Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Khairani
"Penelitian ini bertujuan mengetahui variabel yang mempengaruhi pembentukan citra daerah tujuan wisata dengan mengambil studi kasus wisatawan domestik yang berwisata ke Yogyakarta pada periode 2007-2009. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksploratif dan deskriptif yang dilakukan satu kali dalam satu periode (cross-sectional design). Peneliti menggunakan sampel 105 orang wisatawan domestik yang berwisata ke Yogyakarta pada tahun 2007-2009 dengan metode non probability sampling dan teknik snowball sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah uji reliabilitas, validitas (analisis faktor), distribusi frekuensi, dan analisis regresi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra keseluruhan daerah tujuan wisata dibentuk atau dipengaruhi secara signifikan oleh evaluasi kognitif dan evaluasi afektif. Evaluasi kognitif daerah tujuan wisata dipengaruhi secara signifikan oleh tipe sumber informasi dari buku dan film, sedangkan jumlah sumber informasi yang digunakan, usia, serta tingkat pendidikan wisatawan tidak terbukti sebagai variabel yang mempengaruhi secara signifikan. Evaluasi afektif daerah tujuan wisata dipengaruhi secara signifikan oleh motivasi sosial-psikologis, sedangkan usia dan tingkat pendidikan wisatawan tidak terbukti sebagai variabel yang mempengaruhi secara signifikan. Penelitian ini juga membuktikan bahwa Yogyakarta telah memenuhi kriteria yang dibutuhkan sebagai daerah tujuan wisata, responden juga memiliki perasaan yang baik terhadap Yogyakarta dan memandang Yogyakarta dengan citra yang positif. Saran dari penelitian ini adalah Dinas Pariwisata Yogyakarta dapat menggunakan buku dan film sebagai alat promosi dan penyebaran informasi tentang Pariwisata Yogyakarta, mempertahankan kriteria daerah tujuan wisata serta citra yang positif.

The purpose of this study is to recognize variables that influence image formation of tourist?s destination taking a case study of domestic tourist visiting Yogyakarta for period of 2007-2009. This study uses exploratory and descriptive research design which done one time in one period. The research uses 105 domestic tourists who have visited Yogyakarta for period of 2007-2009 using non probability sampling method and snowball sampling technique. Data analysis methods are reliability test, validity test (factor analysis), frequency distribution, and regression analysis.
The results show that the image formation of tourist destination is formed or significantly influenced by cognitive evaluation and affective evaluation. Cognitive evaluation of tourist destination is significantly influenced by type of information (books and movies), while amount of information sources used, age, and education level of domestic tourists are not proven as variable with significant influences. Affective evaluation of tourist destination is significantly influenced by socio-psychological motivations, while age and education level of domestic tourists are not proven as variable with significant influences. This research also shows that Yogyakarta has fulfilled the criteria of a tourist?s destination site and our respondents have good feeling about Yogyakarta and sees Yogyakarta with positive image. Recommendation that can be given from the results are Yogyakarta Tourism Board can use books and movies as the most effective promotion and information tools, maintain the positive image and tourist?s destination criteria.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009
S6646
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Nada Hardiva Utomo Putri
"Peningkatan trend wisatawan Muslim turut meningkatkan kebutuhan akomodasi khususnya Hotel. Agar dapat memaksimalkan potensi tersebut diperlukan pengetahuan mengenai atribut Muslim Friendly Hotel, juga evaluasi kognitif dan afektif yang dapat mendorong perilaku pelanggan hotel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atribut Muslim Friendly Hotel terhadap cognitive evaluation dan affective evaluation, pengaruh cognitive evaluation terhadap affective evaluation, dan pengaruh affective evaluation terhadap behavioural intention pelanggan Muslim Friendly Hotel di Yogyakarta. Penyebaran survei daring dilakukan kepada warga negara Indonesia, beragama Muslim, dan pernah menginap di Muslim Friendly Hotel di Yogyakarta dalam dua tahun terakhir. Analisis data pada penelitian ini menggunakan software LISREL dengan metode pengolahan data Structural Equation Modelling (SEM) untuk menguji variabel penelitian terhadap 408 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa atribut Muslim Friendly Hotel berpengaruh signifikan terhadap cognitive evaluation, cognitive evaluation berpengaruh signifikan terhadap affective evaluation, serta affective evaluation berpengaruh signifikan terhadap visit intention, word of mouth, dan willingness to pay.

The increasing trend of Muslim tourist, lead the needs of accomodation, especially hotel. To maximize the potency, it’s important to understand Muslim Friendly Hotel attribute, also cognitive and affective evaluation that could influence the behaviour of hotel customer. The objective of this research are to observe the impact of Muslim Friendly Hotel attribute on cognitive evaluation, affective evaluation, visit intention, word of mouth, and willingness to pay in Yogyakarta Muslim Friendly Hotel. The online survei was conducted on Indonesian Muslim citizen who have stayed in Muslim Friendly Hotel in Special Region of Yogyakarta in the last two years. The data were analyzed using SPSS and LISREL with the Structural Equation Modelling (SEM) method to test the relationship among the research variables using 408 respondents. The result showed that Muslim Friendly Hotel attribute significanly influence cognitive evaluation, cognitive evaluation significanly influence affective evaluation, also affective evaluation significanly influence visit intention, word of mouth, and willingness to pay."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Safirah Almira Nadyanti
"Penelitian ini mempengaruhi perilaku merugikan individu investor, yakni relevansi terhadap produk dan biaya, terhadap keputusan untuk membeli suatu saham saat dihadapkan dengan alternatif saham dengan keuntungan saham yang setara atau lebih rendah, pada kondisi pasar yang sedang berkembang. Lebih lanjut, penelitian ini apakah relevansi dan produksi yang memiliki pengaruh langsung atau tidak langsung yang dimediasi oleh keingininan secara sadar untuk mendukung perusahaan dengan melakukan investasi. Penelitian ini juga melakukan toleransi toleransi laki - laki dan wanita melakukan investasi saham. Metodologi penelitian ini dilaksanakan secara kuantitaf deskriptif, dengan data yang diperoleh melalui survei online yang didistribusi melalui platform media sosial dan dialokasikan menggunakan Structural Equation Modeling (SmartPLS). Hasil dari menunjukan penelitian bahwa relevansi terhadap produk yang memiliki pengaruh tidak langsung terhadap keputusan investasi pada saat menghadapi keuntungan finansial yang setara. Semantara, evaluasi afektif pada produk dan merek memiliki pengaruh baik seacara langsung maupun tidak langsung terhadap keputusan investasi pada saat keadaan keuntungan finansial yang setara dan lebih rendah dengan nilai risiko tertentu
This research examines the influence of individual investors' subjective behavior, namely personal relevance and affective evaluation, toward stock purchasing decision when facing vis a vis alternatives during equally perceived financial return and lower financial return, in a growing stock market condition. It further whether personal relevance and affective evaluation's influence are direct or indirectly mediated by conscious willingness to support the company by investing. In addition, this study shed lights on the distinct investment risk taking behavior between male and female. The study was conducted on 169 Indonesian individual investors in Indonesia Stock Exchange with consumer goods companies as product domain. This research is a quantitative descriptive study, with the data collected through online survey, distributed throughout online social media platforms and processed by Structural Equation Modeling (SmartPLS). The results of this study indicate that personal relevance has indirect influence towards the decision to invest when facing equally perceived financial return. While, affective evaluation on a company's product has both direct and indirect influence towards the decision to invest when facing equally perceived financial return and lower financial return condition in a given risk."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library