Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 10 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ahmad Fitriyan
"Menggunakan perluasan teori planned behaviour (TPB) penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan apa saja yang memengaruhi perilaku seseorang berdonasi untuk kampanye urun dana crowdfunding lingkungan. Kepekaan terhadap lingkungan alam ditambahkan ke dalam model perluasan TPB untuk melihat pengaruhnya terhadap perilaku berdonasi. Survei dilakukan terhadap 385 responden yang mengetahui urun dana. Analisis pada penelitian ini menggunakan analisis jalur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa berdonasi untuk kampanye lingkungan melalui urun dana ditentukan oleh environmental sensitivity, sikap, norma subyektif, motivation to comply, kredibilitas dan intensi untuk berdonasi. Environmental sensitivity dan sikap berdampak ke perilaku berdonasi tanpa harus melalui intensi. Norma subyektif, motivation to comply dan kredibilitas mempunyai pengaruh langsung terhadap intensi dan berdampak ke perilaku berdonasi secara tidak langsung. Norma subyektif dan kredibilitas menjadi faktor dominan yang memengaruhi intensi berdonasi. Hasil analisis juga menunjukan antara niat dan perilaku sebenarnya tidak begitu besar skor pengaruhnya, demikian juga dengan faktor lainnya yang relatif lemah. Hal tersebut menunjukkan bahwa banyak faktor lain yang dapat memengaruhi intensi dan perilaku dalam berdonasi di urun dana lingkungan.

Using the extended theory of planned behavior (TPB), this study aims to explain what influences a persons behavior in donating to an environmental crowdfunding campaign. Environmental sensitivity was added to the extended TPB model to see its effect on donation behavior. The survey was conducted on 385 respondents who knew about crowdfunding. The analysis in this study uses path analysis. The results of this study indicate that donating to environmental campaigns through crowdfunding is determined by environmental sensitivity, attitude, subjective norms, motivation to comply, credibility, and intention to donate. Environmental sensitivity and attitude affect the behavior of donating without having to go through the intention. Subjective norms, motivation to comply and credibility have a direct influence on intentions and have an indirect impact on donating behavior. Subjective norms and credibility are the dominant factors that influence the intention to donate. The results of the analysis also show that the actual intention and behavior score is not that big, as well as other factors that are relatively weak. This shows that there are many other factors that can influence the intention and behavior of donating in environmental crowdfunding."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Giovanno Rachmat
"ABSTRAK
Penelitian ini meneliti pengaruh jarak sosial terhadap perilaku berdonasi, yaitu salah satu bentuk dari perilaku menyumbang, dengan identity fusion berperan sebagai moderator. Jarak sosial dimanipulasi dengan menyamakan atau membedakan identitas agama partisipan dan lembaga amal untuk menciptakan jarak sosial yang kecil atau besar . Eksperimen dilakukan pada 110 mahasiswa dengan kriteria mahasiswa aktif S1 Universitas Indonesia dan beragama Islam M=19,87, SD=1,10 . Hasil analisis linear regression menunjukkan bahwa 15,30 varians perilaku berdonasi dapat dijelaskan oleh jarak sosial, F 5,104 = 3.756, p= 0.04 , meski jarak sosial tidak memiliki significant unique effect terhadap perilaku berdonasi. Namun, terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara jarak sosial dan identity fusion b= 0,456, SE= 0,187, 95 CI [0,086, 0,826], t= 2,443, p= 0,016 . Secara spesifik, jarak sosial mempengaruhi perilaku berdonasi ketika tingkat identity fusion rendah b= -0,704, SE= 0,268, 95 CI [-1,235, -0,173], t= -2,631, p= 0,010 tetapi tidak ketika tingkat identity fusion tinggi.

ABSTRACT
This research investigates the affect of social distance towards donating behavior, with identity fusion acting as a moderator. Social distance is manipulated by matching or unmatching the religious identity of both the participants and the charity organization, to create a socially near or socially distant condition. The experiment was conducted among 110 Muslim undergraduate students of Universitas Indonesia M 19.87, SD 1.10 . The linear regression analysis shows that 15.30 of variance can be explained by social distance, F 5,104 3.756, p 0.04 , though no significant unique effect of social distance towards donating behavior was found. However, a significant interaction effect between social distance and identity fusion was found b 0.456, SE 0.187, 95 CI 0.086, 0.826 , t 2.443, p 0.016 . Specifically, social distance affect donating behavior when the identity fusion is low b 0,704, SE 0,268, 95 CI 1,235, 0,173 , t 2,631, p 0,010 but not when the identity fusion is high."
