Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 6 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rieska Rizki Ramadhani
"Maraknya protes sosial pada zaman Taisho dilatarbelakangi oleh kesenjangan sosial yang terjadi di Jepang. Protes ini dipelopori salah satunya oleh kelompok intelektual yang memiliki paham sosialisme. Paham sosialisme kemudian berkembang menjadi aksi massa yang dipengaruhi oleh kelompok anarko-sindikalisme yang menginginkan penghapusan kesenjangan sosial secara langsung. Akibat pengaruh Revolusi Bolshevik di Rusia, kelompok anarkis kemudian menjadi cikal bakal Partai Komunis Jepang. Tindakan komunis yang bergerak secara anarki ini segera ditindas oleh pemerintah sehingga pada tahun 1924 Partai Komunis Jepang dibubarkan. Berangkat dari kejadian tersebut, penelitian ini difokuskan untuk melihat upaya apa yang dilakukan oleh pemerintah dalam bentuk kebijakan sehingga dapat meredam pergerakan kelompok komunis Jepang yang disinyalir dapat membawa lsquo;pemikiran berbahaya ke Jepang rsquo.

The rampant social protests in Taisho era was emerged due to the social gap among the Japanese society. This protest was initiated by many, and among them were the intellectuals with socialist ideals. The socialist ideal was later developed into a mass protest which was influenced by the anarcho syndicalism group which demanded the abolition of social gap in a concrete fashion. Because of the Bolshevik Revolution in Russia, the anarchic group then later became the pioneer of Japanese Communist Party. The anarchic act of this communist group then immediately was subdued by the Japanese government. As a result, in 1924 Japanese Communist Party was abolished. In account to the historical event explained above, this research focuses more on observing the efforts done by the Japanese government as the stakeholder, in giving policy, to cease the movement which was considered as 39 bringing dangerous school of thoughts to Japan 39."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2017
S66872
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nugroho Notosusanto
Jakarta: Universitas Indonesia, 1983
PGB 0093
UI - Pidato  Universitas Indonesia Library
cover
Nugroho Notosusanto
Jakarta: UI-Press, 1983
PGB 0089
UI - Pidato  Universitas Indonesia Library
cover
Dodo Widarda
"ABSTRAK
Studi ini terkait dengan kredo Anarkisme Epistemologis dari PaulFeyerabend. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah: 1 Apapengertian dari Anarkisme Epistemologis Paul Feyerabend sekaligus bagaimanaperbedaannnya dengan bentuk-bentuk anarkisme yang lain. Dalam kerangkadekonstruksi pengetahuan secara lebih luas, apa-apa saja konsep kunci darianarkisme epistemologis Paul Feyerabend? 2 Bagaimana implikasi filosofissekaligus praktis dari gerakan Anti Metode dengan kredo AnarkismeEpistemologis Paul Feyerabend? 3 Bagaimana bentuk-bentuk kritik terhadapAnarkisme Epistemologis Feyerabend dari kelompok yang masihmempertahankan nilai-nilai obyektivitas ilmu pengetahuan?Penulisan tesis ini, memilih bentuk penelitian komparatif; membandingkandua atau lebih filsuf atau aliran. Itu berarti: merupakan visi-visi mengenai hakikatmanusia, dunia dan Tuhan, yang pembahasan ketiganya, merupakan hal yanginheren, di dalam diskursus Filsafat Ilmu Pengetahuan. Tentu dengan beragampenyikapan para filosof menyangkut pembahasan ketiga isu itu. Untuk membahassecara lebih mendalam pemikiran Feyerebend berikut perbandingan lewat kritikdari para filosof lain, maka memerlukan penelitian kepustakaan yang berusahamengungkap makna teks lewat metode hermeneutika secara analitis, sintetis sertakritis sekaligus.Hasil dari penelitian ini menunjukkan 1 Pengertian dari AnarkismeEpistemologis Feyerabend ini adalah wujud dekonstruksi terhadap metodologiilmiah untuk memecahkan kemandegan dari teori klasik yang telah sampai padasituasi krisis yang dalam. Teori Feyerabend ini adalah kritik telak terhadappositivism yang sangat berbeda dengan anarkisme politik serta religius. 2 Konsep-konsep Kunci dari Anarkisme Epistemologis adalah: Kontra Induksi,Ketergantungan Observasi pada Teori, Ketergantungan Teori pada Bahasa,Prinsip Ketidaksepadanan, Apa Saja Boleh. Anarkisme Epistemologis PaulFeyerabend juga ternyata membawa Implikasi Filosofis dan Praktis: DemokrasiIlmiah, Demokrasi Sosial, bahkan sampai Reposisi Peran Ilmuwan terkait risetilmiah serta tanggung jawab sosial mereka. 3 Anarkisme EpistemologisFeyerabend juga, di samping memiliki para para penyokong, tidak luput daripihak-pihak yang memberi kritik dari pihak-pihak yang masih mempertahankanadanya nilai-nilai obyektivitas ilmu pengetahuan seperti yang disampaikan olehFrederick Suppe serta pihak-pihak yang masih mempertahankan adanyarasionalitas sains seperti Imre Lakatos, Stephen Toulmin, serta Dudley Saphere.

