Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Indriati Kusumaningsih
"Citra perawat sebagai pemberi jasa layanan kesehatan dinilai melalui kemampuan perawat memberikan perawatan, memahami klien, dan perilaku perawat. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran bagaimana persepsi masyarakat terhadap citra perawat di Balkesmas Sint Carolus. Desain penelitian yang digunakan yaitu fenomenologi deskriptif dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Partisipan merupakan tujuh orang dewasa yang memiliki pengalaman berinteraksi dengan perawat dan mendapatkan pelayanan keperawatan di Balkesmas Sint Carolus. Wawancara mendalam digunakan dalam pengumpulan data dengan bentuk pertanyaan terbuka semi terstruktur. Hasil wawancara direkam menggunakan tape recorder dan handycam, dibuat transkrip verbatim, dan dianalisis dengan metode Colaizzi (1978). Keabsahan data dijamin dengan memenuhi prinsip validitas internal, validitas eksternal, dependability, dan confirmability.
Penelitian menghasilkan 10 tema tentang persepsi masyarakat terhadap citra perawat Persepsi terkait citra pelayanan keperawatan mengidentifikasi proses pelayanan yang memuaskan melalui pelayanan komunikasi, administrasi, dan sikap pelayanan yang berespon terhadap kebutuhan klien. Persepsi terhadap citra perilaku perawat mengidentifikasi identitas perawat dan kinerja yang cukup positif. Persepsi terkait citra peran dan fungsi perawat berdasarkan jenis peran, cara berperan, dan sifat peran masih perlu diberi uraian tugas yang jelas. Makna persepsi masyarakat adalah citra yang positif dalam sikap dan sifat pelayanannya. Hambatan dalam mendapatkan pelayanan keperawatan tidak dialami partisipan. Harapan terhadap perawat meliputi peningkatan proses pendidikan, sikap, komunikasi, tampilan, jumlah, dan kedisiplinan perawat. Harapan terhadap pelayanan keperawatan meliputi target dan cara layanan, serta pelayanan yang lebih baik. Penelitian ini menyimpulkan citra perawat di Balkesmas Sint Carolus Kelurahan Paseban Jakarta Pusat yang positif. Citra keperawatan positif dapat meningkatkan kepuasan masyarakat dan menjadi promosi bagi pelayanan keperawatan."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2009
T26586
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Indriati Kusumaningsih
"ABSTRAK
Citra perawat sebagai pemberi jasa layanan kesehatan dinilai melalui kemampuan perawat memberikan perawatan, memahami klien, dan perilaku perawat. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran bagaimana persepsi masyarakat terhadap citra perawat di Balkesmas Sint Carolus. Desain penelitian yang digunakan yaitu fenomenologi deskriptif dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Partisipan merupakan tujuh orang dewasa yang memiliki pengalaman berinteraksi dengan perawat dan mendapatkan pelayanan keperawatan di Balkesmas Sint Carolus. Wawancara mendalam digunakan dalam pengumpulan data dengan bentuk pertanyaan terbuka semi terstruktur. Hasil wawancara direkam menggunakan tape recorder dan handycam, dibuat transkrip verbatim, dan dianalisis dengan metode Colaizzi (1978). Keabsahan data dijamin dengan memenuhi prinsip validitas internal, validitas eksternal, dependability, dan confirmability. Penelitian menghasilkan 10 tema tentang persepsi masyarakat terhadap citra perawat. Persepsi terkait citra pelayanan keperawatan mengidentifikasi proses pelayanan yang memuaskan melalui pelayanan komunikasi, administrasi, dan sikap pelayanan yang berespon terhadap kebutuhan klien. Persepsi terhadap citra perilaku perawat mengidentifikasi identitas perawat dan kinerja yang cukup positif. Persepsi terkait citra peran dan fungsi perawat berdasarkan jenis peran, cara berperan, dan sifat peran masih perlu diberi uraian tugas yang jelas. Makna persepsi masyarakat adalah citra yang positif dalam sikap dan sifat pelayanannya. Hambatan dalam mendapatkan pelayanan keperawatan tidak dialami partisipan. Harapan terhadap perawat meliputi peningkatan proses pendidikan, sikap, komunikasi, tampilan, jumlah, dan kedisiplinan perawat. Harapan terhadap pelayanan keperawatan meliputi target dan cara layanan, serta pelayanan yang lebih baik. Penelitian ini menyimpulkan citra perawat di Balkesmas Sint Carolus Kelurahan Paseban Jakarta Pusat yang positif. Citra keperawatan positif dapat meningkatkan kepuasan masyarakat dan menjadi promosi bagi pelayanan keperawatan.