2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anisa Maisyarah
"Puluhan tahun Palestina hidup di bawah penjajahan sejak tragedi Nakba 1948, dan selama itu pula masyarakat Indonesia terus aktif mendukung dengan berbagai bentuk, salah satunya melalui berdonasi amal. Penelitian ini mengidentifikasi motivasi dan faktor rasional yang memengaruhi generasi Z dalam berdonasi amal untuk Palestina, menginterpretasi pandangan mereka terhadap donasi, dan menganalisis pengaruh aktivitas berdonasi terhadap kehidupan mereka. Pendekatan Interpretative Phenomenological Analysis (IPA) digunakan untuk memfasilitasi penelitian ini. Wawancara semi-terstruktur dilakukan kepada enam orang yang mewakili generasi Z dengan karakter yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan motif dan faktor yang mendorong generasi Z dalam donasi amal untuk Palestina meliputi pengaruh pengalaman dan lingkungan sekitar, peran media sosial dan penyebaran informasi, peran lembaga amal dan sosial, tragedi agresi, keistimewaan Palestina, serta kesadaran nilai religiusitas dan kemanusiaan. Generasi Z memandang donasi amal untuk Palestina sebagai tanggung jawab sosial dan bentuk perjuangan. Pengaruh aktivitas berdonasi amal terhadap kehidupan generasi Z mencakup kesadaran diri untuk belajar dan berkontribusi, dampak psikologis dan efek berdonasi, dampak sosial, serta dinamika finansial. Penelitian ini memberikan pemahaman serta sudut pandang unik dari generasi Z, memperkaya kajian perilaku ekonomi dengan mengelaborasi pendekatan psikologis, teori ekonomi, dan isu kemanusiaan dalam perspektif Islam. Para peneliti kuantitatif dapat menjadikan penelitian ini sebagai acuan dalam menentukan variabel baru untuk memahami kebiasaan anak muda dalam berdonasi amal untuk Palestina.

For decades Palestinians have lived under colonization since the Nakba tragedy of 1948, and throughout that time the Indonesian people have been actively supporting them in various forms, including through charitable donations. The research identified motivations and rational factors that influenced Generation Z in donating charities to Palestine, interpreted their views on donations, and analyzed the impact of donated activities on their lives. The Interpretative Phenomenological Analysis (IPA) approach is used to facilitate this research. Semi-structured interviews were conducted with six people representing the Z generation with a defined character. Based on the results of the analysis, the motives and factors that motivated Generation Z to donate charities to Palestine included the influence of experience and environment, the role of social media and dissemination of information, the roles of charities and social institutions, the tragedy of aggression, the privilege of Palestine, and the awareness of the values of religiousness and humanity. Generation Z sees charitable donations to Palestine as social responsibility and a form of struggle. The impact of donated charity activities Generation Z includes self-awareness to learn and contribute, psychological impact and effects of donation, social impact, and financial dynamics. This research provides a unique understanding and perspective of the Z generation, enriching the study of economic behavior by elaborating psychological approaches, economic theory, and humanitarian issues in an Islamic perspective. Quantitative researchers can use this research as a benchmark in identifying new variables for understanding the habits of young people in donating charities to Palestine."
