Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dorrestein, Renate
Amsterdam: Contact, 1992
BLD 839.36 Dor o
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Bentis, Eva
Amsterdam: Contact, 1989
BLD 839.36 BEN m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Chika Annisa
"ABSTRAK
Lirik lagu merupakan rangkaian kata yang merepresentasikan apa yang dilihat, dirasakan, maupun didengar oleh penciptanya. Setiap lirik lagu memiliki ragamnya tersendiri, begitu pula dengan lirik lagu anak. Jurnal ini akan membahas ragam bahasa pada lagu anak berjudul ?Onder Moeders Paraplu?, ?Onder Hele Hoge Bomen? dan ?Roodkapje?. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis deskriptif kualitatif. Ketiga lirik lagu anak tersebut dianalisis melalui isi, struktur kalimat, kosakata, dan gaya bahasa yang terdapat pada lirik lagu tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan ciri-ciri ragam bahasa anak dan bagaimana lirik lagu anak dapat menjadi sumber pembelajaran anak-anak. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bahasa anak yang tercermin dari ketiga lirik lagu anak tersebut memiliki ragam bahasa yang sesuai dengan konsumen utamanya, yaitu anak-anak. Hal tersebut dapat dilihat dari kosakata serta gaya bahasanya (inversi dan repetisi) yang mudah dimengerti, struktur kalimat yang cukup kompleks namun tetap mudah dipahami dan adanya nasehat yang bersifat mendidik di tiap lirik lagu. Penggunaan diminutif dapat ditemukan pada tiap lagu dalam penelitian ini. Ketiga lagu yang dianalisis tertulis dalam ragam bahasa anak.

ABSTRACT
Song lyrics are a series of words representing or expressing the feelings, sights and hearing of the song writer. To emphasize the content of the lyric, every song lyric has its own register. Children‟s songs are not an exception. This journal analyses the register used in three songs, namely ?Onder Moeders Paraplu?, ?Onder Hele Hoge Bomen? and ?Roodkapje?. By using the descriptive qualitative approach, this study tends to identify the register of children‟s songs through its content, sentences structure, words and figure speech used.
This study has the purpose to clearly explain and illustrate the register of children‟s song and how the lyric of a children‟s song could become a source of learning for children. The outcomes show that each song contains of didactic moral value and of structure that can be easily understood by children. The sentences structure in these children‟s songs are quite complex yet still easy to be understood, the diminutive suffix can be found in each song. The analysed songs are written in the child language or register.
"
2016
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library