koreksi 6-12 bulan. Kuesioner ASQ-3 dapat digunakan untuk uji tapis gangguan perkembangan bayi prematur yang efektif dan mudah digunakan.

Background: Moderate to late preterm baby occupies 80% age group of preterm babies. The complications and comorbidities occur in preterm require consistent, practical, and efficient early developmental monitoring to aim optimal initial intervention. The developmental screening test instrument must have good validity, reliability, sensitivity and specificity, and covering all aspect developmental domain.
Objective: This study aims to investigate the sensitivity and specificity of two brief developmental screening, the Ages and Stages Questionnaires, 3rd Edition, Indonesian-version (ASQ-3) with the Denver Developmental Screening test II (Denver II).
Method: A cross-sectional design conducted in corrected aged 6 to 12 months preterm infants from Growth and Developmental Social Paediatric Clinic in Cipto Mangunkusumo Hospital in October to December 2023. The ASQ-3 questionnaires was filled in by parents with guidance from health workers. Denver II and Bayley III was assessed by paediatric resident and trained paediatric clinical psychologist. Results: A total of 62 preterm infant was recruited. Sensitivity of ASQ-3 and Denver II compared to Bayley-III were 89,66% and 79,31%, respectively with specificity 93,94% and 87,88%, respectively. Furthermore, ASQ-3 showed higher PPV, NPV, PLR, NLR, and accuracy compared to Denver II.
Conclusion: The ASQ-3 questionnaires had significantly higher sensitivity and specificity compared to Denver II for developmental delay screening. This tool was appropriate for consistent screening due to its effectiveness and simplicity.
"
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2024
SP-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Rosita Magdalena Halim
"Masa pre-sekolah merupakan usia golden era pada anak. Usia 4-6 tahun adalah kelompok usia anak yang sudah mendapatkan pendidikan semi formal seperti TPA. Pada usia tersebut adalah sangat penting untuk mengetahui perkembangan anak. TPA RSPAD Gatot Soebroto adalah TPA yang berada di bawah asuhan Departemen Anak dan Departemen Psikiatri RSPAD Gatot Soebroto, namun belum pernah dilakukan pemeriksaan perkembangan anak di tempat tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perkembangan personal sosial, adaptif-motorik halus, bahasa dan motor kasar pada anak usia 3-6 tahun di TPA RSPAD Gatot Soebroto. Penelitian dilakukan dengan kuesioner pada orang tua anak dan pemeriksaan Denver II pada seluruh anak yang ada di TPA. Studi ini dilakukan pada 17 anak yang terdaftar di TPA. Sebanyak 3 anak ditemukan dengan suspek keterlambatan perkembangan. Seorang anak dengan suspek keterlambatan pada aspek personal-sosial, adapatif-motorik halus, motorik kasar dan berbahasa. Satu orang anak dengan suspek keterlambatan pada semua aspek kecuali bahasa dan satu orang lainnya dengan suspek keterlambatan pada semua aspek kecuali motorik kasar. Studi ini menyimpulkan bahwa sebanyak 17,6% anak usia 3-6 tahun di TPA RSPAD Gatot Soebroto adalah anak dengan suspek keterlambatan perkembangan pada pemeriksaan Denver II. Oleh karena itu, disarankan agar dilakukan deteksi dini secara berkala pada anak yang ada di TPA RSPAD Gatot Soebroto sehingga keterlambatan perkembangan tersebut dalam diatasi sedini mungkin.

The pre-school period is the golden age of a child. Age of 4-6 years is when children began to receive semi-formal education such as TPA. TPA RSPAD Gatot Soebroto is a daycare under the Department of Pediatrics and the Department of Psychiatry, RSPAD Gatot Soebroto. It is important to be able to detect the child’s development at this golden stage. However, there has never been a child development screening conducted in this TPA. This research was conducted to determine the personal social, adaptive-fine motor skills, language and gross motor skills development in children aged 3-6 years at TPA RSPAD Gatot Soebroto. The study was conducted with a questionnaire on the child's parents and a Denver II examination for all children in the TPA. This study was conducted on 17 children who are registered in the TPA. A total of 3 children were suspected to have a delayed development; one with suspicion of delay in all aspects (personal-social, adaptive-fine motor, language, and gross motor); one other is suspected with delay in all aspects except language and another is suspected with delay in all aspects except gross motor skills. This study concluded that 17.6% of children aged 3-6 years at TPA RSPAD Gatot Soebroto were in suspicion of having developmental delays during the Denver II examination. Therefore, this research recommends to do regular developmental early detection for at TPA RSPAD so developmental delayed can be detected and treated as early as possible."
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2021
SP-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Harahap, Roito Elmina Gogo
"Anak merupakan aset keluarga, masyarakat, dan bangsa sehingga harus mendapatkan pembinaan jasmani, mental spiritual dan sosia] sejak dini mengingat pada masa lima tahun pertama kehidupan anak merupakan masa keemasan di dalam pembentukan dasar-dasar kepribadian anak. Agar mampu menjadi generasi penerus di masa depan, anak harus dipersiapkan sebaik-baiknya, termasuk proses pertumbuhan dan perkembangannya.
Perkembangan adalah bertambahnya kemampuan dalam struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam pola yang teratur dan dapat diramalkan, sebagai hasil dari proses pematangan. Di sini menyangkut proses diferensiasi dari sel-sel tubuh, jaringan tubuh, organ-organ dan sistem organ yang berkembang sedemikian rupa sehingga masing-masing dapat memenuhi fungsinya, termasuk perkembangan emosi, intelektual dan tingkah laku sebagai hasil interaksi dengan Iingkungannya.
Penyimpangan perkembangan pada balita tanpa kelainan organik sukar dideteksi dengan pemeriksaan finis secara rutin. Mereka tampak normal namun akan mendapatkan kegagalan pada saat mulai sekolah. Di Amerika didapatkan 12% sampai 16% anak mengalami keterlambatan perkembangan. Di Canada . 16% anak usia 4-5 tahun mengalami keterlambatan perkembangan bicara. Di Thailand 16,3% anak kurang dari 5 tahun mengalami keterlambatan perkembangan. Di Indonesia, penelitian-penelitian terhadap keterlambatan perkembangan pada balita mendapatkan angka yang bervariasi antara 12,8% sampai 28,5%. Oleh karena itu perlu diketahui penyimpangan perkembangan secara dini. Pengetahuan mengenai perkembangan bayi yang normal dan variasinya harus dikuasai agar dapat merencanakan tata Iaksana yang tepat dan dapat membantu pasien dan keluarganya semaksimal mungkin."
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2006
T20865
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library