Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 6 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sari Widya Sihwi
"Seiring meluasnya penggunaan komputer dalam dunia pendidikan yang disertai dengan bertambahnya kebutuhan akan pembelajaran yang lebih efektif, menyebabkan terlahirnya inovasi baru dalam dunia Computer Aided Instruction (CAI), yaitu Intelligent Tutoring System (ITS). ITS mampu memberikan pembelajaran yang bersifat individualized kepada setiap siswa sesuai dengan kemampuannya masing-masing. Kemampuan ITS untuk mengadaptasikan pembelajaran sesuai kemampuan siswa merupakan hasil dari kinerja salah satu modul dalam ITS, yaitu Student Model yang mampu mengukur kemampuan siswa. Untuk mengukur kemampuan siswa yang mengandung ketidakpastian, Student Model memerlukan sebuah teknik. Salah satu teknik yang dapat digunakan dan yang dijadikan pembahasan pula dalam laporan Tugas Akhir ini adalah Bayesian Network.
Sesuai dengan tema yang diangkat pada Tugas Akhir ini, yaitu Penerapan Bayesian Network pada Student Model, penulis menetapkan bahwa tujuan dari Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui lebih jauh tentang Student Model serta bagaimana Bayesian Network diterapkan dalam Student Model, dan juga untuk membuktikan bahwa Bayesian Network dapat mendukung Student Model dalam menjadikan ITS lebih adaptif. Untuk mencapai tujuan tersebut, penulis meggunakan metodologi berupa studi literatur, analisa, perancangan dan implementasi sistem, serta ujicoba dan penarikan kesimpulan.
Hasil akhir yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan oleh penulis, setelah dilakukan ujicoba dengan menggunakan beberapa kondisi pada prototipe sistem yang telah dibuat, ternyata mampu membuktikan bahwa Bayesian Network mampu mendukung kinerja dari Student Model."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2005
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Cai, Mingjie
Singapore: Aktive Learning, 2010
388.413 214 MIN d
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
"The emergence of the computer as an aid to education, with its unlimited range of instructional control options
available to designer and user supports the vast development of coursewares. Hundreds of coursewares, aim to increase
learners’ learning outcomes were developed. However, to have a courseware fits with learners’ characteristics many
issues need to be explored. Referring to Resnick’s (1989) definition of learning as knowledge construction, it is critical
for coursewares to support learners in the process of acquiring, retaining, and retrieving different kinds of knowledge
and performance. In acquiring, retaining, and retrieving information learners use procedures known as cognitive
strategies. It is assumed that cognitive strategies are integral to the process of learning, but initiation of their use may
come from the learner’s self-instruction, or, from an instructional unit or system. This study intends to show how
courseware design affects the use of cognitive strategies, especially from the high-school learners in Indonesia. A close
examination on the psychological processes in learning was made to address questions: (a) how does screen density
affect the use of cognitive strategies? (b) Does material presented in a linear format differs with material presented in
non-linear (hypertext-based) in producing learner’s learning outcomes? The results show that learners employed better
cognitive strategies when presented with 25% text density material compare to 60%. Hypertext-based courseware was
also found to have an effect on how learner processed the information."
Lembaga Penelitian Universitas Indonesia, 2003
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Hartati Dewi Reksodiputro
"The emergence of the computer as an aid to education, with its unlimited range of instructional control options available to designer and user supports the vast development of coursewares. Hundreds of coursewares, aim to increase learners? learning outcomes were developed. However, to have a courseware fits with learners? characteristics many issues need to be explored. Referring to Resnick?s (1989) definition of learning as knowledge construction, it is critical for coursewares to support learners in the process of acquiring, retaining, and retrieving different kinds of knowledge and performance. In acquiring, retaining, and retrieving information learners use procedures known as cognitive strategies. It is assumed that cognitive strategies are integral to the process of learning, but initiation of their use may come from the learner?s self-instruction, or, from an instructional unit or system. This study intends to show how courseware design affects the use of cognitive strategies, especially from the high-school learners in Indonesia. A close examination on the psychological processes in learning was made to address questions: (a) how does screen density affect the use of cognitive strategies? (b) Does material presented in a linear format differs with material presented in non-linear (hypertext-based) in producing learner?s learning outcomes? The results show that learners employed better cognitive strategies when presented with 25% text density material compare to 60%. Hypertext-based courseware was also found to have an effect on how learner processed the information."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2003
AJ-Pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Raden Ajeng Dewisari Puspitaningsih Averilya
"Tulisan bertujuan menganalisis motif yang mendasari Tiongkok dalam menyepakati ketentuan pembangunan berkelanjutan yang terkandung di dalam Comprehensive Agreement on Investment (CAI) dengan Uni Eropa pada tahun 2020. Analisis dalam tulisan ini didukung oleh kerangka teori cross-regionalisme yang menjelaskan motif suatu aktor internasional dalam menyetujui kemitraan ekonomi dengan mitra di kawasan berbeda. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan metode penelitian melalui studi literatur. Studi literatur dilakukan dengan mencari data dan informasi pada artikel, jurnal, buku, berita, hingga situs resmi. Melalui analisis yang dilakukan, penelitian ini menemukan bahwa pertimbangan Tiongkok dalam menyetujui ketentuan pembangunan berkelanjutan dalam CAI dipengaruhi oleh tiga motif seperti motif ekonomi yang didukung oleh keinginan Tiongkok dalam memperoleh akses pasar dan upaya mencegah pengalihan investasi mengikuti perdagangan. Motif keamanan dan diplomasi Tiongkok yang dipengaruhi keinginan Tiongkok memperkuat tatanan keamanan, menghindari isolasi diplomatik, serta meningkatkan status internasional. Adapun motif leverage Tiongkok dipengaruhi upaya untuk menciptakan preseden dan peningkatan kapasitas Tiongkok.