Jakarta: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Makarim Muhammad
"Survei bertajuk World Giving Index melaporkan bahwa Indonesia merupakan negara paling dermawan di dunia, dimana kedemawanan menurut survei tersebut tidak hanya ditunjukkan oleh donasi uang tetapi juga donasi waktu dan tenaga. Hal ini sangat terasa di masa pandemi ini dan sejalan dengan tren peningkatan donasi digital di Indonesia. Namun demikian, sebagian besar penelitian yang ada saat ini hanya menganalisis perilaku berdonasi dalam bentuk uang. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang menentukan intensi berpartisipasi kembali dalam menggunakan layanan donasi digital terutama terkait kecenderungan untuk berdonasi waktu dalam bentuk membantu donator lainnya (dikenal dengan istilah customer citizenship behaviour atau CCB) di Indonesia. Penelitian ini menggunakan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) 2 sebagai teori yang menjelaskan penerimaan sebuah teknologi digital dan pendekatan studi kuantitatif dengan metode Partial Least Square Structural Equation Modelling (PLS-SEM). Studi ini berhasil mengumpulkan 298 responden dari seluruh Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor utama yang menentukan intensi berpartisipasi kembali dalam menggunakan layanan donasi digital adalah ekspektasi performa (performance expectancy), kondisi yang memfasilitasi (facilitating condition), rasa percaya (trust), dan kebiasaaan (habit). Namun, faktor pengaruh sosial (social influence), nilai harga (price value), ekspektasi usaha (effort expectancy), motivasi hedonis (hedonic motivation), dan keyakinan beragama (religiosity) tidak memiliki dampak yang signifikan dalam studi ini. Intensi berdonasi, di sisi lain, memiliki pengaruh positif terhadap customer citizenship behavior. Secara keseluruhan, hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi pengelola platform donasi digital dalam mengembangkan platformnya terutama untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi layanan, memperbaiki infrastruktur teknis dan organisasi, serta menjaga tingkat kepercayaan donatur pada platform dan program donasi. Selain itu, hasil penelitian ini diharapkan bisa memperkaya literatur pada ranah filantropi digital dan menjadi masukan bagi pemerintah dalam mengembangkan kebijakan terkait filantropi digital di Indonesia.

The World Giving Index reports that Indonesia is the most generous country in the world, generosity is not only shown by donations in the form of money but also donations in the form of time and assistance. This is very much felt during the pandemic and is in line with the trend of digital donations in Indonesia. However, existing studies usually only analyze the behavior of donating in the form of money. Therefore, this study aims to analyze the factors that determine the intention of using digital donation services including the tendency to donating time in form of helping others (known as customer citizenship behavior or CCB) in Indonesia. This study uses the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) 2 model as a theory that explains the acceptance of technology and a quantitative approach with Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM) method. This study managed to collect 298 respondents from all over Indonesia. The results showed that the main factors that determine reparticipation intention in using digital donation services are performance expectancy, facilitating conditions, trust, and habit. Other factors, namely effort expectancy, social influence, price value, hedonic motivation, and religiosity do not have significant influence on the reparticipation intention. Reparticipation Intention, on the other hand, has a positive influence on customer citizenship behavior. The results of this study are expected to enrich the literature and provide recommendations to the donation platform. Practical implication of this study is that the donation platform can improve service effectiveness and efficiency, technical and organizational infrastructure, and the level of donor trust towards donation platform and donation campaign in order to maintain donors Reparticipation Intention. In addition, the results of this study are expected to enrich the literature in the realm of digital philanthropy and provide recommendation for the government in developing policies related to digital philanthropy in Indonesia."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Hasbi Alvin Satyawan
"Menurut BAZNAS, penghimpunan dana donasi seperti infak/sedekah berkontribusi cukup besar pada penghimpunan dana filantropi nasional di Indonesia pada tahun 2018. Selain itu, Indonesia mendapat predikat “negara terdermawan” menurut “CAF World Giving Index 2018”. Berbagai cara dilakukan dalam proses pengumpulan dana donasi, mulai dari secara luring hingga daring dengan memanfaatkan situs jejaring sosial atau media sosial. Namun demikian, belum banyak penelitian terkait hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi intensi donatur muslim dalam berdonasi melalui media sosial, serta faktor-faktor ekstrinsik yang memengaruhi sikap mereka dalam melakukan perilaku tersebut. Penelitian ini mengadaptasi kerangka Theory of Planned Behavior, serta menggunakan faktor-faktor ekstrinsik, yaitu persepsi pada proyek/kegiatan amal, organisasi amal, fitur teknologi internet, dan fitur situs jejaring sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kuantitatif dengan metode Structural Equation Modelling (SEM). Data primer diperoleh melalui survei secara daring dengan metode purposive sampling yang melibatkan 234 responden WNI muslim yang pernah melakukan donasi melalui media sosial. Penelitian ini menemukan adanya pengaruh positif dari attitude (sikap), subjective norm (norma subjektif), dan perceived behavioral control (kontrol perilaku yang dirasakan) terhadap intensi donatur muslim untuk berdonasi kembali melalui media sosial. Selain itu, sikap donatur muslim dalam berdonasi melalui media sosial juga dipengaruhi secara positif oleh fitur teknologi internet dan fitur situs jejaring sosial, sementara proyek/kegiatan amal dan organisasi amal tidak memiliki pengaruh terhadap sikap tersebut. Temuan pada penelitian ini dapat dijadikan referensi bagi organisasi-organisasi amal untuk memaksimalkan penghimpunan donasi serta menjaga hubungan berkelanjutan dengan donatur potensial melalui media sosial. Penelitian ini memberikan pengetahuan terkini tentang perilaku berdonasi, secara spesifik melalui media sosial, pada negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia.