ABSTRACT
Image of nurses who deliver health care services are seen through their ability to care, their capacity to understand client and also their attitude. The purpose of this study was to explore peoples? perception on nurses? image at Sint Carolus Community Health Services. A phenomenological study using a purposive sampling method was employed to this study. Seven adults who experienced an interaction with the nurse and also used nursing service at Sint Carolus Community Health Services participated in this study. The data were gathered by the use of in-depth interview technique using a semi structured and open ended questionnaires. The interview was tape-recorded using tape recorder, captured by a handy camera, verbatim transcribed and analyzed using Colaizzi methods (1978). The data validity was confirmed with the principle of internal validity, external validity, dependability and also conformability. This study revealed 10 peoples? perception of nurses? image themes. Perception on health care image identified a satisfied service process through communication, service, administration, and service?s attitude responding to clients? need. Perception on nurses? attitude image identified nurses? identity and quite positive performance. Perception on nurses? role and function based on its type, ability to play the role and the kind of performance needed to have more specific job description. The meaning of peoples? perception is the positive image of the service. Most participants did not experience any difficulty in getting the access for nursing service. Expectation for nurses includes the increasing of educational process, attitude, communication, performance, number of nurses and also the discipline. It is concluded that the nurses? image of Sint Carolus Community Health Services at Paseban Village Central of Jakarta is positive enough. Recommended theme that needs to be investigated deeper is the easiness of nursing service access and the use of focus group discussion method. The positive image of nursing services can satisfy and promote the nursing services. "
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2009
T-Pdf
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Mugianti
"ABSTRAK
Pasien selalu menginginkan dirawat oleh perawat profesional. Perawat merupakan tenaga kesehatan terbanyak di rumah sakit, 24 jam bersama pasien, namun keberadaan perawat sering terlupakan. Pengakuan terhadap perawat masih banyak diragukan.Tujuan penelitian adalah mendapatkan gambaran bagaimana pandangan pasien terhadap citra perawat. Studi kualitatif fenomenologi belum banyak dilakukan untuk menggali pengalaman pasien tentang citra perawat setelah pasien dirawat di rumah sakit. Partisipan dipilih menggunakan metode purposif dengan kriteria berusia minimal 18 tahun dan telah menjalani perawatan minimal 3 hari di Bapelkes RSU Ngudi Waluyo Blitar. Enam partisipan berperan dalam penelitian ini. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan dilengkapi dengan catatan lapangan. Wawancara direkam kemudian dibuat transkrip wawancara. Ada 13 tema yang diperoleh untuk menjawab tujuan penelitian. Sikap perawat, ketrampilan dan kegiatan perawat merupakan tiga tema yang didapat dari pandangan pasien terhadap perilaku perawat Pandangan terhadap pelayanan keperawatan terwakili oleh tiga tema yakni kualitas pelayanan keperawatan, aturan dan penilaian terhadap layanan. Satu tema status perawat merupakan hasil dari pandangan pasien terhadap peran fungsi perawat. Makna pengalaman terhadap pelayanan keperawatan diwakili oleh dua tema yakni penilaian citra positif dan penilaian citra negatif. Profesionalisme perawat, pengembangan layanan, aktivitas perawat dan meningkatkan citra adalah empat tema yang mewakili harapan pasien terhadap pelayanan keperawatan. Penilaian citra positif pasien yang dirawat di Bapelkesmas RSU Ngudi Waluyo tentang pelayanan keperawatan menjadi makna pengalaman pasien yang telah menggeser penilaian citra negatif walaupun masih ada makna pengalaman penilaian citra negatif dari partisipan. Hasil penelitian ini memberikan implikasi berupa informasi yang bermanfaat untuk memperbaiki citra perawat, melalui perbaikan pelayanan, dukungan penentu kebijakan dan mempersiapkan calon perawat profesional dengan baik dan benar.

ABSTRACT
Patients always expect to get a professional nursing care. Among other health care professionals, the number of nurses have been regarded as the majority. However the existence of nurses has been overlooked. The existence of the nurses in some parts has remained ignored. This study was intended to get descriptions of patient's perception on the nurses image. There has been limited exploration on the image of nurses perceived by patients who admitted in the hospital. Six participants were chosen using a purposive sampling method, who were at the minimum age of 18 years old and had been admitted at Ngudi Waluyo General Hospital at least 3 days. The data were gathered thorough in-depth interviews and field notes. The interviews were recorded and transcribed. There were 13 themes revealed from this study. Nurses' behaviors, skills and nurses' activities were the three themes concerning the patients' perceptions on the nurses' behaviors. The themes on the nursing services included the quality of nursing services, rules and evaluation on the services. One theme on the nurses' role and functions of nurses was a theme of the status of nurses. Other theme on the patients' experiences included the positive and negative experiences. Further more, themes on the patients expectation to the health care services consisted of four different themes; nurses professionalism, services development, nurses' activities and improve the nurses' image. The positive experience of the participants on the nursing services substituted the negative experiences of the participants. This study provided valuable information used for enhancing nurses' image thorough the improvement of nursing service, policies and better preparations of the professional graduates nurses."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2008
T-Pdf
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library