Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Artiarini Puspita Arwan
"
ABSTRAK
Siswa yang terlibat dalam perilaku melanggar status seringkali tidak berhasil
menunjukkan performa akademik yang optimal (Charlie, 2002; CBASSE, 2000;
Patchin, 2004). Untuk itu, intervensi terhadap atribut personal seperti
keterampilan memecahkan masalah sosial, banyak dilakukan. Keterampilan
memecahkan masalah sosial berhubungan dengan sejumlah manfaat psikologis
dan akademik bagi remaja (D'Zurilla & Nezu, 1999; Fomeris, Danish, & Scott,
2007). Berbagai penelitian menunjukkan bahwa intervensi ini dapat dilakukan
dengan strategi kognitif behavioral. Strategi ini bertujuan membantu siswa
pelanggar status merestrukturisasi proses berpikir dan mengajarkan keterampilan
kognitif yang diperlukan ...
"
2010
T38123
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Nurasiatun Israini
"
Individu harus memiliki keterampilan melakukan pemecahan masalah untuk mengatasi masalahnya sehari-hari. Agar dapat melakukan pemecahan masalah secara efektif dan efisien seseorang hams menguasai tingkahlaku-tingkahlaku tertentu yang disebut sebagai tingkah laku inteligetL Pendidikan bertujuan akhir mengajarkan siswa untuk mampu melakukan pemecahan masalah dalam berbagai bidang kehidupan. Namun saat ini, hasil pendidikan belum sepenuhnya dapat mencapai tujuan tersebut.
Selama ini metode pengajaran yang paling sering diterapkan adalah metode ceramah Metode ini teibukti kurang efektif untuk meningkatkan keterampilan ...
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1998
S2758
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library