According to BAZNAS, the collection of donation funds such as infak/sedekah significantly contributed to the national philanthropic funds collection of Indonesia in 2018. Moreover, Indonesia was crowned as “the most generous country”, according to “CAF World Giving Index 2018”. Various methods are used in the process of collecting donations, from offline to online by utilizing social network sites or social media. However, there has not been much research related to this topic. This study aims to analyze the factors influencing the moslem donors’ intention to donate via social media, as well as the extrinsic factors that influence their attitude. This research adapts the Theory of Planned Behavior and also uses extrinsic factors such as perception on charity project, charity organization, internet technology features, and social network sites features. This research uses a quantitative study approach with the Structural Equation Modelling (SEM) method. Primary data was collected through an online survey using a purposive sampling method that involved 234 Indonesian moslem citizen as respondents who have made donations through social media. The results indicated that the attitude, subjective norm, and perceived behavioral control positively influence moslem donors’ intention to donate via social media. Furthermore, the moslem donors’ attitude in donating via social media is also positively influenced by internet technology features and social network sites features, while charity project and charity organization have no influence on attitude. The findings in this research can be used as a reference for charity organizations to maximize the collection of donations and maintain sustainable relationships with potential donors through social media. This research provides current insights about donating behavior, specifically via social media, in the country with the largest moslem population in the world."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nindy Annisa
"ABSTRAK
Perluasan Theory of Planned Behavior TPB digunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui intensi individu dalam mendonasikan uang. Responden berjumlah 232 orang telah mengisi kuesioner dengan teknik convenience sampling. Analisis regresi linear berganda digunakan untuk mengetahui pengaruh sikap, norma deksriptif, norma moral, perceived behavioral control, dan pengalaman masa lalu Selain itu, keyakinan agama dijadikan sebagai variabel moderasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hanya norma deskriptif, norma moral dan perceived behavioral control berpengaruh signifikan terhadap intensi perilaku berdonasi dan keyakinan agama berperan dalam memoderasi seluruh variabel independen dalam penelitian ini.

ABSTRACT
An extended Theory of Planned Behavior TPB was used to predict individual rsquo s intention on donating money. Respondents n 232 completed an online questionnaire using convenience sampling. Multiple regression analyses used in order to test the influence of attitude, descriptive norm, moral norm, perceived behavioral control, and past behavior. Furthermore, religious beliefs is integrated as a moderating variable. This study shows only descriptive norm, moral norm and perceived behavioral control that significantly influencing behavioral intention to donate on an individual. Meanwhile, religious beliefs has role on moderating all independent variables on this study."
2017
S68220
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Untung Handayani Ramli
"ABSTRAK
Tidak dapat dipungkiri bahwa masyarakat Indonesia memiliki tingkat aktivitas donasi uang yang tinggi dibandingkan negara lain, termaksud melalui lembaga amal atau nirlaba seperti masjid. Namun, institusi masjid masih memiliki banyak kelemahan dalam aspek manajerial dan kepercayaan dari masyarakat yang berpotensi mengurangi minat masyarakat dalam berdonasi uang ke masjid. Dengan menggunakan modifikasi pendekatan Theory of Planned Behaviour TPB, penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu faktor-faktor yang memengaruhi minat jemaah dalam berdonasi uang ke masjid di Kota Depok. Penelitian ini juga akan mengestimasi potensi serta kontribusi donasi uang masjid di Depok. Untuk itu, penelitian ini mengumpulkan data dari 235 jemaah masjid yang tersebar di 11 kecamatan di Kota Depok. Berdasarkan analisis Structural Equation Model SEM, variabel kepercayaan agama dan kepercayaan terhadap masjid memiliki pengaruh positif terhadap sikap dalam berdonasi uang ke masjid. Selain itu, kontrol perilaku perceived behavioural control, norma subjektif, dan perilaku masa lalu juga memiliki pengaruh positif terhadap minat jemaah masjid dalam berdonasi uang. Hasil estimasi juga menunjukkan bahwa kontribusi rata-rata donasi uang setiap jemaah masjid per pekannya mencapai Rp29.241, masih mencapai 51,71 dari potensi yang ada. Oleh karena itu, penelitian ini bisa menjadi tambahan literatur terkait perilaku berdonasi jemaah masjid. Penelitin ini juga memberikan rekomendasi bagi manajemen masjid dan pemerintah untuk membangun standarisasi manajemen masjid serta peningkatan kualitas layanan.

