"
ABSTRAKArtikel ini, dengan menggunakan konsep-konsep Teori Praktik Pierre Bourdieu akan membahas usaha Agnes Monica sebagai salah satu selebriti yang berkecimpung di dunia hiburan, mengerahkan segala kapital yang dimilikinya untuk mendapatkan kapital simbolik berupa citra sebagai selebriti internasional di mata masyarakat luas, khususnya Indonesia, melalui proyek “Go International”nya. Usaha mendapatkan kapital simbolik adalah sebuah pertarungan simbolik. Melalui kapital simbolik ini, Agnes Monika dapat melanggengkan eksistensinya dan berada di posisi dominan di arena ini.
ABSTRACTThis article, by using Practical Theory of Pierre Bourdieu, concerns on Agnes
Monica’s effort as one of celebrity who takes part on the show-business, gives all of her capitals to gain the symbolic capital: recognition from the people as
international celebrity, especially Indonesian people, through the “Go
International” Project. The effort to gain this symbolic capital is a symbolic fight.
Through this symbolic capital, Agnes Monica can preserve her existence and being
in the dominant position in this arene."
Depok: [Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia;;, ], 2016