ABSTRACT
problems which taken in this research are 1 Definition ofEpistemology Anarchism by Paul Feyerabend and what is differentof the typeswith others anarchism. In the deconstruction framework of knowledge widely,what is the key of the concept from epistemology anarchism by PaulFeyerabend 2 How to implicate and practicethe philosophy from Anti Methodmovement with Epistemology Anarchism Credo 3 What are the types ofcriticism to Epistemology Anarchism by Feyerabend from the group who stillmaintains the values of the science object.In writing thesis, the writer has chosen the comparative research try tocompare two or more the philosopher or ideology. Those mean the vision aboutthe human being essence, world and God, the third working through is thesomething inherent, in discourses of science philosophy. Of course, in the varietyof the philosophers rsquo attitude about the third working through issues. To discuss amuch deeper about Feyerabend rsquo sthinking and the comparative through the criticfrom the philosopher to others, so it needs the literature research to try expressingthe contextual meaning in Hermeneutics method analytically, synthetically andcritically.The result of this research shows 1 the definition from EpistemologyAnarchism rsquo s Feyerabend is the configuration of deconstruction in scientificmethod and even can develop into his concepts about social democracy that rise tosolve the stagnation from the classic theory which had achieved to the criticsituation deeply. Feyerabend lsquo s theory is unequivocally critic to the positivism thatis very different between politic anarchism and religious. 2 The key of conceptfrom Epistemology Anarchism is Contra Induction, The Dependence Of TheObservation to The Theory, The Dependence Of The Theory To The Language,Incommensurability Principle, Anything Goes. Epistemology Anarchism rsquo s PaulFeyerabend brings philosophy implicating and practicing scientific democracy,social democracy or even to reposition of the scientists rsquo role play that concernsthe scientific research and their social responsible. 3 Epistemology Anarchism rsquo sfeyerabend also, besides he has the supporters, not rid of parties who gave criticthat still maintained the values of the science object who had conveyed byFrederick Suppe and the parties who still maintain of being rationality sciencesuchce as ImreLakatos, Stephen Toulmin, and Dudley Saphere."
2006
T49633
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Safina Maulida
"Kebebasan di dalam anarkisme adalah hasil dari usaha pembebasan. Hal itu membuat studi anarkisme memiliki teori yang kuat tentang diktum kebebasan dalam membela sosok-sosok tertindas. Usaha dalam pembebasan anarkis, akan diaplikasikan untuk mengoptimalkan diskursif ekofeminisme yang sedari awal bertujuan membela subjek Women-other dan Other-nature yang tertindas dari dominasi berbasis patriarki, dengan basis konsep dari ekofeminisme dipahami sebagai intra konektivitas. Tetapi dalam perjalanannya, basis justifikasi dari intra konektivitas, menjadi konsep yang memfemininkan alam dan menaturkan perempuan. Konsep itu akhirnya mengaburkan alur pembebasan subjek, bertentangan dengan makna kebebasan yang dalam teori anarkisme mendahulukan autentisitas dari otonomi kedirian. Anarko-ekofeminisme hadir untuk itu, hingga pembebasan punya makna yang radikal saat penindasan juga terasa begitu radikal. Konsep anarko-ekofeminisme ini merupakan eksplorasi dari hasil studi pemikiran Emma Goldman dan Murray Bookchin.

Freedom in anarchism is a result of liberation. Thus, the study of anarchism has a strong theory of the dictum of freedom, that defends oppressed individuals and communities, even at a conceptual stage. In restoring this anarchist liberty, ecofeminism discourse is pertinent, which defends the subject of Women Other and Other nature, oppressed from patriarchal based domination, with the concept of ecofeminism is understood as interconnectivity. However, in its journey, the justification for interconnection is trying to feminize nature and to naturalize women. The concept ultimately obscures the flow of subject liberation, contrary to the meaning of freedom which in the theory of anarchism prioritizing the authenticity of the autonomy of selfhood. Anarcho ecofeminism emphasized liberation, it strengthens the meaning of radicalism. In this study anarcho ecofeminism is explored through the study of Emma Goldman and Murray Bookchin.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2017
S70152
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Purnomo Yasin A.S.B
"Konklusi logis dari kesempurnaan civil society di mana kesetaraan kebebasan berada pada akhirnya harus berakhir pada absurditas. Setiap individu tidak akan pernah setara dan hanya berakhir pada proses relasi antagonistik yang tidak akan pernah mencapai titik final. Relasi antagonistik ini tidak akan pernah usai, dikarenakan prinsip equal-liberty yang bersifat resiprokal harus berakhir dengan paradox. Individual liberty membahayakan equality, karena individual liberty dari setiap individu pada akhirnya akan selalu saling mendominasi dan menciptakan inequality. Begitu pula sebaliknya, equality akan membahayakan individual liberty, karena equality pada akhirnya harus merepresi individual liberty untuk selalu berada dalam keadaan equal. Inilah defisit demokrasi liberal, di mana usahanya untuk menyelesaikan relasi resiprokal yang paradox ini dengan menggunakan negara sebagai stabilizer pada akhirnya tidak akan pernah tercapai. Melalui konsepsi otonomi yang political dari post-anarkisme, akan dijelaskan bagaimana subjek dan relasi antagonistik di dalam dimensi political dapat diselamatkan dalam batasannya yang paling mungkin.

Logical conclusion from the perfection of civil society in which equal-liberty exists must eventually cease on absurdity. Each individual will never be equal and only ends up on the antagonistic relation process that will never reach final point. This antagonistic relation will never end, for the reciprocal equal-liberty principle must end in paradox. Individual liberty threatens equality because individual liberty from each individual will always dominate each other and therefore creates inequality. Conversely, equality will threaten individual liberty because eventually it has to repress individual liberty to be always in equal condition. This is the deficit of liberal democracy in which its effort to solve the paradoxical reciprocal relation using a state as stabilizer will never be reached. Through the conception of post-anarchism political autonomy, it will be explained about how subject and antagonistic relation within political dimension can be saved in its most possible limit."
Depok: Universitas Indonesia, 2012
S43430
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library