ABSTRACT
It is undeniable that Indonesian people have higher level of donating activity compared to other countries either through charities or nonprofit organization, for example mosque instituion. However, the mosque institution still has many weaknesses in managerial and trust aspects from society that have potential to reduce public interest in donating money to the mosque. By using the extended Theory of Planned Behavior TPB , the research aims to find out which variables that have significant impact on the intentions of people in donating money to the mosque in Depok. This research also explains the potential and contribution of mosque based cash donation in Depok. Data was obtained for 235 people spreading in 11 districts in Depok. Based on Structural Equation Model SEM analysis, religious beliefs and institution trust have a positive effect on respondents rsquo attitude in donating money to the mosque. In addition, perceived behavioral control, subjective norms, and past behavior have also influenced positively to the intention of respondents in donating money. It is also known that the average contribution per week of mosque based cash donation in Depok reaches Rp29,241, still reaching 51.71 of the potential. Therefore, this research could be an additional literature about giving behavior of mosques congregations. The research also recommends government and mosque management to build standardized mosque management and to enhance the quality of services provided."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Akmal
"Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus yang membahas tentang peran dari audit laporan keuangan terhadap keputusan berdonasi pada entitas crowdfunding. Penelitian bermetode campuran dengan pendekatan deskriptif menggunakan dokumentasi, survey dan dilanjutkan dengan wawancara. Hasilnya adalah laporan keuangan entitas crowdfund kitabisa memiliki peran sebagai bentuk akuntabilitas dan kredibilitas dari entitas. Adapun hasil penelitian mengungkapkan audit atas laporan keuangan kitabisa menjadi salah satu faktor bagi donatur dalam mengambil keputusan berdonasi dikarenakan adanya bounded rationality, yakni tiap manusia sebagai individu memiliki keterbatasan dalam pengambilan keputusan tergantung kemampuan masing-masing individu, ketidakpastian lingkungan dan waktu dan juga kompleksitas informasi yang tersedia.

This research is a case study that discusses the role of financial statement audits on the decision to donate to crowdfunding entities. The research method is a descriptive approach using documentation, surveys and followed by interviews. The result is that the crowdfund entity financial statements having role as a form of accountability and responsibility of the entity. The results of the study also reveal that audits of financial statements can became one of many factors for donors in making decisions to donate because this pertains to bounded rationality, which is limitations of each human being as an individual in making decisions depending on the abilities of said individual, environment and the time uncertainty and complexty of available information."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Esmeralda Indriani
"Implementasi urun dana (crowdfunding) merupakan salah satu bentuk dari kemajuan teknologi finansial (tekfin) atau financial technology. Kini berdonasi dapat dilakukan dengan menggunakan teknologi, yaitu secara online melalui platform urun dana berbasis donasi. Namun masih relatif sedikit studi yang meneliti mengenai motivasi yang mendorong individu untuk berdonasi dalam platform urun dana. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku berdonasi individu terutama Muslim Indonesia pada salah satu platform urun dana di Indonesia yaitu Kitabisa.com. Penelitian ini mengadopsi teori S-O-R (Stimulus-Organisme-Respon) sebagai kerangka teori dan melakukan studi kuantitatif menggunakan data primer. Pengumpulan sampel dilakukan melalui survei online yang melibatkan 405 responden, sementara pengolahan data dilakukan dengan menggunakan metode (Partial Least Square- Structural Equation Model) PLS-SEM.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik teknologi dan karakteristik kampanye penggalangan dana berpengaruh positif pada empati dan persepsi kredibilitas individu, sedangkan religiositas berpengaruh positif terhadap kualitas hubungan. Secara bersama-sama, kondisi internal individu yang terdiri dari empati, persepsi kredibilitas dan kualitas hubungan berperan positif dalam mendorong minat berdonasi melalui kitabisa.com. Hasil studi ini mengimplikasikan bahwa sangat penting bagi penyedia platform urun dana untuk memperhatikan kualitas web, kemudahan transaksi dan mempertahankan hubungan dengan donatur serta pembuatan konten yang berkualitas yang dilakukan oleh inisiator kampanye. Selain itu, hasil kajian ini diharapkan dapat memperkaya pengetahuan mengenai urun dana berbasis donasi dan perilaku berdonasi Muslim khususnya di Indonesia.

