Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Lang Jagat
"Karakter virtual merupakan simulasi grafik yang bisa berupa objek manusia riil maupun imaginer yang memungkinkan objek berinteraksi dengan pengguna baik melalui suara, ekspresi wajah, isyarat, dan pandangan. Banyak penelitian telah dilakukan dalam pengembangan karakter animasi 3D yang tidak hanya pada platform PC melainkan juga pada platform mobile. Pada thesis ini membahas mengenai implementasi dari karakter anamasi virtual 3D dan 3D engine di iPad dengan menggunakan library graphics OpenGL ES dan bahasa pemrograman Objective-C dan C++. Tujuan dari projek ini adalah porting library SMR yang telah dikembangkan oleh tim SAMSARA dari laboratorium SAMSARA di Universtité de Bretagne Sud (UBS). Library ini digunakan untuk mengembangkan applikasi 3D real time untuk visualisasi dan animasi karakter manusia yang menggunakan bahasa isyarat Perancis (Sign Language on French). Animation real time dari karakter virtual di iPad harus memperhitungkan beberapa keterbatasan yang dimiliki oleh oeh iPad seperti kemampuan grafik, ruang disk, dan ukuran memori. Source Code library SMR harus dilakukan beberapa modifikasi sehingga memungkinkan untuk berjalan dengan baik di platform iPad.
A virtual character is graphics simulation of real or imaginary persons that enable natural can be interact with the user by means of voice, facial expression, gesture, and gaze direction. Many research has developed 3D virtual character animation not only in PC platform but also in Mobile device. This Theses present an implementation of a 3D virtual character animation and rendering engine running on iPad using OpenGL-ES with Objective-C and C++. The Objective of this project is a port of the library SMR that has developed by the team SAMSARA from Valoria laboratory at Université du Bretagne Sud (UBS). This library used for developing applications that make use of real time 3D graphicsm for visualization and animation of 3D virtual human character use sign language in French. Real time animation of virtual character on iPad represent a challenging task since many limitation must be taken into account with respect the processing power like graphics capabilities, disk spaces, and memory size. The original source code has been modified to make SMR library work on the iPad platform, and further optimizations have been done to increase the runtime performance as well."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
T30084
UI - Tesis Open Universitas Indonesia Library
Surya Ayuati Ning Asih
"
ABSTRAKPada penelitian ini dilakukan analisis teknis, lingkungan, dan ekonomi pada sistem pembangkit listrik batu bara dengan teknologi chemical looping dan metanol. Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan efisiensi carbon capture, efisiensi sistem, faktor emisi, dan biaya produksi hidrogen dan metanol dari teknologi hidrogen yang berbeda. Simulasi dilakukan dengan perangkat Aspen Plus®. Divariasikan steam-to-carbon (S/C) dan Fe2O3-to-coal (OC/fuel) pada Coal Direct Chemical Looping (CDCL) untuk mendapatkan efisiensi carbon capture. CO2 dimanfaatkan menjadi metanol dengan ko-reaktan hidrogen dari Steam Methane Reforming (SMR) atau Solid Oxide Electrolysis Cell (SOEC). SOEC mendapat suplai listrik dari PV yang dilengkapi baterai. Hasil analisis memperlihatkan bahwa efisiensi carbon capture sebesar 93-99% didapat dengan peningkatan S/C. Faktor emisi pembangkit menurun dengan kenaikan S/C. Nilai optimum didapatkan pada S/C=0,93. Efisiensi energi sistem keseluruhan lebih tinggi dengan SOEC dibandingkan SMR, dengan nilai efisiensi 66,95% berbanding 50,30%. Emisi gas rumah kaca (GRK) sistem Coal to Power & Methanol dengan SOEC didapatkan lebih rendah dari SMR dengan nilai 0,45 terhadap 2,53 kgCO2eq/kgMeOH. Investasi PV dan elektroliser pada tahun 2019 masih sangat tinggi sehingga biaya produksi hidrogen SOEC lebih tinggi dibanding SMR. Biaya produksi hidrogen SOEC 5,7 $/kg dibanding SMR 1,7 $/kg menyebabkan biaya produksi metanol SMR 393 $/ton dan SOEC 1226 $/ton.
ABSTRACTIn this study, a technical, environmental, and economic analysis were carried on coal power generation system with chemical looping and methanol. The purpose of this study is to obtain carbon capture efficiency, system efficiency, emission factors, and cost of producing hydrogen and methanol from different hydrogen technologies. Simulations were carried with Aspen Plus®. Varying steam-to-carbon (S/C) and Fe2O3-to-coal (OC/fuel) in Coal Direct Chemical Looping (CDCL) to obtain carbon capture efficiency. CO2 is fed to methanol synthesis with hydrogen as co-reactants from Steam Methane Reforming (SMR) or Solid Oxide Electrolysis Cell (SOEC). SOEC electricity supplied from PV that is equipped with batteries. The result shows that carbon capture efficiency of 93-99% is obtained by increasing S/C. Power Plant emission factors decrease with increase in S/C. The optimum value is obtained at S/C = 0,93. The overall system energy efficiency is higher with SOEC than SMR, with a value of 66,95% compared to 50,30%. Greenhouse gas (GHG) emissions from Coal to Power & Methanol system with SOEC are lower than with SMR with a value of 0,45 to 2,53 kgCO2eq/kg MeOH. PV and electrolyzer investment in 2019 is still very high resulting cost of producing hydrogen with SOEC is higher than SMR. The value for hydrogen with SOEC is 5,7 $/kg compared to SMR 1,7 $/kg causing the cost of producing methanol with SMR 393 $/tonne and SOEC 1226 $/tonne."
Depok: Fakultas Teknik. Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library