This paper aims to analyze the motives underlying China in agreeing to the terms of sustainable development contained in the Comprehensive Agreement on Investment (CAI) with the European Union in 2020. The analysis in this paper is supported by the theoritical framework of cross-regionalism which explains the motives of an international actor in agreeing to a economic cooperation with partner in different region. This research is qualitative with research method through literature study. Literature study is carried out by searching for data and information on articles, journals, books, news, and official websites. Through the analysis conducted, this study finds that China's consideration in agreeing to terms of sustainable development in the CAI is affected by three motives such as economic motives which are influenced by China's desire to gain market access and efforts to prevent investment diversion following trade. China's desire to strengthen the security order, avoid diplomatic isolation, and improve international status. Meanwhile, China's leverage motive is influenced by the efforts to create precendents and increase China's capacity.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tivani Yuliansyah
"Daerah Bogor khususnya di bagian Puncak adalah daerah dengan tingkat curah hujan tinggi dan variasi kemiringan lereng yang beragam. Akibatnya, bencana tanah longsor atau gerakan tanah menjadi sangat sering terjadi dalam rentan waktu yang cukup singkat. Salah satu lokasi yang berpotensi terjadi tanah longsor adalah daerah wisata Camp Hulu Cai karena disokong oleh lereng yang juga menghubungkan jalan dari desa yang satu ke desa yang lainnya di Kecamatan Ciawi. Sebagai upaya untuk mengetahui tingkat kestabilan lereng di lokasi tersebut, perlu dilakukan pemodelan kestabilan lereng agar tingkat keamanan lereng diketahui. Dalam hal ini, pemodelan fellenius dan bishop menjadi metode utama untuk menentukan faktor keamanan lereng tersebut. Analisis dengan kedua metode ini dapat memperkuat interpretasi kestabilan lereng. Tahapan penelitian berupa pengambilan sampel primer tanah untuk dianalisis mekanika tanahnya sebagai data geoteknik untuk pemodelan lereng. Lalu, data ini diolah dengan program Rocscience Slide2 untuk mendapat angka faktor keamanan lereng. Dari kedua metode ini, didapatkan hasil bahwa angka kestabilan untuk metode fellenius di angka 0.161 dan metode bishop di angka 0,157. Hasil ini menunjukkan bahwa lereng berada di tingkat sangat tidak stabil dan rentan akan bencana tanah longsor. Dengan pemodelan untuk menentukan desain lereng aman, didapatkan hasil bahwa lereng akan berada dalam kondisi stabil jika di tambahkan penguatan lereng berupa pembuatan undakan lereng serta perkuatan sintetis 4 soil nails dan 4 geogrids.

The Bogor region, especially in the Puncak area, is characterized by high rainfall and diverse slope gradients. As a result, landslides or soil movements frequently occur within a relatively short period of time. One area with potential landslide risks is Camp Hulu Cai, as it is supported by slopes that connect roads between villages in the Ciawi District. To assess the slope stability at this location, slope stability modeling is necessary to determine the safety factor of the slopes. The Fellenius and Bishop methods are the primary techniques used to evaluate the slope safety factor. The research involves sampling soil to analyze its soil mechanics as geotechnical data for slope modeling. This data is processed using the Rocscience Slide2 program to obtain slope safety factor values. The analysis results indicate that the stability factor for the Fellenius method is 0.161, and for the Bishop method, it is 0.157. These results suggest that the slope is highly unstable and susceptible to landslides. By modeling to determine a safe slope design, the result was that the slope would be in a stable condition if slope reinforcement was added in the form of making slope steps and synthetic reinforcement with 4 soil nails and 4 geogrids."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library