Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Angga Andhika
"Resiko kecelakaan dan masalah kesehatan pada crew akibat kelelahan mempunyai dampak yang sangat besar jika seorang crew mengambil keputusan yang salah dalam mengemudikan kapal atau memberikan perintah kepada anggota crew lainnya. Penelitian ini menganalisis faktor risiko kelelahan yang terkait pekerjaan dan faktor risiko kelelahan yang tidak terkait pekerjaan pada crew kapal floating crane di area operasional PT.X. Untuk mengetahui kelelahan pada pelaut menggunakan Subjective Seafarer Fatigue Questionnaire. Studi kasus dilakukan di PT. X. Penelitian ini menggunakan desain studi cross-sectional yang digunakan untuk mengetahui hubungan antara variabel dependen dan independen dan diteliti secara bersamaan dalam satu waktu. Peneliti menggunakan instrument kuesioner dan mengumpulkan data pada seluruh crew kapal floating crane.
Hasil penelitian didapakan bahwa crew kapal mengalami kelelahan saat bekerja, Faktor kelelahan crew pada tipe kapal floating crane conveyor lebih besar daripada non conveyor. Faktor kuantitas tidur merupakan peluang terbesar risiko kelelahan. Kesimpulan pada penelitian ini, faktor yang terkait pekerjaan yaitu waktu kerja, tidur sejenak hubungan tidak signifikan dengan kelelahan. Lama waktu berada di kapal hubungan signifikan dengan kelelahan. Faktor yang tidak terkait pekerjaan seperti kuantitas tidur,kebiasaan merokok, kebiasaan olahraga terdapat hubungan signifikan dengan risiko kelelahan, kualitas tidur hubungan tidak signifikan dengan risiko kelelahan.

The risk of accidents and health problems in crew fatigue has a huge impact if a crew made the wrong decision to steer the ship or give orders to the other crew members. Various studies and case reports prove fatigue on seafarers still a lot going on. This study analyzed the risk factors for work-related fatigue and fatigue risk factors unrelated to the work crew a floating crane in the operational area PT.X. To determine the fatigue of seafarers using the Subjective Seafarer Fatigue Questionnaire. The case studies conducted in PT. X. This study used a cross-sectional study design is used to determine the relationship between the dependent and independent variables and studied simultaneously in one time. Researchers used a questionnaire instrument and collect data on the entire crew a floating crane.
From the research that the ship crew fatigue at work, tiredness on the type of vessel floating crane conveyor is greater than non conveyor, sleep quantity factor is the biggest factor has a chance of risk of fatigue. Conclusions on research, work-related factors, namely the working time, sleep for a while no significant relationship with fatigue. The length of time was in significant relation with fatigue. Factors unrelated work such as quantity of sleep, smoking habits, exercise habits there is a significant relationship with the risk of fatigue, sleep quality is not significant relationship with the risk of fatigue.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2016
T46312
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nurlina
"Kelelahan merupakan perasaan lelah dan kewaspadaan yang berkurang yang berhubungan dengan kantuk, sehingga dapat berpengaruh terhadap kemampuan dan kemauan untuk melaksanakan tugas bahkan dapat berakibat celaka. Untuk mengetahui tingkat kelelahan salah satu metode menggunakan instrumen dari International Fatigue Research International dan skala Linckert agar dapat diketahui terjadinya pelemahan motivasi, kegiatan dan fisik pada crew Kapal Penyebrangan Merak Bakauheni Banten sebanyak 43 responden. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan pendekatan cross sectional.
Penelitian mendapatkan hasil tingkat kelelahan ringan 27,9 % dan kelelahan sedang 72,1%. Tingkat kelelahan ringan dan sedang di hubungkan dengan variabel-variabel. Hasil uji Chi Square pada variabel tersebut mempunyai p value > 0,5, artinya tidak adanya hubungannya antara umur, jenis kelamin, masa kerja, status gizi, status kesehatan, shift/pola kerja kerja jabatan, kurang tidur dan lingkungan dengan tingkat kelelahan.Hanya variabel dukungan keluarga yang didapat p value 0,048 dengan alpha 0,05 dapat disimpulkan ada hubungan antara dukungan keluarga dengan tingkat kelelahan.

Fatigue is a feeling of exhaustion and the decreased of alertness which related to the drowsiness, so it could affect the capability and willingness to carry out the task even if it may couse harms. One the method to find out the fatigue level is use the instrument from International Fatigue Research International and Linckert scales so to be known the motivation weakening, activity and the physical on Merak-Bakauheni Ferry's strait crew at as many as respondents. This research uses quantitative and Cross Sectional Approach.
The research gets the results 27.9% rate of mild fatigue and exhaustion was 72.1%. Mild and moderate levels of fatigue are connecting with the variables. Chi Square test results on these variables had p value > 0.5, meaning no relationship between age, sex, length of employment, nutritional status, health status, shift / work patterns, occupation, lack of sleep and environment to the level of exhaustion. Only the family support variables obtained p value 0.048 with an alpha of 0.05 could be concluded there is a correlation between family support and fatigue.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2015
T43495
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fani Handayani
"ABSTRAK
Prevalensi BB lebih (27%) dan obesitas (36%) crew di PT. X lebih tinggi dari
prevalensi nasional, menandakan terdapat masalah kesehatan pada PT. X. Tujuan
penelitian adalah untuk mengetahui faktor risiko perilaku kesehatan yang
berkontribusi terhadap IMT. Desain penelitian ini adalah sequential dengan dua
tahap, tahap pertama menggunakan analisis kuantitatatif untuk melihat faktor
risiko perilaku kesehatan, tahap kedua dengan menggunakan content analysis
kualitatif untuk melihat predisposing, enabling, dan reinforcing factors yang
melatarbelakangi perilaku kesehatan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan
terdapat perbedaan faktor risiko yang melatarbelakangi crew pada kebiasaan
olahraga dan aktivitas fisik, pola makan dan keseimbangan energi, durasi tidur,
serta stres kerja.

ABSTRACT
Prevalence of overweight (27%) and obesity (36%) crew at PT. X are higher than
the national prevalence, indicating health problems. The objective was to
determine the health behavior risk factors that contribute to BMI. The study
design is sequential with two stages, the first using quantitative analysis to see
health behavior risk factors, the second using qualitative content analysis to see
the predisposing, enabling, and reinforcing factors behind the health behavior. The
results showed that there were differences in risk factors that led to crew on
exercise habits and physical activity, diet and energy balance, sleep duration, and
work stress."
2017
T48339
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library