Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Kulak, Geoffrey L.
New York : John Wiley & Sons, 1987
671.5 KUL g
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Sumantri
"ABSTRACT
Penelitian mengkaji pengaruh perbedaan diameter lubang baut dengan diameter baut terhadap kuat geser dan kuat desak baut pada sambungan pelat baja. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana pengaruh ukuran lubang terhadap kuat geser dan desak baut pada sambungan baut tunggal. Tujuan jangka panjangnya adalah untuk mengetahui pengaruh ukuran lubang terhadap kuat geser dan desak baut pada sistem sambungan yang terdiri dari beberapa baut. Model penelitian adalah model eksperimen yaitu pengamatan langsung terhadap uji tarik sambungan baut menggunakan alat uji mesin test universal (universal test machine) di Ruang Laboratorium Jurusan Sipil Politeknik Negeri Medan. Untuk pengujian kuat geser digunakan benda uji berupa pelat dengan tebal 3,19 mm dan baut sebagai sampel yang diuji berdiameter 10 mm (diameter akmal ulir luar 9,73 mm) dengan tulisan di atas kepala baut UNS dan 4.6. ukuran lubang baut dibuat bervariasi, yaitu variasi-1d lubang = 10,5 mm, variasi-Z dlubang = 11,0 mm, variasi-3 dlubang = 11,5 mm, variasi-4 dlubang = 12,0 mm, variasi-S dlubang = 12,5 mm dan variasi-6 dlubang = 13,0 mm.
Beban puncak hasil uji yang mencerminkan kuat geser sambungan baut tunggal pada pelat nilainya berfluktuasi dan cendrung menurun jika ukuran lubang diperbesar. Terdapat perbada antara nilai beban puncak hasil pengujian dengan nilai hasil perhitungan berdasarkan SNI 03-17292002 yang cukup signifikan. Perbedaan ini dapat disebabkan nilai aktual tegangan baut lebih tinggi dari nilai nominal tegangan baut."
Medan: Politeknik Negeri Medan, 2017
338 PLMD 20:1 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Tangerang: Pusat Rekayasa Perangkat Nuklir PUSPIPTEK ,
621 PRIMA
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
Lebang, Meychel Triarlions
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas analisis tegangan yang dilakukan pada sebuah Vertical Leaf Filter dan fokusnya pada baut pengunci tutup filter. Metode yang digunakan adalah uji kekerasan material baut, pemeriksaan permukaan patahan secara visual, dan simulasi-stress analysis dengan menggunakan software Inventor. Hasil yang didapat adalah properties material baut Tensile Strength mempunyai nilai 831,45 MPa. Permukaan patahan baut memperlihatkan patahan ulet. Tegangan maksimum Von Mises yang dialami baut saat bekerja dengan tekanan internal filter melonjak hingga 6 bar diperkirakan dibawah 200 MPa. Kesimpulan yang didapat bahwa kekuatan baut pada kondisi genuine sangat kuat menahan beban tersebut.

ABSTRACT
This purpose of this study is to discusses stress analysis performed on a Vertical Leaf Filter focused on its locking bolt. The method used are bolt material hardness testing to estimate tensile strength, and stress simulation of bolt. The results indicating that bolt material is estimated to have 831.45 MPa Tensile Strength. Maximum Von Mises stress suffering on bolt with internal pressure filter spiked up to 6 bar is estimated of 200 MPa. This study concluded that genuine bolts are strong enough to withstand their load during operation including sudden high pressure load."
2017
S66850
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tambunan, Ida Royana
"Jembatan bentang panjang umumnya sering dibutuhkan dalam dunia konstruksi untuk melangkahi area di bagian bawah yang tidak dapat diganggu oleh pemasangan tiang jembatan. Pada penelitian ini, jembatan memiliki struktur berupa gelagar baja I yang membentuk box dengan tinggi box terbesar yaitu 4,5 meter. Jembatan ini memiliki panjang bentang 120 meter untuk bentang tengah dan 70 meter untuk bentang pinggir. Studi ini berfokus pada perbandingan hasil pemodelan struktur dengan hasil uji pembebanan yang dilakukan pada jembatan yang telah selesai masa konstruksinya. Dalam hal ini, studi ini mengevaluasi lendutan jembatan dengan perubahan ketebalan pelat komposit gelagar-I baja dan akibat perubahan sambungan splice dan bolts menjadi pegas elastik.

Long-span bridges are generally often needed in the world of construction to step over areas at the bottom that cannot be disturbed by the installation of bridge piers. In this study, the bridge has a structure in the form of steel I girders that form largest box height of 4.5 meters. The bridge has a span length of 120-meters for the mid span and 70-meters for the side span. This study focuses on results comparison between structural modeling with those of loading tests carried out on the bridge that has completed the construction period. In this regard, the study evaluates the bridge deflection with the changes in the thickness of the steel I-girder composite slab and due to the change of splice connections and bolts to elastic springs."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library