The implementation of crowdfunding is one form of financial technology advancement. Nowadays, donating can be done with modern way (online) through charitable crowdfunding. But there are still relatively few studies that discuss motivations that encourage individuals to donate in crowdfunding platforms. Therefore, this study discusses the factors that influence individual donation behavior based on Indonesian Muslims on one of the funding platforms in Indonesia, Kitabisa.com. This study discusses the theory of S-O-R (Stimulus-Organism-Response) as supporting theory and conducting quantitative studies using primary data. The sample collection was conducted through an online survey involving 405 respondents, while data processing was carried out using the PLS-SEM (Partial Least Square-Structural Equation Model) method.
The results of this study indicate the fact that technology and characteristics of fundraising campaigns have a positive effect on empathy and perceptions of individual credibility, while religiosity has a positive influence on the quality of relationships. Taken together, the individuals internal conditions consist of empathy, perceptions of credibility, and the quality of positive relationships in encouraging intention to donate through kitabisa.com. The results of this study imply that it is very important for providers of funding platforms to pay attention to website quality, facilitate transactions and maintain relationships with donors and create quality content carried out by campaign initiators. In addition, the results of this study are expected to enrich knowledge about funds based on donations and problems donating Muslims specifically in Indonesia."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aldilla Marharani Fadlurahmah
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis serta membandingkan faktor-faktor yang memengaruhi perilaku menabung dan berdonasi masyarakat muslim di Indonesia selama pandemi Covid-19 dengan menggunakan pendekatan Extended Theory of Planned Behavior. Penelitian ini menggunakan data primer yang dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner online dengan 301 responden yang aktif berdonasi ataupun menabung selama 6 bulan terakhir. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini ialah Structural Equation Modelling (SEM) dengan bantuan software LISREL 8.8. Temuan dalam penelitian ini menyebutkan bahwa seluruh variabel dalam Extended Theory of Planned Behavior memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat dan perilaku menabung serta berdonasi selama pandemi Covid-19, dengan variabel persepsi kontrol perilaku yang berpengaruh paling kuat terhadap niat atas perilaku berdonasi masyarakat muslim di Indonesia selama pandemi Covid-19 dan variabel sikap yang memiliki pengaruh paling kuat terhadap niat atas perilaku menabung masyarakat muslim di Indonesia selama pandemi Covid-19. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi lembaga pengumpul donasi dan pemerintah dalam mengoptimalkan pengumpulan donasi khususnya selama pandemi Covid-19.

This study aims to analyze and compare the factors that influence the saving and donation behavior of Muslim communities in Indonesia during the Covid-19 pandemic using the Extended Theory of Planned Behavior approach. This study uses primary data collected through the distribution of online questionnaires with 301 respondents who are actively donating or saving for the last 6 months. The analytical method used in this research is Structural Equation Modeling (SEM) with the help of LISREL 8.8 software. The findings in this study state that all variables in the Extended Theory of Planned Behavior have a positive and significant influence on interest and behavior in saving and donating during the Covid-19 pandemic, with the behavioral control perception variable having the strongest influence on the intention to donate behavior of Muslim communities in Indonesia. During the Covid-19 pandemic and the attitude variable that has the strongest influence on the intention to save the behavior of the Muslim community in Indonesia during the Covid-19 pandemic. The results of this study are expected to provide input for donation collection institutions and the government in optimizing donation collection, especially during the Covid-19 pandemic."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library